Peta

Tiket Pesawat ke Jayapura

Jayapura

Kota Jayapura adalah ibu kota dari provinsi Papua; sebuah provinsi yang terletak di timur Indonesia. Kota ini masih belum banyak tersentuh sehingga memiliki kecantikan yang alami. Kota Jayapura siap memberikan pengalaman wisata yang unik bagi siapapun yang berkunjung ke sana. Salah satu daya tarik dari wisata ke Jayapura adalah kunjungan ke Danau Sentani, yaitu sebuah danau yang sangat luas di mana terdapat 21 pulau di dalamnya. Selain itu, tempat wisata lainnya di Jayapura yang akan memukau wisatawan adalah Teluk Tanah Merah dan Pasir Enam yang indah. Para pecinta gunung akan menyukai perjalanan ke puncak Gunung Ifar, salah satu gunung terkenal di provinsi ini, di mana berdiri Tugu MacArthur. Berwisata ke Jayapura juga akan menambah wawasan para wisatawan akan budaya Asmat, salah satu budaya yang memperkaya keanekaragaman budaya di Indonesia. 

Kecantikan tanah Papua yang alami dan budaya yang terjaga dengan baik di Jayapura ini membuat kota Jayapura sebagai salah satu destinasi wisata yang unik di Indonesia!

Penerbangan Murah Ke Jayapura

Salah satu cara untuk berkunjung ke Jayapura adalah melalui jalur udara. Kota Jayapura memiliki sebuah bandar udara bernama Bandar Udara Sentani. Saat ini telah tersedia cukup banyak pilihan rute penerbangan dari dan ke Jayapura, seperti Jakarta-Jayapura, Makassar-Jayapura, Surabaya-Jayapura, Sorong-Jayapura, dan Medan-Jayapura. Maskapai penerbangan yang melayani rute penerbangan ini di antaranya adalah Garuda Indonesia, Lion Air, Wings Air, dan Batik Air. Para wisatawan dapat melakukan pencarian penerbangan murah ke Jayapura dengan menggunakan Skyscanner. Pencarian tiket pesawat murah ke Jayapura melalui Skyscanner sangatlah mudah, praktis, dan gratis. Wisatawan tidak hanya dapat mencari tetapi juga langsung melakukan pemesanan tiket secara gratis. 

Wisata Alam : Kecantikan Alam Jayapura

Jayapura memiliki alam yang indah. Salah satu buktinya adalah Danau Sentani yang terletak lebih kurang 50 km dari kota Jayapura atau sekitar 30 menit dengan menggunakan kendaraan. Danau Sentani merupakan danau yang sangat terkenal di Papua. Danau ini memiliki banyak kekhasan; selain merupakan danau terbesar di Papua, di dalam Danau Sentani sendiri terdapat 21 pulau kecil-kecil. Saat berkunjung ke danau ini, wisatawan dapat berkeliling dengan menggunakan perahu; menikmati hembusan angin yang segar, melihat rumah-rumah panggung, dan berkenalan dengan penduduk setempat yang ramah. Desa-desa di sekitar Danau Sentani merupakan rumah bagi pengrajin-pengrajin handal di Jayapura. Salah satu hasil kerajinan mereka adalah lukisan batu yang dapat banyak dilihat di Desa Doyo Lama dan kain kulit kayu yang dapat ditemukan di Pulau Asei. Wisatawan juga dapat berenang, menyelam, ski air, dan memancing di danau ini. Selain itu, terdapat festival budaya yang setiap satu kali dalam setahun diselenggarakan, yaitu Festival Budaya Danau Sentani yang diikuti oleh sejumlah desa di Papua dan Indonesia. Di dalam festival ini, wisatawan dapat menyaksikan tarian perang yang dilakukan di atas kapal. 

Tempat wisata alam lainnya di Jayapura dan terletak dekat dengan Danau Sentani adalah Pegunungan Cycloops dengan Gunung Rafeni. Wisatawan dapat melakukan pendakian dan menikmati pemandangan alam yang indah dari puncak gunung ini. Pecinta gunung juga dapat melakukan pendakian ke Gunung Ifar di mana berdiri Tugu MacArthur, seorang Jenderal Besar AS, sehingga tempat ini pun lebih dikenal dengan nama Bukit Makatur.  Tugu MacArthur merupakan salah satu

lokasi terbaik untuk melihat pemandangan kota Jayapura, terutama di sore hari atau menjelang matahari terbenam. Menurut cerita penduduk setempat, dari atas gunung inilah Jenderal MacArthur mendapat inspirasi dalam menyusun strategi-strategi perang. 

Jayapura pun memiliki pantai-pantai yang cantik dan Pantai Pasir Enam merupakan salah satunya. Perjalanan dengan menggunakan perahu motor untuk sampai di pantai ini akan berbuah manis ketika wisatawan dapat melihat keindahan laut selama perjalanan, pesona pasir putih dari pantai ini, serta ketenangan yang Pantai Pasir Enam tawarkan. Pantai lainnya yang juga menjadi tempat wisata menarik adalah Pantai Amay Tablasufa atau dikenal juga sebagai Pantai Amai. Saat bermain ke sana, wisatawan akan terpukau dengan pasirnya yang berwarna hitam. Tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan adalah Tempat Penangkaran Buaya Bintang Mas yang berada di Entrop. Tempat ini menjadi rumah bagi setidaknya 200 ekor buaya! 

Wisata Budaya di Jayapura

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Jayapura atau Papua secara lebih luas memiliki budaya yang beragam dan masih terjaga dengan baik hingga sekarang. Salah satu cara untuk menyaksikan pertunjukan budaya di Jayapura adalah dengan menonton Festival Budaya Danau Sentani. Di dalam festival ini, semua desa yang ikut mengambil bagian akan mempertunjukkan keterampilan budaya masing-masing, seperti tarian adat, tarian perang khas Papua, upacara adat, dan lain-lain. Salah satu pertunjukan budaya yang dapat wisatawan lihat adalah Isosolo. Isosolo adalah sebuah tarian magis yang dilakukan oleh masyarakat suku Sentani. Di dalam tarian ini, sekelompok orang menari dengan sukacita sambil mempersembahkan buaya. Tarian lainnya yang juga luar biasa adalah Gema Tifa yang diikuti oleh 500 orang. Selain itu, tempat wisata budaya di Jayapura yang juga menarik untuk dikunjungi adalah di Pusat Asmat dan Pusat Pendidikan Asmat yang terletak di Jl. Yos Sudarso. Wisatawan juga dapat mengenal budaya Asmat secara lebih dekat dengan berkunjung ke Wilayah Kampung Asmat. Di tempat ini, wisatawan akan dapat melihat ukiran Asmat yang unik. 

Wisata Kuliner di Jayapura

Salah satu kuliner yang terkenal di kota Jayapura adalah hidangan lautnya. Bumbu dan cara memasak yang penduduk lokal gunakan termasuk sederhana, namun hidangan laut di Jayapura tetaplah sangat sedap. Rahasianya terletak pada kesegaran bahan dasar yang digunakan. Hal ini tidak mengherankan karena Jayapura terletak dekat dengan perairan. Beberapa makanan yang favorit di Jayapura adalah ikan tongkol, ikan ekor kuning, dan ikan cakalang panggang maupun bakar. Beberapa tempat makan yang cukup ramai oleh wisatawan di kota Jayapura adalah Ikan Bakar Maros serta Ikan Bakar Blue Cafe di Ruko Dok II dan Mujahir Bakar Nusantara di dekat GOR Cendrawasih. Daerah di sekitar Danau Sentani juga menjadi tempat favorit untuk berwisata kuliner. Wisatawan dapat mencoba Restoran Mickey dan Restoran Yougwa yang terdapat di Pulau Asei. 

Wisata Belanja di Jayapura

Banyak pilihan oleh-oleh menarik dari Jayapura. Wisatawan dapat membeli kerajinan kain kulit kayu di Pulau Asei. Kain kulit kayu merupakan pakaian tradisional perempuan Sentani. Terdapat banyak pilihan motif indah, seperti motif buaya, bipane, ikan gergaji, dan lain-lain. Selain itu tempat belanja yang juga ramai oleh wisatawan adalah di Pasar Hamadi yang terletak di Lembah Baliem dan dekat

dengan Pantai Hamadi. Wisatawan yang merasa lebih nyaman berbelanja di tempat yang lebih modern dapat berkunjung ke Papua Trade Center yang berada di Jl. Raya Abepura Entrop. 

Fleksibel ke mana Anda terbang? Cari bandara terdekat untuk menghemat lebih banyak.

Bandara di dekat Jayapura

Harga yang ditunjukkan di laman ini hanya merupakan estimasi harga terendah. Yang ditemukan dalam 45 hari terakhir.