Peta

Harga Tiket Pesawat Jakarta (CGKI) - Madinah (MED)

Informasi penerbangan dari Daerah Khusus Ibukota Jakarta ke Madinah

Tarif pulang-pergi termurah di bulan lalu

Rp 9.259.005

Maskapai penerbangan langsung

2

Penerbangan per pekan

13

Rata-rata waktu penerbangan, total jarak 8022 kilometer

9 jam 25 menit

Maskapai penerbangan terpopuler di bulan lalu

Garuda Indonesia

Madinah

1 bandara

Penerbangan dari Jakarta ke Madinah

Maskapai yang melayani penerbangan langsung dari Jakarta Soekarno-Hatta dan Halim Perdana Kusuma ke Madinah Prince Mohammad bin Abdulaziz

Maskapai yang menyediakan penerbangan langsung dari Bandara Jakarta Soekarno-Hatta ke Madinah Prince Mohammad Bin Abdulaziz adalah Saudia Airlines, namun hanya ada di waktu-waktu tertentu dan terhitung cukup jarang tersedia. Sementara itu, penerbangan langsung dari Bandara Jakarta Halim Perdana Kusuma ke Madinah Prince Mohammad Bin Abdulaziz sampai saat ini belum tersedia. Maskapai yang menyediakan rute tercepat dari Bandara Jakarta Halim Perdana Kusuma ke Madinah Prince Mohammad Bin Abdulaziz adalah Batik Air.

Maskapai budget/bertarif rendah yang terbang dari Jakarta Soekarno-Hatta dan Halim Perdana Kusuma ke Madinah Prince Mohammad bin Abdulaziz

Untuk maskapai bertarif rendah dari Bandara Jakarta Halim Perdana Kusuma ke Madinah Prince Mohammad Bin Abdulaziz dapat Anda nikmati dengan Batik Air. Sementara itu, sampai saat ini belum ada maskapai bertarif rendah yang melayani penerbangan dari Bandara Jakarta Soekarno-Hatta ke Madinah Prince Mohammad Bin Abdulaziz.

Daftar maskapai dan jadwal penerbangan dari dari Jakarta Soekarno-Hatta dan Halim Perdana Kusuma ke Madinah Prince Mohammad bin Abdulaziz

Berikut ini adalah beberapa daftar maskapai dari Bandara Jakarta Soekarno-Hatta dan Halim Perdana Kusuma ke Madinah Prince Mohammad Bin Abdulaziz beserta dengan jadwal penerbangannya.

Daftar Maskapai Hari Penerbangan Jadwal Penerbangan
Saudia Airlines Selasa, Minggu 10.00, 11.00
Rabu, Jumat 16.00
Batik Air Senin 07.50, 18.30
Selasa 07.50, 13.25, 18.30
Rabu 07.50, 18.30, 22.05
Kamis 18.30, 22.05
Jumat 05.15, 18.30, 22.05
Sabtu 05.15, 13.25, 18.30
Minggu 18.30

Sebagai catatan bahwa penerbangan langsung yang ditawarkan oleh maskapai Saudia Airlines terhitung cukup jarang dan belum tentu tersedia pada waktu seperti yang tertera di tabel.

Bagaimana cara untuk mendapatkan tiket pesawat termurah dan promo bagus dari Jakarta Soekarno-Hatta dan Halim Perdana Kusuma ke Madinah Prince Mohammad bin Abdulaziz?

Dapatkan informasi mengenai tiket pesawat termurah dan promo dengan menggunakan layanan Info Harga dari Skyscanner. Untuk beragam informasi tentang Bulan Termurah dan informasi harga dari waktu ke waktu, Anda dapat mengunduh Aplikasi Skyscanner yang menyediakan akses informasi terupdate kapan saja. Untuk info selengkapnya bisa Anda baca disini.

Informasi bandara Jakarta Soekarno-Hatta & Halim Perdana Kusuma dan Madinah Prince Mohammad bin Abdulaziz

  • Informasi Terminal

Bandara Jakarta Soekarno-Hatta adalah bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia. Luas area bandara ini mencapai 18 km2. Saat ini, bandara memiliki tiga gedung terminal utama, yaitu terminal 1, terminal 2, dan terminal 3. Terminal 1 diperuntukkan bagi penerbangan domestik, terminal 2 diperuntukkan untuk beberapa penerbangan domestik dan seluruh penerbangan internasional, dan terminal 3 hanya khusus untuk penerbangan domestik maupun internasional dengan maskapai Garuda Indonesia. Masing-masing terminal menyediakan fasilitas konter check-in, mesin ATM, wi-fi, gerai money changer, toilet, musholla, minimarket, dan beragam gerai atau outlet yang menyediakan produk souvenir, makanan, buku, hingga pakaian. Selain itu, tersedia pula shuttle bus khusus bandara yang dapat digunakan untuk melakukan mobilisasi dari satu terminal ke terminal lainnya.

Bandara Jakarta Halim Perdana Kusuma biasanya digunakan untuk alasan militer, privat, pemerintahan, dan kepresidenan. Sejak tanggal 10 Januari 2014, bandara ini mulai melayani penerbangan yang bersifat komersil, seperti penerbangan domestik oleh beberapa maskapai, seperti Citilink, Batik Air, Wings Air, dan Susi Air. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk membantu penerbangan bandara Soekarno-Hatta yang telah padat. Bandara ini memiliki dua gedung terminal, yaitu terminal utama dan terminal khusus presiden. Terminal utama menyediakan beberapa fasilitas, seperti konter check-in, musholla, nursery room, ruang tunggu, dan toilet.   

Bandara Madinah Prince Mohammad bin Abdulaziz memiliki terminal 3 lantai dengan luas mencapai 156.940 m2 yang dilengkapi dengan 31 passenger boarding bridge, 42 lift, 28 eskalator, 24 travelator, dan 10 klaim bagasi. Selain itu, terminal ini memiliki 18 pintu keberangkatan, baik internasional maupun domestik. Lokasi pintu kedatangan, baik internasional dan domestik, juga terintegrasi dalam satu gedung yang sama. Terminal ini dilengkapi dengan  beberapa fasilitas yang meliputi bank, mesin ATM, medical center, konter check-in, toilet, wi-fi, toko duty free, dan dikelilingi oleh beberapa restoran.

  • Di terminal apa saja maskapai yang terbang ke Madinah Prince Mohammad bin Abdulaziz beroperasi?

Maskapai Saudia Airlines berangkat dari Terminal 2D di Bandara Jakarta Soekarno-Hatta, sedangkan Batik Air berangkat dari Terminal Keberangkatan Bandara Jakarta Halim Perdana Kusuma.

  • Moda transportasi yang tersedia dari pusat kota Jakarta dan bandara

Jakarta memiliki dua bandara yang letaknya berjauhan sehingga untuk alternatif moda transportasi dan biayanya juga berbeda. Berikut ini adalah moda transportasi yang dapat Anda gunakan untuk menuju bandara dari pusat kota Jakarta.

Bus Damri

Bus Damri merupakan moda transportasi yang khusus mengantarkan Anda dari pusat kota Jakarta ke bandara. Untuk tujuan Bandara Jakarta Halim Perdana Kusuma, tarif harganya mulai dari Rp 20.000,00 hingga Rp 30.000, sedangkan tarif harga untuk tujuan Bandara Jakarta Soekarno-Hatta adalah Rp 40.000,00.

Taksi

Biaya taksi dari pusat kota Jakarta ke Bandara Jakarta Soekarno-Hatta berkisar antara Rp 100.000,00 hingga Rp 200.000,00, sedangkan biaya taksi ke Bandara Jakarta Halim Perdana Kusuma sekitar Rp 35.000,00 hingga Rp 60.000,00. Harga ini masih dapat berubah tergantung kondisi keramaian atau kemacetan jalan raya yang dilalui.

Transportasi berbasis aplikasi online

Transportasi berbasis online seperti mobil atau motor bisa menjadi pilihan Anda untuk menuju bandara. Tentunya harga yang ditawarkan antara mobil dan motor berbeda. Jika jarak tempuh menuju bandara cukup dekat serta tidak membawa koper, ojek (motor) online bisa menjadi pilihan Anda dengan biaya sekitar Rp 40.000,00 untuk menuju bandara Jakarta Halim Perdana Kusuma dan biaya sekitar Rp 60.000,00 untuk menuju Bandara Jakarta Soekarno-Hatta. Untuk transportasi mobil, biayanya sekitar Rp 60.000 untuk menuju Bandara Jakarta Halim Perdana Kusuma dan sekitar Rp 90.000,00 untuk menuju Bandara Jakarta Soekarno-Hatta.

  • Moda transportasi yang tersedia dari bandara Madinah Prince Mohammad bin Abdulaziz dan pusat kota

Beberapa pilihan moda transportasi yang dapat menjadi pilihan Anda untuk menuju pusat kota Madinah dari bandara adalah sebagai berikut.

  • Taksi

Anda dapat menemukan taksi di bagian depan gedung terminal. Berbagai pilihan taksi tersedia untuk melanjutkan perjalanan Anda menuju pusat kota Madinah. Biaya yang dibutuhkan juga beragam tergantung jarak dari tujuan Anda dari bandara. Biasanya berkisar antara 40 SAR hingga 60 SAR.

  • Limosin

Limosin juga dapat menjadi pilihan moda transportasi untuk mengantar Anda ke pusat kota Madinah. Harga yang ditawarkan pun lebih tinggi jika dibandingkan dengan taksi biasa, yaitu 100 SAR hingga 350 SAR. Seperti halnya taksi, limosin juga bisa Anda temukan di bagian depan gedung terminal.

  • Car Rental

Anda dapat memilh mobil dengan berbagai tipe dengan layanan car rental atau sewa mobil. Harga yang ditawarkan pun beragam tergantung destinasi Anda yang berkisar dari 40 SAR hingga 60 SAR untuk sampai ke pusat kota Madinah. Di sini, Anda juga dapat menyewa mobil dalam hitungan hari dengan biaya yang juga disesuaikan dengan durasi Anda menyewa mobil.

Perbedaan antara Jakarta dan Madinah

  • Apakah ada perbedaan waktu?

Waktu di Madinah adalah 4 jam lebih lambat dari waktu di Jakarta.

  • Informasi tentang cuaca di Madinah

Madinah memiliki cuaca yang sangat panas dengan puncaknya di bulan Juli hingga Agustus. Suhu udara di Madinah dapat mencapai 550C, dengan rata-rata suhu udara sepanjang tahun adalah 290C-310C.

  • Informasi tentang mata uang dan metode pembayaran

Mata uang di Madinah, Arab Saudi adalah Riyal (SAR), sedangkan di Jakarta, Indonesia adalah Rupiah (IDR). Anda dapat membawa Riyal dari Indonesia atau dengan menukar Rupiah Anda di Madinah. Pecahan yang biasanya diterima di Madinah hanyalah rupiah dengan pecahan Rp50.000,00 dan Rp100.000,00 saja. Selain dengan uang tunai, metode pembayaran juga dapat dilakukan dengan kartu debit atau kartu kredit yang memiliki logo yang sama dengan mesin EDC ataupun ATM di Madinah, seperti Cirrus, Mastercard, Maestro, dan lain-lain.

  • Informasi tentang perkiraan biaya di Madinah

Biaya hidup di Madinah tergolong sangat tinggi. Harga 1 kg beras saja dapat mencapai 6 SAR bahkan 1 kg daging ayam harganya dapat mencapai 15 SAR. Di samping itu, harga makanan berat di tempat makan yang sederhana rata-rata berkisar antara 15 SAR hingga 20 SAR.

Petunjuk liburan di Madinah

Tempat wisata yang harus dikunjungi

Beberapa rekomendasi tempat wisata yang dapat Anda kunjungi di Madinah adalah sebagai berikut.

  • Masjid Nabawi

Masjid Nabawi merupakan masjid yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW yang sekaligus menjadi makam Beliau. Masjid Nabawi merupakan salah satu masjid yang terbesar di dunia dan menjadi tempat paling suci setelah Masjidil Haram dalam agama Islam.

  • Masjid Quba

Masjid Quba terletak 5 km dari pusat kota Madinah. Masjid ini dibangun pada 8 Rabiul Awal 1 Hijriyah. Ketika mengunjungi masjid ini dan akan memasuki area masjid, sebaiknya Anda baca terlebih dahulu petunjuk di dinding luar masjid mengingat tempat masuk perempuan dan laki-laki berbeda.

  • Masjid al-Qiblatain

Masjid ini dulunya dikenal dengan Masjid Bani Salamah yang kemudian dinamakan Qiblatain yang artinya masjid berkiblat dua. Lokasi masjid ini ada di atas bukit kecil di utara Harrah Wabrah, Madinah.

Aktivitas yang harus dilakukan

Ketika berkunjung ke Madinah, jangan sampai Anda melewatkan beberapa aktivitas berikut ini.

  • Ziarah

Cukup banyak makam tokoh-tokoh besar Islam yang terdapat di Madinah. Ketika Anda mengunjungi Masjid Nabawi, Anda juga bisa sekaligus melakukan ziarah ke makam Rasul, Abu Bakar, dan Umar yang lokasinya ada di area Masjid Nabawi. Selain itu, Anda juga bisa berziarah ke makam Baqi yang lokasinya berada di samping Masjid Nabawi.

  • Wisata Belanja Kurma

Belum lega rasanya jika berkunjung ke Madinah tanpa membawa buah kurma, mengingat buah kurma adalah buah yang menjadi ciri khasnya. Ditambah lagi, Madinah dikenal dengan buah kurma dengan harga termurah dibandingkan kota-kota lain di Arab Saudi. Untuk harga kurma sendiri berkisar dari 30 SAR hingga 90 SAR. Lokasi pasarnya berada 60 meter di selatan Masjid Nabawi.

  • Melihat pameran Al Qur’an

Pusat percetakan Al Qur’an terbesar berada di Madinah, yang bernama Majma Malik Fadh Li Thibaah Mushaf Syarif. Di sini Anda bisa menikmati pameran beberapa jenis Al Qur’an. Untuk laki-laki diperbolehkan hingga masuk ke area percetakannya, sedangkan wanita hanya diizinkan masuk ke showroom yang menjual Al Qur’an. Setelah mengelilingi tempat ini, biasanya pengunjung akan diberikan mushaf (kitab) Al Qur’an gratis sebagai kenang-kenangan.

Rekomendasi tempat penginapan di Madinah

Salah satu penginapan atau hotel yang sangat direkomendasikan di Kota Madinah. Lokasinya sangat strategis karena berada di Madinah yang dekat dengan situs-situs bersejarah dan beberapa mall, seperti Al-Masjid al-Nabawi, Baqi Al-Gharqad, Al-Rashid Mega Mall.

Lokasi tempat penginapan yang satu ini cukup strategis. Tempat penginapan ini terletak di pusat Kota Madinah dan lokasinya dekat dengan al-Masjid al-Nabawi dan Masjid Quba. Selain itu juga dekat dengan Al-Rashid Mega Mall.

Lokasinya berada tidak jauh dari Al-Masjid al-Nabawi dan Masjid Quba. Posisinya cukup strategis karena berada di jantung Kota Madinah.

Festival di Madinah yang terkenal

  • Festival Budaya dan Bangsa

Festival tahunan yang diadakan di pertengahan tahun oleh Universitas Islam Madinah yang melibatkan 63 negara dengan tujuan meningkatkan kreatifitas dan kebudayaan antar negara.

  • Flower Festival

Festival yang menyuguhkan Anda pemandangan bunga-bunga yang sangat luas dan indah yang diadakan setiap tahunnya sekitar bulan Februari – Maret.

Makanan yang harus dicoba beserta rekomendasi restoran/tempat makannya

  • Nasi Mandi di restoran Hadramout Kitchen Madinah.

Nasi Mandi merupakan makanan khas dari Yaman yang dibuat dari beras basmati. Yang direkomendasikan adalah Nasi Mandi dengan daging domba atau kambing.

  • Fried Chicken di Restoran Al-Baik

Satu paket ayam yang berukuran besar yang bisa dinikmati oleh dua sampai tiga orang.

  • Tamis di Gerai dekat Masjid Nabawi

Makanan khas Madinah berupa roti yang berbahan tepung gandum. Paling enak dinikmati dengan krim krim keju, madu, atau susu kental manis.

 

 

Informasi ini benar per September 2017

Harga yang ditunjukkan di laman ini hanya merupakan estimasi harga terendah. Yang ditemukan dalam 45 hari terakhir.