Peta

Penerbangan ke Polandia

Sejarahnya yang kaya, pemandangan alam pegunungan Carpathia dan gaya arsitekturnya yang indah merupakan pesona negara Polandia yang tidak dapat dilewatkan saat Anda mengunjungi benua Eropa. Rasakan sensasi melangkah kembali ke Eropa di masa lalu dengan mengunjungi berbagai museum, monumen, gereja, dan bangunan-bangunan di Polandia bernuansa Gothic yang masuk ke daftar warisan budaya UNESCO.

Komposer Frederic Chopin pernah mendedikasikan beberapa karya terindahnya bagi Polandia yang merupakan tanah airnya ini. Kini giliran Anda dan keluarga untuk membuat kenangan indah di negara kelahiran Paus Yohanes Paulus II dan Marie Curie ini. Kunjungilah Polandia dan segera pesan tiket pesawat termurah dengan Skyscanner.

Tempat Wisata Terkenal di Polandia

Sejak bergabungnya Polandia dalam Uni Eropa, wisatawan mancanegara mulai banyak berdatangan untuk menjelajahi negara ini. Bagi Anda pencinta sejarah Eropa kuno, Anda akan terpesona dengan keindahan arsitektur kuno di pusat-pusat kota seperti d ibukota Polandia yaitu Warsawa atau di kota-kota lain yang juga tidak kalah indahnya seperti Kraków (sering dianggap sebagai pusat kebudayaan Polandia dan lokasi Wawel Castle), Auschwitz (tempat kamp konsentrasi NAZI di mana dilakukan Holocaust pada masa Perang Dunia Kedua), Toruń (dipenuhi bangunan dengan gaya arsitektur Gothic khas abad pertengahan), dan Zamość (dijuluki kota Renaissance Eropa Tengah oleh UNESCO). Banyak bangunan di kota-kota ini rusak saat Perang Dunia Kedua namun telah direstorasi kembali dengan material bangunan serupa.

Selain kota-kota di atas, Anda juga dapat mengunjungi keindahan arsitektur kuno di kota pelabuhan Gdańsk, Wroclaw (tempat didirikannya Centennial Hall yang juga masuk dalam Daftar Warisan Budaya UNESCO), Poznań, serta Lublin. Lokasi bersejarah lain yang juga tidak boleh Anda lewatkan yaitu tambang garam di Wieliczka dan Bochnia, Churches of Peace di Jawor dan Swidnica, gereja kayu di Polandia Selatan, Czocha Castle di dekat daerah Lubań, Krzyżtopór Castle di pedesaan dekat kota Opatow, benteng Miedzyrzecz, benteng Prussia di Klodzko, biara Jasna Góra di Częstochowa, dan taman Kalwaria Zebrzydowska.

Pencinta alam akan jatuh cinta pada keindahan alam Polandia yang dapat dijumpai di lebih dari 23 taman nasional, di antaranya Białowieża National Park (tempat Anda dapat mendaki Orla Perć yang merupakan puncak tertinggi pegunungan Tatra dan juga satu-satunya lokasi di dunia di mana Anda dapat melihat satwa langka bison Eropa), dan taman nasional lain seperti Pieniński National Park, Wielkopolska National Park, Masurian Landscape Park, Bieszczady National Park, Karkonoski National Park, Bory Tucholskie National Park, Wolin National Park, serta Słowiński National Park. Selain taman nasional, Anda juga dapat melihat keindahan alam hutan dataran rendah terakhir di dunia di Puszcza Bialowieska. Keindahan perairan Polandia juga bisa Anda saksikan di daerah Mazuria, tempat di mana Anda dapat melihat danau biru di hutan Tucholskie, danau Lubygosc warna oranye, danau Jaczno warna perunggu, dan Lingakaran Radunsko yang banyak digemari pengayuh kano dunia.

Selain wisata alam dan sejarah, manfaatkan pula kesempatan wisata ke Polandia untuk wisata kuliner khas Polandia. Makanan yang terkenal di Polandia yaitu pierogi, gołąbki, bigos, serta berbagai jenis sup seperti barszcz czerwony (sup bit merah), zupa ogórkowa (sup ketimun), dan zupa grzybowa (sup babat dan jamur). Restoran tertua di Eropa, "Piwnica Swidnicka", yang telah beroperasi sejak tahun 1275 di kota Wroclaw, juga menjadi tempat tujuan favorit pencinta kuliner Polandia. Mengingat Polandia merupakan negara yang terkenal sebagai penghasil vodka selama lebih dari 500 tahun, pastikan Anda juga mencoba Wyborowa, brand vodka tertua Polandia, dan berbagai jenis vodka lainnya.

Cara Berkeliling di Polandia

Sarana transportasi umum di Polandia termasuk banyak dan tidak terlalu mahal. Anda dapat memanfaatkan berbagai jenis kereta seperti PKP InterCity, EIP (ExpressInterCity Premium), TLK (Twoje Linie Kolejowe), IR (interRegio), REGIO / Osobowy, dan Przewozy Regionalne untuk transportasi lintas kota. Alternatif transportasi lintas kota termurah dan ternyaman yaitu dengan menggunakan bus, baik yang dikelola secara lokal (seperti PKS) atau internasional (seperti Eurolines, Eurobus, Orbis Transport, dan Euro-Trans). Anda juga dapat menggunakan taksi, namun disarankan agar berhati-hati memilih taksi agar tidak mengalami penipuan. Transportasi dengan pesawat juga dimungkinkan dengan menggunakan pesawat LOT yang memiliki hub di Warsawa.

Do's and Don'ts

• Polandia sangat mengedepankan kesopanan. Jika Anda menyapa penduduk lokal yang belum terlalu Anda kenal, pastikan Anda memanggil mereka dengan sebutan “pan” (Bapak) atau “pani” (Ibu).

• Bila Anda diundang makan di rumah seseorang, bersiaplah untuk makan dalam jumlah banyak. Bersikap sungkan akan dianggap kurang sopan.

• Jangan mengangkat topik Perang Dunia II, komunisme, agama, dan hubungan bilateral dengan Jerman dan Russia saat bercengkerama dengan penduduk lokal. Topik-topik ini dianggap tabu.

• Akan lebih baik bila Anda mengetahui beberapa istilah dalam bahasa Polandia.

• Saat mengunjungi rumah seseorang yang Anda kenal, bawalah anggur atau bunga dalam jumlah genap (kecuali bunga krisan kuning yang dianggap sebagai bunga pemakaman dan bunga berwarna merah atau putih), beserta surat ucapan terima kasih yang ditulis tangan.

Cari Penerbangan Murah ke Polandia

Sebagian besar maskapai penerbangan Eropa melayani transportasi udara ke negara Polandia, dengan pusat penerbangan internasional di kota Warsawa. Maskapai penerbangan nasional Polandia sendiri yaitu LOT Polish Airlines. Maskapai low-cost yang dapat menjadi alternatif penerbangan lebih murah yaitu WizzAir, EasyJet, Germanwings, Norwegian AIr dan Ryanair.

Carilah tiket pesawat murah ke Polandia sekarang juga dengan Skyscanner. Selamat berlibur!

Foto oleh Flickr\PolandMFA

Harga yang ditunjukkan di laman ini hanya merupakan estimasi harga terendah. Yang ditemukan dalam 45 hari terakhir.