Peta

Harga Tiket Pesawat Pulang Pergi Makassar (UPG) - Yogyakarta (JOG)

Informasi penerbangan dari Makassar ke Yogyakarta

Tarif pulang-pergi termurah di bulan lalu

Rp 1.595.230

Maskapai penerbangan langsung

4

Penerbangan per pekan

37

Rata-rata waktu penerbangan, total jarak 1053 kilometer

1 jam 50 menit

Maskapai penerbangan terpopuler di bulan lalu

Garuda Indonesia

Yogyakarta

1 bandara

Penerbangan dari Makassar ke Yogyakarta

  • Maskapai yang melayani penerbangan langsung dari Makassar ke Yogyakarta

Yogyakarta merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di Indonesia. Maskapai yang terbang dari Makassar ke Yogyakarta di antaranya adalah Garuda Indonesia dan Sriwijaya Air. Keduanya menawarkan penerbangan langsung setiap harinya. Di samping itu Sriwijaya Air menawarkan penerbangan tidak langsung dari Makassar ke Yogyakarta dengan transit di Surabaya atau Jakarta.

  • Maskapai budget/bertarif rendah yang terbang dari Makassar ke Yogyakarta

Maskapai budget Lion Air juga mempunyai jadwal penerbangan langsung dari kota Makassar yang terkenal dengan hidangan coto makassar ke kota Jogja yang khas dengan gudegnya. Terbang dengan maskapai budget merupakan salah satu cara untuk terbang dengan harga tiket pesawat murah dari Makassar ke Yogyakarta.

  • Daftar maskapai dan jadwal penerbangan dari Makassar ke Yogyakarta
Maskapai Frekuensi Waktu Berangkat
Garuda Indonesia Setiap hari Jadwal penerbangan dapat dicek di Skyscanner
Lion Air Setiap hari 14.00
Sriwijaya Air Setiap hari 19.25
  • Bagaimana cara untuk mendapatkan tiket pesawat termurah dan promo bagus dari Makassar ke Yogyakarta?

Jika Anda mencari destinasi wisata yang kaya budaya, alam yang indah, dan kuliner yang lezat, maka Jogjakarta bisa menjadi jawabannya. Rencanakan perjalanan Anda ke Jogja dengan praktis dengan menggunakan Skyscanner. Anda pun bisa mengunduh aplikasi Skyscanner di smartphone Anda untuk membuat pencarian tiket pesawat, hotel, dan sewa mobil di Jogja menjadi semakin mudah. Dengan Skyscanner, Anda akan bisa menemukan harga tiket pesawat termurah dari Makassar ke Yogyakarta. Layanan Informasi Harga-nya juga akan mengabari Anda dengan perkembangan terbaru dari harga tiket penerbangan Makassar-Jogjakarta yang Anda incar. Artikel-artikel Skyscanner pun penuh dengan tips traveling, salah satunya tips mendapatkan tiket pesawat murah walaupun sedang tidak promo.

 

Informasi Bandara Makassar dan Bandara Yogyakarta

  • Informasi terminal di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar

Letak Bandara Sultan Hasanuddin (IATA: UPG) adalah 20 km dari pusat kota Makassar, ibu kota dari provinsi Sulawesi Selatan. Perjalanan dari pusat kota Makassar ke bandara memakan waktu sekitar 15-20 menit. Bandara Makassar dengan desainnya yang modern memiliki Terminal Domestik dan Terminal Internasional yang berada di dalam satu bangunan yang sama. Fasilitas di bandara yang mengambil nama dari seorang sultan yang berjuang Gowa melawan Belanda ini tergolong lengkap. Anda bisa menemukan fasilitas seperti berbagai tempat makan di mana Anda bisa mencicipi makanan seperti coto Makassar, café, kursi pijat, toko termasuk yang menjual oleh-oleh khas Makassar, ATM, dan musholla.

  • Di terminal apa saja maskapai yang terbang ke Yogyakarta beroperasi?

Terminal keberangkatan penerbangan dalam negeri, termasuk ke Jogjakarta, di Bandara Hasanuddin berada di Terminal Domestik. 

  • Moda transportasi yang tersedia dari pusat kota Makassar dan Bandara Hasanuddin Makassar
  1. Sewa mobil

Cara nyaman untuk ke Bandara Hasanuddin adalah dengan sewa mobil. Anda dapat mencari mobil sewa di Makassar melalui Skyscanner.

  1. Taksi

Sejumlah penyedia taksi beroperasi di Makassar dan dapat digunakan untuk menuju ke bandara.

  1. Bus Damri

Untuk menghembat biaya saat ke bandara, Anda bisa menggunakan bus Damri.

 

  • Informasi terminal di Bandara Internasional Adisucipto Yogyakarta

Bandara Adisucipto Yogyakarta atau ditulis juga Bandara Adisutjipto (IATA: JOG) terletak di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan dekat dengan salah satu objek wisata terkenal di Jogja, yaitu Candi Prambanan. Bandara Yogyakarta berjarak 6 km dengan pusat kota.

Terminal Bandara Adisucipto berjumlah 2 buah: Terminal A untuk rute domestik dan Terminal B untuk rute internasional dan beberapa rute domestik milik AirAsia, NAM Air, dan Sriwijaya Air. Jarak Terminal A dan B Bandara Yogyakarta tidak terlalu jauh, mengingat luas area Bandara Internasional Adisucipto yang relatif sempit. Anda hanya perlu berjalan kaki. Pihak bandara juga menyediakan shuttle car for free untuk penumpang yang hendak transfer atau berpindah dari Terminal A ke B (dan sebaliknya). Kendaraan ini cukup untuk 3 orang dewasa beserta dengan barang bawaannya.

Fasilitas di Bandara Adisutjipto tergolong cukup memadai. Fasilitas penting seperti ATM dan tempat penukaran uang tersedia. Anda juga bisa menjumpai tempat makan, café, dan toko. Akan tetapi jumlahnya tidak terlalu banyak. Selain itu terdapat musholla, toilet, dan tempat bermain anak.

  • Moda transportasi yang tersedia dari Bandara Adisucipto dan pusat kota Yogyakarta
  1. Taksi

Antrian taksi berada di luar area kedatangan

  1. Sewa mobil

Anda bisa sewa mobil di Jogjakarta melalui Skyscanner.

  1. Bus TransJogja

Cara hemat untuk bepergian dari Bandara Adisucitpo ke berbagai tempat di Jogja adalah dengan Bus TransJogja. Anda bisa pergi ke destinasi di Jogja seperti Stasiun Tugu dan Malioboro (Line 1 A), UGM (Line 1 B), dan Kotagede (Line 3 B)

  1. Bus Damri

Bus Damri menyediakan bus ke berbagai destinasi seperti Borobudur, Magelang, dan Purworejo

  1. Kereta

Kereta juga tersedia di Bandara Adisucipto dan berangkat dari Stasiun Maguwo yang terletak dekat terminal bandara. Anda bisa menggunakannya untuk menuju ke daerah seperti Solo dan Madiun.

 

Perbedaan antara Makassar dan Yogyakarta

  • Apakah ada perbedaan waktu?

Terdapat perbedaan waktu antara kota Makassar dan Yogyakarta. Waktu di Makassar 1 jam lebih awal dari Jogjakarta.

  • Informasi tentang cuaca di Yogyakarta

Cuaca di Yogyakarta dapat digambarkan sebagai panas dan lembap, seperti sebagian besar daerah lain di Indonesia. Pada siang hari suhu udara berkisar 30-32 derajat Celsius, namun pada malam hari suhu udara turun ke kisaran 23-24 derajat Celsius. Jika pergi liburan ke Jogja pada periode November hingga Maret, sebaiknya Anda pun membawa payung karena bertepatan dengan musim hujan di kota Jogja.

  • Informasi tentang mata uang dan metode pembayaran di Yogyakarta

Sebagian besar toko, pusat perbelanjaan, dan hotel di Jogja sudah menerima pembayaran dengan kartu debit. Anda juga dapat bertransaksi dengan kartu kredit di beberapa tempat itu. Namun demikian, Anda harus tetap menyediakan uang tunai di dalam dompet saat berkunjung ke Jogja karena beberapa tempat masih hanya menerima pembayaran dengan uang tunai. ATM di Jogja tersebar di berbagai tempat, jadi Anda bisa dengan mudah menarik uang tunai.

  • Informasi tentang perkiraan biaya di Yogyakarta

Sebelum pergi menikmati liburan sekolah atau liburan akhir pekan ke Jogja, Anda perlu tahu harga-harga di sana. Rata-rata pengeluaran makan di restoran sederhana di Jogja berkisar Rp 30.000. Anda pun masih bisa menemukan berbagai tempat di Jogja yang menyajikan menu dengan harga lebih murah lagi, seperti nasi kucing yang hanya Rp 2000 dan nasi dengan ikan atau ayam hanya Rp 10.000. Harga satu botol air mineral ukuran 330 ml sekitar Rp 3.800 dan harga satu cangkir kopi di kedai kopi sekitar Rp 23.000.

 

Petunjuk Liburan di Yogyakarta

Aktivitas yang harus dilakukan di Yogyakarta

  • Wisata candi di kota Jogjakarta

Yogyakarta terkenal dengan wisata candi. Bahkan banyak wisatawan mancanegara datang ke Yogyakarta karena ingin melihat candi-candi yang ada di kota ini dan sekitarnya. Saat liburan ke Jogja, pastikan Anda berkunjung ke Candi Prambanan yang terletak tidak jauh dari bandara dan merupakan kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia. Di samping itu terdapat Candi Ijo yang berlokasi di Gumuk Ijo dan memiliki struktur bangunan yang indah serta merupakan salah satu lokasi terbaik untuk melihat pemandangan matahari terbenam di Jogja. Candi lain yang wajib Anda kunjungi adalah Candi Borobudur. Candi ini terletak di wilayah Magelang namun hanya sekitar 1 hingga 1 setengah jam perjalanan dari Yogyakarta dan merupakan Candi Buddha terbesar di dunia.

  • Wisata alam

Liburan ke Yogyakarta menyenangkan karena menawarkan banyak aktivitas wisata, termasuk wisata alam. Yogyakarta memiliki pemandangan alam yang indah mulai dari gunung, gua, air terjun, pantai, hingga bawah laut. Gua Pindul merupakan salah satu dari sekian banyak objek wisata di Gunung Kidul, Jogjakarta. Di sini Anda bisa menyusuri aliran sungai di dalam gua dengan menggunakan ban. Tempat lain yang populer adalah Pantai Parangtritis dengan pasirnya yang berwana hitam dan tidak jauh dari situ terdapat Gumuk Pasir Parangkusumo yang terkenal dengan aktivitas sandboarding. Jogja pun memiliki 5 pantai tersembunyi yang bisa Anda kunjungi.

Untuk tahu lebih banyak tips kegiatan seru yang dapat dilakukan selama liburan di Jogjakarta, baca artikel “12 Kegiatan Liburan di Yogyakarta Rekomendasi Orang Asli Jogja”.

 

Tempat yang harus dikunjungi di Yogyakarta

  • Malioboro

Malioboro adalah salah satu tempat wisata populer di Jogja. Di sepanjang jalan ini, Anda bisa berbelanja batik mulai dari kain, pakaian, sandal, tas, hingga gantungan kunci berbahan batik. Malioboro merupakan lokasi di Jogja untuk belanja oleh-oleh khas Yogyakarta serta wisata kuliner.

  • Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta merupakan tempat penting di kota Yogyakarta. Hingga saat ini Istana Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat masih menjadi kediaman dari keluarga sultan. Anda bisa berkeliling di sejumlah area di dalam keraton dan melihat arsitektur bangunannya, barang-barang peninggalan keluarga kerajaan sejak masa lalu, serta menonton pertunjukan tari dan musik.

  • Desa wisata Kalibiru

Desa wisata kalibiru di Jl. Waduk Sermo, Kalibiru, Kulonprogo adalah salah satu dari banyak tempat wisata di Jogjakarta yang sedang populer. Tempat ini menawarkan pemandangan pohon, lereng, dan bukit yang sangat memesona. Anda pun bisa berfoto dari atas pohon dan mendapatkan pemandangan indah itu sebagai latar belakang foto Anda. Masih di Kulonprogo, Anda juga bisa pergi ke Hutan Mangrove Kulonprogo.

 

Rekomendasi tempat penginapan di Yogyakarta

  • POP! Hotel Sangaji Yogyakarta

POP! Hotel Sangaji Yogyakarta terletak di Jl. A.M. Sangaji Kav 16-18 Jetis Yogyakarta. Apabila Anda datang ke Jogja untuk liburan bersama dengan keluarga maka POP! Hotel Sangaji bisa menjadi pilihan hotel yang cocok untuk Anda sekeluarga. Selain terletak dekat dengan Malioboro, hotel ini memiliki desian interior yang berwarna cerah serta taman hijau yang memberikan kesan nyaman dan menyenangkan.

  • The Jayakarta Yogjakarta Hotel & Spa

The Jayakarta Yogjakarta merupakan hotel berbintang empat yang terletak dekat dengan Bandara Adisucipto, tepatnya di Jl. Laksda Adisucipto Km 8. Hotel ini menawarkan layanan dan fasilitas yang mewah serta eksklusif. Anak-anak akan menyukai fasilitas taman dan kolam renangnya. Jika Anda datang ke Jogja untuk urusan bisnis, hotel ini juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda karena lokasinya yang dekat dengan bandara dan pusat kota.

  • LOKAL Hotel

LOKAL Hotel memadukan nuansa Jogja yang khas dengan batiknya dan konsep desain modern serta minimalis. Hotel yang terletak di Jl. Jembatan Merah no 104 C ini selain memiliki interior yang cantik, fasilitasnya pun lengkap mulai dari wifi, tv, dan minibar serta kolam renang dan restoran. Jika Anda membutuhkan lebih banyak rekomendasi hotel unik dan cantik di Yogyakarta, baca artikel Skyscanner “5 Hotel Unik dan Cantik di Jogja”.

 

Festival Yogyakarta yang terkenal

  • Festival Kesenian Yogyakarta (FKY)

FKY berlangsung selama 2 minggu dari bulan Agustus hingga September di Pasar Ngasem dan Taman Sari. Dalam festival yang populer di Jogja ini, Anda bisa mengenal lebih dalam budaya Yogyakarta.

  • Bedog Art Festival

Bedog Art Festival merupakan festival musik, seni, dan teater yang diadakan di dekat sungai Bedog pada pertengahan tahun atau menjelang akhir tahun. Tidak hanya seniman dalam negeri, tetapi juga seniman mancanegara ikut meramaikan festival ini.

  • Festival Waisak

Festival Waisak di Candi Borobudur yang jatuh di bulan Mei merupakan salah satu festival paling terkenal yang berlangsung di Candi Borobudur, Magelang, tidak jauh dari kota Yogyakarta.

 

Makanan yang harus dicoba beserta rekomendasi restoran/tempat makannya

  • Gudeg

Gudeg adalah makanan khas Yogyakarta yang terbuat dari nangka muda yang direbus selama beberapa jam bersama dengan gula jawa dan santan serta beragam rempah. Biasanya Anda akan makan gudeg bersama dengan ayam goreng atau ayam opor, krecek, telur balado atau telur rebus, dan tempe serta tahu bacem. Tempat terkenal di Jogja untuk makan gudeg adalah di Gudeg Yu Djum 167 di Jl. Wijilan No 167, Kraton, Panembahan dan Gudeg Pawon yang baru buka pukul 22.30 – 01.00 di Jl. Janturan UH/IV No 36 Warungboto, Umbulharjo.

  • Nasi brongkos

Nasi brongkos adalah makanan yang berbahan dasar kentang, buncis, kacang merah, santai, serai, jahe, dan daun salam serta bumbu dari nangka muda, asam jawa, gula, bawang putih, dan bawang merah. Salah satu tempat terkenal untuk mencicip nasi brongkos adalah di Brongkos Bu Padmo di Jalan Magelang.

  • Sate klatak

Sate klatak adalah sate yang terbuat dari daging kambing yang berumur di bawah 5 bulan. Keistimewaan sate ini terletak pada dagingnya yang empuk. Salah satu tempat makan di Yogyakarta di mana Anda bisa menemukan sate klatak adalah sate klatak Pak Bari di sebelah selatan Pasar Wonokromo dan sate klatak Pak Pong di sebelah barat Pasar Wonokromo (arah stadium Pacar Bantul).

 

Informasi ini benar per September 2017

 

Harga yang ditunjukkan di laman ini hanya merupakan estimasi harga terendah. Yang ditemukan dalam 45 hari terakhir.