Peta

Harga Tiket Pesawat Murah dari Jayapura (DJJ) ke Makassar (UPG)

Informasi penerbangan dari Jayapura ke Makassar

Tarif pulang-pergi termurah di bulan lalu

Rp 2.267.852

Maskapai penerbangan langsung

5

Penerbangan per pekan

49

Rata-rata waktu penerbangan, total jarak 2344 kilometer

3 jam 5 menit

Maskapai penerbangan terpopuler di bulan lalu

Lion Air

Makassar

1 bandara

 Penerbangan dari Jayapura ke Makassar

 

Maskapai yang melayani penerbangan langsung dari Jayapura Sentani ke Makassar Sultan Hasanuddin

Penerbangan dari Jayapura ke Makassar melalui Bandara Jayapura Sentani dan Bandara Makassar Sultan Hasanuddin. Untuk penerbangan langsung dari Jayapura ke Makassar dapat dilakukan dengan maskapai Garuda Indonesia, Batik Air, Lion Air, dan Citilink.

Maskapai budget/bertarif rendah yang terbang dari Jayapura Sentani ke Makassar Sultan Hasanuddin

Maskapai Batik Air, Lion Air, dan Citilink merupakan beberapa maskapai bertarif rendah yang melayani penerbangan langsung dari Bandara Jayapura Sentani ke Bandara Makassar Sultan Hasanuddin.

Daftar maskapai dan jadwal penerbangan dari Jayapura Sentani ke Makassar Sultan Hasanuddin

Berikut ini adalah daftar maskapai dan jadwal penerbangan langsung dari Bandara Jayapura Sentani ke Bandara Makassar Sultan Hasanuddin.

Maskapai Hari Penerbangan Jam Penerbangan
Garuda Indonesia Senin - Minggu, kecuali Kamis 11.50
Batik Air Setiap hari 17.05
Citilink Setiap hari 10.05
Lion Air Setiap hari 07.45, 11.00

Bagaimana cara untuk mendapatkan tiket pesawat termurah dan promo bagus dari Jayapura Sentani ke Makassar Sultan Hasanuddin?

Mendapatkan tiket pesawat murah kini dapat dilakukan dengan mudah, yaitu dengan mengunduh layanan Info Harga dari Skyscanner. Di samping itu, Anda dapat mengunduh Aplikasi Skyscanner untuk mendapatkan informasi mengenai waktu keberangkatan dan penerbangan termurah. Informasi dengan harga tiket termurah meskipun tidak promo juga bisa Anda dapatkan di Strategi Mencari Tiket Pesawat Murah Walau Sedang Tidak Promo.

Informasi bandara Jayapura Sentani dan Makassar Sultan Hasanuddin

Informasi Terminal

Bandara Jayapura Sentani berlokasi sekitar 40 km dari pusat kota Jayapura dan menjadi bandara terbesar di Papua. Bandara Jayapura Sentani memiliki tiga terminal, yaitu terminal kedatangan, terminal keberangkatan, dan terminal tiga. Beberapa fasilitas umum yang disediakan di terminal bandara ini adalah customer service, bea cukai, imigrasi, mesin ATM (Mandiri, BCA, Bri, Bank Papua), Mushola, toilet, dan dikelilingi oleh beberapa toko sovenir. Ada satu keunikan dari bandara ini yang tidak ada di bandara lainnya, yaitu larangan untuk mengkonsumsi buah pinang di area terminal.

Bandara Makassar Sultan Hasanuddin yang terletak sekitar 20 km dari pusat kota Makassar ini memiliki dua landasan pacu, yaitu landasan seluas 3100mx45m serta landasan pacu seluas 2500mx45m. Bandara ini telah berstatus bandara internasional, dimana telah melayani penerbangan langsung ke luar negeri sejak tahun 2008. Bandara ini memiliki dua terminal, yaitu terminal lama dan terminal baru. Terminal lama dikhususkan untuk TNI-AU, sedangkan terminal baru yang terletak di bagian selatan dari terminal lama digunakan sebagai bandara untuk penerbangan reguler atau komersil. Ukuran terminal baru sekitar lima kali lebih besar dibandingkan terminal lama, sehingga tidak heran jika banyak terdapat toko sebagai area belanja dan area waiting room yang luas. Selain itu, terminal juga dilengkapi dengan fasilitas konter check-in, ATM, toilet, musholla, wifi, dan lain-lain.

Di terminal apa saja maskapai yang terbang ke Makassar Sultan Hasanuddin beroperasi?

Seluruh maskapai yang melayani rute penerbangan ke Bandara Makassar Sultan Hasanuddin, seperti Garuda Indonesia, Batik Air, Citilink, dan Lion Air, beroperasi dalam satu terminal, yaitu terminal keberangkatan Bandara Jayapura Sentani.

Moda transportasi yang tersedia dari pusat kota Jayapura dan bandara

Beberapa moda transportasi yang bisa digunakan untuk menuju Bandara Jayapura Sentani dari pusat kota Jayapura adalah sebagai berikut.

Taksi

Mengingat jarak tempuh yang cukup jauh, taksi dapat menjadi pilihan moda transportasi yang tepat. Tarif yang dikenakan berkisar pada angak Rp 350.000,00 – Rp 450.000,00 tergantung lokasi Anda saat penjemputan. Waktu tempuhnya sekitar 1 jam.

Damri

Jika ingin menghemat biaya transportasi, Anda juga bisa memanfaatkan bus damri dengan biaya Rp 50.000,00 untuk menuju bandara. Pool bandara di Kota Jayapura berada di depan Hotel Aston Jayapura , dimana waktu keberangkatan dimulai pukul 06.00 – 17.00 dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam lamanya. Keberangkatan bus damri akan berselang satu jam sekali.

Moda transportasi yang tersedia dari bandara Makassar Sultan Hasanuddin dan pusat kota

Moda transportasi yang dapat melayani perjalanan Anda dari Bandara Makassar Sultan Hasanuddin ke pusat kota Makassar, yaitu:

Taksi

Seperti bandara lainnya, di Bandara Makassar Sultan Hasanuddin juga tersedia moda transportasi taksi. Taksi resmi bandara dapat Anda jumpai di bagian depan bandara, biasanya akan berupa konter taksi. Tarifnya berkisar antara Rp 80.000,00 – Rp 100.000,00 untuk menuju pusat kota Makassar, tergantung jarak tempuhnya.

Bus Damri

Bus damri dapat digunakan sebagai moda transportasi untuk menuju pusat kota Makassar dari Bandara Makassar Sultan Hasanuddin. Biaya yang diperlukan tidak begitu mahal, yaitu sekitar Rp 25.000,00 dengan waktu tempuh sekita 30-45 menit. Moda transportasi ini beroperasi mulai pukul 08.30 – 24.00.

Pete-pete

Pete-pete merupakan sebutan untuk angkutan kota di Makassar. Tarif untuk menuju pusat kota dengan moda ini terbilang cukup murah, yaitu dengan total biaya sekitar Rp 8000,00. Anda bisa menemukan pete-pete di luar area bandara. Untuk menuju pusat kota Makassar, Anda harus berhenti  dan mengganti moda terlebih dahulu di terminal Daya, kemudian lanjutkan lagi perjalanan dengan pete-pete untuk meuju pusat kota.

Perbedaan antara Jayapura dan Makassar

Apakah ada perbedaan waktu?

Jayapura dan Makassar berada di zona waktu yang berbeda, dimana waktu di Makassar (WITA) satu jam lebih lambat dibandingkan waktu di Jayapura (WIT).

Informasi tentang cuaca di Makassar

Cuaca di Makassar tidak berbeda jauh dengan cuaca di Jayapura mengingat lokasi kedua wilayah ini tidak begitu jauh. Iklim yang tropis membuat Makassar memiliki cuaca yang cukup cerah dan kadang berawan dengan suhu udara rata-rata pada siang hari adalah 360C. Suhu udara akan turun ketika menjelang malam, dimana dapat mencapai 220C.

Informasi tentang perkiraan biaya di Makassar

Makassar dikenal sebagai kota yang memiliki kemajuan infrastruktur yang pesat sehingga dapat menyandang gelar sebagai kota metropolitan. Hal ini sejalan dengan biaya hidup di Makassar yang terbilang cukup tinggi, yang dibuktikan dari pengeluaran rata-rata di Makassar mencapai Rp 5.700.000,00 setiap bulannya. Hal ini juga dapat dilihat dari harga bahan pokoknya yang juga berada di atas rata-rata harga di kota lainnya, seperti harga 12 butir telur yang mencapai Rp 19.000,00, 1 kg beras seharga Rp 11.500,00, dan bahkan makanan di tempat makan yang sederhana rata-rata berada pada rentang Rp 35.000,00.

Petunjuk liburan di Makassar

Tempat wisata yang harus dikunjungi

Pantai Losari

Pantai ini dapat dikatakan sebagai icon kota Makassar. Uniknya, pantai ini tidak memiliki pasir, namun dibatasi dengan beton di sepanjang tepiannya. Selain menikmati keindahan pemandangan pantai, Anda juga dapat melakukan kegiatan lain seperti memancing, naik sepeda air, banana boat, dan lain-lain.

Fort Rotterdam

Fort Rotterdam atau Benteng Rotterdam merupakan peninggalan sejarah kerjaan Gowa Tallo. Benteng ini memiliki keunikan dari segi bentuknya yang menyerupai seekor penyu yang sedang merangkak menuju laut. Lokasi tempat ini berada cukup dekat dengan kawasan Pantai Losari.

Taman Nasional Bantimurung

Lokasinya sekitar 25 km dari pusat kota Makassar. Tempat ini dikenal dengan beragam spesies kupu-kupu serta dengan metamorfosisnya, seperti saat menjadi telur, ulat, hingga kupu-kupu. Selain itu, taman nasional ini juga menyuguhkan koleksi kupu-kupu yang telah diawetkan. Untuk dapat memasuki area ini, Anda perlu menyiapkan Rp 20.000,00 per orang sebagai biaya tiket masuk.

Aktivitas yang harus dilakukan

Snorkeling di Taman Laut Taka Bonerate

Aktivitas ini paling tepat dilakukan bagi Anda yang ingin menikmati keindahan pemandangan bawah laut. Waktu yang paling tepat adalah pada bulan April-Mei. Biaya yang dikenakan adalah Rp 25.000 untuk turis domestik dan Rp 60.000,00 untuk turis mancanegara. Jika ingin menyelam/diving, Anda harus menyiapkan uang sekitar Rp 250.000,00 untuk menyewa peralatan menyelam.

Menikmati wahana Trans Studio Makassar

Bagi Anda yang menyukai tantangan untuk memacu adrenalin, tempat ini adalah pilihan yang tepat. Trans Studio Makassar dibuka pada pukul 10.00-19.00, dan khusus pada hari libur dan akhir pekan dibuka hingga pukul 21.00. Biaya tiket masuk pada hari biasa adalah Rp 100.000,00, pada akhir pekan Rp 175.000,00, dan terkadang mencapai Rp. 200.000,00 ketika ada acara spesial.

Belanja Oleh-oleh di Jalan Somba Opu

Jika Anda ingin membeli oleh-oleh, maka berkunjunglah ke pasar di Jalan Somba Opu. Pasar ini khusus menjual oleh-oleh khas Makassar. Oleh-oleh khas Makassar yang banyak diburu oleh para wisatawan adalah minyak gosok cap tawon, miniature kapal phinis dalam botol, makanan khas, dan produk kerajinan lokal khas Makassar.

Rekomendasi tempat penginapan di Makassar

Berikut ini adalah beberapa tempat penginapan yang memiliki lokasi yang strategis dan memiliki fasilitas yang lengkap di Kota Makassar.

Best Western Plus Makassar Beach

Hotel ini terkenal dengan pelayanannya yang baik. Nilai tambahnya adalah letaknya yang berada di jantung Kota Makassar dan memiliki jarak yang cukup dekat dengan Pantai Losari. Fasilitas yang disediakan juga lengkap, seperti kolam renang, restoran, kafe, dan bar/lounge

Aston Makassar Hotel & Convention Center

Lokasinya cukup dekat dengan beberapa obyek wisata di Makassar, seperti Benteng Rotterdam, Pantai Losari, dan Mall Ratu Indah. Lokasinya yang dekat dengan pantai membuat Anda dapat menikmati pemandangan Pantai Losari dengan jarak yang terjangkau. Bahkan jika Anda menginginkan pemandangan pantai secara langsung, Anda cukup menempuhnya dengan berjalan kaki.

Vindhika Hotel Makassar

Hotel ini masih berada di kawasan Pantai Losari dan Benteng Rotterdam. Vindhika Hotel Makassar menawarkan harga yang jauh lebih terjangkau dengan fasilitas hotel bintang 3, seperti restoran, akses internet gratis, fasilitas laundry, dan lain-lain.

Festival di Makassar yang terkenal

Festival F8

Festival F8 merupakan festival yang meliputi fashion, film, food and fruit, folk, flora&fauna, fine arts, fusion music, fiction writers & font. Festival ini diadakan di kawasan Pantai Losari pada awal atau pertengahan bulan September. Festival ini tergolong baru karena mulai diadakan sejak tahun 2016 dan akan dijadikan sebagai festival tahunan di Makassar yang bertaraf internasional.

Makassar Traditional Games Festival

Festival ini merupakan ajang yang memberi kesempatan anak-anak atau orang dewasa untuk menikmati permainan tradisional, seperti engrang, perang benteng, kelereng, dan lain-lain. Selain itu, juga banyak dijual jajanan yang dulu pernah popular. Biasanya pengunjung atau panitia akan menggunakan pakaian adat daerah masing-masing. Festival ini biasanya diadakan pada bulan Oktober di setiap tahun.

Makassar Jazz Festival

Sesuai dengan namanya, festival ini menyuguhkan performa-performa penyanyi jazz dar lokal hingga mancanegara. tentunya untuk berpartisipasi dalam festival ini, Anda harus membeli tiket masuk terlebih dahulu. Festival ini biasanya diadakan di Benteng Rotterdam.

Makanan yang harus dicoba beserta rekomendasi restoran/tempat makannya

Berikut ini adalah rekomendasi makanan yang wajib dicoba ketika Anda berada di Makassar.

Coto Makassar di Warung Coto Gagak

Coto Makassar atau Coto Mangkasara merupakan soto tradisional yang menjadi andalan khas Makassar. Coto Makassar biasanya disajikan dengan ketupat atau buras, yang merupakan sejenis ketupat yang dibungkus dengan daun pisang. Banyak tempat yang menyajikan menu ini, salah satunya adalah Warung Coto Gagak yang terletak di Jalan Gagak no.27, Makassar.

Pisang Epe di Pantai Losari

Pisang epe merupakan makanan khas Makassar yang terbuat dari pisang yang dipipihkan dan dibakar. Biasanya akan disajikan dengan gula merah cair. Makanan ringan ini sangat terkenal di kalangan wisatawan dan dapat ditemukan di kawasan Pantai Losari.

Sop Konro di Sop Konro Karebosi

Sop konro merupakan sup iga sapi dengan kuah berwarna coklat kehitaman yang dihidangkan dengan ketupat. Anda bisa menikmatinya di Sop Konro Karebosi yang buka mulai pukul 11.00am - 12.00pm.

 

 

Informasi ini benar per Oktober 2017

 

 

Harga yang ditunjukkan di laman ini hanya merupakan estimasi harga terendah. Yang ditemukan dalam 45 hari terakhir.