Peta

Citilink

Kota-kota Tujuan Penerbangan Citilink

Regional Kota
Sumatera & Kepulauan Riau

Banda Aceh (BTJ)

Batam (BTH)

Bengkulu (BKS)

Jambi (DJB)

Medan (KNO)

Padang (PDG)

Palembang (PLM)

Pangkalpinang (PGK)

Pekanbaru (PKU)

Tanjung Pandan (TJQ)

Kalimantan

Balikpapan (BPN)

Banjarmasin (BDJ)

Palangkaraya (PKY)

Pontianak (PNK)

Sulawesi

Manado (MDC)

Ujung Pandang (UPG)

Jawa

Bandung (BDO)

Jakarta Halim Perdana Kusuma (HLP)

Jakarta Soekarno-Hatta (CGK)

Malang (MLG)

Semarang (SRG)

Solo (SOC)

Surabaya (SUB)

Yogyakarta (JOG)

Bali & Nusa Tenggara

Denpasar (DPS)

Kupang (KOE)

Lombok (LOP)

Kebijakan Bagasi Citilink

Setiap penumpang Citilink saat ini mendapatkan bagasi gratis seberat 20kg dan diperbolehkan membawa bagasi jinjing ke kabin beserta satu tas jinjing atau tas laptop dengan berat gabungan maksimal 7kg. Layanan pencatatan bagasi di counter check-in dibuka 2 jam sebelum penerbangan dan ditutup 30 menit sebelum penerbangan.

 

Profil Maskapai Citilink

Sejarah Maskapai Citilink

Citilink merupakan anak perusahaan Garuda Indonesia yang resmi didirikan berdasarkan akta notaris pada tahun 2009 dan berkedudukan di Sidoarjo, Jawa Timur. Awalnya Citilink merupakan divisi bisnis dari Garuda Indonesia, kemudian menjadi independen per Agustus 2012 dengan kode penerbangan QG. Citilink merupakan salah satu maskapai dengan penerbangan berbiaya rendah yang ada di Indonesia. Namun berbeda dengan maskapai berbiaya rendah lainnya yang cenderung mengabaikan pelayanan dan keamanan, Citilink tetap memprioritaskan hal tersebut sekalipun penumpang bisa terbang dengan harga terjangkau. Citilink merupakan salah satu Unit Bisnis Strategis dari maskapai penerbangan terbesar di Indonesia, yaitu Garuda Indonesia. Dengan kata lain, maskapai Citilink merupakan salah satu anak perusahaan Garuda Indonesia. Citilink didirikan pada tahun 2001 dengan nama PT. Citilink Indonesia. Awal beroperasi, Citilink menggunakan pesawat yang sebelumnya pernah dipakai oleh Garuda Indonesia yaitu Fokker 28 yang saat itu hanya berjumlah lima pesawat. Namun perjalanan Citilink pernah terhenti pada Januari tahun 2008. Saat itu Citilink menghentikan operasinya guna memperbaiki dan mempersiapkan konsep layanan terbaru. Waktu vakum Citilink tidaklah lama. Pada bulan September 2008, Citilink kembali terbang dengan konsep yang lebih matang. Citilink terus mengembangkan konsepnya dengan komitmen menjadi maskapai penerbangan terdepan di kelas low cost carrier. Citilink selalu meningkatkan mutu pelayanannya kepada penumpang dengan menjaga ketepatan waktu serta memudahkan sistem pembayaran yang bisa dilakukan melalui atm bersama. Citilink juga mempunyai slogan Low Fares Everyday yang menegaskan bahwa Citilink merupakan maskapai berbiaya rendah dengan kualitas yang juga berkelas. Kini Citilink tampil lagi lebih fresh dengan livery hijau putih yang terpasang di maskapinya. Selain itu Citilink juga mengganti interior maskapai. Tampaknya Citilink akan membidik segmen pasar remaja dengan menggaet grup band Nidji sebagai brand ambassadornya. Saat ini Citilink beroperasi dengan menggunakan 29 pesawat yang terdiri dari 22 pesawat Airbus A320 dan tujuh pesawat Boeing 737 untuk melayani 70 rute penerbangan domestik dan enambelas rute penerbangan regional di Indonesia. Kabarnya, hingga tahun 2015 nanti Citilink akan menambah lagi sejumlah armada baru sehingga memiliki total sebanyak 50 pesawat dan juga berencana menambah rute luar negeri guna menambah pelayanan bagi penumpangnya. Citilink selalu berusaha memberikan pengalaman terbang yang nyaman dan terjangkau bagi seluruh kalangan masyarakat.

 

Citilink termasuk maskapai bertarif rendah di Indonesia dan merupakan anak perusahaan dari maskapai nasional Garuda Indonesia. Citilink fokus pada layanan antar-jemput antar kota-kota terbesar di Indonesia. Pada dasarnya Garuda merasa dihadapkan dengan berbagai maskapai bertafir rendah, oleh sebab itu pada tahun 2011 Garuda mendirikan perusahan ini. Namun Citilink tidak begitu mendapat perhatian yang semestinya dari Garuda. Seperti Citilink hanya mengoperasikan pesawat yang tidak digunakan lagi oleh Garuda. Pada tahun 2011 Garuda mengumumkan akan spin-off Citilink dengan lisensi dan kode IATA sendiri, hal ini memungkinkan untuk Citilink beroperasi secara independen. Garuda memiliki rencana untuk merubah keseluruhan dari Citilink, termasuk strategi periklanan baru, seragam, logo didesain ulang, sampai dengan website baru dan pesawat baru. Pada akhir 2012 Citilink mengumumkan bahwa mereka telah membeli 25 pesawat berjenis Airbus A320Neo. Pesawat baru ini akan digunakan untuk rute baru. Citilink berencana membuka rute penerbangan dengan tujuan kota-kota bagian Timur di Indonesia. Selain itu mereka juga akan menambahkan rute penerbangan internasionalseperti Singapore dan Malaysia. Mereka berencana penumpangnya empat kali lipat dalam dua tahun.

Program Frequent Flyer Citilink

Sayangnya untuk sementara ini, maskapai Citilink belum memiliki program frequent flyer.

Terminal dan Destinasi Penerbangan Citilink

Penerbangan Citilink dari Jakarta beroperasi di dua bandara, yaitu:

Bandara Soekarno-Hatta (CGK) Terminal 1C, melayani penerbangan ke Balikpapan (BPN)Banjarmasin (BDJ)Batam (BTH)Bengkulu (BKS)Denpasar (DPS)Jambi (DJB)Lombok (LOP)Kupang (KOE)Manado (MDC)Medan (KNO)Padang (PDG)Palangkaraya (PKY)Pangkalpinang (PGK)Pekanbaru (PKU)Pontianak (PNK)Surabaya (SUB)Tanjung Pandan (TJQ), dan Ujung Pandang (UPG).

 

Bandara Halim Perdana Kusuma (HLP) terminal kiri, melayani penerbangan ke Malang (MLG)Medan (KNO)Palembang (PLM)Semarang (SRG)Solo (SOC)Surabaya (SUB), dan Yogyakarta (JOG).

Alamat dan Kontak Citilink

 

Kantor Pusat Citilink

Menara Citicon, Lantai 16

Jl. S. Parman Kav. 72 Slipi

Jakarta Barat 11410

Telp. +6231-2931100/08041080808 (24 jam)

Email: info@citilink.co.id

Kantor Penjualan Tiket Citilink Jakarta

Jl. Gunung Sahari Raya No.52

Jakarta Pusat 10720

Telp. 021-49035353

Call Center Citilink

Indonesia: +6280 410 808 08

Internasional: +6231 293 1100

Tingkatan Tiket Kelas Citilink

Citilink hanya memiliki satu kelas tiket, yaitu kelas ekonomi. Pada penerbangan kelas ekonomi, Citilink tidak menyediakan makanan atau pun minuman gratis karena Citilink merupakan LCC. Namun demikian, Anda dapat membeli makanan atau minuman pada saat in-flight. Hiburan yang tersedia pada penerbangan kelas ekonomi menggunakan Citilink adalah majalah Colors yang khusus disediakan bagi penumpang maskapai ini.

Peraturan dan Ketentuan & Kondisi Penerbangan Citilink

Check-In

Check-in melalui check-in counter dibuka 2 jam sebelum penerbangan dan paling lambat 30 menit sebelum penerbangan. Jika melalui web check-in, maka check-in dibuka 7 hari sebelum penerbangan dan ditutup 45 menit sebelum penerbangan.

Perubahan Penerbangan Citilink

Anda diperkenankan untuk melakukan beberapa perubahan penerbangan seperti perubahan nama dan jadwal (dikenai biaya administrasi tambahan).

Pembatalan Penerbangan Citilink

Sayangnya Anda tidak dapat melakukan pembatalan penerbangan untuk saat ini.

Sedang Hamil

Jika Anda sedang hamil dan usia kehamilan mencapai 27 minggu, maka Anda harus membuat surat pernyataan untuk membebaskan maskapai dari tuntutan atas apa yang terjadi pada janin akibat penerbangan. Jika usia kehamilan antara 28-34 minggu maka harus membuat surat pernyataan disertai surat keterangan dokter. Jika usia kehamilan di atas 34 minggu, maka Anda tidak diijinkan terbang.

Membawa Anak-anak dan Bayi

Penumpang berusia 2 tahun hingga 12 tahun dianggap sebagai anak-anak. Di atas 12 tahun dianggap dewasa penuh dan di bawah 2 tahun dikategorikan sebagai infant. Anak-anak dan infant yang terbang dengan maskapai harus didampingi oleh orang dewasa yang mampu mengurusnya. Bayi di bawah 7 hari tidak direkomendasikan untuk terbang.

Difabel

Wheel-chair yang digunakan oleh penyandang difabilitas tidak dikenakan biaya tambahan selama dimasukkan ke dalam bagasi tercatat.

Jenis dan Jumlah Pesawat Citilink

Jenis Pesawat Citilink Jumlah
Airbus 320 41

Informasi ini benar per November 2016.

Informasi lengkap tentang Maskapai Penerbangan Citilink

Cara Check-in

Penumpang sebaiknya tiba 2 jam sebelum jadwal keberangkatan dan menuju ke counter cek-in untuk meletakkan bagasi dan memperoleh kartu boarding. Counter untuk meletakkan bagasi akan tutup tepat 30 menit sebelum keberangkatan dan penumpang diharuskan tiba di gerbang keberangkatan 25 menit sebelum jadwal keberangkatan.

Pilihan Kursi

Penumpang bisa memilih tempat duduk yang diinginkan pada waktu memesan tiket. Harga di setiap baris berbeda, baris 1 yang termahal, baris 2 yang lebih murah, dan seterusnya hingga baris di belakang yang diberikan secara gratis.

Makanan dan Minuman

Tergantung dari pilihan penerbangan anda, beberapa penerbangan Citilink tidak mempunyai layanan makanan. Namun, jika di penerbangan terserbut anda bisa memesan makanan secara online, anda akan dilayani terlebih dahulu sebelum penumpang lainnya dalam penyajian makanan. Untuk pilihan makanan, biasanya tersedia nasi goreng, nasi rames, dan spaghetti. Makanan ringan seperti chips, coklat, dan kacang juga tersedia, dilengkapi minuman hangat dan dingin.

Ketentuan Bagasi

Penumpang Citilink mendapatkan bagasi cuma-cuma seberat 20 kg yang merupakan bagasi cek-in maksimal dan 7kg bagasi kabin. Maksimum ukuran untuk bagasi jinjing adalah 56x36x23 cm. Jika penumpang bepergian bersama balita dan telah memesan kursi untuk balita, penumpang berhak membawa makanan bayi dan kereta bayi yang dapat dilipat dengan ukuran maksimum 56x36x23 cm dan berat maksimum 5 kg. Benda-benda berukuran besar seperti peralatan olahraga bisa dimasukkan ke bagasi yang sudah termasuk dari tarif jika ruang tersedia memungkinkan. Panjangnya barang-barang tersebut adalah 1.9 meter untuk Aircraft 737 (Jakarta, Denpasar, dan Ujungpandang) dan 2.77 meter untuk Aircraft 737 (Medan, Balikpapan). Jika anda memiliki beberapa penerbangan, panjang maksimum adalah panjang yang terpendek. Selain itu, Citilink memperbolehkan penumpang untuk membawa jaket atau selimut, kamera atau teropong kecil, dan juga tas jingjing. Jika penumpang membutuhkan bagasi tambahan, penumpang bisa menambah bagasi seberat 15-40 kg dengan biaya dari Rp 150.000 sampai dengan Rp 400.000.

Biaya Pemesanan

Harga tiket pesawat Citilink yang ditunjukkan pada hasil pencarian Skyscanner adalah harga yang sesungguhnya. Skyscanner tidak mengambil komisi apa pun. Pemesanan tiket yang dipilih dapat langsung dibayar di situs resmi mitra Skyscanner yang memberikan tiket tersebut. Ada pun biaya tambahan dari online travel agent tertentu mungkin berlaku untuk beberapa metode pembayaran seperti kartu kredit.

Harga yang ditunjukkan di laman ini hanya merupakan estimasi harga terendah. Yang ditemukan dalam 45 hari terakhir.