Peta

Southwest Airlines

Penggemar layanan penerbangan maskapai low-cost pasti tidak asing dengan Southwest Airlines. Maskapai penerbangan asal Amerika Serikat ini terkenal sebagai maskapai low-cost terbesar di dunia. Prinsip Southwest Airlines yang didirikan pada tahun 1967 ini sederhana, yaitu mengkombinasikan layanan transportasi udara berbiaya miring dengan pelayanan pelanggan terbaik.

Southwest Airlines juga dikenal sebagai operator pesawat tipe Boeing 737 terbesar di dunia. Armada pesawatnya saat ini terdiri dari kombinasi pesawat tipe Boeing 737-300, Boeing 737-500, Boeing 737-700, Boeing 737-800, serta akan diikuti oleh pesawat tipe Boeing 737 Max 7 dan tipe Boeing 737 Max 8. Pada awal tahun 2012, Southwest Airlines merenovasi interior pesawatnya dengan membuat desain kabin lebih modern, kursi penumpang lebih nyaman dengan bahan ramah lingkungan, menambah ruang di bawa kursi, dan tambahan-tambahan lain untuk membuat suasana penerbangan lebih ergonomis.

Maskapai penerbangan yang berkantor pusat di kota Dallas, Texas, ini telah mengantongi banyak penghargaan skala nasional maupun internasional, yaitu dari berbagai instansi seperti Airline Quality Ratings, Airline Customer Satisfaction Survey, InsideFlyer, J.D. Power Airline Ratings dan bahkan dari Departemen Perhubungan Amerika Serikat. Strategi bisnisnya yang kompetitif juga telah menginspirasi banyak maskapai penerbangan low-cost lainnya seperti EasyJet, RyanAir, AirAsia, JetStar, Cebu Pacific, Nok Air, dan masih banyak lagi.

Tunggu apa lagi? Carilah harga tiket Southwest Airlines sekarang juga dengan Skyscanner!

Terbang Bersama Southwest Airlines

Cara Check-In

Ada beberapa alternatif metode check-in bagi penumpang Southwest Airlines: • Early Bird check-in. Dapat dilakukan sejak 36 jam sebelum jam terbang. Metode ini diberlakukan bagi pemegang kartu Rapid Rewards, yang merupakan kartu frequent flyer milik Southwest Airlines. • Online check in dan mobile app. Dapat dilakukan sejak 24 jam sebelum jam terbang. • Anda juga bisa melakukan check in langsung di Skycap Podium, konter tiket Southwest Airlines, atau anjungan tiket mandiri di bandara Semua penumpang yang sudah memiliki boarding pass diwajibkan untuk berada di area pintu gerbang paling lambat 10 menit sebelum jam terbang.

Rute Penerbangan

Southwest Airlines melayani penerbangan ke lebih dari 90 kota tujuan di Amerika Serikat dan negara-negara tetangganya. • Penerbangan domestik Amerika Serikat. Berpusatkan di kota Dallas, Southwest Airlines melayani penerbangan ke berbagai kota besar di Amerika Serikat seperti Los Angeles, Las Vegas San Diego, Chicago, Atlanta, Baltimore, Denver, Milwaukee, Orlando, Phoenix, Tampa, Nashville, Oakland, Houston, Philadelphia, dan masih banyak lagi. • Penerbangan internasional Dirintis pada tahun 2014, sejauh ini upaya pelebaran sayap ke penerbangan internasional Southwest Airlines lebih terfokus pada kota-kota di Amerika Latin seperti San Jose (Costa Rica) dan Puerto Vallarta (Meksiko).

Ketentuan Bagasi

Setiap penumpang boleh membawa satu tas dalam kabin (seperti tas tangan, tas kantor, container makanan, atau tas laptop) dengan dimensi maksimum 10 x 16 x 24 inchi. Selain itu, penumpang diperkenankan membawa dua barang bawaan yang dibagasikan, dengan berat maksimum 22 kg dan dimensi maksimum panjang x lebar x tinggi 62 inchi. Bagasi yang melebihi ketentuan ini akan dikenakan biaya tambahan. Pengecualian biaya tambahan bagasi diberikan bagi Anda yang bepergian dengan anak di bawah umur (ingin menitipkan maksimal satu kereta dorong bayi dalam bagasi), serta bagi anggota aktif pasukan militer yang melakukan perjalanan dinas (selama berat bagasi yang dititipkan di bawah 45 kg dan memiliki dimensi maksimum panjang x lebar x tinggi 80 inchi).

Tempat Duduk Pesawat

Southwest Airlines memiliki jarak tempat duduk yang cukup standard di setiap pesawatnya, yaitu sekitar 32 inci. Tempat duduk tidak ditentukan oleh maskapai penerbangan, dan dapat dipilih sendiri oleh penumpang saat mereka melakukan boarding. Anda dapat lebih dahulu melakukan booking posisi tempat duduk apabila Anda melakukan Early Bird check-in atau bila Anda memiliki kartu Rapid Rewards jenis Business Select, A-List, dan A-List Preferred.

Hiburan dalam Pesawat

Selain mendengarkan musik dan menonton video, penumpang Southwest Airlines juga dapat menikmati konektivitas WiFi serta menonton tayangan televisi langsung di dalam pesawat.

Makanan dan Minuman

Menjadi penumpang maskapai penerbangan low-cost tidak berarti Anda harus menahan lapar dan dahaga selama penerbangan. Southwest Airlines menyediakan snack berupa pretzel, kacang, dan minuman non-alkohol secara gratis di semua rute penerbangannya. Apabila Anda menginginkan minuman beralkohol atau makanan yang lebih besar porsinya, Anda dapat memesan melalui menu yang disedikan dan membayar menggunakan kartu kredit Anda.

Harga yang ditunjukkan di laman ini hanya merupakan estimasi harga terendah. Yang ditemukan dalam 45 hari terakhir.