Peta

Harga Tiket Pesawat Jakarta (CGKI) - Istanbul (ISTA)

Informasi penerbangan dari Daerah Khusus Ibukota Jakarta ke Istanbul

harga pulang-pergi termurah dari Daerah Khusus Ibukota Jakarta ke Istanbul pada bulan lalu

Rp 6.590.457

maskapai penerbangan yang terbang langsung dari Daerah Khusus Ibukota Jakarta ke Istanbul

2

penerbangan per minggu dari Daerah Khusus Ibukota Jakarta ke Istanbul

7

rata-rata waktu penerbangan dari Daerah Khusus Ibukota Jakarta ke Istanbul, jarak total 9448 kilometer

12 jam 0 menit

merupakan maskapai penerbangan terpopuler yang terbang dari Daerah Khusus Ibukota Jakarta ke Istanbul pada bulan lalu

Turkish Airlines

Istanbul Ataturk dan Istambul Sabiha

2 bandara

Maskapai yang melayani penerbangan langsung dari Jakarta ke Istanbul 

Maskapai penerbangan Garuda Indonesia dan Turkish Airlines memiliki penerbangan langsung dari Jakarta menuju Istanbul setiap hari pada pukul 20.45. Penerbangan Garuda Indonesia dari Jakarta menuju Istanbul dioperasikan oleh Turkish Airlines

Maskapai budget/bertarif rendah yang terbang dari Jakarta ke Istanbul

Scoot, Jetstar Asia dan Pegasus Airlines merupakan maskapai bertarif rendah yang terbang tidak langsung dari Jakarta menuju Istanbul. Maskapai-maskapai bertarif rendah tersebut menjadi alternatif penerbangan bertarif rendah ketika akan melakukan perjalanan dari Jakarta ke Istanbul.

Daftar maskapai dan jadwal penerbangan dari Jakarta ke Istanbul

Maskapai Waktu Keberangakatan Langsung / Transit   Kota Transit  Durasi Penerbangan Waktu Kedatangan 
 Garuda Indonesia  20.45  Langsung  -  12 jam 10 menit  04.55
Turkish Airlines
Jetstar Asia + Scoot + Pegasus Airlines 21.35 Transit Singapura, Athena 20 jam 13.35

Bagaimana cara untuk mendapatkan tiket pesawat termurah dan promo bagus dari Jakarta ke Istanbul?

Informasi bandara di Jakarta dan Istanbul

  • Informasi terminal Bandara Soekarno-Hatta Jakarta

Bandara Soekarno-Hatta Jakarta saat ini memiliki tiga buah terminal. Satu terminal untuk penerbangan domestik dan dua terminal untuk penerbangan domestik dan internasional.

Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta Jakarta hanya dikhususkan untuk penerbangan domestik. Terdapat tiga sub terminal didalam Terminal 1 yaitu Terminal 1A, Terminal 1B dan Terminal 1C. 

Terminal 1A menjadi terminal untuk maskapai Lion Air dan Wings Air untuk rute pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Ambon serta Papua.

Terminal 1B masih menjadi terminal yang dilayani oleh maskapai Lion Air untuk rute pulau Sumatera, Nusa Tenggara dan Bali. Selain Lion Air, di Terminal 1B terdapat beberapa maskapai seperti Kartika Airlines dan Express Air. 

Terminal 1C saat ini diisi oleh beberapa maskapai yaitu Citilink, Batik Air, Trigana Air, Kalstar dan juga Airfast Indonesia.

Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta Jakarta saat ini merupakan terminal untuk penerbangan domestik dan internasional. Terdapat tiga sub terminal di dalam Terminal 2 yaitu Terminal 2D, 2E dan 2F.

Terminal 2D saat ini digunakan untuk penerbangan internasional maskapai-maskapai asing.

Terminal 2E masih digunakan untuk penerbangan internasional maskapai-maskapai asing, Air Asia internasional dan Lion Air internasional.

Terminal 2F saat ini telah digunakan untuk penerbangan domestik oleh maskapai Air Asia domestik, Nam Air dan Sriwijaya Air.

Terminal 3 Ultimate saat ini menjadi terminal terbaru yang belum lama diresmikan oleh Angkasa Pura yang digunakan khusus hanya untuk maskapai Garuda Indonesia untuk tujuan domestik maupun tujuan internasional.

Fasilitas yang ada di terminal Bandara Soekarno-Hatta Jakarta sudah sangat lengkap diantaranya seperti lounge, mushola, toilet, duty free, ATM, pusat informasi, wifi seluruh terminal, restoran dan sarana parkir yang luas.

  • Informasi terminal Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta

Saat ini Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta menjadi bandara kedua di Jakarta yang mulai difungsikan kembali menjadi bandara komersial sebagai penunjang dari bandara utama yaitu Bandara Soekarno-Hatta Jakarta.

Fasilitas di Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta saat ini sudah cukup menunjang kebutuhan penumpang di bandara. Fasilitas berupa konter check in masing-masing maskapai, toilet, restoran dan fasilitas lainnya.

  • Di terminal apa saja maskapai yang terbang ke Istanbul?

Penerbangan tujuan internasional berada di Terminal 2D, 2E internasional dan Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta Jakarta. Terminal 2D untuk maskapai Jetstar Asia. Terminal 2E untuk maskapai Turkish Airlines. Ketika menggunakan layanan maskapai Garuda Indonesia, penerbangan ke Istanbul berada di Terminal 3 Ultimate.

Saat ini belum ada penerbangan internasional dari Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta. Penerbangan tujuan Istanbul sepenuhnya masih dilayani oleh Bandara Soekarno-Hatta Jakarta.

  • Informasi terminal Bandara Istanbul Ataturk

Bandara Istanbul Ataturk merupakan bandara internasional utama yang berada 24 km sebelah barat kota Istanbul. Bandara Istanbul Ataturk menjadi bandara terbesar pertama di Turki dalam kapasitas penumpang. Bandara Istanbul Ataturk memiliki dua buah terminal yaitu Terminal 1 untuk domestik dan Terminal 2 untuk internasional.

Fasilitas di Bandara Istanbul Ataturk saat ini terdiri atas konter check in, restoran, toilet, lounge dan fasilitas lengkap lainnya.

  • Informasi terminal Bandara Istanbul Sabiha Gökçen

Bandara Istanbul Sabiha Gökçen merupakan bandara internasional kedua yang berada 35 km tenggara kota Istanbul. Bandara Istanbul Sabia Gökçen memiliki satu buah terminal untuk kedatangan dan keberangkatan baik domestik maupun internasional.

Fasilitas di Bandara Istanbul Sabiha Gökçen saat ini telah diperbaharui seiring dibukanya terminal baru di Bandara Istanbul Sabiha Gökçen. Fasilitas lengkap diantaranya seperti Bank, restoran, layanan VIP, mushola, layanan kesehatan, konter check in dan sebagainya.

 Bandara Istanbul Sabiha Gökçen menjadi salah satu hub bagi maskapai penerbangan bertarif rendah yaitu Pegasus Airlines.

Perbedaan antara Jakarta dan Istanbul

  • Apakah ada perbedaan waktu?

Ya. Terdapat perbedaan waktu antara Jakarta dan Istanbul. Waktu di Jakarta 4 jam lebih cepat dibandingkan dengan waktu di Istanbul.

  • Informasi tentang cuaca di Istanbul

Istanbul memiliki cuaca yang cenderung panas dengan suhu tahunan rata-rata 14.1 derajat celcius dengan curah hujan rata-rata 747 mm. 

  • Informasi tentang mata uang dan metode pembayaran

Istanbul menggunakan mata uang Turkish Lira sebagai alat pembayaran yang sah. Pembayaran non tunai dapat diterima juga di Istanbul.

  • Informasi tentang perkiraan biaya di Istanbul

Dibutuhkan sedikitnya 20.00 TL atau sekitar Rp. 74,000 untuk satu kali makan di Istanbul.

Petunjuk liburan di Istanbul 

Tempat wisata yang harus dikunjungi

Berikut ini beberapa tempat wisata yang harus dikunjungi ketika ke Istanbul:

  • Blue Mosque atau Sultan Ahmet Camii

Merupakan ikon kota Istanbul bergaya Ottoman klasik yang beraksitektur sangat rumit dan megah. Blue Mosque adalah masjid utama di kota Istanbul yang didominasi oleh batuan keramik yang menghiasi seluruh dinding Blue Mosque. Blue Mosque memiliki kubah yang bertumpuk-tumpuk yang dihiasi oleh menara di kedua sisinya. Blue Mosque berada tepat diseberang landmark kota lainnya yaitu Hagia Sophia.

  • Hagia Shopia atau Aya Sofia

Merupakan landmark penting di kota Istanbul yang dibangun pada masa Byzantine dengan arsitektur Byzantine yang sangat kental. Hagia Shopia dirancang oleh dua ilmuan asal Yunani yang dahulu difungsikan sebagai gereja. Namun pada masa Kekaisaran Ottoman, Hagia Shopia dialihfungsikan menjadi masjid sampai ditutup pada tahun 1931 dan saat ini menjadi museum.

  • Galata Tower atau Galata Kulesi

Merupakan sebuah menara batu kuno yang tinggi berbentuk silinder yang dahulunya merupakan benteng bagi koloni Republuk Genoa yang dibangun pada tahun 1348. Galata Tower memiliki ketinggian sekitar 66,9 meter dan saat ini digunakan sebagai restoran, café dan klub malam.

Aktivitas yang harus dilakukan

  • Mengunjungi Hagia Shopia dan Blue Mosque menjadi salah satu aktivitas yang wajib dilakukan ketika berkunjung ke Istanbul. Hagia Shopia menjadi salah satu museum paling terkenal di Turki karena keindahan arsitektur dan interiornya yang sangat memukau.
  • Ikut tur menyebrangi Selat Bosphorus menjadi aktivitas yang sangat menarik ketika di Istanbul karena Selat Bosphorus merupakan selat yang memisahkan kota Istanbul menjadi dua bagian dan batas antar dua benua yaitu benua Asia dan benua Eropa.
  • Berbelanja di Grand Bazaar yang merupakan pasar tertutup terbesar dan tertua di dunia yang dibangun pada tahun 1455 pada masa Kekaisaran Ottoman. Pasar Grand Bazaar menjadi tempat wisata yang paling ramai dikunjungi di Turki.

Rekomendasi tempat penginapan di Istanbul

Berada di jantung kota Istanbul di Beyoglu menjadikan Cvk Park Bosphorus Hotel sebagai pilihan yang sangat cocok ketika berkunjung ke Istanbul. Cvk Park Bosphorus merupakan hotel bintang lima dengan sejuta fasilitas yang ditawarkan. Lokasinya yang sangat strategis karena berada dekat sekali dengan Taksim Square dan Istiklal Avenue. Silahkan lihat ketersediannya disini. 

Berada di Sirkeci Istanbul yang dekat dengan Cagaloglu Hamami, Basilica Cistern dan Topkapi Palace membuat Just Inn Hotel layak dijadikan rekomendasi ketika berkunjung ke Istanbul. Just Inn Hotel merupakan hotel bintang empat yang memiiki fasilitas yang sangat menarik. Silahkan lihat ketersediaan kamarnya disini. 

Berada tepat di pusat keramaian kota Istanbul yang dekat sekali dengan landmark kota Istanbul seperti Hagia Shopia dan Le Ark Turcs menjadikan Sura Design Hotel & Suites sangat direkomendasikan menjadi tempat menginap saat berada di Istanbul. Sura Design Hotel & Suites merupakan hotel bintang lima yang memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Silahkan lihat ketersediaan kamarnya disini.

Festival di Istanbul yang terkenal

  • Festival Film Internasional Istanbul

Merupakan acara tahunan yang selalu digelar secara meriah di Istanbul. Festival Film Internasional Istanbul diselenggarakan setiap bulan April setiap tahunnya. Festival Film Internasional Istanbul menampilkan banyak sekali film dari berbagai belahan dunia.

  • Festival Bunga Tulip Istanbul Internasional

Merupakan sebuah acara tahunan yang diselenggrakan setiap minggu pertama bulan April sampai akhir bulan yang memperlihatkan keindahan bunga tulip yang sedang mekar dengan berbagai warna yang sangat indah.

Makanan yang harus dicoba dan rekomendasi restoran di Istanbul

  • Menemen Turki merupakan kuliner khas Turki yang wajib dicoba saat berkunjung ke Istanbul. Menemen Turki adalah omelet yang bergaya Turki yang dipanggang dan dicampur dengan berbagai olahan seperti tomat, telur, paprika, cabai merah dan peterseli. Menemen Turki menjadi salah satu menu sarapan yang paling digemari oleh warga Istanbul.
  • Kuyu Kebab merupakan hidangan wajib masyarakat Turki yang sangat lezat. Kuyu Kebab merupakan sebuah kebab yang berbahan daging domba utuh yang dimasak secara perlahan lahan di atas arang. Aroma Kuyu Kebab sangat menggugah selera dan membuat siapapun ketagihan.
  • Adana Kebab Turki merupakan kuliner khas Turki yang cara hidangnya mirip sekali dengan sate lilit di Indonesia. Bahan dasar dari Adana Kebab Turki adalah daging domba jantan muda yang berumur kurang dari satu tahun.

 

Informasi ini benar per Oktober 2017

Harga yang ditunjukkan di laman ini hanya merupakan estimasi harga terendah. Yang ditemukan dalam 45 hari terakhir.