Cari

berangkat

Pejalan

Kelas Kabin

  • Pemeriksaan harga (jendela baru)
Candi Prambanan, Yogyakarta, Indonesia

Penerbangan murah ke Yogyakarta

Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Yogyakarta merupakan ibu kota propinsi dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta atau sering disebut juga dengan Jogjakarta, Jogja, atau Yogya merupakan surga wisata di Pulau Jawa. Kota ini terkenal dengan beragamnya jenis wisata, seperti wisata candi Budha dan Hindu, wisata budaya, dan wisata kuliner.

 

Penerbangan ke Yogyakarta

Pencarian penerbangan murah ke Yogyakarta merupakan salah satu pencarian favorit di Skyscanner. Banyak penerbangan antara Jakarta-Yogyakarta dan Yogyakarta dengan berbagai kota besar lainnya di pulau Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Selain itu, terdapat juga penerbangan Yogyakarta-Denpasar. Banyak turis dalam dan luar negeri yang melanjutkan perjalanan wisata ke Denpasar (Bali) setelah puas berwisata di Yogyakarta. Tidak sulit untuk mencari tiket pesawat murah ke Yogyakarta karena banyaknya maskapai lokal maupun internasional, seperti Garuda Indonesia, Indonesia AirAsia, Lion Air, Batik Air dan Sriwijaya Air  yang menawarkan jasa penerbangan ke Yogyakarta. Penerbangan di Yogyakarta difasilitasi oleh bandara internasional Adisucipto atau yang dalam ejaan lamanya adalah Bandara Adisutjipto.

 

Destinasi Populer di Yogyakarta

Yogyakarta memiliki sejumlah destinasi populer. Para penggemar sejarah tidak akan kecewa karena dapat berkunjung ke sejumlah candi seperti Candi Borobudur (Magelang) dan Candi Prambanan yang terletak di jalan Solo. Wisatawan juga dapat berkeliling di tempat tinggal sultan atau disebut juga Keraton Yogyakarta. Bagi pencinta kuliner, terdapat berbagai tempat yang menawarkan berbagai jenis makanan khas Jawa dan minuman tradisional a la Yogyakarta dengan berbagai pilihan harga, seperti Gudeg Tjitro di jalan Janti, Angkringan Tugu di jalan Mangkubumi, The House of Raminten di jalan FM Noto Kotabaru, Gudeg Sagan di jalan Prof. Dr. Herman Yohanes, dan Sasanti Restaurant di jalan Palagan Tentara Pelajar. Buat yang ingin berbelanja dapat memuaskan hasrat shopping-nyadi sepanjang jalan Malioboro, Pasar Beringharjo yang juga berlokasi di area Malioboro, dan Kota Gede. Apabila ingin mencari angin segar di tepi pantai, bisa coba berkunjung ke sejumlah pantai yang populer di Yogyakarta, seperti pantai Indrayanti dan menikmati matahari terbenam di pantai Pok Tunggal. Saat ini, destinasi yang kian populer di Yogyakarta adalah wisata lava merapi, yaitu tur keliling kawasan gunung Merapi dimana terdapat berbagai pilihan rute dengan tingkat kesulitan yang berbeda. Titik pemberangkatan terletak di kaki Gunung Merapi, yaitu di daerah Kaliurang. Di daerah sekitar kaki Gunung Merapi, juga ada suatu tempat bernama Kinahrejo yang menjadi semakin dikenal dengan kisah Mbah Marijan.

 

Wisata Desa Tembi dan Gua Pindul di Yogyakarta

Jika ingin mencari suasana tenang dan rileks, ada trend wisata baru di Yogyakarta yakni wisata desa, yang sudah semakin populer adalah desa Tembi yang terletak dekat pantai Parangtritis dan Gumuk Pasir.  Tempat wisata yang juga sangat digemari terutama oleh kalangan remaja adalah Gua Pindul yang berada di Desa Behjiharjo, Gunungkidul. Apabila berwisata ke gua ini disarankan untuk mencoba juga rafting di Kali Oya atau caving di Gua Sioyot.

 

Wisata Candi di Yogyakarta

Yogyakarta sangat terkenal dengan wisata candi, baik yang merupakan tempat ibadah agama Hindu maupun Buddha. Bangunan candi sangat megah dan di dalam setiap candi biasanya terdapat patung dewa atau dewi. Candi yang ramai dikunjungi oleh turis di antaranya adalah candi Prambanan, Borobudur, Sambisari di desa Sambisari kelurahan Purwotani (12 km dari pusat Yogyakarta) dan Sari yang terletak 3 km dari candi Sambisari, Kalasan di desa Kalibening Tirtamani (16 km dari pusat kota), dan Ratu Bokoyang terletak 2 km dari candi Prambanan. Candi-candi ini merupakan saksi bisu dari sejarah, seperti Kerajaan Mataram dan Majapahit yang pernah berjaya di daerah ini. Selain melihat keindahan bangunan candi, pelancongjuga dapat meminta jasa seorang tour guide untuk mengetahui sejarah luar biasa yang dimiliki oleh setiap candi.  Apabila berminat melakukan wisata ini, ingatlah untuk membekali diri dengan payung, topi, kacamata, dan minuman agar stamina tetap terjaga selama perjalanan di bawah teriknya matahari. Dengan dikenalnya Candi Borobudur sebagai salah satu keajaiban dunia, tentunya banyak sekali turis mancanegara yang pernah mengunjunginya. Sebagai warga lokal, jangan mau ketinggalan dan segera lakukan pencarian tiket pesawat termurah ke Yogyakarta dengan bantuan Skyscanner.

 

Wisata Budaya di Yogyakarta

Yogyakarta memiliki warisan budaya yang kaya dan menarik. Salah satu cara untuk lebih mengenal budaya Yogyakarta adalah dengan berkunjung ke Keraton Yogyakarta. Di beberapa tempat juga mempertunjukkan pentas tari, seperti pentas Sendratari Ramayana setiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu di pelataran candi Prambanan dan dimulai pada malam hari. Kegiatan menonton pentas wayang kulit yang diadakan setiap sore di Museum Sonobudoyo di jalan Trikora juga dapat menjadi pilihan wisata.

 

Tempat Berbelanja di Yogyakarta

Di sepanjang jalan Malioboro dipenuhi dengan berbagai toko lokal, yang menjual berbagai pakaian maupun aksesoris dari batik, seperti sandal dan tas, terdapat juga aksesoris kalung, gelang, dan cincin, serta kaos khas Yogyakarta dan barang-barang lainnya yang juga dapat menjadi oleh-oleh bagi keluarga dan sahabat.  Belanja secara grosir juga dapat dilakukan di pasar Beringharjo dan pasar Kranggan di jalan Pangeran Diponegoro, seperti berbelanja celana, kemeja, dan rok batik. Yogyakarta juga memiliki sejumlah mall besar, seperti Plaza Ambarukmo di jalan Laksda Adisucipto. Apabila tertarik berbelanja kerajinan dari perak, kunjungan ke Kota Gede juga dapat menjadi pilihan.  

 

Wisata Kuliner di Yogyakarta

Makanan khas dari Yogyakarta adalah nasi atau bubur gudeg. Makanan ini dikenal dengan cita rasanya yang manis. Beberapa tempat yang menyajikan makanan ini misalnya Gudeg Sagan dan Gudeg Bu Tjitro. Makanan lainnya yang juga terkenal adalah mi godhog (atau mi rebus) di daerah alun-alun, nasi langgi seperti di stasiun Gandekan, jadah tempe yang dapat ditemukan di Kaliurang, soto daging seperti di Soto Pak Marto di jalan Mayjen S. Parman, dan nasi kucing seperti di angkringan Tugu.

 

Tempat Rekreasi Keluarga di Yogyakarta

Banyak tujuan rekreasi yang menyenangkanbagi keluarga di Yogyakarta. Seluruh keluarga dapat menikmati suasana pantai di daerah Gunungkidul. Anak-anak juga akan menyukai aktivitas berkeliling kota dengan menaiki andong. Selain itu, orangtua dapat mengajak anak-anak berjalan-jalan sambil belajar di Taman Pintar Yogyakarta di jalan Panembahan Senopati. Wisata malam hari di alun-alun Selatan juga dapat menjadi pilihan wisata keluarga. Anak-anak, ketika libur sekolah dapat berkeliling dengan menggunakan sepeda yang dihiasi oleh lampu-lampu cantik. Orangtua juga dapat mencoba kegiatan masangin, yaitu berjalan dengan mata tertutup melewati di antara dua pohon beringin. Tidak semua orang berhasil melakukannya. 

 

Pusat Belanja Oleh-Oleh di Yogyakarta

Kegiatan berwisata terasa kurang apabila belum membawa oleh-oleh untuk orang-orang tercinta di rumah. Oleh-oleh yang khas dari Yogyakarta adalah bakpia. Makanan ini berasal dari Tiongkok yaitu Tou Luk Pia yang artinya kue pia kacang hijau, namun kini sudah menjadi makanan khas dari Yogyakarta. Terdapat berbagai macam bakpia, namun yang terkenal adalah Bakpia 25 dan Bakpia 75. Salah satu outlet dari Bakpia 25 terletak di jalan Laksda Adi Sucipto sedangkan Bakpia 75 terletak di jalan HOS Cokroaminoto. Sentuhan baru dari bakpia bernama pia pia dan dapat ditemukandi jalan Kaliurang km 5. Apabila ingin membawa oleh-oleh berupa baju batik atau benda lain khas Yogyakarta, Mirota Batik adalah tempat yang tepat yang menyediakan barang berkualitas ekspor dengan harga terjangkau. Salah satu lokasi Mirota Batik adalah di jalan Jenderal Ahmad Yani yaitu antara mal Malioboro dan pasar Beringharjo. Dagadu Jogja terkenal dengan tulisan-tulisan atau gambar-gambar unik yang lucu yang biasanya mencerminkan kehidupan di Jogja atau Indonesia umumnya. Berhati-hatilah dengan Dagadu Jogja yang palsu.

 

Langkah pertama untuk mendekatkan Anda ke Yogyakarta yang kaya akan budaya dan keunikannya tentunya adalah dengan pencarian tiket penerbangan dengah harga terhemat yang dapat ditemukan secara lebih mudah dengan Skyscanner. Jika Anda belum mempunyai tanggal pasti kapan Anda ingin berangkat mengunjungi Jogja, Anda bisa menggunakan opsi 'fleksibel' yang Skyscanner tawarkan, sehingga Anda bisa melihat perbandingan harga, kapan harga tiket pesawat ke Jogja berada di posisi termurah. Dijamin, tiket pesawat Anda akan menjadi tiket paling ekonomis. Dan setelah menyisihkan biaya untuk tiket pesawat, Anda bisa menggunakannya untuk keperluan-keperluan lain menikmati tetempat-tempat wisata yang ditawarkan di Yogyakarta.  

 

lainnya

Penerbangan termurah ke Yogyakarta dari...

I Prambanan

Gerak gemulai sendratari Ramayana saat purnama di bulan Mei sampai Oktober dapat dinikmati di panggung terbuka Candi Prambanan.

Prambanan, Yogyakarta 55571, Indonesia

 Tawaran Yogyakarta

Hotel di Yogyakarta

 Terpopuler di Skyscanner

harga mulai dari Rp 408.285 pulang-pergi

Foto oleh flickr/kenner116

Jika Anda yakin ada informasi pada halaman ini yang tidak tepat, mohon hubungi Skyscanner.

tutup

Masuk atau mendaftar

Masuk sebagai

Info Harga Pengaturan Akun Keluar