Peta

Harga Tiket Pesawat Sorong (SOQ) - Jayapura (DJJ)

Informasi penerbangan dari Sorong ke Jayapura

Tarif pulang-pergi termurah di bulan lalu

Rp 1.575.871

Maskapai penerbangan langsung

2

Penerbangan per pekan

26

Rata-rata waktu penerbangan, total jarak 1061 kilometer

1 jam 35 menit

Jayapura

1 bandara

Informasi ini benar pada Februari 2016

 

Rute Perjalanan Sorong ke Jayapura

Maskapai Penerbangan yang Terbang dari Sorong ke Jayapura : 

Maskapai penerbangan Garuda Indonesia memiliki penerbangan langsung dari Sorong ke Jayapura. Di samping itu, pilihan penerbangan tidak langsung dari Garuda Indonesia juga menjadi alternatif untuk bepergian dari Sorong ke Jayapura. Dalam perjalanan, pesawat akan berhenti di Bandara Manokwari dan Bandara Tembagapura. Untuk mendapatkan penerbangan dengan harga termurah, calon penumpang bisa melakukan pencarian tiket pesawat Sorong ke Jayapura melalui Skyscanner Indonesia.  

 

Keberangkatan dari Sorong (SOQ)

Bandara : 

Penumpang dari Sorong berangkat melalui Bandara Domine Eduard Osok yang terletak di Sorong, Papua Barat. 

Check-In : 

Sebaiknya penumpang setidaknya tiba 1 jam sebelum waktu keberangkatan untuk melakukan check-in. Pada penerbangan domestik ini, penumpang WNI hanya perlu menunjukkan KTP atau paspor yang masih berlaku dan tiket pesawat. 

Transportasi ke Bandara : 

Terdapat beberapa pilihan alat transportasi untuk menuju ke Bandara Domine Eduard Osok yang terletak di Jl. Basuki Rahmat km 8 Desa Kelurahan Remu Selatan Kecamatan Sorong Timur Kabupaten Sorong Selatan. 

Penumpang bisa menggunakan taksi bandara. Tarif dari pelabuhan ke bandara sekitar Rp 100.000 sampai dengan Rp 150.000 dan perjalanan membutuhkan waktu 10-20 menit.  

Penumpang juga dapat bepergian dengan bemo atau yang dikenal sebagai kendaraan umum kuning. Bemo ini dapat ditemui di terminal bus dan akan berhenti di luar bandara.  

Pilihan lainnya adalah ojek. Tarif ke bandara berkisar Rp 25.000 sampai Rp 50.000 dan perjalanan lebih kurang selama 10-20 menit.  

Fasilitas di Bandara : 

Bandara Domine Eduard Osok baru selesai melakukan pengembangan. Kini bandara ini memiliki gedung terminal dengan 2 lantai, lift, X-Ray bagasi, dan desain interior yang baru.  

 

Kedatangan di Jayapura (DJJ)

Bandara dan Terminal Kedatangan :

Penumpang dari Sorong akan tiba di Jayapura melalui Bandara Internasional Sentani. Bandara ini memiliki dua buah terminal, yakni domestik dan internasional. Penumpang dari penerbangan Sorong datang melalui Terminal Domestik.  

Transportasi dari Bandara : 

Untuk menempuh jarak dari bandara ke pusat kota Jayapura yang sebanyak 40 km, pengunjung memiliki beberapa pilihan alat transportasi.  

Bandara Sentani memiliki antrian taksi resmi. Pengunjung harus melakukan pemesanan melalui loket khusus. Tarif taksi tergantung jarak destinasi. Pada umumnya tarif taksi berkisar dari Rp 350.000 sampai Rp 450.000. Waktu perjalanan dengan taksi menghabiskan waktu 1 jam.   

Pilihan alat transportasi berikutnya adalah Bus Damri. Bus akan mengantar penumpangnya langsung ke pusat kota Jayapura dan tepat di depan pool Damri di Hotel Aston Jayapura. Biaya tiket perjalanan dengan bus Damri adalah Rp 50.000 dan perjalanan biasanya menghabiskan waktu 1,5 jam.   

Di Jayapura, angkot disebut dengan taksi. Pengunjung bisa menjumpai angkot ini dengan terlebih dahulu berjalan kaki ke luar bandara. Untuk sampai di pusat kota, pengunjung harus berganti angkot sebanyak enam kali dengan urutan Sentani-Expo Waena, Expo-Abepura, Abepura-Entrop, Entrop-Terminal Mesran, dan terakhir Terminal Mesran-kota Jayapura. Satu kali perjalanan dengan angkot menghabiskan biaya Rp 5.000.  

Pilihan lainnya adalah ojek sepeda motor. Pada umumnya perjalanan dengan ojek menghabiskan biaya Rp 100.000.  

 

Perbandingan antara Sorong dan Jayapura 

Perbedaan Waktu : 

Tidak terdapat perbedaan waktu antara Sorong dan Jayapura. Artinya apabila waktu di Sorong menunjukkan pukul 14 maka begitu pula dengan waktu di Jayapura.  

Perbedaan Suhu : 

Cuaca di kedua kota ini tergolong relatif mirip, meskipun suhu di Sorong rata-rata lebih sedikit panas dibandingkan Jayapura, yaitu 31 derajat Celcius dibandingkan 26 derajat Celcius. Kedua kota ini memiliki tingkat kelembapan yang tergolong tinggi. Pada bulan Oktober hingga April hujan jarang turun, akan tetapi pada pertengahan masa itu yaitu pada bulan Desember hingga Januari hujan turun dengan deras. Sedangkan bulan Mei hingga September merupakan masa turunnya hujan rutin tahunan.                                                                  

Perbandingan Harga Makanan dan Transportasi : 

Biaya makan di Sorong dan Jayapura lebih kurang sama, yaitu mulai dari sekitar Rp 30.000. Sedangkan untuk biaya taksi dari pelabuhan ke bandara Domine Eduard Osok Sorong adalah dari Rp 100.000 sampai dengan Rp 150.000. Dan perjalanan dari Bandara Sentani Jayapura menuju pusat kota Jayapura adalah sekitar Rp 350.000 sampai Rp 450.000.   

Harga yang ditunjukkan di laman ini hanya merupakan estimasi harga terendah. Yang ditemukan dalam 45 hari terakhir.