Peta

Harga Tiket Pesawat Jakarta (CGKI) - Kuala Lumpur International (KUL)

Informasi penerbangan dari Daerah Khusus Ibukota Jakarta ke Kuala Lumpur International

harga pulang-pergi termurah dari Daerah Khusus Ibukota Jakarta ke Kuala Lumpur International pada bulan lalu

Rp 612.940

maskapai penerbangan yang terbang langsung dari Daerah Khusus Ibukota Jakarta ke Kuala Lumpur International

14

penerbangan per minggu dari Daerah Khusus Ibukota Jakarta ke Kuala Lumpur International

214

rata-rata waktu penerbangan dari Daerah Khusus Ibukota Jakarta ke Kuala Lumpur International, jarak total 1143 kilometer

1 jam 50 menit

merupakan maskapai penerbangan terpopuler yang terbang dari Daerah Khusus Ibukota Jakarta ke Kuala Lumpur International pada bulan lalu

Malaysia Airlines

Kuala Lumpur International

1 bandara

Cari penerbangan murah dari Jakarta ke Kuala Lumpur

 

Penerbangan langsung dari Jakarta ke Kuala Lumpur

Maskapai yang menyediakan penerbangan langsung dari Jakarta ke Kuala Lumpur adalah Malaysia Airlines, Indonesia AirAsia, AirAsia, Garuda Indonesia, Lion Air, Malindo Air, dan KLM. Semua penerbangan ini akan tiba di Bandara Internasional Kuala Lumpur (KUL) yang merupakan bandara terbesar dan tersibuk di Malaysia. Selain bandara ini, ada satu bandara lagi di Kuala Lumpur yaitu Kuala Lumpur Sultan Abdul Azziz Shah (SZB). Akan tetapi, tidak terdapat penerbangan langsung ke bandara ini.

Maskapai budget yang terbang dari Jakarta ke Kuala Lumpur

Maskapai budget yang terbang dari Jakarta ke Kuala Lumpur adalah AirAsia dan Lion Air. Penerbangan dengan maskapai ini tersedia setiap hari.

Bagaimana caranya untuk mendapatkan tarif tiket pesawat termurah dan promo bagus dari Jakarta ke Kuala Lumpur

Anda bisa mendapatkan tiket pesawat termurah dengan melakukan pencarian langsung ke halaman masing-masing maskapai di Skyscanner. Berikut tautan yang mengarahkan Anda ke halaman tersebut:

Skyscanner juga menyediakan layanan “Info Harga” untuk mendapatkan email pemberitahuan mengenai perubahan harga tiket pesawat yang Anda inginkan. Silahkan menuju tautan ini 

Informasi penting Bandara Internasional Soekarno Hatta (CGK) dan Bandara Internasional Kuala Lumpur (KUL)

  • Datang dengan tepat waktu Untuk menuju Bandara Soekarno-Hatta Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Kendaraan umum yang bisa Anda gunakan adalah Bis Damri atau taxi. Bis Damri adalah bis resmi bandara yang memiliki tujuan dari dan ke Jakarta Pusat (Stasiun Gambir, Kemayoran, dan Mal Thamrin City), Jakarta Timur (Terminal Rawamangun dan Terminal Kampung Rambutan), Jakarta Selatan (Terminal Blok M, Terminal Lebak Bulus, dan Terminal Pasar Minggu), Jakarta Utara (Terminal Tanjung Priok dan Mangga Dua), Bekasi (Bekasi, Kota Harapan Indah Bekasi, dan Cikarang/Plaza Jababeka), Bogor (Bogor dan Cibinong/City Mal), Tangerang (Lippo Karawaci), Karawang, Purwakarta, dan Merak-Cilegon-Serang. Bis Damri akan mengantarkan Anda langsung ke depan terminal bandara yang Anda tuju. Informasi selengkapnya bisa Anda temukan pada tautan ini 
    Lama perjalanan ke bandara menggunakan bis damri bervariasi, tergantung jarak dan kepadatan lalu lintas. Tarifnya pun bervariasi, mulai dari 40.000 hingga 65.000 rupiah. Jika menggunakan taxi, harga yang Anda bayarkan sekitar 100.000 rupiah. Perjananan menghabiskan waktu sekitar 30-45 menit dalam kondisi jalan lancar. Di dalam Bandara Soekarno-Hatta, dari satu terminal ke terminal lainnya Anda hanya tinggal berjalan kaki atau menggunakan Bis Shelter secara gratis yang menghubungkan antar terminal.
  • Informasi terminal
    • Terminal di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK)
      Bandara Soekarno-Hatta memiliki 3 terminal penumpang, yaitu Terminal 1, 2, dan 3. Untuk berpindah dari terminal satu dengan lainnya, Anda bisa menumpangi bis shuttle milik bandara secara gratis atau berjalan kaki untuk Terminal 1 dan 2. Terminal 3 terletak lebih jauh sehingga tidak memungkinkan untuk berjalan kaki jika ingin menuju Terminal 3. Berikut terminal yang digunakan oleh masing-masing maskapai untuk rute Kuala Lumpur:
      • Garuda Indonesia: Terminal 2E
      • Malaysia Airlines : Terminal 2D
      • AirAsia: Terminal 3G
      • Lion Air : Terminal 2E
      • Malindo Air: Terminal 2D
      • KLM: Terminal 2E
      Setiap terminal memiliki fasilitas yang cukup lengkap, yaitu restoran, kafe, tempat berbelanja, Wifi gratis, ATM di semua terminal, ruang merokok di Terminal 1 dan 2, serta Musholla di seluruh terminal. Anda bisa klik tautan berikut untuk mendapatkan informasi tentang Bandara SoekarnoHatta

    • Terminal di Bandara Internasional Kuala Lumpur (KUL)
      KL International Airport (KLIA) terletak di Sepang, sekitar 50 km dari Kuala Lumpur. Terminal penumpang di KLIA terdiri dari 2, yaitu Terminal Utama ‘KLIA 1’ dengan Contact Pier (CP1) dan Gedung Satelit (SAT), dan Terminal Maskapai Tarif Rendah ‘KLIA 2’. Penerbangan internasional biasanya akan diakomodasi di Gedung Satelit, sehingga untuk menuju ke Terminal Utama ‘KLIA 1’, tersedia Aerotrain yang berangkat setiap 3-5 menit. Hanya dibutuhkan waktu 2 menit untuk sampai di gedung terminal utama dan kemudian Anda bisa melanjutkan perjalanan Anda.
      Fasilitas yang terdapat di bandara ini sangat lengkap, diantaranya Wifi gratis, tempat merokok, ruang perawatan bayi, ATM, telepon umum, dan masih banyak lagi fasilitas lainnya. Selain itu, di bandara ini, Anda tidak akan kebingungan untuk sekedar mencari makan dan minum atau berbelanja souvenir. Disini banyak terdapat toko pakaian seperti Alfred Dunhill, Bvlgari, Charles & Keith, Furla, Giordano, Hermes, Hugo Boss, Kipling, dan masih banyak toko dengan merk kelas atas lainnya. Tempat yang menjual makanan dan minuman di bandara ini diantaranya Burger King, KFC, McDonalds, 7-eleven, Baskin Robbins, Bumbu Desa, Johny Rockets, Taste of India, Starbucks, dan lain-lain.
      Untuk penerbangan internasional, Anda sebaiknya sudah berada di bandara paling lambat 2 jam dari waktu keberangkatan untuk menghindari keterlambatan akibat pengecekan paspor dan check in. Walaupun demikian, biasanya penumpang yang sudah melakukan check-in secara online dan penumpang kelas bisnis diberikan kemudahan dalam check-in sehingga prosesnya lebih cepat. Penumpang yang sudah check-in secara online hanya memperlihatkan boarding pass dan identitas, dan kemudian bisa langsung masuk ke ruang tunggu. Bagi Anda yang memiliki tiket kelas bisnis, maka biasanya terdapat konter khusus yang membuat Anda tidak perlu mengantri panjang seperti penumpang kelas ekonomi lainnya.
      Informasi lebih lengkap mengenai Bandara Internasional Kuala Lumpur bisa Anda peroleh melalui tautan ini

Dokumen yang harus dibawa untuk pergi dari Jakarta ke Kuala Lumpur

Sebagai orang Indonesia, Anda tidak perlu memiliki visa untuk berkunjung ke negara-negara asia tenggara seperti yang dijelaskan pada tautan ini.
Penerbangan dari Jakarta ke Kuala Lumpur hanya membutuhkan paspor dan tentunya tiket pesawat. Sebelum Anda ke konter check-in, pastikan paspor dan tiket pesawat sudah Anda pegang atau diletakkan di bagian tas yang mudah diakses karena pengecekan identitas juga dilakukan saat Anda sudah sampai di Kuala Lumpur.

Perbedaan waktu dari Jakarta ke Kuala Lumpur

Kuala Lumpur memiliki zona waktu yang berbeda dengan Jakarta, yaitu satu jam lebih cepat daripada di Jakarta. Oleh karena itu, jika Anda ingin menggunakan jasa penjemputan, pastikan waktu penjemputan disesuaikan dengan waktu di Kuala Lumpur.

Informasi mengenai cuaca di Kuala Lumpur dan waktu terbaik untuk mengunjungi Kuala Lumpur

Pada dasarnya musim di Malaysia terbagi menjadi dua, yaitu musim kering dan hujan. Pada saat musim hujan, cuaca di Kuala Lumpur bisa menjadi sangat buruk. Hujan biasanya terjadi di siang menuju sore hari sekitar pukul 4 atau 5 sore. Oleh karena itu, cuaca pada malam hari akan terasa sangat sejuk. Walaupun demikian, hujan tidak datang setiap saat, Anda masih bisa berjalan-jalan walaupun Anda berkunjung di musim hujan yang jatuh pada bulan April-Oktober.

Kuala Lumpur juga menyajikan berbagai macam festival yang kebanyakan adalah perayaan hari-hari besar keagamaan. Festival terbesar di Kuala Lumpur adalah festival Ramadan, Imlek (Februari), Deepavali (Oktober), dan Natal (Desember). Selain perayaan keagamaan, terdapat beberapa festival lainnya seperti festival laying-layang (Pasir Gudang World Kite Festival) pada bulan Februari, kompetisi bersepeda (Le Tour De Langkawi) di antara Bulan Februari-Maret, dan Malaysian Grand Prix yang berlangsung pada bulan Oktober.

Dengan panduan informasi diatas Anda sekarang sudah bisa menentukan kapan Anda akan berkunjung ke Kuala Lumpur untuk dapat menyaksikan festival-festival yang Anda inginkan dan dengan cuaca yang bersahabat.

Biaya yang saya kira-kira akan dikeluarkan di Kuala Lumpur

Harga makanan di Kuala Lumpur tidak jauh berbeda dengan harga makanan di Jakarta. Untuk satu porsi makanan di restoran yang kelas menengah ke bawah, harga per porsi rata-rata mencapai RM10.00 atau sekitar 33.000 rupiah. Akan tetapi, jika Anda mengunjungi restoran yang kelas menengah, maka harga pun lebih tinggi, rata-rata harga makanan untuk dua orang sekitar RM 60.00 atau 200.000 rupiah. Sedangkan harga kopi cappuccino rata-rata RM 11.00 per cangkir atau sekitar 33.000 rupiah.

Untuk mendapatkan harga konversi mata uang terbaik, Anda sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu harga konversi mata uang di beberapa konter money changer atau bank. Menukarkan uang di money changer bandara sangat tidak disarankan karena biasanya jauh lebih mahal. Ada baiknya Anda membawa sejumlah uang yang cukup dalam ringgit agar tidak terpaksa menarik uang melalui ATM disana walaupun itu juga solusi yang cukup baik dibandingkan menukar uang di money changer bandara.

Biaya transport dari pusat kota ke bandara di Kuala Lumpur

Taxi yang menggunakan meter bisa Anda peroleh di level 1 dan 3 Gedung Terminal Utama. Penumpang akan membayar kupon seharga RM2.00 sebelum menumpangi taxi. Taxi di KL ada dua jenis, yaitu taxi tarif bawah (budget taxi) yang berwarna merah dan taxi eksekutif yang berwarna biru. Untuk taxi tarif bawah, harga dimulai dengan RM3.00 di satu kilometer pertama dan RM 0.10 setiap 115 meter selanjutnya. Di malam hari, Anda akan dikenai tambahan biaya tambahan yakni dari pukul 24:00 hingga pukul 06:00. Sedangkan, taxi eksekutif biasanya akan dengan senang hati menggunakan meter, namun tentunya biaya menjadi lebih mahal. Biasanya, Anda akan dikenakan biaya RM6.00 untuk satu kilometer pertama dan RM0.20 untuk setiap 150 meter selanjutnya. Biaya tambahan di malam hari juga berlaku untuk taxi ini.

Harga taxi rata-rata dari bandara ke pusat kota di Kuala Lumpur adalah RM73.00 dengan jarak kurang lebih 55 kilometer dan waktu tempuh 51 menit. Perkiraan waktu bergantung pada kepadatan lalu lintas pada saat itu. Harga tersebut belum termasuk toll yang juga dibebankan kepada penumpang.

Sebagai alternatif, Anda pun bisa menaiki bis atau kereta untuk menuju ke pusat kota Kuala Lumpur. Stasiun bis terletak di lantai dasar parkir mobil yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki dari terminal utama level 2. Harga bis dari bandara menuju pusat kota (KL Sentral) adalah RM10.00 untuk dewasa dan RM6.00 untuk anak-anak. Sedangkan dengan kereta, dari bandara menuju KL Sentral, Anda akan dikenakan biaya RM55.00 untuk dewasa dan RM25.00 untuk anak-anak jika membeli tiket di konter. Lama perjalanan untuk menuju KL sentral adalah 28 menit.

Selain opsi diatas, Anda juga bisa menyewa kendaraan. Skyscanner menyediakan layanan sewa mobil dan transfer bandara. Anda bisa melakukan pencarian di Skyscanner melalui tautan berikut dengan mengetik lokasi penjemputan yang Anda inginkan:
http://www.skyscanner.co.id/sewa-mobil
http://www.skyscanner.co.id/transfer-bandara

Metode pembayaran yang diterima di Kuala Lumpur

Seperti halnya di Jakarta, jika Anda tidak memiliki uang tunai, Anda bisa menggunakan kartu kredit untuk melakukan pembayaran di beberapa tempat seperti area perbelanjaan dan hotel. Akan tetapi, konversi nilai mata uang Anda kemungkinan akan lebih tinggi.

Tips wisata jika sedang berwisata di Kuala Lumpur

Berwisata di Kuala Lumpur tergolong cukup aman, namun Anda tetap harus berhati-hati dengan berbagai macam penipuan. Berikut beberapa tips untuk Anda yang ingin berwisata ke Kuala Lumpur:

  • Gunakanlah offline maps di gadget Anda. Untuk memudahkan Anda dalam mencari tempattempat tujuan Anda tanpa perlu menggunakan akses internet, offline maps menjadi pilihan yang sangat mudah dan murah. Sebelum Anda berangkat, pastikan Anda sudah mendownload offline maps KL yang bernama Ulmon Kuala Lumpur Map. Dengan ini, Anda tidak perlu lagi membeli kartu sim untuk mengakses online maps selama berada di KL.
  • KL terkenal dengan pelayanan taxi yang buruk. Supir taxi dengan tarif bawah sering kali menolak untuk menggunakan meter, sehingga mereka bisa menaikkan harga. Untuk menghindari ini, Anda sebaiknya membeli tiket taxi di Bandara Internasional KL, Stasiun Utama KL, atau di terminal bis agar Anda bisa mendapatkan taxi dengan harga yang lebih sesuai. Sebagai alternatif, gunakan taxi tarif bawah hanya jika supir bersedia menggunakan meter.
  • Anda akan banyak menemukan penjual bunga anak-anak atau penagih sumbangan yang mengaku berasal dari organisasi amal. Cara menghindari ini adalah dengan secara sopan dan tegas menolak permintaan mereka.

Untuk mengetahui lebih banyak mengenai berwisata di KL dan penerbangan murah ke KL, Anda bisa mengakses tautan ini 

Harga yang ditunjukkan di laman ini hanya merupakan estimasi harga terendah. Yang ditemukan dalam 45 hari terakhir.