Peta

AirAsia

KOTA-KOTA TUJUAN AIRASIA

Regional Kota
Jawa

Bandung (BDO)

Jakarta Soekarno-Hatta (CGK)

Semarang (SRG)

Solo (SOC)

Surabaya (SUB)

Yogyakarta (JOG)
Bali & Nusa Tenggara

Denpasar (DPS)

Lombok (LOP)
Sulawesi & Maluku Makassar (UPG)
Sumatera & Kepulauan Riau

Banda Aceh (BTJ)

Medan (KNO)

Padang (PDG)

Palembang (PLM)

Pekanbaru (PKU)
Kalimantan

Balikpapan (BPN)

Pontianak (PNK)
Asia

Bangkok - Don Mueang (DMK)

Beijing (PEK)

Brunei (BWN)

Busan (PUS)

Cebu (CEB)

Chengdu (CTU)

Chiang Mai (CNX)

Colombo (CMB)

Guangzhou (CAN)

Hanoi (HAN)

Ho Chi Minh City (SGN)

Hong Kong (HKG)

Jeddah (JED)

Johor Bahru (JHB)

Kathmandu (KTM)

Kota Kinabalu (BKI)

Krabi (KBV)

Kuala Lumpur (KLU)

Kuching (KCH)

Macao (MFM)

Male (MLE)

Manila (MNL)

Medina (MED)

Nagoya (NGO)

Delhi (DEL)

Osaka (KIX)

Pattaya (UTP)

Penang (PEN)

Phnom Penh (PNH)

Phuket (HKT)

Sapporo (CTS)

Seoul (ICN)

Shanghai (PVG)

Shenzhen (SZX)

Siem Reap (REP)

Singapore (SIN)

Taipei (TPE)

Tokyo - Haneda (HND)

Tokyo - Narita (NRT)

Yangon (RGN)
Australia & New Zealand

Auckland (AKL)

Darwin (DRW)

Gold Coast (OOL)

Melbourne(MEL)

Perth(PER)

Sydney(SYD)

Kebijakan Bagasi AirAsia

Penumpang diperbolehkan membawa satu tas atau koper ukuran kabin DAN satu tas laptop ATAU satu tas tangan pria / wanita ke dalam kabin pesawat. Dimensi tas atau koper tersebut harus muat dalam kompartemen atas kabin, yakni tidak melebihi ukuran 56 cm x 36 cm x 23 cm dan berat 7 kilogram. Sementara tas laptop atau tas tangan yang dibawa harus muat untuk ditempatkan di bawah kursi penumpang selama perjalanan.

 

Seperti halnya maskapai penerbangan budget lainnya, Anda tidak secara otomatis mendapatkan bagasi ketika Anda memesan tiket perjalanan dengan AirAsia. Oleh karenanya, bila Anda berencana pergi dengan membawa koper ekstra, pastikan untuk melakukan pemesanan terlebih dahulu secara online.

Ukuran barang bawaan yang dibagasikan tidak boleh melebihi 81cm (T) x 119cm (L) x 119 cm (D) dan berat satuannya tidak boleh melebihi 32 kilogram (sesuai standard kesehatan okupasional dan keselamatan penerbangan). Pemesanan bagasi tersedia dengan berat maksimum sebagai berikut:

  • Penerbangan Domestik: 15 kg / 20 kg / 25 kg / 30 kg / 40 kg
  • Penerbangan Internasional: 20 kg / 25 kg / 30 kg / 40 kg

 

PROFIL MASKAPAI AIRASIA

Sejarah Maskapai AirAsia

AirAsia didirikan pada tahun 1993 oleh DRB-HICOM, BUMN milik Malaysia, dan mulai beroperasi pada tahun 1996. Karena kurang mampu menghadapi persaingan dunia aviasi Malaysia saat itu, DRB-HICOM pun menjual saham AirAsia pada Tony Fernandes, petinggi Time Warner. Di tangan Fernandes, AirAsia mengalami rebranding dan berkembang pesat sebagai maskapai penerbangan budget dengan harga yang bahkan mengalahkan rival terberatnya, Malaysia Airlines. Tidak pelak, dalam satu tahun di bawah pimpinan Fernandes, AirAsia berhasil menuai sukses yang signifikan sebagai maskapai penerbangan budget pertama di Asia Tenggara.

Pada tahun 2003, AirAsia mengoperasikan penerbangan internasional perdananya ke Bangkok. Ini merupakan langkah pertama dalam upaya AirAsia melebarkan sayapnya ke negara-negara tetangganya. AirAsia pun membuka afiliasi dengan Thailand dan mendirikan Thai AirAsia, yang kemudian mengoperasikan penerbangan ke Singapura dan Indonesia. Tidak lama, AirAsia pun membuka rute-rute penerbangan ke negara-negara lain seperti Makau (2004), China, Filipina, Kamboja, Vietnam (2005), serta Brunei dan Myanmar (2006).

Selain Thai AirAsia, AirAsia juga mendirikan Indonesia AirAsia, AirAsia India, Philippines AirAsia, dan AirAsia Japan. Pada tahun 2007, AirAsia menunjukkan komitmennya untuk melayani rute penerbangan jarak jauh dengan tarif rendah melalui pendirian AirAsia X. AirAsia X mengoperasikan rute-rute penerbangan ke kota-kota di Australia, Eropa, Jepang, dan Korea Selatan.

Sulit dibayangkan bahwa maskapai penerbangan yang mempekerjakan 250 karyawan pada tahun 2001 ini kini telah membuka lapangan kerja pada lebih dari 15.000 orang di berbagai negara di Asia. Kisah sukses AirAsia telah diakui dunia penerbangan internasional dan AirAsia bahkan memenangkan World Best Low Cost Airline dari SkyTrax selama delapan tahun berturut-turut sejak tahun 2009.

Tipe Maskapai AirAsia

AirAsia merupakan maskapai penerbangan budget atau low cost carrier (LCC) terbesar di Asia. Hingga November 2016, AirAsia belum tergabung dalam aliansi maskapai penerbangan global, seperti Oneworld, SkyTeam dan Star Alliance.

Alamat dan Kontak AirAsia

Kantor Pusat AirAsia

AirAsia RedQ (Headquarters)

Jalan Pekeliling 5

Lapangan Terbang Antarabangsa Kuala Lumpur (KLIA​2)

64000 KLIA, Selangor, Malaysia

Telepon: +60 3-8660 4333

Kantor Perwakilan AirAsia di Jakarta

Jl. Marsekal Suryadharma (M1) No. 1
Selapajang Jaya Neglasari
Tangerang 15127

Telepon: +62 21 2985 0888

Fax: +62 21 2985 0889

Kantor Penjualan AirAsia di Bali

Terminal Keberangkatan Domestik / Internasional Bandara Internasional Ngurah Rai

Jl. Raya Denpasar 80361, Bali

 

Sun Boutique Hotel,

Jl. Sunset Road No.23, Kuta - Bali

Kantor Penjualan AirAsia di Banda Aceh

Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda

Jl. Banda Aceh Blang Bintang, Kode Pos 23372

Nangroe Aceh Daroesalam.

Kantor Penjualan AirAsia di Bandung

Ruangan Pasundan No. 17, Bandara Husein Sastranegara

Jalan Pajajaran No 156

Bandung, Jawa Barat.

 

Grand Serela Hotel

Jl. L.L.R.E. Martadinata (Jl. Riau), No. 56 Bandung

Jawa barat 40271, Indonesia.

Kantor Penjualan AirAsia di Jakarta

1) Bandara Soekarna Hatta, Cengkareng, Jakarta 19110

Terminal 2 E Soekarno Hatta Airport, Jakarta.

2) Boulevard Raya, Blok LA 4, No. 10 Kelapa Gading, 14200 Jakarta Utara

3) Komplek Rukan Darmawangsa Jl. Darmawangsa VI No. 43, Jakarta Selatan 12160, Indonesia

4) Sarinah Plaza Jl. M.H Thamrim No. 11 LG Jakarta Pusat

5) Marsekal, Suryadharma (M1) No. 1

Kelurahan Selapajang Jaya, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang

Banten 15127

Kantor Penjualan AirAsia di Lombok

Lobi Area Keberangkatan

Bandara Internasinal Lombok

Jl. By Pass Bil Praya, Kel. Tanak Awu, Kec. Pujut, Tanak Awu, Pujut,

Kabupaten Lombok Tengah,

Nusa Tenggara Bar. 83573.

Kantor Penjualan AirAsia di Makassar

Area Keberangkatan Bandara Sultan Hasanuddin

Jl. Airport No.1, Baji Mangngai,. Makassar,

Sulawesi Selatan 90552

Kantor Penjualan AirAsia di Medan

1) Arrival Terminal, Kualanamu International Airport,
Deli Serdang, Sumatera Utara

2) Garuda Plaza Hotel Lobby Level, Jl. Sisingamanga Raja No.18
Medan, Sumatera Utara 20213, Indonesia
Operational Hour : 08:00am- 09:00pm (everyday)

Kantor Penjualan AirAsia di Padang

Bandara Internasional Minangkabau

Jl. Mr. Sutan M. Rasyid, Padang Pariaman, Katapiang, Batang Anai,

Padang, Sumatera Barat 25586

Kantor Penjualan AirAsia di Palembang

Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II

Jl. Gubernur H. Asnawi Mangku Alam, Talang Betutu, Sukarami,

Palembang, Sumatera Selatan 30961

Kantor Penjualan AirAsia di Pekanbaru

Sales Office AirAsia No.20G

Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II

Jl.. Perhubungan I, Bukit Raya, Simpang Tiga, Maharatu, Marpoyan Damai,

Pekanbaru, Riau 28284

Kantor Penjualan AirAsia di Pontianak

Customer Service Office PT. Indonesia AirAsia,

Bandara Internasional Supadio

Jl. Arteri Supadio Km. 17, Pontianak Selatan, Limbung, Raya River, Kubu Raya,

Pontianak, Kalimantan Barat 78381

Kantor Penjualan AirAsia di Semarang

Bandara Internasional Ahmad Yani

Jl. Puad Ahmad Yani,

Semarang, Jawa Tengah 50242

Kantor Penjualan AirAsia di Solo

Bandara Internasional Adi Sumarmo

Jl. Bandara Adi Sumarmo, Ngesrep, Ngemplak,

Surakarta, Jawa Tengah 57108

Kantor Penjualan AirAsia di Surabaya

1) Lobi Terminal Internasional Bandara Internasional Juanda

Jl. Ir. H. Juanda, Betro, Sedati, Sidoarjo, Jawa Timur 61253

2) Plaza East UG floor unit 48 Tunjungan Plaza 1

Jalan Basuki Rahmat No.8-12 Kedungdoro, Tegalsari,

Surabaya, Jawa Timur 60261

Kantor Penjualan AirAsia di Yogyakarta

1) Bandara Internasional Adisucipto

Jl. Raya Solo KM.9, Maguwoharjo, Kec. Depok,

Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55282

2) Hotel Inna Garuda North Wing 6

JL Malioboro No. 60 Yogyakarta 55213

Call Center AirAsia

Indonesia +62 21 2927 0999 / +62 804 1333 333

Malaysia +603 2171 9333 / 600 85 9999

Website: http://www.airasia.com/ask/

Terminal dan Destinasi AirAsia

Sebelumnya, AirAsia mengoperasikan penerbangan domestik dan internasionalnya Terminal 3 lama di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Namun terhitung Agustus 2016, AirAsia memindahkan keseluruhan operasional maskapainya ke Terminal 2. Hal ini dikarenakan adanya kegiatan renovasi Terminal 3 lama dan beroperasinya Terminal 3 Ultimate.

Rute penerbangan domestik yang dioperasikan oleh AirAsia dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta yaitu ke Denpasar, Surabaya, Yogyakarta, Medan, dan Makassar. Rute penerbangan internasional yang dapat dijangkau secara langsung oleh AirAsia dari Jakarta yaitu Kuala Lumpur, Singapura, dan Bangkok.

Program Frequent Flyer AirAsia

Sebagai bentuk penghargaan atas kesetiaan pelanggannya, AirAsia memiliki program frequent flyer bernama AirAsia BIG. AirAsia BIG sendiri dioperasikan oleh Think BIG Digital (anak perusahaan dari AirAsia). Program ini dirancang agar dengan terbang bersama AirAsia, anggota-anggotanya dapat memperoleh poin yang kemudian dapat digunakan untuk menikmati berbagai keuntungan eksklusif seperti jam booking prioritas untuk promo AirAsia, akses ke promosi-promosi di tempat-tempat belanja rekanan AirAsia, redeem poin untuk bermalam di Tune Hotel di seluruh dunia, dan juga redeem poin untuk penerbangan gratis dengan AirAsia.

Tingkatan Tiket Kelas Maskapai AirAsia

Tiket Kelas Ekonomi AirAsia

Dalam pesawat-pesawat AirAsia sendiri hanya terdapat satu kelas yaitu kelas Ekonomi. Layanan Kelas Ekonomi juga tersedia bagi penumpang AirAsia X.

Seperti halnya maskapai penerbangan budget, penumpang akan dikenakan biaya tambahan apabila ingin memperoleh kenyamanan lebih selama penerbangan. Beberapa fasilitas yang ditawarkan pada penumpang yaitu pemesanan kursi tertentu (Advance Seat Request), menu makanan dan minuman yang mengundang selera, serta comfort package (seperti selimut, bantal duduk, dan penutup mata). Bila penumpang membeli fasilitas tambahan ini, maka hal ini akan tercetak pada tiket pesawat dan perlu ditunjukkan pada kru kabin di dalam pesawat. Perlu diingat bahwa AirAsia menolak pemesanan atau perubahan menu makanan dan minuman 24 jam sebelum waktu keberangkatan.

Tiket Kelas Bisnis AirAsia

Layanan Kelas Bisnis hanya tersedia di penerbangan dengan AirAsia X. Hanya tersedia 12 tempat duduk di area Kelas Bisnis, sehingga menjamin area duduk yang lebih lega, nyaman, dan juga eksklusif. Setiap tempat duduk dapat dialihfungsikan menjadi Premium Flatbed yang akan menambah kenyamanan istirahat penumpang di perjalanan jauh.

Fasilitas lain yang dapat diperoleh penumpang yaitu: priority check-in, priority boarding, priority baggage delivery, alternatif untuk mengganti jadwal penerbangan tanpa dikenakan biaya, makanan dan air mineral, bantal dan selimut, serta 25 kg bagasi. Selain itu, penumpang juga dapat menyewa tablet Xcite Inflight Entertainment yang menampilkan berbagai in-flight entertainment mulai dari musik, drama terbaru, game, hingga film terbaru.

Peraturan, Ketentuan dan Kondisi Penerbangan AirAsia

Check In

Penumpang dapat melakukan check-in secara online atau dengan mobile check-in. Proses ini dapat dilakukan mulai dari 48 jam hingga 90 menit sebelum waktu lepas landas. Layanan online check-in tidak tersedia untuk:

  • Penumpang melakukan check-in lebih dari 14 hari sebelum tanggal keberangkatan
  • Penumpang melakukan check-in kurang dari 1 jam sebelum waktu keberangkatan untuk AirAsia dan kurang dari 4 jam untuk AirAsia X
  • Penumpang hamil
  • Penumpang yang bepergian dengan bayi
  • Penumpang yang bepergian sendiri berusia di bawah 16 tahun
  • Penumpang dengan keterbatasan gerak atau berkebutuhan khusus
  • Penumpang dengan kondisi medis.

Bila penumpang memilih untuk melakukan check-in di konter maskapai (counter check-in), pastikan untuk tiba lebih awal. Konter check-in AirAsia buka 3 jam sebelum waktu keberangkatan penerbangan Internasional dan 2 jam sebelum waktu keberangkatan penerbangan Domestik. Konter ini akan ditutup 60 menit sebelum waktu keberangkatan untuk penerbangan Internasional dan 45 menit sebelum waktu keberangkatan untuk penerbangan Domestik.

Perubahan dan Pembatalan Penerbangan

Penumpang ingin melakukan perubahan atau pembatalan penerbangan disarankan untuk menghubungi nomor kontak pelanggan yang tersedia paling lambat 48 jam sebelum waktu keberangkatan, Penting diingat bahwa setelah pemesanan tiket dikonfirmasi, maka tiket tidak dapat dibatalkan dan pembayaran yang telah dilakukan tidak dapat dikembalikan.

Ketentuan Penumpang Hamil

Ketentuan yang perlu diperhatikan bila bepergian bersama penumpang yang sedang hamil yaitu:

  • Penumpang dengan usia kehamilan di atas 28 minggu harus membawa surat pernyataan dokter yang menyatakan kesehatan untuk bepergian, berapa minggu usia kandungan, dan estimasi tanggal kelahiran.
  • Penumpang dengan usia kehamilan 35 minggu ke atas tidak diperbolehkan ikut dalam penerbangan.

Ketentuan Penumpang yang Membawa Anak-anak dan Bayi

Untuk penumpang yang bepergian dengan bayi dan anak-anak, berikut aturan yang perlu diperhatikan:

  • Anak-anak berusia di bawah usia 12 tahun tidak diperbolehkan terbang sendiri tanpa ditemani oleh satu orang dewasa (usia minimal 18 tahun).
  • Bayi dan anak-anak berusia 9 hari sampai 2 tahun dikenakan tarif khusus pada saat reservasi tiket.
  • Bayi berusia kurang dari 8 hari hanya boleh ikut dalam penerbangan bila terdapat surat pernyataan dokter dan setelah orangtua bayi menandatangani Pernyataan Pertanggung-jawaban Resiko (FOI).

Tipe dan Jumlah Pesawat AirAsia

Secara total, AirAsia mengoperasikan 80 pesawat dalam armadanya. Sementara AirAsia X mengoperasikan 22 pesawat tipe Airbus A330-300.

Jenis Pesawat Jumlah

Airbus A320-200

Airbus A320neo

77

3

Total 80

* Informasi ini akurat hingga November 2016

Kenapa terbang pakai AirAsia

Cara Check-In

Penumpang dari maskapai penerbangan AirAsia dapat melakukan check-in dengan dua cara. Cara pertama adalah penumpang melakukan check-in di counter AirAsia di bandara. Pada umumnya, proses check-in dapat dilakukan 2 jam sebelum waktu keberangkatan dan counter akan ditutup 45 menit sebelum keberangkatan. Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa aturan di setiap bandara dapat berbeda dan penerbangan rute tertentu juga mendapatkan pengecualian, seperti rute penerbangan ke Australia. Di samping cara pertama, AirAsia juga menyediakan fasilitas web check-in. Penumpang perlu tahu bahwa web check-in tidak dapat dilakukan pada waktu keberangkatan yang lebih dari 14 hari dan kurang dari 1 jam untuk Air Asia, kecuali Air Asia X yang tidak memfasilitasi web check-in kurang dari 4 jam. Selain itu, terdapat beberapa penumpang yang tidak dapat melakukan web check-in seperti penumpang yang sedang mengandung, penumpang yang membawa anak kecil, penumpang berusia di bawah 16 tahun, penumpang dengan keterbatasan gerak dan kebutuhan khusus, serta penumpang dengan kondisi medis tertentu.

Pilihan Kursi

Penumpang dapat mengeluarkan biaya tambahan untuk memilih kursi tertentu pada saat pemesanan tiket (Advance Seat Request). Rincian biaya dapat dilihat secara lebih detil di situs resmi AirAsia. Bagi penumpang lainnya, maskapai tidak menjamin ketersediaan kursi tertentu pada saat check-in dan penumpang diminta persetujuannya untuk menerima kursi yang telah ditentukan.

Makanan dan Minuman

AirAsia menjual berbagai pilihan makanan dan minuman. Penumpang dapat membelinya pada saat melakukan pemesanan tiket dan juga selama penerbangan. Apabila membeli makanan dan minuman pada saat pemesanan tiket maka tiket pesawat merupakan bukti pembelian dan harus ditunjukkan pada kru kabin pesawat. AirAsia menolak pemesanan atau perubahan menu makanan dan minuman yang dilakukan 24 jam sebelum keberangkatan.

Ketentuan Bagasi

Penumpang maskapai AirAsia boleh membawa dua bagasi atau dua tas ke dalam kabin pesawat dengan berat maksimal 7 kg dan ukuran 56 cm x 36 cm x 23 cm. Bagasi ini disebut sebagai bagasi yang tidak didaftarkan dan tidak dikenakan biaya tambahan. Sedangkan penumpang yang membutuhkan tambahan bagasi atau disebut sebagai bagasi yang didaftarkan dapat membelinya pada saat pemesanan tiket atau saat melakukan check-in di bandara. Penumpang akan memeroleh potongan biaya apabila melakukan pembelian bagasi pada saat pemesanan tiket atau empat jam sebelum waktu keberangkatan. Berat minimum dari bagasi itu untuk rute domestik adalah 15 kg dan 20 kg untuk rute internasional.

Biaya Pemesanan

Hasil pencarian Skyscanner menampilkan harga tiket pesawat AirAsia yang sesungguhnya. Skyscanner tidak mengambil komisi apapun. Penumpang dapat melakukan pembayaran tiket secara langsung ke situs resmi dari mitra Skyscanner yang memberikan tiket itu. Perlu diperhatikan bahwa biaya tambahan dari online travel agent tertentu mungkin berlaku untuk beberapa metode pembayaran, seperti kartu kredit.

AirAsia

4,0/5
Berdasarkan 677 ulasan

Kami menilai penyedia berdasarkan masukan pengguna tentang: keandalan harga, biaya, layanan pelanggan, dan kemudahan penggunaan situs penyedia.

Cari tahu selengkapnya

Harga yang ditunjukkan di laman ini hanya merupakan estimasi harga terendah. Yang ditemukan dalam 45 hari terakhir.