Peta

Penerbangan dari Juanda Surabaya

Berbicara tentang Surabaya tidak akan lepas dari perihal wisata kulinernya. Wisata kuliner adalah salah satu tujuan utama wisatawan mengunjungi Kota Pahlawan ini. Berbagai menu khas Surabaya yang tidak boleh dilewatkan yaitu Rujak Cingur, Tahu Campur, Sate Klopo, Rawon, Lontong Balap, Iwak Pe (Ikan Pari), Tahu Tek, Bebek Goring, Soto Madura, Soto Lamongan, Nasi Pecel, dan masih banyak lagi dapat Anda jumpai di berbagai sudut Surabaya dalam beraneka rupa dan rasa yang menggugah selera.

Pengalaman wisata kuliner Anda tidak harus berhenti di Surabaya. Manfaatkanlah Skyscanner untuk mencari tempat-tempat menarik yang dapat Anda eksplorasi sajian kulinernya.

Lanjutkanlah perjalanan Anda dengan bertolak dari Bandara Internasional Juanda Surabaya. Bandara tersibuk kedua di Indonesia ini memperoleh namanya dari Perdana Menteri terakhir Indonesia, Ir. H. Djuanda Kartawidjaja, yang meresmikan bandara ini pada tahun 1964. Awalnya berdiri sebagai Pangkalan Udara TNI-AL, Bandara Internasional Juanda Surabaya terus berkembang dan pada tahun 2015 masuk dalam 10 besar bandara terbaik dunia dalam Airport Service Quality menurut Airport Council International. Bandara ini juga ditargetkan sebagai salah satu bandara utama Indonesia yang berpartisipasi dalam ASEAN Open Skies.

Lokasi wisata kuliner domestik yang dapat dijadikan pilihan yaitu di kota Semarang. Berbagai jenis kuliner khas Belanda kuno, Jawa, dan China peranakan bisa Anda jumpai di kota yang dijuluki Venetië van Java ini. Aneka makanan khas Semarang dapat Anda temui di berbagai warung dan kios yang tersebar di Semarang, seperti Nasi Ayam, Tahu Petis, Babat Gongso, Soto Bangkong, Wedang Ronde, Tahu Gimbal, Nasi Gandul, Kue Lekker, dan Mie Kopyok. Beberapa tempat makan khas Semarang yang tidak boleh Anda lewatkan yaitu Toko Oen (tempat Anda dapat menikmati masakan khas Belanda tempo dulu di restoran bergaya senada) dan Pasar Semawis (pasar malam populer di kawasan Pecinan Semarang yang menjual berbagai hidangan lezat khas nusantara dan oriental). Jangan lupa untuk mencicipi Bandeng Presto Semarang yang khas di Jalan Pandanaran dan Lumpia isi rebung di berbagai kios di Gang Lombok. Penerbangan dari Bandara Internasional Juanda Surabaya ke Bandara Ahmad Yani Semarang akan memakan waktu kurang dari satu jam. Anda dapat memilih dari berbagai maskapai penerbangan domestik seperti Sriwijaya Air, Wings Air, dan Garuda Indonesia.

Destinasi wisata kuliner dalam negeri yang juga wajib dikunjungi yaitu kota Medan. Penerbangan langsung dari Surabaya ke Medan biasanya memakan waktu 3 jam dengan aneka pilihan maskapai penerbangan domestik seperti Lion Air, Sriwijaya Air, dan Garuda Indonesia. Sesampainya Anda di Medan, segeralah mendatangi berbagai tempat makan khas seperti Restoran Tip Top yang bernuansa tempo dulu, Kedai Durian Ucok di Jalan Wahid Hasyim, Kesawan Square, Jalan Semarang, Rumah Makan Tabona temapt Anda dapat menikmati santapan kari premier ala Medan, Rumah Makan Sinar Pagi dengan hidangan soto-nya yang ternama, Rumah Makan Sipirok dengan masakan sop dagingnya yang khas, dan berbagai kuliner khas Pecinan Medan di Selat Panjang seperti Ci Cong Fan, Chasio Apek, Nasi Panggang Babi (Char Sio Pui), Mie Hok Kien, Lo Ma Kai, Es Lo Han Kuo, dan masih banyak lagi. Saat pulang, jangan lupa membawa oleh-oleh Bika Ambon Zulaikha dan Bolu Meranti yang banyak digemari.

Kota lain yang juga tidak kalah soal kuliner yaitu Makassar. Ibukota provinsi Sulawesi Selatan ini amat kaya dengan berbagai sajian kuliner nikmat seperti Sop Konro dan Konro Bakar Karebosi (Jalan Gunung Lompobattang), Coto Makassar (Jalan Nusantara, Jalan Gagak, Jalan Sultan Alauddin, Jalan Andi Pangeran Pettarani), Sop Saudara (Jalan Irian dan Jalan Andalas), Pallumarra atau Sop Kepala Ikan (Jalan Mappanyukki), Pallubasa (Jalan Serigala dan Jalan Onta), Mie Hengki (Jalan Nusantara), Pisang Epe (sepanjang pantai Losari), Mie Titi (banyak dijual di Jalan Irian, Jalan Boulevard, Jalan Datumuseng, Jalan Perintis Kemerdekaan dan Jalan Bumi Tamalanrea Permai), serta tentunya Es Pisang Hijau Bravo yang ternama di Jalan Andalas. Untuk oleh-oleh, Anda dapat membawa Otka-otak Elly yang dapat dibeli di Jalan Sudirman. Perjalanan dari Surabaya ke Makassar memakan waktu 1 jam 30 menit dan Anda dapat memilih dari berbagai maskapai penerbangan domestik seperti Lion Air, Sriwijaya Air, Citilink, atau Garuda Indonesia.

Lanjutkanlah wisata kuliner Anda ke tingkat internasional dengan berwisata ke Penang. Penerbangan langsung ke Penang akan memakan waktu kurang dari 3 jam dari Surabaya dengan maskapai penerbangan Air Asia. Selain itu, Anda dapat memilih dari berbagai maskapai penerbangan lain untuk rute penerbangan tidak langsung. Penang sering dijuluki surga kuliner oleh wisatawan. Di sini Anda dapat menikmati berbagai sajian nikmat seperti Pasembur (rujak ala India), Penang Char Kway Teow, Nasi Kandar, Assam Laksa, Lok Lok (sate celup), Lor Mee, Lobak, (daging babi cincang yang dibungkus kulit tahu), Roti Canai, Popiah (lumpia Malaysia), Mee Sotong, Koay Teow Th'ng (kwetiau dengan kuah ayam bening), Lobak, Hokkien Mee, Tau Sar Piah (pia kacang hijau), Nasi Lemak, Penang Sar Hor Fun, Or Chen (telur dadar kerang), dan tidak lupa Teh Tarik. Makanan-makanan ini banyak dijumpai di Gurney Drive Hawker Center, New World Park Hawker Center, Komtar, dan food court / hawker center yang tersebar di seluruh Penang.

Bila Anda menginginkan masakan Vietnam dengan cita rasa negara asalnya, cobalah pergi ke Ho Chi Minh. Untuk mencapai Ho Chi Minh, Anda butuh transfer penerbangan sekali dan Anda dapat memilih di antara berbagai maskapai penerbangan seperti JetStar, Tiger Air, Garuda Indonesia, Royal Brunei. Nikmatilah berbagai makanan khas Vietnam seperti Pho, Kopi Vietnam, Banh Mi atau Vietnamese Sandwich, Lumpia Vietnam, dan Cha ca. Di Ho Chi Minh, Anda dapat menikmati wisata kuliner di warung-warung kaki lima (hawker) atau mengunjungi restoran-restoran yang tersebar di seluruh kota. Sebagai hidangan penutup, sempatkanlah mencicipi es krim Vietnam yang lezat di Fanny’s Ice Cream.

Destinasi terakhir yang dapat direkomendasikan untuk wisata kuliner mancanegara yaitu Seoul. Pencinta drama Korea pastilah tahu bahwa makanan Korea tidak hanya kimchi dan ramyun. Di ibukota negara Korea Selatan ini, bersiaplah untuk merasakan cita rasa masakan Korea yang sesungguhnya, mulai dari makanan jajanan pasar seperti di Myeongdong (contohnya Tteeokbokki, Banana Milk, Hotteok, Tornado Potato, Dakkochi, Gimbap, Jjinmandu, Twigim, Bingsu, Soondae, Ice Americano, 32 cm Ice Cream, dan masih banyak lagi) hingga makanan sajian restoran (seperti Bibimbap, Samgyetang, Jjimdak, Bulgogi, Dakgalbi, Sundubu Jigae, Samgyeopsal, Makchang, Jajangmyeon, Japchae, dan masih banyak lagi). Perjalanan dari Surabaya ke Seoul membutuhkan transit penerbangan sekali dan tingginya minat wisatawan Indonesia ke Korea Selatan pun membuka banyak rute penerbangan ke negara ginseng tersebut. Anda dapat memilih dari berbagai maskapai penerbangan, di antaranya Air Asia, Garuda Indonesia, China Airlines, Singapore Airlines, dan Cathay Pacific.

Carilah informasi rute penerbangan dan harga tiket pesawat termurah ke berbagai tujuan ini dan tempat tujuan lainnya dari Bandara Internasional Juanda Surabaya dengan Skyscanner!

 

Penerbangan termurah dari...

Foto oleh Flickr\bennylin

Harga yang ditunjukkan di laman ini hanya merupakan estimasi harga terendah. Yang ditemukan dalam 15 hari terakhir.