Peta

Penerbangan murah dari Peru

Jelajahi keindahan alam Peru yang eksotis dan kekayaan sejarahnya yang melegenda. Di salah satu negara pusat kebudayaan tertua dunia ini, Anda dapat menjumpai kota-kota bersejarah di Sacred Valley of the Incas seperti Cuzco dan Pisac, situs-situs kebudayaan Inca yang megah seperti Machu Picchu, hutan dan pedesaan yang unik di sepanjang sungai Amazon, pemandangan pegunungan Andes yang spektakuler, pantai yang memikat, dan masih banyak lagi. Pesona Peru telah diakui dunia dan terdapat belasan lokasi di Peru yang terdaftar sebagai Warisan Budaya UNESCO.

Buatlah pengalaman tidak terlupakan dengan berwisata ke Peru dan segera pesan tiket pesawat termurah dengan Skyscanner.

TEMPAT WISATA TERKENAL DI PERU

Peru merupakan surga wisata bagi pecinta petualangan dan budaya. Berbagai lokasi bersejarah di Peru dan juga keindahan alamnya layak masuk dalam travel bucket list Anda. Mulailah dengan mengunjungi Sacred Valley of the Incas. Membentang di rangkaian pegunungan di daerah Selatan negara Peru, lembah ini diliputi berbagai kekayaan sejarah kebudayaan Inca.

• Machu Picchu. Petualangan ke Peru tidaklah lengkap bila Anda belum mengunjungi “Kota Inca yang Hilang” ini! Didirikan sekitar tahun 1450, kota Machu Picchu merupakan salah satu fenomena arsitektur terindah di dunia karena dibangun di ketinggian 2430 meter (8000 kaki) dari permukaan tanah dengan menggunakan gaya arsitektur Inca kuno. Setelah ditaklukkan pasukan Spanyol, kota ini sempat menghilang dan terlupakan, sebelum ditemukan kembali oleh arkeolog asal Amerika Serikat, Hiram Bingham, pada tahun 1911. Keberadaannya yang sangat penting mewakili sejarah peradaban Inca serta gaya arsitekturnya yang dramatis telah memukau wisatawan dari generasi ke generasi. Situs ini telah didaftarkan sebagai salah satu Warisan Budaya UNESCO sejak tahun 1983 dan termasuk dalam Tujuh Keajaiban Dunia Baru sejak tahun 2007.

• Kota Cuzco. Kota bersejarah ini sebelumnya berfungsi sebagai ibukota Kerajaan Inca dan hingga kini merupakan salah satu tempat wisata favorit. Keindahan reruntuhan kuno peninggalan zaman Inca bisa Anda jumpai di berbagai lokasi bersejarah di kota yang juga terdaftar sebagai Warisan Budaya UNESCO ini. Reruntuhan yang paling terkenal yaitu Sacsayhuaman, benteng bersejarah nan megah tempat pertarungan bangsa Inca dengan pasukan Francisco Pizarro pada tahun 1536. Selain itu Anda juga dapat menjumpai lokasi-lokasi bersejarah lain seperti Plaza de Armas (dibangun bangsa Inca di tengah area bersejarah Cuzco dan bagian Utara-nya kini difungsikan sebagai tempat tinggal Presiden Peru), Qenko (kuil ibadah zaman Inca dengan kalender matahari dari batu terbesar di dunia), Pukapukara (benteng merah yang diduga sebagai tempat pangkalan militer bangsa Inca), dan Tambomachay (reruntuhan mata air bangsa Inca yang diperkirakan berfungsi sebagai kuil ibadat atau pangkalan militer).

Lokasi-lokasi lainnya di Sacred Valley of the Incas yang juga tidak kalah menarik untuk dikunjungi yaitu: Aguas Calientes, Ollantaytambo, Pisac, dan Tipon. Selain itu masih banyak lagi lokasi bersejarah lain seperti:

• Chan Chan. Sebelum keberadaan bangsa Inca, Peru dikuasai oleh Kerajaan Chimu, dengan Chan Chan sebagai ibukotanya. Dibangun sekitar tahun 850 AD, reruntuhan kota yang memiliki gaya arsitektur unik bangsa Chimu ini terletak 5 kilometer dari kota Trujillo. Di sini Anda dapat menjumpai bangunan-bangunan kuno seperti area seremonial, kuil ibadah, pemakaman, dan tempat tinggal penduduk Chimu kuno.

• Chavín de Huántar. Situs arkeologis ternama ini dibangun oleh masyarakat Chavin, pendahulu bangsa Inca, sekitar tahun 900 SM. Bangunan berbentuk benteng yang terbuat dari batu ini merupakan peninggalan satu-satunya dari kebudaayn Chavin dan oleh karenanya juga masuk dalam Warisan Budaya UNESCO.

• Piramida Pachacamac. Terletak 30 kilometer dari ibukota Lima, kuil Pachacamac merupakan warisan kebudayaan dan religi yang usianya melebihi usia kebudayaan Inca. Di lokasi ini terdapat berbagai bangunan yang diperuntukkan untuk menyembah Pachamac, yang dipercaya sebagai dewa pencipta semesta dalam kepercayaan masyarakat Andes kuno.

• Kepulauan Uro. Pulau buatan yang komposisi pembuatannya terdiri dari dari buluh totora kering ini terletak di Danau Titicaca. Di sini Anda dapat menjumpai penduduk suku Uro, yang kebudayaannya bahkan lebih tua dari masyarakat Inca. Kondisi geografisnya yang unik membuat lokasi kepulauan ini mudah mengalami pergeseran.

• Garis-garis Nazca. Terletak di antara kota Nazca dan Palpa, garis-garis Nazca merupakan rangkaian geoglif yang diperkirakan dibuat oleh kebudayaan Nazca antara 200 SM dan 700 M. Terdapat ratusan gambar, baik sederhana maupun rumit, seperti gambar burung, laba-laba, monyet, ikan, llama, bahkan manusia. Keberadaan garis-garis Nazca ini diketahui secara tanpa sengaja pada tahun 1920-an ketika pesawat Peru terbang melintasi daerah tersebut. Hingga saat ini, masih menjadi misteri terkait asal usul tempat ini dan keunikannyalah yang membuatnya masuk dalam salah satu situs Warisan Budaya UNESCO. Anda dapat menyewa pesawat mini atau menaiki menara observasi untuk mengamati misteri alam Peru ini.

Selain peninggalan bersejarah kebudayaan Inca, Peru juga kaya akan pesona alamnya yang eksotis dan spektakuler:

• Sungai Amazon. Keindahan alam dan keanekaragaman hayati di hutan hujan Amazon sangatlah unik karena lingkungan ini belum tersentuh modernisasi. Oleh karenanya kesempatan untuk melakukan ekowisata di hutan ini tidak boleh dilewatkan para pecinta alam.

• Huaraz. Terletak 400 kilomemeter di sebelah utara ibukota Peru, Huaraz merupakan pintu masuk ke Cordillera Blanca (atau dalam bahasa Indonesia berarti Pegunungan Putih). Di sini Anda akan terpukau dengan pemandangan alam pegunungan yang diliputi salju, gletser, dan danau. Berdampingan dengan pegunungan Andes yang memiliki panorama menakjubkan. di kawasan ini Anda juga dapat menjumpai puncak gunung tertinggi di Peru, yaitu Huascarán. Gunung ini dinamai setelah Huáscar, kaisar Kerajaan Inca di abad keenambelas. Bagi penggemar trekking dan olahraga alam lainnya, Anda dapat mengunjungi pula Taman Nasional Huascarán yang berada di kaki gunung ini.

• Colca Canyon. Ngarai terdalam di dunia ini mengalahkan Grand Canyon di Amerika Serikat dengan kedalaman lebih dari 9000 kaki. Terletak di seputar pegunungan Andes, Colca Canyon kaya akan pesona alam dan keindahan panoramanya. Di sini selain melakukan petualangan outdoor, Anda juga dapat menjumpai spesies burung terbesar dan terlangka di dunia, Condor Andes.

• Taman Nasional dan Cagar Alam. Berbagai taman nasional menawarkan keindahan alam dan juga kesempatan berinteraksi dengan aneka satwa yang unik di Peru. Beberapa taman nasional yang sering dikunjungi wisawatan yaitu Manu National Park & Biosphere Reserve dan Paracas National Reserve.

INFORMASI TAMBAHAN PERU

Cara Berkeliling di Peru

Sarana transportasi umum di Peru termasuk bervariasi. Anda dapat memanfaatkan berbagai jenis kereta yang dioperasikan PeruRail, Inca Rail, Ferrocarriles Central Andino SA, atau Ferrovias Central Andino SA. Berbagai layanan bus juga tersedia bagi wisatawan, mulai dari bus hop on-hop off (Peru Hop) hingga layanan kelas satu. Alternatif transportasi darat lain yang bisa dipergunakan yaitu taksi. Bila Anda ingin menghemat waktu dan ingin menjelajahi lebih banyak daerah di Peru dalam waktu lebih singkat, Anda juga dapat memanfaatkan berbagai maskapai penerbangan local Peru seperti LC Peru, LAN Peru, Peruvian, StarPeru, dan Avianca Peru.

Do's and Dont's

• Bila ingin mengunjungi Machu Pichu, hindarilah pergi pada musim hujan (November sampai dengan Maret), karena beresiko terjadi penundaan jadwal kereta akses ke tempat wisata tersebut.

• Jangan menyebut penduduk asli dengan sebutan “indio”

• Harga barang-barang untuk wisatawan asing seringkali lebih tinggi. Jangan sungkan untuk menawar.

• Disarankan agar Anda mengerti beberapa istilah dalam bahasa Spanyol supaya memudahkan interaksi dengan warga setempat.

CARI PENERBANGAN MURAH KE PERU

Banyak maskapai penerbangan dapat mengakses Peru melalui Bandara Internasional Jorge Chávez di ibukota Lima, di antaranya Air France, Cathay Pacific, China Southern, KLM, Korean Air, dan Qatar Airways. Bila Anda mengunjungi Peru via Amerika Serikat dan Kanada, Anda juga dapat menggunakan maskapai penerbangan American Airlines, Delta, JetBlue, United Airlines, dan Air Canada.

Carilah tiket pesawat murah ke Peru sekarang juga dengan Skyscanner. Selamat berlibur!

Harga yang ditunjukkan di laman ini hanya merupakan estimasi harga terendah. Yang ditemukan dalam 45 hari terakhir.