Peta

Virgin Australia

RUTE-RUTE POPULER VIRGIN AUSTRALIA

Mencari rekomendasi maskapai untuk liburan Anda selanjutnya? Gunakan Virgin Australia bila Anda mencari maskapai dengan harga murah (low-cost airline), yang bisa di-upgrade layanannya hingga menyerupai full-service airline. Rute penerbangan populer Virgin Australia dari Indonesia yaitu:

*Harga dapat berubah-rubah tergantung ketersediaan kursi maskapai

Rute Populer Internasional Virgin Australia Rute Populer Internasional Harga Tiket Termurah
Denpasar (Bali) - Adelaide Rp. 1.337.895
Denpasar (Bali) - Auckland Rp. 2.428.160
Denpasar (Bali) - Brisbane Rp. 1.712.375
Denpasar (Bali) - Melbourne Rp. 1.665.597
Denpasar (Bali) - Perth Rp. 789.569
Denpasar (Bali) - Sydney Rp. 1.930.611

 

Manfaatkan layanan Skyscanner untuk mencari tiket termurah dan promo lainnya bersama Virgin Australia sekarang juga!

KOTA-KOTA TUJUAN VIRGIN AUSTRALIA

Regional Kota
Sumatera dan Kepulauan Riau

Medan (KNO)

Palembang (PLM)

Pekanbaru (PKU)
Kalimantan Balikpapan (BPN)
Jawa

Jakarta Soekarno-Hatta (CGK)

Surabaya (SUB)

Yogyakarta (JOG)
Bali & Nusa Tenggara

Denpasar (DPS)

Lombok (LOP)
Sulawesi & Maluku Manado (MDC)
Amerika Utara

Atlanta (ATL)

Boston (BOS)

Chicago (ORD)

Dallas Fort Worth (DFW)

Las Vegas (LAS)

Los Angeles (LAX)

Miami (MIA)

New York JFK (JFK)

Ottawa (YOW)

Seattle (SEA)

Vancouver (YVR)

Washington DC (IAD)
Afrika

Cape Town (CPT)

Johannesburg (JNB)

Kairo (CAI)
Eropa

Amsterdam (AMS)

Athens (ATH)

Barcelona (BCN)

Berlin (TXL)

Brussels (BRU)

Copenhagen (CPH)

Frankfurt (FRA)

Helsinki (HEL)

London Heathrow (LHR)

Madrid (MAD)

Manchester (MAN)

Milan Malpensa (MXP)

Munich (MUC)

Moscow (DME)

Paris (Charles de Gaulle) (CDG)

Rome Fiumicino (FCO)

Stockholm (ARN)

Vienna (VIE)

Zurich (ZRH)
Asia

Bangkok (BKK)

Beijing (PEK)

Colombo (CMB)

Delhi (DEL)

Hanoi (HAN)

Ho Chi Minh City (SGN)

Hong Kong (HKG)

Kuala Lumpur (KLU)

Male (MLE)

Nagoya (NGO)

Osaka (KIX)

Penang (PEN)

Phnom Penh (PNH)

Phuket (HKT)

Seoul (ICN)

Shanghai (PVG)

Shenzhen (SZX)

Siem Reap (REP)

Singapore (SIN)

Tokyo - Haneda (HND)

Yangon (RGN)
Australia & New Zealand

Adelaide (ADL)

Alice Springs (ASP)

Auckland (AKL)

Brisbane (BNE)

Cairns (CNS)

Canberra (CBR)

Christchurch (CHC)

Darwin (DRW)

Dunedin (DUD)

Gold Coast (OOL)

Hamilton (HLZ)

Hobart (HBA)

Mackay (MKY)

Melbourne(MEL)

Palmerston North (PMR)

Perth(PER)

Port Macquarie (PQQ)

Sydney (SYD)

Wellington (WLG)

Kebijakan Bagasi Virgin Australia

Penumpang penerbangan domestik Australia dan penerbangan internasional jarak dekat diperbolehkan membawa bagasi kabin (carry-on luggage) sebanyak dua buah, berupa dua koper (dimensi maksimum 105 centimeter) atau satu koper (dimensi maksimum 105 centimeter) dan satu tas garmen (dimensi maksimum 185 centimeter). Total berat barang bawaan kabin harus berada di bawah 7 kilogram.

Khusus untuk penumpang kelas Ekonomi dan Kelas Premium Ekonomi penerbangan internasional jarak jauh, barang bawaan yang boleh dibawa ke kabin yaitu satu koper dan satu tas tangan (dimensi maksimum 105 centimeter). Penumpang kelas Bisnis di penerbangan internasional jarak jauh boleh membawa maksimal dua koper dan satu tas tangan (dimensi maksimum 105 centimeter). Masing-masing barang bawaan yang dibagasikan tidak boleh melebihi 7 kilogram.

Regulasi bagasi untuk penerbangan Virgin Australia dibedakan oleh jarak penerbangan, jenis tiket yang dibeli, dan status keanggotaaan frequent flyer Velocity.

Berikut ketentuan bagasi penumpang penerbangan domestik Australia:

Jenis Tiket Non member/Red Silver Gold Platinum
Getaway 1 x 23 kg 2 x 23 kg 2 x 23 kg 3 x 23 kg
Elevate 1x 23 kg 2 x 23 kg 2 x 23 kg 3 x 23 kg
Freedom 1 x 23 kg 2 x 23 kg 2 x 23 kg 3 x 23 kg
Premium Saver 2 x 23 kg 2 x 23 kg 2 x 23 kg 3 x 23 kg
Premium 2 x 23 kg 2 x 23 kg 2 x 23 kg 3 x 23 kg
Business Saver 2 x 32 kg 2 x 32 kg 2 x 32 kg 3 x 32 kg
Business 2 x 32 kg 2 x 32 kg 2 x 32 kg 3 x 32 kg

Berikut ketentuan bagasi penumpang penerbangan Virgin Australia jarak dekat:

Jenis Tiket Non member/Red Silver Gold Platinum
Go Tidak ada bagasi 1 x 23 kg 1 x 23 kg 2 x 23 kg
Go Plus 1 x 23 kg 1 x 23 kg 1 x 23 kg 2 x 23 kg
Getaway 1 x 23 kg 2 x 23 kg 2 x 23 kg 3 x 23 kg
Freedom 1 x 23 kg 2 x 23 kg 2 x 23 kg 3 x 23 kg
Premium Saver 2 x 23 kg 2 x 23 kg 2 x 23 kg 3 x 23 kg
Premium 2 x 23 kg 2 x 23 kg 2 x 23 kg 3 x 23 kg
Business Saver 2 x 32 kg 2 x 32 kg 2 x 32 kg 3 x 32 kg
Business 2 x 32 kg 2 x 32 kg 2 x 32 kg 3 x 32 kg

Berikut ketentuan bagasi penumpang penerbangan Virgin Australia jarak jauh:

Jenis Tiket Non member/Red Silver Gold Platinum

Kelas Ekonomi

(Tiket Getaway)

2 x 23 kg 3 x 23 kg 3 x 23 kg 3 x 23 kg

Kelas Ekonomi

(Tiket Elevate dan Freedom)

2 x 23 kg 3 x 23 kg 3 x 23 kg 3 x 23 kg
Kelas Premium 2 x 32 kg 3 x 32 kg 3 x 32 kg 3 x 32 kg
Kelas Bisnis 2 x 32 kg 3 x 32 kg 3 x 32 kg 3 x 32 kg

PROFIL MASKAPAI VIRGIN AUSTRALIA

Sejarah Virgin Australia

Virgin Australia bukanlah nama asing di industri penerbangan. Lahirnya maskapai ini diprakarsai oleh Sir Richard Branson, pengusaha terkemuka asal Inggris Raya dan pendiri Virgin Group. Komitmen Virgin Group pada inovasi dan kualitas pelayanan terbaik turut menjadi bagian dari identitas Virgin Australia. Berbekal prinsip tersebut, tidak heran bila Virgin Australia berkembang secara pesat hingga menjadi maskapai penerbangan terbesar kedua di Australia dalam waktu kurang dari dua dekade.

Sejarah Virgin Australia dimulai pada tahun 2000, dengan nama Virgin Blue. Bermodalkan dua pesawat Boeing 737-400 dan 200 pekerja, Virgin Blue memulai layanannya dengan mengoperasikan penerbangan perdana rute Brisbane – Sydney pada tanggal 31 Agustus 2000.

Jatuhnya maskapai penerbangan Ansett Australia pada tahun 2001 menciptakan peluang emas bagi Virgin Australia untuk berkembang di pasaran penerbangan domestik Australia. Dalam kurun waktu setahun, Virgin Australia mengalami pertumbuhan signifikan dan membuka 14 rute penerbangan domestik baru, yang menjangkau lebih dari satu juta penumpang.

Selama tahun 2002 – 2006, porsi kepemilikan saham Virgin Blue sempat mengalami beberapa kali perpindahan tangan. Dari yang sebelumnya dikuasai penuh oleh Virgin Group,

Selama perjalanan karirnya pada tahun 2002 – 2006, kepemilikian Virgin Blue sempat dikuasai oleh beberapa pihak. Saham perusahaan yang sebelumnya dikuasai penuh oleh Virgin Group, sempat dikuasai oleh perusahaan-perusahaan Australia seperti Patrick Corporations dan Toll Holdings. Dalam kurun waku ini pula, Virgin Blue giat menambah rute penerbangan domestiknya hingga menjangkau kota-kota berpopulasi menengah seperti Canberra, Mackay, Port Macquarie, dan Albury. Virgin Blue juga mengembangkan layanannya ke penerbangan internasional jarak dekat ke New Zealand, Kepulauan Cook, Fiji, Tonga, dan Vanuatu dengan mendirikan anak maskapai bernama Pacific Blue pada tahun 2004. Semua upaya ini menunjukkan keseriusan Virgin Blue untuk berkompetisi dengan Qantas serta anak maskapainya QantasLink.

Akhir tahun 2006 ini juga ditandai dengan perubahan strategi bisnis Virgin Blue. Awalnya, Virgin Blue hanya berfokus di segmen low-cost airline seperti Southwest Airlines dan Ryanair. Namun seiring dengan berkembangnya permintaan pasar, Virgin Blue pun mulai membanting setir dan memoles layanannya untuk mulai memenuhi standard layaknya full- service airline.

Selain menambah dan meremajakan armada pesawatnya, Virgin Blue juga bekerjasama dengan maskapai-maskapai seperti Emirates, Hawaiian Airlines, Malaysia Airlines, Garuda Indonesia dan Vietnam Airlines. Virgin Blue juga mengeluarkan layanan Kelas Premium Ekonomi di semua armada pesawatnya pada tahun 2008, yang menunjukkan komitmennya kepada strategi rebranding ini. Untuk menjangkau rute-rute penerbangan jarak jauh seperti Amerika Serikat, Virgin Blue membentuk anak maskapai yang dinamakan V Australia. Maskapai baru ini melakukan penerbangan perdananya ke Los Angeles pada tahun 2009.

Pada tahun 2010, Virgin Blue mengalami perubahan manajemen besar-besaran dan mulai membahas penggantian nama maskapai ke Virgin Australia untuk memperkuat daya saingnya terhadap Qantas. Penggantian nama maskapai ini diresmikan pada tahun 2011, disertai dengan perubahan seragam kru kabin dan penambahan layanan Kelas Bisnis. Anak-anak maskapai seperti Pacific Blue dan V Australia pun ditarik kembali menjadi bagian Virgin Australia. Maskapai Tigerair Australia juga diakuisisi oleh Virgin Australia untuk memperkuat posisinya di dunia penerbangan Australia.

Dengan identitas dan semangat baru, Virgin Australia terus melakukan inovasi dalam segala aspek layanannya, di antaranya pembaharuan teknologi layanan mobile check-in, peningkatan standard kualitas menu makanan selama penerbangan, penambahan lounge, dan peluncuran program frequent flyer bernama Velocity. Virgin Australia juga terus melakukan penambahan rute penerbangan lewat kerjasama dengan maskapai-masapai seperti Skywest Airlines, Singapore Airlines, serta beberapa maskapai asal China di bawah HNA Group.

Kini, Virgin Australia memiliki lebih dari 100 pesawat dalam armadanya dan melayani penerbangan ke lebih dari 50 destinasi di seluruh dunia. Virgin Australia juga telah meraih berbagai penghargaan seperti Best Airline Staff Service dari SkyTrax selama lima tahun berturut-turut, Best Cabin Crew, dan Best Frequent Flyer Scheme dari Australian Business Traveler Awards.

Nikmatilah berbagai fasilitas yang ditawarkan Virgin Australia dan pergunakan Skyscanner untuk mencari tiket penerbangan termurah ke destinasi impian Anda sekarang juga!

Tipe Maskapai Virgin Australia

Virgin Australia merupakan maskapai penerbangan penumpang dengan kategori low-cost carrier. Hingga 2016, maskapai ini belum tergabung dalam aliansi maskapai penerbangan internasional.

Alamat dan Kontak Virgin Australia

Kantor Pusat Virgin Australia

56 Edmondstone Road

Bowen Hills Qld 4006

Australia

Alamat Korespondensi Virgin Australia

P O Box 1034

Spring Hill Qld 4004

Australia

Call Center Virgin Australia

Asal Panggilan Nomor Telepon

Australia

New Zealand

Amerika Serikat

Uni Arab Emirat

Inggris Raya

Negara lainnya

13 67 89

0800 67 0000

1855 253 8021

8000 612 002

0800 051 1281

+61 7 3295 2296

Terminal dan Destinasi Virgin Australia

Penerbangan Virgin Australia dari dan ke Indonesia berpusat di Bandara Internasional Ngurah Rai.

Program Frequent Flyer Virgin Australia

Virgin Australia memperkenalkan program Velocity untuk mengapresiasi pelanggan setianya pada tahun 2005. Velocity termasuk unik, karena penumpang dapat mengumpulkan lebih banyak poin bukan berdasarkan seberapa jauh jarak tempuh penerbangan, tapi berdasarkan harga tiket penerbangan. Pelanggan juga dapat mengumpulkan poin dengan memakai kartu kredit bank rekanan Virgin Australia atau menggunakan travel card prabayar Velocity Global Wallet.

Semakin banyak poin Velocity yang dikumpulkan, semakin banyak pula kemudahan yang dapat dinikmati anggota, seperti gratis kursi penerbangan, upgrade kelas penerbangan, akses ke layanan penyewaan kendaraan atau penginapan rekanan Virgin Australia, dan masih banyak lagi. Jumlah poin juga menentukan tingkat keanggotaan Velocity, mulai dari Red, Silver, Gold, hingga Platinum. Masing-masing tingkat menawarkan fasilitas tambahan seperti kemudahan memilih tempat duduk, tambahan kapasitas bagasi, akses ke lounge, prioritas untuk check-in, waitlist, dan boarding, serta masih banyak lagi.

Tingkatan Frequent Flyer Virign Australia Persyaratan
Red Diperoleh langsung setelah pendaftaran.
Silver 250 poin dalam satu tahun
Gold 500 poin dalam satu tahun
Platinum 1000 poin dalam satu tahun

Tiket Penerbangan Kelas Ekonomi Virgin Australia

Penumpang Kelas Ekonomi (Economy Class) Virgin Australia dapat menikmati tempat duduk berbahan kulit yang relatif lega dan nyaman, baik di penerbangan domestik Australia, penerbangan jarak dekat, maupun penerbangan jarak jauh. Khusus di penerbangan internasional jarak jauh, penumpang dapat menikmati tempat duduk yang lebih lega (dengan konfigurasi area duduk 3-3-3) dan USB slot di setiap tempat duduk.

Aneka makanan dan minuman juga akan disediakan secara cuma-cuma kepada semua penumpang Kelas Ekonomi. Penumpang juga dapat mengakses layar LCD personal di area duduk dan dihibur oleh berbagai film, serial TV, dan musik (in flight entertainment) selama perjalanan.

Tiket Penerbangan Kelas Premium Virgin Australia

Kelas penerbangan Premium tersedia bagi penumpang penerbangan internasional. Di kelas penerbangan ini, penumpang Virgin Australia dapat menjumpai kenyamanan lebih sejak sebelum memasuki pesawat, dengan adanya prioritas check-in dan boarding, tambahan kapasitas bagasi, serta akses ke lounge (hanya tersedia untuk penumpang penerbangan jarak dekat).

Dalam pesawat, penumpang Kelas Premium Virgin Australia dapat duduk dengan lebih nyaman di tempat duduk yang lebih lebar dengan area kaki yang lebih luas. Setiap tempat duduk juga dilengkapi dengan tempat untuk mengisi ulang daya gadget elektronik dan USB port. Selain itu, penumpang juga dapat menikmati in-flight entertainment di layar LCD personal selebar 10.6 inchi dan noise cancelling headset. Produk perawatan kulit dan amenity kit juga akan diberikan secara eksklusif bagi penumpang.

Sebelum pesawat lepas landas, penumpang Kelas Premium Virgin Australia akan disambut oleh minuman koktaill dan sajian canapé. Aneka menu makanan a la carte dan berbagai wine dapat dipilih oleh penumpang untuk dikonsumsi selama perjalanan. Selain makanan dan minuman yang disediakan kru kabin, penumpang juga dapat mengambil sendiri makanan dan minuman ringan sesuai selera di Premium Pantry di pesawat.

Tiket Penerbangan Kelas Bisnis Virgin Australia

Kelas Bisnis didesain untuk menawarkan kenyamanan tertinggi bagi penumpang maskapai penerbangan Virgin Australia. Kelas ini tersedia di semua penerbangan domestik dan internasional, kecuali di penerbangan internasional jarak jauh dengan pesawat Boeing 777 dan penerbangan domestik Australia dengan pesawat Airbus 330.

Sama seperti penumpang Kelas Premium, penumpang Kelas Bisnis juga dapat menikmati layanan dari Virgin Australia sejak sebelum lepas landas. Fasilitas yang dapat diperoleh penumpang Kelas Bisnis di bandara yaitu prioritas check-in dan boarding, tambahan kapasitas bagasi, serta akses ke lounge yang eksklusif.

Di dalam pesawat, penumpang dapat menikmati area duduk yang lebih lebar dengan ruang kaki yang lebih leluasa. Tempat duduk berbahan kulit yang mewah ini dapat dialihfungsikan sebagai fully-flat bed yang nyaman, di mana penumpang dapat beristirahat sambil menikmati comfort kit berkelas persembahan Virgin Australia. Penumpang yang ingin mengisi daya peralatan elektroniknya atau bekerja menggunakan laptop dapat menggunakan USB port dan universal power charging point. Selain itu, penumpang dapat menikmati in-flight entertainment di layar LCD atau tablet yang dipinjamkan secara gratis oleh kru kabin.

Menu makanan dan minuman yang disiapkan bagi penumpang Kelas Bisnis tersedia mulai dari sarapan, makan siang, makanan ringan, hingga makan malam. Di penerbangan berdurasi lebih dari 2 jam 45 menit, penumpang dapat menikmati three course meal untuk makan siang ataupun makan malam. Aneka variasi minuman non-alkoholik dan alkoholik berkualitas juga dapat dipilih oleh penumpang untuk melengkapi pengalaman kulinernya.

Tiket Penerbangan “The Business” Virgin Australia

Pada tahun 2016, kelas “The Busines” dirancang untuk menggantikan Kelas Bisnis Virgin Australia di penerbangan internasional jarak jauh. Layanan kelas ini tersedia di penerbangan internasional jarak jauh dengan pesawat Boeing 777 dan juga di penerbangan domestik Australia dengan pesawat Airbus 330.

Penumpang kelas “The Business” sudah dapat memperoleh manfaat kelas ini sejak sebelum penerbangan dimulai. Berbagai fasilitas yang dapat didapatkan penumpang yaitu prioritas check-in dan boarding, tambahan kapasitas bagasi, serta akses ke lounge yang eksklusif.

Penumpang “The Business” dapat bekerja sekaligus rileks di area duduk yang lebih luas berbentuk suite, lengkap dengan USB port dan universal power charging point. Tempat duduk penumpang dapat kemudian dibentuk menjadi fully-flat bed yang nyaman. Penumpang juga akan diberikan piyama, produk perawatan kulit dan amenity kit secara eksklusif. Saat ingin mencari hiburan, penumpang kelas ini dapat menikmati aneka tayangan film, serial TV, dan musik lewat in-flight entertainment di layar LCD selebar 16 inchi.

Penumpang juga dapat menikmati sajian makanan dan minuman setara dengan restoran berkelas. Aneka menu makanan a la carte dan berbagai wine berkualitas tinggi akan disajikan kepada penumpang sesuai permintaan. Selain itu, penumpang juga dapat mengambil sendiri makanan dan minuman ringan sesuai selera di Premium Pantry di pesawat. Penumpang penerbangan internasional juga dapat menikmati aneka minuman yang disajikan kru kabin sambil berinteraksi dengan penumpang lain di The Bar.

Peraturan, Ketentuan dan Kondisi Penerbangan Virgin Australia

Check In Virgin Australia

Penumpang dapat melakukan check-in di konter maskapai di bandara. Konter akan dibuka untuk penerbangan domestik 2 jam hingga 30 menit sebelum waktu penerbangan. Sementara untuk penumpang penerbangan internasional, konter akan dibuka dari 3 jam hingga 45 menit sebelum waktu penerbangan.

Untuk menghemat waktu, penumpang yang bertolak dari Australia juga dapat memanfaatkan kiosk maskapai untuk melakukan check-in secara mandiri. Layanan ini saat ini hanya tersedia bagi penumpang di Brisbane, Sydney, Melbourne, Perth (Terminal 1), dan Gold Coast.

Cara lain untuk check-in yaitu melalui web check-in. Alternatif ini jauh lebih mudah dan dapat dilakukan di mana saja lewat tablet, ponsel, atau komputer. Penumpang penerbangan domestik Australia dapat mengakses online portal untuk melakukan web check in dari 48 jam hingga 45 menit sebelum waktu penerbangan. Sementara itu, penumpang penerbangan internasional dapat  melakukan web check in dari 24 jam hingga 90 menit sebelum waktu penerbangan.

Perubahan dan Pembatalan Penerbangan Virgin Australia

Penumpang Virgin Australia yang ingin melakukan perubahan atau pembatalan rencana penerbangan dapat menghubungi nomor kontak pelanggan maskapai atau melalui website. Pembatalan dapat dilakukan bahkan setelah penumpang melakukan check-in. Tergantung rute penerbangan dan jenis tiket, terdapat beberapa jenis pemesanan yang tidak dapat di-refund (non-refundable) dan akan mengenakan biaya pembatalan kepada pelanggan.

Ketentuan Penumpang Hamil di Virgin Australia

  • Penumpang dengan usia kehamilan di atas 28 minggu wajib membawa surat pernyataan dokter kandungan yang menuliskan kondisi ibu dan janin sehat untuk terbang, usia kandungan, dan estimasi tanggal kelahiran. Surat harus dibuat paling lambat 10 hari sebelum waktu penerbangan.
  • Izin medis (medical clearance) wajib dibawa oleh penumpang dengan riwayat komplikasi selama kehamilan dan pernumpang dengan estimasi tanggal melahirkan 5 hari setelah tanggal keberangkatan.
  • Penumpang dengan estimasi tanggal melahirkan 2 hari setelah tanggal keberangkatan dilarang ikut dalam penerbangan.
  • Di penerbangan dengan durasi kurang dari empat jam, penumpang hamil tidak diperbolehkan ikut terbang bila usia kehamilan melebihi 40 minggu (kehamilan tunggal) atau 36 minggu (kehamilan kembar).
  • Di penerbangan dengan durasi lebih dari empat jam, penumpang hamil tidak diperbolehkan ikut terbang bila usia kehamilan melebihi 36 minggu (kehamilan tunggal) atau 32 minggu (kehamilan kembar).

Ketentuan Penumpang yang Membawa Anak-anak dan Bayi di Virgin Australia

  • Bayi dikategorikan berusia di bawah 2 tahun pada waktu penerbangan.
  • Anak dikategorikan berusia 2-11 tahun pada waktu penerbangan.
  • Bayi wajib didampingi oleh orang tua / wali hukum berusia 13 tahun ke atas atau oleh penumpang dengan usia 15 tahun ke atas.
  • Bayi dapat terbang secara gratis di rute penerbangan domestik Australia dan internasional berjarak dekat. Di penerbangan internasional jarak jauh, bayi dikenakan biaya tiket 10% dari harga tiket orang dewasa (tidak termasuk pajak dan biaya tambahan lainnya) selama bayi duduk dipangku oleh pendamping.
  • Tempat duduk terpisah untuk bayi dapat dipesan dengan harga 75% dari harga tiket orang dewasa (tidak termasuk pajak dan biaya tambahan lainnya) di penerbangan internasional jarak jauh atau harga penuh di penerbangan domestik Australia dan internasional jarak dekat.
  • Anak dikenakan biaya tiket 75% dari harga tiket orang dewasa (tidak termasuk pajak dan biaya tambahan lainnya).
  • Penumpang yang pergi dengan anak boleh membawa satu car seat atau booster seat per anak tanpa dikenakan biaya tambahan.

Tipe dan Jumlah Pesawat Virgin Australia

Hingga akhir Desember 2016, Virgin Australia memiliki total 113 pesawat dalam armadanya dengan usia rata-rata 6.5 tahun.

Jenis Pesawat Jumlah

ATR 42/72

Airbus A330

Boeing 737

Boeing 777

Embraer ERJ-190

14

6

75

5

13
Total 113

* Informasi ini akurat hingga Desember 2016

Kenapa terbang pakai Virgin Australia

Cara Check-In

Maskapai penerbangan Virgin Australia menyediakan sejumlah cara check-in bagi penumpang rute penerbangan domestik. Pertama, penumpang dapat melakukan web check-in mulai dari 48 jam hingga 40 menit sebelum jadwal penerbangan. Kedua, penumpang dapat melakukan mobile check-in mulai dari 48 jam hingga 30 menit sebelum waktu keberangkatan. Atau ketiga, penumpang dapat melakukan check-in melalui kiosk check-in yang tersedia di bandara mulai dari 8 jam hingga 30 menit sebelum jadwal penerbangan. Selain cara-cara di atas, penumpang juga dapat melakukan check-in melalui counter Virgin Australia yang tersedia di bandara. Pada umumnya, counter dibuka dari 2 jam hingga 45 menit sebelum jadwal penerbangan. Namun jadwal ini tidak berlaku untuk semua bandara sehingga penumpang harus mengecek kembali jadwal pembukaan dan penutupan counter Virgin Australia di bandara terkait.

Ketentuan Bagasi

Penumpang Virgin Australia dapat membawa bagasi dengan beban tidak melebihi 7 kg ke dalam kabin pesawat secara cuma-cuma. Selain itu, Virgin Australia juga memberikan hak bagasi untuk didaftarkan. Jumlah bagasi dan beban bagasi yang maskapai penerbangan perkenankan berbeda-beda untuk setiap rute dan kelas penerbangan. Misalnya untuk penerbangan international short haul (penerbangan dari dan ke negara di Asia Tenggara dan Pasifik), penumpang dengan harga tiket “saver lite” tidak mendapat hak bagasi, penumpang dengan harga tiket “saver” dan “flexi” mendapat hak 1 bagasi dengan berat maksimal 23 kg, penumpang dengan harga tiket “premium economy” dan “business” mendapat hak bagasi 2 buah dengan berat masing-masing tidak melebihi 32 kg. Maskapai penerbangan Virgin Australia menyarankan agar penumpang yang membutuhkan bagasi tambahan membelinya bersamaan dengan pembelian tiket atau setidaknya sebelum melakukan check-in. Penumpang yang membawa bagasi berlebih akan dikenakan biaya tambahan. Untuk informasi selengkapnya mengenai ketentuan bagasi, penumpang Virgin Australia dapat melihatnya di situs resmi Virgin Australia.

Pilihan Kursi

Penumpang Virgin Australia dapat memilih satu dari tiga kelas penerbangan yang ditawarkan, yaitu Business Class, Premium Economy, dan Economy. Virgin Australia menawarkan kenyamanan selayaknya berada di rumah kepada penumpang Business Class. Penumpang akan dapat menikmati kabin yang luas, bersantai di kursi berbahan kulit yang nyaman, serta menyantap menu makanan dan minuman berkualitas tinggi. Selain Business Class, Virgin Australia juga menyediakan pilihan kelas penerbangan Premium Economy bagi penumpang dengan rute penerbangan internasional. Selama penerbangan penumpang akan dapat bersantai dengan ruang kaki yang lebih luas (jarak antar kursi adalah lebih kurang 86 cm tergantung rute penerbangan) dan menikmati beragam pilihan hiburan serta makanan dan minuman. Kelas penerbangan berikutnya adalah Economy Class di mana penumpang dapat terbang dengan biaya yang bersahabat, terutama dengan terdapatnya dua pilihan harga tiket yaitu “saver” dan “flexi”. Penumpang dapat bersantai dengan jarak antar bagian kursi belakang dengan belakang kursi di depannya sebesar 75 - 81 cm tergantung rute penerbangan. Penumpang akan tetap dapat menikmati pilihan makanan ringan, makanan berat, dan minuman dengan harga yang fleksibel sesuai dengan keinginan dari penumpang yang bersangkutan. Selain itu pilihan hiburan telah tersedia pada rute penerbangan internasional jarak jauh dan mulai terdapat pada beberapa rute penerbangan domestik dan internasional jarak dekat.

Makanan dan Minuman

Virgin Australia menyediakan berbagai pilihan menu makanan dan minuman selama penerbangan yang disesuaikan dengan harga tiket, kelas penerbangan, dan rute penerbangan. Misalnya penumpang international short haul kelas ekonomi “flexi” dengan rute penerbangan Trans Tasman dapat menikmati beberapa pilihan menu makanan berat untuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Penumpang kelas ekonomi “flexi” dengan rute penerbangan Denpasar, Phuket, dan Nadi dapat menikmati makanan ringan dan minuman. Sedangkan penumpang kelas ekonomi “saver” dapat membeli berbagai pilihan makanan ringan, berat, dan minuman selama penerbangan. Penumpang “flexi” dapat juga membeli makanan atau minuman tambahan apabila menginginkannya. Sedangkan penumpang kelas penerbangan premium economy dan business class sudah dapat menikmati beragam menu makanan dan minuman yang lezat dan lengkap tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan. Virgin Australia juga menyediakan menu makanan khusus bagi penumpang yang membutuhkannya seperti makanan bayi, makanan untuk penderita diabetes, dan lain-lain. Menu ini hanya tersedia pada rute penerbangan international long haul dan penumpang harus melakukan pemesanan setidaknya 48 jam sebelum jadwal penerbangan.

Biaya Pemesanan

Harga tiket pesawat Virgin Australia yang tercantum pada hasil pencarian Skyscanner merupakan harga yang sesungguhnya. Skyscanner tidak mengambil komisi apapun. Penumpang Virgin Australia dapat melakukan pembayaran tiket secara langsung ke situs resmi dari mitra Skyscanner yang memberikan tiket itu. Namun perlu diperhatikan bahwa biaya tambahan dari online travel agent tertentu mungkin berlaku untuk beberapa metode pembayaran, seperti kartu kredit.

Harga yang ditunjukkan di laman ini hanya merupakan estimasi harga terendah. Yang ditemukan dalam 45 hari terakhir.