Peta

Harga Tiket Pesawat Guangzhou (CAN) - Shanghai (CSHA)

Informasi penerbangan dari Guangzhou ke Shanghai

Tarif pulang-pergi termurah di bulan lalu

Maskapai penerbangan langsung

9

Penerbangan per pekan

334

Rata-rata waktu penerbangan, total jarak 1189 kilometer

2 jam 10 menit

Maskapai penerbangan terpopuler di bulan lalu

China Southern

Shanghai Pu Dong dan Shanghai Hongqiao

2 bandara

Cari tiket pesawat murah dari Guangzhou ke Shanghai 

Penerbangan langsung dari Guangzhou ke Shanghai 

Guangzhou adalah ibu kota dan kota terbesar yang berada di Provinsi Guangdong, Cina Selatan. Bandara yang terdapat di Guangzhou bernama Bandara Internasional Baiyun (CAN). Penerbangan langsung dari Guangzhou ke Bandara Internasional Pudong (PVG) dilayani oleh maskapai Air China, China Southern Airline, dan Shanghai Airlines. Sedangkan penerbangan langsung ke Bandara Internasional Hongqiao (SHA) dilayani oleh maskapai Juneyao Airlines, Spring Airlines, dan Shanghai Airlines

Bagaimana caranya untuk mendapatkan harga tiket pesawat murah dan promo terbaik dari Guangzhou ke Shanghai?

Terdapat penawaran dan promo menarik dari Skyscanner Indonesia untuk penerbangan dari Guangzhou ke Shanghai. Untuk mendapatkan penawaran tersebut, Anda hanya perlu mengakses situs Skyscanner lalu memilih harga yang sesuai dengan keinginan Anda. 

Skyscanner juga menyediakan layanan “info harga” yang mana layanan ini akan mengirimkan email secara otomatis ke akun Anda jika terdapat perubahan harga tiket pesawat yang ingin Anda pesan. 

Informasi penting Bandara Internasional Baiyun (CAN), Bandara Internasional Pudong (PVG) dan Bandara Internasional Hongqiao (SHA) 

Datang dengan tepat waktu 

Anda harus datang tepat waktu ke bandara agar Anda tidak melewatkan penerbangan Anda. Sebaiknya Anda sudah berada di bandara 1 jam sebelum keberangkatan pesawat Anda. Untuk lebih menambah kelancaran proses selama di bandara, Anda bisa melakukan online check-in terlebih dahulu. 

Macam-macam kendaraan umum yang bisa Anda gunakan ke bandara adalah subway, airport shuttle bus, dan intercity bus. Jika Anda ingin menggunakan subway, pilihlah Line 3 untuk menuju ke bandara. Jika menggunakan shuttle bus, terdapat Line 1 sampai 5 yang melayani perjalanan ke bandara. Line 1 berangkat dari stasiun kereta dengan tarif 15¥-18¥ (Rp29.200,00-Rp35.000,00) dengan lama perjalanan kira-kira 45 menit. Line 2 berangkat dari Crowne Plaza City Centre dengan tarif 19¥ (Rp36.900,00) dan waktu tempuh 50 menit. Line 3 berangkat dari Fangchun Coach Station dengan tarif 15¥-23¥ (Rp29.200,00-Rp44.700,00) dengan lama perjalanan 70 menit. Line 4 dari Pearl Garden Hotel dengan tarif 17¥-29¥ (Rp33.100,00-Rp56.400,00) dan waktu tempuh 90 menit. Line 5 dari Hlibin Hotel dengan tarif 17¥-21¥ (Rp33.100,00-Rp40.800,00)dan waktu tempuh 60 menit. Intercity Bus juga memiliki berbagai rute keberangkatan seperti Conghua (durasi 50 menit, tarif 32¥ (Rp62.200,00)), Zengcheng (durasi 90 menit, tarif 56¥ (Rp108.800)), Heyuan (durasi 180 menit, tarif 103¥ (Rp200.000,00), dan lain-lain. Jika Anda ingin mengetahu lebih lanjut tentang transportasi umum ke Bandara Internasional Baiyun (CAN), Anda bisa mengakses tautan berikut ini

Informasi terminal 

  • Terminal di Bandara Internasional Baiyun (CAN) 

Bandara Internasional Baiyun (CAN) terletak 28 kilometer dari pusat kota dan termasuk salah satu bandara terbesar di Cina. Bangunan bandara terdiri dari 4 lantai dan lantai keberangkatan berada pada lantai 3. Lantai keberangkatan memiliki 8 pintu masuk/keluar. Bus atau taksi bisa langsung berhenti di depan masuk pintu keberangkatan. Apabila Anda masuk dari pintu masuk no. 4, Anda bisa melihat layar besar yang berisikan informasi tentang jadwal penerbangan di bandara tersebut. Penerbangan ke Shanghai merupakan penerbangan domestik. Terdapat 6 daerah check-in dan 144 check-in counter yang berada di lantai keberangkatan. Jika Anda menggunakan Air China, Anda bisa check-in di daerah E, K, L. Jika Anda menggunakan China Southern Airline, Anda bisa check-in di daerah C, D, M. Jika Anda menggunakan Juneyao Airlines, Spring Airlines, dan Shanghai Airlines, Anda bisa check-in di daerah N. Setelah check-in dan mendapatkan boarding pass, akan dilakukan pemeriksaan keamaan. Setelah itu, Anda akan diarahkan ke ruang tunggu boarding. Area boarding dibagi menjadi dua, yakni timur dan barat. Area timur 1 diperuntukkan untuk penerbangan internasional dan terdiri dari 16 gates (A1-A16) sedangkan area timur 2 diperuntukkan untuk penerbangan domestik yang terdiri dari 15 gates (A17-A31). Area B terletak di sebelah barat bangunan terminal, terdiri dari area barat 1 dan barat 2. Pada area barat 1, terdapat 17 boarding gates (B101-B117) dan 13 gates pada area barat 2 (B118-B131). Selama menunggu, Anda bisa menggunakan fasilitas umum yang tersedia seperti Wifi, restoran seperti Jinlong Food Street, tempat perbelanjaan yang menjual suvenir yang berbahan kulit, kosmetik, pakaian, buku, wine, perhiasan, buah-buahan, dan lain-lain. 

  • Bandara Internasional Pudong (PVG) 

Bandara Internasional Pudong (PVG) terletak pada Pudong New District, berjarak 30 kilometer dari pusat kota. Bandara ini terdiri dari 2 bangunan terminal, yang mana masing-masing terminal akan melayani maskapai yang berbeda-beda. Apabila Anda menggunakan China Southern Airline, Juneyao Airlines, Spring Airlines dan Air China¸saat Anda mendarat Anda akan berada di terminal 2. Sedangkan apabila Anda menggunakan Shanghai Airlines, maka Anda akan berada di terminal 1. Tidak ada perbedaan pada prosedur kedatangan antara terminal 1 dan 2. Setelah melalui pintu kedatangan, tidak akan ada pemeriksaan paspor karena penerbangan Anda merupakan penerbangan domestik. Namun tetap siapkan kartu identitas dan paspor Anda. Anda akan diarahkan ke tempat pengambilan barang, pastikan Anda mengetahui di belt mana Anda bisa mengambil barang bawaan Anda (informasi mengenai letak barang bisa Anda lihat di layar yang terpasang di ruangan tersebut). Setelah Anda mengambil barang Anda, Anda akan menuju lantai kedatangan. Untuk meninggalkan bandara, tersedia berbagai transportasi seperti metro, bus, kereta Maglev, dan taksi. 

  • Bandara Internasional Hongqiao (SHA) 

Bandara Internasional Hongqiao (SHA) terletak di sebelah barat pusat kota dengan jarak 13 kilometer. Seperti Bandara Internasional Pudong (PVG), bandara ini juga memiliki 2 bangunan terminal. Jika Anda menggunakan China Southern Airline, Juneyao Airlines, Shanghai Airlines dan Air China, maka Anda akan tiba di terminal 2. Jika Anda menggunakan Spring Airlines dan Air China, maka Anda akan tiba di terminal 1 (Air China berada di kedua terminal). Prosedur yang akan Anda jalani saat mendarat sama seperti di Bandara Internasional Pudong (PVG), yakni begitu mendarat Anda akan diarahkan untuk mengambil barang bawaan Anda di conveyor belt (informasi belt dapat Anda lihat di layar yang terpasang di ruangan tersebut). Tidak ada pemeriksaan paspor karena penerbangan Anda merupakan penerbangan domestik. Setelah itu Anda akan memasuki terminal kedatangan, dari situ Anda bisa meninggalkan bandara menggunakan bermacam-macam transportasi seperti taksi, shuttle bus dan subway. 

Dokumen yang harus dibawa untuk pergi dari Guangzhou ke Shanghai 

Dokumen yang harus Anda persiapkan untuk penerbangan dari Guangzhou ke Shanghai adalah kartu identitas (KTP), paspor dan tiket pesawat Anda. Paspor yang Anda bawa harus dilengkapi dengan visa untuk berkunjung ke Cina. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pembuatan visa Cina, Anda bisa mengakses situs berikut ini

Perbedaan waktu dari Guangzhou ke Shanghai 

Tidak ada perbedaan waktu antara Guangzhou dan Shanghai. 

Informasi mengenai cuaca dan waktu terbaik untuk mengunjungi Shanghai 

Shanghai memiliki berbagai festival menarik di sepanjang tahunnya sehingga akan selalu ada hal yang bisa Anda temui di Shanghai kapanpun Anda mengunjunginya. Namun, bisa dikatakan bulan terbaik untuk mengunjungi Shanghai adalah pada bulan April-Mei. Pada bulan-bulan tersebut, Shanghai sedang menyambut musim semi dengan rata-rata temperatur 19o-23o C. Festival yang ada pada bulan tersebut adalah Strawberry Music Festival, MIDI Music Festival, International Tea Festival, Peach Blossom Festival, Longhua Temple Fair, dan lain-lain. Tentu saja jalan-jalan Anda tidak akan lengkap tanpa mengunjungi tempat-tempat atraksi terkenal Shanghai seperti The Bund, Yu Garden, The Jade Buddha Temple, Longhua Temple and Pagoda serta berbagai destinasi menarik lainnya. 

Biaya yang kira-kira akan saya keluarkan di Shanghai 

Biaya hidup di Shanghai bisa dikatakan cukup tinggi apabila dibandingkan dengan Indonesia. Harga satu porsi makanan di restoran menengah ke bawah adalah 35 ¥ (Rp68.000,00). Harga makanan di restoran menengah ke atas untuk dua orang dengan tiga menu adalah 200 ¥ (Rp388.000,00). Anda bisa menikmati satu porsi makanan cepat saji seharga 30 ¥ (Rp58.300,00). Harga satu botol air mineral tanggung adalah 2.29 ¥ (Rp4.500,00) dan harga segelas kopi cappuccino adalah 28.62 ¥ (Rp55.600,00). Apabila Anda ingin berkeliling Kota Shanghai, tidaklah sulit untuk menemukan transportasi umum karena kepadatan penduduk Shanghai mengharuskan pemerintahnya untuk membuat sistem transportasi yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakatnya. Transportasi umum yang dapat Anda gunakan antara lain taksi, bus, subway. Tarif taksi tergantung dari jarak yang ditempuh, apabila dalam 3 kilometer tarifnya 14 ¥ (Rp27.200,00), jarak 3-15 kilometer 2.5 ¥ (Rp4.900,00)/km, jarak lebih dari 15 kilometer tarifnya 3.6 ¥ (Rp7.000,00)/km. Pada malam hari, tarif-tarif tersebut akan naik. Transportasi lain yang bisa Anda gunakan adalah bus. Bus menawarkan tarif yang jauh lebih murah, tarifnya berbeda-beda berdasarkan katagori jalur busnya. Tarif bus berkisar antara 1¥-3¥ (Rp2.000,00-Rp5.900,00). Untuk mengetahui katagori jalur bus, Anda bisa mengakses situs berikut ini. Tarif subway juga sangatlah terjangkau. Tarif ditentukan dari seberapa jauh tempat yang kita tuju. Tarif subway bervariasi dari 2¥-9¥ (Rp3.900,00-Rp179.000,00). 

Biaya transport dari pusat kota ke bandara di Shanghai 

Kendaraan umum yang bisa Anda gunakan untuk ke Bandara Internasional Pudong (PVG) adalah: 

  • Bus. Tarif bus menuju ke bandara berada pada rentang 2¥-7¥ (Rp3.900,00-Rp13.600,00). Anda hanya perlu pergi ke Stasiun Bus Nanhui dan mengambil jalur 8. Lama perjalanan menggunakan bus adalah 1.5 jam. Apabila Anda ingin mengetahu jadwal lengkap keberangkatan bus, akseslah tautan berikut ini
  • Kereta. Kereta yang beroperasi bernama Kereta Maglev. Kereta ini beroperasi antara Jalan Longyang dan Bandara Internasional Pudong (PVG). Jam operasional kereta ini adalah dari 06.45-21.40 dengan interval keberangkatan 15-20 menit. Waktu tempuhnya hanyalah 8 menit. Tarif kereta ini adalh 50¥ (Rp97.200,00) untuk satu kali perjalanan biasa dan 100¥ (Rp194.300,00) untuk perjalanan VIP. 
  • Taksi. Tarif taksi dari pusat kota menuju ke bandara cukup mahal. Tarifnya berbeda-beda dari tempat keberangkatan kita. Tarif termurah seharga 165¥ (Rp320.500,00), namun pada malam hari tarif ini akan naik menjadi 210¥ (Rp407.900,00). 

Kendaraan umum yang bisa Anda gunakan untuk ke Bandara Internasional Hongqiao (SHA) adalah: 

  • Bus. Tarif bus dari pusat kota menuju ke bandara berkisar dari 1¥-10¥ (Rp2.000,00-Rp19.500,00) tergantung dari jarak tempuhnya. Terdapat 8 bus yang melayani perjalanan ke bandara, untuk jadwal lengkap bus tersebut, Anda bisa mengakses tautan ini
  • Taksi. Tarif taksi dari bandara ke People’s Square di pusat kota kira-kira 60¥ (Rp116.600,00) dengan lama perjalanan sekitar 30 menit. Sedangkan tarif taksi dari bandara ke Xujiahui adalah 40¥-50¥ (Rp77.700,00-Rp97.200,00) dan memerlukan waktu 20 menit. 
  • Subway. Subway yang digunakan untuk menuju bandara adalah Line 2 dan Line 10. Tarif untuk Line 2 adalah 9¥ (Rp17.500,00) dan tarif Line 10 adalah 6¥ (Rp11.700,00). 

Skyscanner Indonesia menyediakan layanan sewa mobil yang akan mempermudah wisata Anda di Shanghai. Dengan menggunakan layanan ini, Anda bisa menyewa kendaraan untuk keperluan wisata Anda. Untuk menikmati layanan ini, silahkan ikuti tautan berikut ini

Metode pembayaran yang diterima di Shanghai 

Mata uang yang digunakan di Shanghai adalah Renminbi (¥). Metode pembayaran yang diterima di Shanghai adalah tunai, debit, dan kredit. Sebelum perjalanan di Shanghai sebaiknya Anda menukarkan uang Anda ke pecahan Renminbi dan membawa uang secukupnya selama perjalanan. Walaupun tempat-tempat perbelanjaan besar dan wisata di Shanghai bisa melakukan transaksi menggunakan debit dan kredit, Anda tetap membutuhkan uang tunai apabila berbelanja di tempat kecil maupun untuk membayar transportasi. Jika Anda ingin menggunakan kartu debit maupun kredit, Anda harus memastikan bahwa penyedia kartu Anda juga berlaku di Shanghai. 

Tips wisata di Shanghai 

Sebelum pergi berwisata ke Shanghai, sebaiknya rencanakanlah terlebih dahulu tempat-tempat yang kira-kira akan Anda kunjungi. Berikut tempat-tempat wisata yang bisa Anda kunjungi di Shanghai: 

  • The Bund

Tempat yang juga memiliki nama lain Zhingshan Dong Yi Lu ini merupakan salah satu simbol Shanghai sejak beratus-ratus tahun. Terletak pada tepi barat Sungai Huangpu dari Jembatan Waibaidu sampai Jembatan Nanpu, The Bund memiliki panjang hingga 1.500 meter. Sisi jembatan yang paling terkenal adalah pada sisi barat The Bund, karena pada lokasi ini Anda bisa melihat 26 bangunan yang memiliki beragam gaya arsitektur, mulai dari Gotik, Baroque, Romanesque, Klasik, dan Renaissan. Terdapat juga suatu dinding yang berfungsi untuk mengontrol agar tidak terjadi banjir yang terletak pada sisi Sungai Huangpu dari tamarn Huangpu hingga Sungai Xinkai yang memiliki panjang hingga 1.700 meter dan dijuluki sebagai ‘The lover’s wall’. Di tempat ini, Anda bisa mengabadikan momen dengan orang-orang terkasih dengan latar belakang foto yang indah, yakni pemandangan area Pudong dan Sungai Huangpu. 

  • Yuyuan Garden

Taman ini terletak di Anren Jie dan merupakan taman dengan gaya klasik. Yuyuan Garden diselesaikan pada tahun 1577 oleh Pan Yunduan. Luas taman ini adalh 5 are yang berisikan berbagai tempat atraksi menarik seperti Sansui Hall, Wanhua Chamber, Dianchui Hall, Huijing Hall, Yuhua Hall dan the Inner Garden. Hal yang paling banyak dicari oleh wisatawan disini adalah Batu Giok yang terletak di seberang Yuhua Hall. Batu ini merupakan satu dari 3 batu paling terkenal di wilayah Sungai Yangtze. Batu giaok ini memiliki tinggi 3.3 meter dan 72 lubang. 

  • Jade Buddha Temple

Kuil ini terletak pada bagian barat wilayah Shanghai. Anda bisa melihat berbagai lukisan kuno dan kitab Buddha di ruang-ruang kuil. Namun hal yang paling tekenal adalah 2 patung giok Buddha yang tidak hanya langka tetapi juga sangat bernilai seni. Patung Sitting Buddha memiliki tinggi 190 cm yang dihiasi dengan batu akik dan batu zamrud, menggambarkan Buddha saat sedang bermeditasi dan mendapatkan pencerahan. Patung Recumbent Buddha memiliki panjang 96 cm, terbaring ke arah kanan dengan kepala yang ditumpu oleh tangan kanan dan tangan kiri berada pada badan sebelah kiri. Posisi ini dikenal dengan istilah ‘lucky repose’. Terdapat patung Reccumbent Buddha lain yang memiliki panjang 4 meter dan dibawa dari Singapura pada tahun 1989 ke kuil ini. Untuk Anda yang berusaha mencari ketenangan dan keindahan setelah lelah berkutat dengan kesibukan kota, tempat ini merupakan tempat yang cocok untuk Anda. 

Skyscanner Indonesia memiliki penawaran tiket pesawat termurah untuk penerbangan dari Guangzhou ke Shanghai. Untuk menikmati penawaran dan promo ini, Anda dapat mengakses tautan berikut ini.

 

 

Informasi ini benar per 17 Februari 2017 

 

 

Harga yang ditunjukkan di laman ini hanya merupakan estimasi harga terendah. Yang ditemukan dalam 45 hari terakhir.