Peta

Harga Tiket Pesawat Jakarta (CGKI) - Tokyo (TYOA)

Informasi penerbangan dari Daerah Khusus Ibukota Jakarta ke Tokyo

harga pulang-pergi termurah dari Daerah Khusus Ibukota Jakarta ke Tokyo pada bulan lalu

Rp 3.758.983

maskapai penerbangan yang terbang langsung dari Daerah Khusus Ibukota Jakarta ke Tokyo

5

penerbangan per minggu dari Daerah Khusus Ibukota Jakarta ke Tokyo

42

rata-rata waktu penerbangan dari Daerah Khusus Ibukota Jakarta ke Tokyo, jarak total 5816 kilometer

6 jam 55 menit

merupakan maskapai penerbangan terpopuler yang terbang dari Daerah Khusus Ibukota Jakarta ke Tokyo pada bulan lalu

ANA

Tokyo Narita dan Tokyo Haneda

2 bandara

 

Daftar Maskapai Hari Penerbangan Jam Penerbangan Bandara Asal Bandara Tujuan
Garuda Indonesia Setiap hari 07.10, 21.25, 23.35 Bandara Soekarno-Hatta Bandara Haneda
Setiap hari 06.15 Bandara Soekarno-Hatta Bandara Narita
All Nippon Airways Setiap hari 07.10, 21.25, 23.35 Bandara Soekarno-Hatta Bandara Haneda
Setiap hari 06.15 Bandara Soekarno-Hatta Bandara Narita
Japan Airlines Setiap hari 06.45, 21.55 Bandara Soekarno-Hatta Bandara Narita
Batik Air + Garuda Indonesia  + All Nippon Airways Setiap hari 18.30 Bandara Halim Perdana Kusuma Bandara Haneda
Batik Air + Jetstar Asia + Japan Airlines Setiap hari 13.25 Bandara Halim Perdana Kusuma Bandara Haneda
Batik Air + AirAsia + Japan Airlines Setiap hari 13.25 Bandara Halim Perdana Kusuma Bandara Narita
Batik Air + Garuda Indonesia Senin 18.30 Bandara Halim Perdana Kusuma Bandara Narita
Citilink + Indonesia AirAsia X Jumat 13.40 Bandara Halim Perdana Kusuma

Bandara Narita

 

 

Bagaimana cara untuk mendapatkan tiket pesawat termurah dan promo bagus dari Jakarta ke Tokyo?

Anda dapat memperoleh update untuk tiket pesawat murah dari Jakarta ke Tokyo melalui situs Skyscanner. Fitur Info Harga yang ada didalamnya akan memudahkan Anda untuk mengetahui harga terendah dari tiket yang Anda inginkan. Untuk memudahkan, Anda juga dapat mengunduh Aplikasi Skyscanner, info lebih lengkapnya silakan cek disini.

Informasi Bandara Internasional Soekarno Hatta, Bandara Internasional Halim Perdana Kusuma Bandara Internasional Haneda dan Bandara Internasional Narita

  • Informasi Terminal

Bandara Internasional Soekarno Hatta terdiri dari 3 terminal antara lain terminal 1 untuk penerbangan domestik, terminal 2 untuk penerbangan internasional maupun domestik serta terminal 3 untuk maskapai Garuda Indonesia dengan penerbangan domestik maupun internasional. Terminal 1 terdiri dari terminal 1A, 1B dan 1C. Terminal 2 terdiri dari terminal 2D, 2E dan 2F.  Jika Anda menggunakan maskapai Garuda Indonesia, Anda dapat menuju terminal 2D, 2E atau 3U. Sementara untuk maskapai All Nippon Airways, Anda perlu menuju ke terminal 1A, 2D, 2E atau 3U. Sedangkan untuk maskapai Japan Airlines, terminal yang dapat Anda lalui yakni terminal 2D.  Sebagai bandara bertaraf internasional, bandara ini memiliki fasilitas seperti 45 gate, 180 konter check in dan 36 carousel. Selain itu, juga dilengkapi dengan fasilitas lain seperti hotel, ruang menyusui, shuttle bus, airport lounge, free wifi. ATM, charging station, kids zone dan shopping center.

Bandara Internasional Halim Perdana Kusuma  sebelumnya ditujukan sebagai bandara komersil untuk membantu penerbangan dari Bandara Internasional Soekarno Hatta. Terminalnya hanya terdiri 2 terminal yakni domestik dan internasional dalam 1 lantai. Apabila Anda menuju ke Tokyo, Anda perlu melalui pintu 8 untuk penerbangan maskapai Batik Air atau pintu 6 untuk penerbangan maskapai Citilink. Anda perlu transit terlebih dahulu di Pekanbaru untuk penerbangan maskapai Batik Air. Sementara untuk penerbangan maskapai Citilink, Anda perlu transit dahulu di Denpasar atau Medan. Fasilitas dalam bandara ini cukup lengkap, seperti free wifi, kafe, toilet, ruang tunggu, ruang ibadah, ruang khusus merokok, dan konter check in.

Bandara Internasional Haneda memiliki 3 terminal dimana terminal 1 & 2 merupakan terminal domestik sementara terminal 3 adalah terminal internasional. Terminal 1 sendiri dikhususkan untuk maskapai Japan Airlines, Skymark Airlines dan Starflyer. Terminal 1 memiliki 8 lantai yang dimulai dari lantai B1F untuk akses menuju kereta. Kemudian lantai 1F yang menjadi area kedatangan dan terhubung dengan stasiun bus, taksi, meeting point dan beberapa toko. Lantai 2F merupakan terminal keberangkatan, sedangkan lantai 3F, 4F dan 5F berisi toko oleh-oleh dan makanan. Lantai 6 F merupakan sky gallery dan akses ke Observation Deck. Terminal 2 juga merupakan terminal domestik dengan maskapai seperti All Nippon Airways, Starflyer, Skynet Asia dan Air Do. Terminal ini memiliki 6 lantai yang difungsikan untuk terminal kedatangan, keberangkatan dan toko- toko. Kemudian terminal internasional yang baru dibangun tahun 2010, memiliki 5 lantai yang terdiri dari lantai 1F – 5F. Lantai 1F tempat untuk menunggu bus dan taksi, lantai 2F merupakan terminal kedatangan yang terhubung dengan stasiun kereta dan area parkir. Lantai 3 menjadi terminal keberangkatan yangdilengkapi dengan toko – toko. Lantai 4F adalah Edo Market Place, serta lantai 5F adalah Observation Deck. Fasilitas yang dimiliki bandara ini cukup lengkap seperti Bank, ATM, fasilitas medis, ruang meeting, free wifi, hotel dan Observation Deck.

Bandara Internasional Narita memiliki 3 terminal yang terhubung dengan shuttle bus. Terminal 1 digunakan untuk 2 grup maskapai penerbangan yakni Star Alliance dan Sky Team. Anda akan tiba di terminal ini apabila menggunakan maskapai All Nippon Airways dan Garuda Indonesia, karena kedua maskapai tersebut termasuk di dua grup itu. Terminal 2 digunakan untuk maskapai yang tergabung dengan grup OneWorld. Terminal ini dilengkapi dengan subway yang terhubung dengan Station Narita Airport No 2 Building. Adapun terminal 3 difungsikan untuk maskapai dengan tarif rendah.

 

  • Di terminal apa saja maskapai yang terbang ke Tokyo beroperasi?

Berikut daftar maskapai dan terminal keberangkatan menuju Tokyo di Bandara Internasional Soekarno Hatta:

Maskapai Terminal Keberangkatan
Garuda Indonesia Terminal 2D, 2E, 3U
All Nippon Airways Terminal 1A, 2D, 2E, 3U
Japan Airlines Terminal 2D
  • Moda transportasi yang tersedia dari pusat kota Jakarta dan Bandara Internasional Soekarno Hatta

Anda dapat mencapai Bandara Internasional Soekarno Hatta dari pusat kota dengan menggunakan beberapa moda transportasi berikut ini:

  • Jakarta Airport Connexion

Bagi Anda yang berangkat dari hotel ataupun mall di kawasan Jabodetabek, saat ini pemerintah sudah menyediakan transportasi khusus yaitu bus yang akan mengantar Anda langsung ke bandara. Adapun operator bus yang sudah bekerjasama dengan beberapa mall dan hotel di Jabodetabek yakni PPD, BlueBird, Perum Damri dan Sinar Jaya. Anda cukup membayar ongkosnya seharga Rp 50.000,00 jika berangkat dari hotel dan Rp 25.000,00 jika dari mall. Jakarta Airport Connexion sudah mulai beroperasi dari pukul 05.00 pagi hingga pukul 20.00 malam, dengan durasi perjalanan 30 menit. 

  • Bus Damri

Bus Damri dapat Anda temukan di beberapa terminal di Jakarta, Stasiun Gambir dan Kemayoran. Bus tersebut sudah mulai beroperasi dari pukul 03.00 pagi hingga pukul 20.00 malam. Anda cukup membayar ongkosnya seharga Rp 30.000,00 – Rp 45.000,00, sesuai dari titik mana Anda berangkat.

  • Taksi

Anda juga dapat menggunakan operator taksi seperti BlueBird. Taxiku, Silverbird, Primajasa, Borobudur, Express, Diamond, Gading, Gamya dan Tiara Express Premium. Ongkosnya sekitar Rp 150.000,00- Rp 200.000,00 untuk sampai di bandara, namun belum termasuk tol.

 

  • Moda transportasi yang tersedia dari pusat kota Jakarta dan Bandara Internasional Halim Perdana Kusuma

Anda dapat mencapai Bandara Internasional Halim Perdana Kusuma dengan menggunakan moda transportasi berikut ini:

  • KRL (Commuterline)

Transportasi umum yang dapat Anda gunakan untuk mencapai bandara yakni KRL (Commuterline). Anda dapat turun di Stasiun Duren Kalibata dengan tiket singletrip seharga Rp 14.000,00 (kartu senilai Rp 10.000,00 dan saldo senilai Rp 4.000,00). Setelah itu, dilanjutkan naik Kopaja no 57 dengan jurusan Blok M – Rambutan, ongkosnya sekitar Rp 5.000,00.

  • Bus Damri

Tersedia bus Damri dari beberapa titik lokasi di Jabodetabek seperti Stasiun Gambir, Bandara Internasional Soekarno Hatta, Rawamangun, Terminal Pulo Gebang dan beberapa wilayah lainnya. Tarifnya sekitar Rp 25.000,00 – Rp 40.000,00.

 

  • Moda transportasi yang tersedia dari Bandara Internasional Haneda dan pusat kota

Bandara Internasional Haneda berjarak sekitar 20 km dari pusat kota Tokyo. Anda dapat mencapai pusat kota dari bandara ini dengan beberapa moda transportasi berikut ini:

  • Tokyo Monorail

Anda dapat menemukan loketnya di lantai 3 terminal kedatangan dengan berjalan kaki sekitar 1 menit. Tokyo Monorail akan mengantar Anda sampai Stasiun Hamamatsucho dalam waktu kurang lebih 20 menit dengan tiket seharga ¥490 (Rp 58.273,00). Kemudian Anda dapat lanjut menggunakan JR Line menuju Stasiun Tokyo dengan tiket  seharga ¥160 (Rp 19.028,00). Tokyo Monorail ini beroperasi dari mulai pukul 05.00 pagi sampai tengah malam.

  • Keikyu Railways

Transportasi ini akan membawa Anda ke stasiun Shinagawa, melalui jalur Yamanote dan Asakusa Subway. Perjalanan memakan waktu sekitar 15 menit dengan ongkos seharga ¥410 (Rp 48.759,00). Kemudian Anda bisa lanjut dengan naik JR Line menuju Stasiun Tokyo selama 7 menit dengan tiket seharga ¥170 (Rp 20.217,00).  Keikyu Railways beroperasi mulai pukul 05.30 pagi sampai tengah malam.

  • Limousine Bus

Pihak bandara juga menyediakan limousine bus yang dapat membawa Anda ke beberapa hotel di Tokyo. Anda dapat sampai di pusat kota dengan waktu sekitar 25 – 45 menit dengan tiket seharga ¥930 (Rp 110.601,00).

  • Taksi

Anda dapat menggunakan taksi menuju pusat kota, terutama apabila sudah tengah malam. Hal ini karena di waktu tersebut, transportasi lain sudah tidak beroperasi. Untuk biayanya sekitar

 

  • Moda transportasi yang tersedia dari Bandara Internasional Narita dan pusat kota

Bandara Internasional Narita berjarak sekitar 70 km dari pusat kota Tokyo. Anda dapat mencapai pusat kota dengan menggunakan moda transportasi berikut ini:

  • Airport Limousine Bus

Transportasi ini dapat membawa Anda sampai ke Stasiun Tokyo dalam waktu 75 – 125 menit. Tiketnya seharga ¥3100 (Rp 368.672,00) (untuk anak – anak ¥1550 (Rp 184.336,00)) dapat membawa Anda menuju hotel – hotel di pusat kota.

  • Keisei Express Bus

Transportasi ini beroperasi dari pukul 07.00 pagi sampai 23.00 malam dengan rentang waktu setiap 20 menit. Tiketnya dapat Anda beli di Keisei Bus Kontra yang ada di lobby kedatangan bandara, seharga ¥900 (Rp 107.033,00). Rutenya meliputi Stasiun Tokyo, Sukiyabashi dan Shinomeshako.

  • Keisei Skyliner

Transportasi ini akan membawa Anda sampai ke Stasiun Nippori dan Ueno dalam waktu 40 menit dengan tiket seharga ¥2400 (Rp 285.423,00).

  • JR Narita Express

Rutenya meliputi Stasiun Tokyo, Ikebukuro, Shibuya dan Shinjuku. Untuk tiketnya, sekali jalan seharga ¥3020 (Rp 359.158,00), sementara untuk pulang pergi seharga ¥4000  (Rp 475.706).

Perbedaan antara Jakarta dan Tokyo

  • Apakah ada perbedaan waktu?

Terdapat perbedaan waktu sekitar 2 jam antara Jakarta dengan Tokyo. Waktu Tokyo lebih cepat 2 jam dibandingkan waktu Jakarta. Sementara untuk mata uang yang digunakan di Tokyo yakni yen.

  • Informasi tentang cuaca di Tokyo

Terdapat perbedaan cuaca yang berbeda secara signifikan antara Jakarta dengan Tokyo.  Jakarta memiliki iklim tropis dengan 2 musim yakni hujan dan kemarau. Sementara Tokyo memiliki iklim hangat dan sedang dengan suhu rata – rata sekitar 15.6°C. Suhu terhangat ada di bulan Agustus, sedangkan suhu terendah ada di bulan Januari. Tokyo memiliki 4 musim yakni musim semi di pertengahan Maret – pertengahan Juni, musim panas di pertengahan Juni – pertengahan September dan musim gugur di pertengahan September – pertengahan Desember serta musim dingin di pertengahan Desember – pertengahan Maret.

  • Informasi tentang perkiraan biaya di Tokyo

Pada umumnya, biaya hidup di Tokyo cenderung sangat mahal jika dibandingkan dengan di Jakarta atau kota lainnya. Untuk makanan sederhana, Anda dapat meperolehnya dengan harga sekitar ¥1000 (Rp 118.926,00).  Sementara untuk makanan yang lebih berkualitas atau di restoran, Ada perlu membayar sekitar ¥5200 (Rp 618.417,00). Cappucino dapat Anda peroleh dengan harga sekitar ¥381 (Rp 45.311,00). Sementara sebotol air mineral dapat Anda beli dengan harga sekitar ¥106 (Rp 12.606,00).

Petunjuk liburan di Tokyo

  • Tempat wisata yang harus dikunjungi

Tokyo penuh dengan tempat – tempat wisata yang menarik dari mulai pusat perbelanjaan, kuil dan wisata alamnya. Berikut beberapa pilihan tempat wisata yang wajib Anda kunjungi jika berada di Tokyo.

  • Ginza

Kawasan perdagangan dan perbelanjaan elite di Tokyo. Wilayah Ginza terkenal dengan shopping street-nya yang berisi toko –toko merk terkenal, toserba, galeri seni, pertunjukan teater, museum, butik pakaian dan pusat hiburan lainnya. Anda bahkan dapat menjumpai artis – artis terkenal yang mungkin sedang berbelanja di Ginza karena populernya tempat wisata ini. Selain hiburan, Anda juga dapat berwisata kuliner disini, karena Ginza menyediakan restoran – restoran dengan makanan kelas dunia.

  • Tokyo Disneyland

Tokyo Disneyland berlokasi di distrik Maihama, kota Urayasu, bagian barat laut Chiba. Tempat wisata ini terdiri 7 area yang memiliki tema tersendiri yakni Tomorrow Land, World Bazaar, Adventureland, Toontown, Weternland, Fantasyland dan Critter Country. Di tempat wisata ini, Anda dapat menyaksikan berbagai atraksi yang menarik tidak hanya untuk anak – anak namun juga orang dewasa. Anda juga dapat berfoto dengan berbagai karakter Disney.

  • Mori Garden Roppongi

Taman yang terkenal dengan hanami bunga Sakura di area taman Jepang dan Nihon Teien nya. Di taman ini Anda juga dapat bersantai di restoran – restorannya, bermain di area permainan dan hiburan serta menonton film di Toho Cinemas. Di malam hari, pencahayaan lampu disini sangat bagus dan mendukung pemandangan bunga Sakura di dalamnya.

  • Aktivitas yang harus dilakukan

 

  • Berbelanja di Takeshita-dori

Di tempat ini ada banyak toko fashion, aksesoris, jajanan khas jepang dan segala pernak – perniknya. Bagi Anda pecinta budaya pop Jepang dan artis – artisnya, Anda akan sangat menyukai tempat ini karena banyak sekali toko yang menjual segala macam merchandise artis – artis ternama Jepang. Selain itu, tempat ini juga sudah lama menjadi trendsetter fashion Jepang, bahkan sejak 1970-an.

  • Belanja oleh – oleh di Daiso Harajuku

Toko yang menjual berbagai macam barang dari mulai kosmetik, peralatan dan dekorasi rumah, perlengkapan dapur dan alat tulis, semua dengan harga sangat murah yakni ¥108 (Rp 12.844,00).

  • Mandi air panas di onsen

Onsen adalah sebutan untuk pemandian air panas di Jepang. Ada beberapa onsen yang terkenal diantaranya Hakune, Kinugawa, Nikko, Beppu, Dougo dan Wakura. Masing – masing onsen memiliki kelebihan masing – masing, dari segi pemandangan ada yang memperlihatkan pemandangan gunung Fuji serta laut dan ada yang dilengkapi dengan fasilitas mandi sauna, lumpur dan pasir. Akan tetapi, yang pasti adalah khasiat dari mandi air panas di onsen yang dipercaya dapat meningkatkan kesehatan.

  • Rekomendasi tempat penginapan di Tokyo

Tokyo sebagai tempat wisata, tentu menyediakan berbagai penginapan yang nyaman dan menarik dari fasilitasnya, diantaranya:

Lokasi dekat dengan Istana Kekaisaran Tokyo dan Menara Tokyo. Hotel bintang 5 dengan fasillitas mencakup spa, restoran dan staff multibahasa.

Hotel bintang 5 yang dekat dengan Istana Kekaisaran Tokyo dan Taman Istana Kekaisaran. Fasilitasnya meliputi layanan pesta pernikahan, toko souvenir, minimarket dan kawasan khusus merokok.

Hotel yang berada dekat dengan Teater Kabuki-za, Pasar Ikan Tsukiji dan Taman Hamarikyu. Hotel bintang 5 dengan fasilitas seperti pusat bisnis, ruang meeting dan layanan limo.

  • Festival di Tokyo yang terkenal

 

  • Gion Matsuri

Street festival yang diselenggarakan sepanjang bulan Juli. Puncak acara diisi dengan iring-iringan kereta dengan bentuk rumah adat Jepang yang dinaiki dan didorong oleh warga. Selain itu, semua warganya memakai pakaian tradisional Jepang yaitu kimono. Festival biasa diadakan di jalan Oike dan Kawaramachi, Kyoto.

  • Setagaya-kub Tamagawa Hanabi

Pertunjukan kembang api yang diadakan di sepanjang sungai Tamagawa antara daerah Kawasaki dan Tokyo.

  • Festival Hagoita-ichi

Festival akhir tahun dimana banyak terdapat kios yang menjual hiasan hagoita yakni alat permainan tradisional yang dihias. Biasanya bertempat di kuil Senjo-ji.

  • Makanan yang harus dicoba beserta rekomendasi restoran/tempat makannya

Selain tempat wisata, Tokyo juga terkenal dengan wisata kulinernya, berikut beberapa rekomendasi makanan yang patut Anda cicipi jika berada di Tokyo:

  • Ramen di Restoran Naritaya

Olahan mie yang dilengkapi dengan berbagai isian seperti daging, rumput laut, telur atau seafood disajikan dengan kuah kaldu daging sapi atau babi.

  • Kushiyaki di Roppongi Kushiyaki Ganchan

Sate khas Jepangdengan daging berupa paha ayam, bagian dalam ayam, tulang muda, usus dan telur. Tekstur daging sate ini sangat lembut dan biasa dinikmati dengan sake khas Jepang.

  • Matcha Dessert di Sadahau Aoki

Makanan penutup khas Jepang, berbahan dasar teh dengan tekstur lembut.

 

 

Informasi ini benar per September 2017

 

 

Harga yang ditunjukkan di laman ini hanya merupakan estimasi harga terendah. Yang ditemukan dalam 45 hari terakhir.