Peta

Harga Tiket Pesawat Jakarta (CGKI) - Banda Aceh (BTJ)

Informasi penerbangan dari Daerah Khusus Ibukota Jakarta ke Banda Aceh

Tarif pulang-pergi termurah di bulan lalu

Rp 2.124.494

Maskapai penerbangan langsung

2

Penerbangan per pekan

45

Rata-rata waktu penerbangan, total jarak 1813 kilometer

2 jam 40 menit

Maskapai penerbangan terpopuler di bulan lalu

Garuda Indonesia

Banda Aceh

1 bandara

Cari tiket pesawat murah dari Jakarta ke Banda Aceh

 

  • Penerbangan langsung dari Jakarta ke Banda Aceh

Banda Aceh merupakan ibukota Provinsi Aceh yang terletak di Sumatera Utara. Kota ini juga dikenal dengan sebutan Serambi Mekah. Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (BTJ) adalah nama bandara di Banda Aceh. Hanya terdapat satu penerbangan langsung dari Jakarta ke Banda Aceh, yaitu penerbangan dengan menggunakan maskapai Garuda Indonesia dengan lama perjalanan kurang lebih 3 jam. 

  • Bagaimana caranya untuk mendapatkan harga tiket pesawat murah dan promo terbaik dari Jakarta ke Banda Aceh

Skyscanner memberikan penawaran harga tiket pesawat termurah untuk penerbangan dari Jakarta ke Banda Aceh. Anda hanya perlu mengakses website resmi Skyscanner Indonesia untuk mendapatkan tiket pesawat murah yang sesuai dengan kemampuan Anda. Jika Anda ingin memesan tiket dari agen-agen perjalanan lain, sebaiknya Anda bandingkan terlebih dahulu dengan harga yang ada di Skyscanner, karena Skyscanner memberikan berbagai macam pilihan harga untuk Anda. 

Skyscanner memberikan layanan informasi mengenai perubahan harga tiket pesawat dari Jakarta ke Banda Aceh melalui layanan “info harga”. Untuk mendapatkan layanan tersebut, Anda hanya perlu mendaftarkan e-mail Anda ke situs resmi Skyscanner Indonesia.

 

  • Informasi penting Bandara Soekarno-Hatta (CGK) dan Bandara Internasioanl Sultan Iskandar Muda (BTJ)
  • Datang dengan tepat waktu

Datang tepat waktu ke bandara merupakan hal penting untuk menghindari keterlambatan dalam check-in. Sebaiknya Anda tiba 1 jam sebelum keberangkatan untuk mencegah hal tersebut terjadi. Anda juga bisa melakukan check-in secara online untuk menghindari antrian yang terlalu panjang di bandara. 

Transportasi yang dapat Anda gunakan untuk ke Bandara Soekarno-Hatta dari Kota Jakarta antara lain kendaraan pribadi dan kendaraan umum, Kendaraan umum yang dapat Anda gunakan adalah Bus Damri dan taksi. Bus Damri memiliki rute dan jam keberangktan tersendiri yang telah diatur dengan jadwal. Untuk informasi yang lebih lengkap mengenai Bus Damri, Anda dapat mengakses situs ini. Durasi perjalanan menggunakan Bus Damri bergantung pada jarak tempuh dan padatnya lalu lintas. Tarif Bus Damri berkisar antara Rp 40.000,- sampai dengan Rp 65.000,-. Jika Anda  memutuskan untuk menggunakan taksi, waktu tempuh rata-rata 30 – 45 menit apabila lalu lintas lancar. Biaya yang harus dikeluarkan kira-kira Rp 100.000,-.  

  • Informasi terminal
  • Terminal di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK)

Bandara Soekarno-Hatta memiliki 3 terminal (terminal 1, 2, dan 3). Jika Anda menggunakan pesawat Garuda Indonesia untuk pergi ke Banda Aceh, maka Anda harus mendatangi terminal 3. Letak terminal 3 cukup jauh sehingga sebaiknya Anda menggunakan fasilitas bus shuttle. 

Fasilitas-fasilitas yang ada di Bandara Soekarno-Hatta tergolong cukup lengkap. Terdapat restoran-restoran, tempat berbelanja, kafe, ATM, Wifi, ruang merokok (terminal 1 dan 2), serta musholla di seluruh terminal. 

  • Terminal di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (BTJ)

Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda memiliki fasilitas yang lengkap, mulai dari kuliner hingga toko oleh-oleh. Sesampainya Anda di bandara, jangan lupa untuk mengambil bagasi Anda di terminal kedatangan domestik lantai 1. Setelah itu Anda bisa pergi ke area lobby lantai 2 untuk berwisata kuliner serta membeli oleh-oleh. Fasilitas toilet tersedia di banyak lokasi di bandara. Jika Anda sudah ingin meninggalkan bandara, Anda dapat menggunakan Bus Damri atau menggunakan taksi yang ada di airport terminal. 

  • Dokumen yang harus dibawa untuk pergi dari Jakarta ke Banda Aceh

Tidak ada dokumen khusus yang harus Anda bawa jika berpergian dari Jakarta ke Banda Aceh karena kedua kota tersebut sama-sama berada di Republik Indonesia. Anda hanya perlu membawa tiket pesawat dan kartu identitas Anda.

 

Perbedaan antara Jakarta dan Banda Aceh

  • Perbedaan Waktu dari Jakarta ke Banda Aceh

Jakarta dan Banda Aceh terletak pada satu wilayah waktu yang sama, yaitu Waktu Indonesia Barat (WIB). Sehinnga tidak ada perbedaan waktu antara Jakarta dengan Banda Aceh. 

  • Informasi mengenai cuaca dan waktu terbaik untuk mengunjungi Banda Aceh

Waktu terbaik untuk mengunjungi Banda Aceh adalah pada Bulan April – Juli. Pada bulan-bulan tersebut, angin bertiup dari darat menuju ke laut sehingga akan memudahkan Anda jika ingin berwisata air dan melakukan kegiatan menyelam atau snorkeling.  Pada bulam tersebut, suhu rata-rata di Banda Aceh adalah 33oC. Apabila Anda non-muslim, sebaiknya Anda menghindari bepergian ke Banda Aceh pada bulan-bulan Ramadhan (biasanya bulan Juni – Juli) karena pada bulan tersebut mayoritas masyarakat sedang berpuasa sehingga tempat-tempat makan tidak buka sampai waktunya buka puasa (pada sore hari). 

  • Biaya yang kira-kira akan saya keluarkan di Banda Aceh

Anda bisa mendapatkan 1 porsi makanan dengan harga Rp 10.000,- sampai Rp 15.000,- di rumah makan sederhana di Banda Aceh. Harga makanan cepat saji 1 porsinya bisa Anda dapatkan dengan harga Rp 25.000,-. Harga 1 botol air minerah 1.5 Liter adalah Rp 6.000,-. Jika Anda ingin berkeliling di Kota Banda Aceh, biaya transportasinya adalah Rp 10.000,- atau bisa Anda dapatkan kurang dari itu jika Anda bernegosiasi. 

  • Biaya transport dari pusat kota ke bandara di Banda Aceh

Anda dapat menggunakan Bus Damri dan taksi apabila Anda ingin pergi dari dan ke bandara Internasional Sultan Iskandar Muda.  Tarif Bus Damri dengan rute Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda-Kota Banda Aceh (Masjid Baiturrahman) adalah Rp 20.000,-. Waktu yang ditempuh adalah kurang lebih 30-45 menit. Bus ini beroperasi dari pukul 06.00 WIB-17.00 WIB. Transportasi lain yang bisa Anda gunakan adalah taksi. Tarif yang harus Anda keluarkan antara Rp 100.000,- sampai dengan Rp 150.000,-. Untuk informasi lebih lengkap mengenai transportasi dari dan ke bandara, Anda dapat mengakses tautan ini

Selain itu, Skyscanner Indonesia juga menyediakan layanan sewa mobil untuk mempermudah perjalanan Anda dan menambah kenyamanan selama berwisata di Banda Aceh. Anda dapat mengakses tautan berikut ini untuk menyewa mobil di Skyscanner. 

  • Metode pembayaran yang diterima di Banda Aceh

Banda Aceh merupakan salah satu kota di Indonesia, sehingga mata uang yang digunakan adalah Rupiah. Metode pembayaran yang diterima di Banda Aceh bermacam-macam, yaitu tunai, debit, maupun kredit. Banda Aceh sudah memiliki pusat-pusat perbelanjaan besar sehingga memungkinan Anda untuk menggunakan kartu debit dan kredit. Namun tetap siapkan uang tunai dalam jumlah cukup apabila Anda ingin pergi ke pasar-pasar tradisional dan menggunakan transportasi di Banda Aceh. 

  • Tips wisata di Banda Aceh

Banda Aceh menawarkan berbagai tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Beberapa tempat wisata yang yang harus Anda kinjungi saat berada di Banda Aceh antara lain: 

  • Masjid Raya Baiturrahman. Masjid ini bukan hanya sekedar tempat wisata rohani, namun masjid ini juga merupakan ikon kota Banda Aceh. Masjid yang dibangun pada tahun 1612 oleh Sultan Iskandar Muda memiliki berbagai nilai sejarah dan arsitektur yang megah. Dengan bangunan utama yang berwarna putih dan kubah berwarna hitam, serta dikelilingi oleh tujuh menara, bangunan ini pasti tidak ingin Anda lewatkan. 
  • Air Terjun Blang Kolam. Air terjun ini terletak di Desa Sidomulyo, Aceh Utara. Daya tarik Air Terjun Blang Kolam terletak pada keindahan air terjun kembarnya setinggi 75 meter yang dikelilingi pemandangan hutan yang rimbun. Anda hanya perlu membayar Rp 10.000,- agar bisa menikmati secara leluasa tempat wisata ini. Anda juga bisa berkemah di areal Air Terjun Blang Kolam. 
  • Pantai Iboih. Pantai Iboih terletak di Kelurahan Iboih, Kecamatan Sukakarya, Sabang. Pantai ini sebenarnya merupakan  pelabuhan untuk menuju Pulau Rubiah. Namun, pantai ini juga merupakan objek wisata yang terkenal dengan keindahan lautnya dengan degradasi warna hijau-biru. Keindahan laut inipun dibingkai dengan pasir pantai berwarna putih dan dikelilingi hutan lindung. Selain untuk dinikmati pemandangannya, Anda juga dapat snorkeling dan menyelam untuk melihat keindahan bawah lautnya. Ombak Pantai Iboih yang tenang memungkinkan Anda untuk melakukan hal tersebut tanpa perlu khawatir. 

Skyscanner Indonesia memberikan kemudahan kepada Anda dengan menyediakan tiket pesawat murah ke Banda Aceh. Anda hanya perlu mengikuti tautan ini untuk mendapatkan tiket pesawat murah dari Jakarta ke Banda Aceh. Sebaiknya Anda memesan tiket dari jauh-jauh hari untuk mendapatkan harga terbaik.

 

Informasi ini benar per 28 Oktober 2016

Harga yang ditunjukkan di laman ini hanya merupakan estimasi harga terendah. Yang ditemukan dalam 45 hari terakhir.