Peta

Tiket Pesawat Murah ke Bengkulu

Bengkulu

Kota Bengkulu adalah sebuah kota yang berada di pesisir barat dari Pulau Sumatra Indonesia. Selain merupakan sebuah kota besar, kota ini juga merupakan ibu kota dari Provinsi Bengkulu.  Sebagai sebuah kota yang terletak di pesisir, kota ini memiliki sejumlah pantai yang menjadi daya tarik wisata, seperti Pantai Panjang. Selain berwisata pantai, wisatawan yang berkunjung ke Bengkulu juga dapat menikmati beragam kegiatan wisata lainnya, di antaranya adalah wisata sejarah dan budaya serta wisata kuliner.

 

Penerbangan Murah ke Bengkulu

Di Bengkulu lah, Presiden Soekarno bertemu dengan istrinya yang bernama Fatmawati. Sebagai salah satu cara mengenang dan menghormati Ibu Fatmawati, bandara Kota Bengkulu pun diberi nama Bandar Udara Fatmawati Soekarno. Bandara ini terletak di Jl. Raya Padang Kemiling. Saat ini telah terdapat beragam rute penerbangan dari dan ke Kota Bengkulu. Di antaranya adalah Jakarta-Bengkulu, Surabaya-Bengkulu, Semarang-Bengkulu, Makassar-Bengkulu, Balikpapan-Bengkulu, Medan-Bengkulu, dan lain-lain. Maskapai penerbangan Garuda Indonesia, Citilink, dan Lion Air merupakan salah satu maskapai yang melayani rute-rute penerbangan ini. Dengan adanya berbagai pilihan maskapai penerbangan dan banyaknya jumlah penerbangan dari dan ke Bengkulu, harga tiket penerbangan ke Bengkulu pun menjadi beragam. Skyscanner hadir untuk membantu para wisatawan untuk mencari dan mendapatkan tiket penerbangan yang murah ke Bengkulu dengan cara yang mudah dan cepat.

 

Wisata Alam di Bengkulu

Tidak perlu bingung untuk mencari kegiatan wisata di Bengkulu. Wisatawan sudah dapat memasukkan kegiatan wisata alam, khususnya pantai, di agendanya selama berada di Bengkulu. Kota Bengkulu memiliki sejumlah pantai yang indah. Beberapa di antaranya adalah Pantai Panjang, Pantai Tapak Paderi, dan Pantai Jakat. Pantai Panjang terletak di sepanjang Jl. Pariwisata dan dapat dicapai dengan menggunakan mobil, taksi, motor, bahkan saldo atau delman yang merupakan alat transportasi khas Bengkulu. Pantai Panjang ini merupakan pantai yang istimewa di Kota Bengkulu karena memiliki garis pantai yang sangat panjang, yaitu lebih kurang mencapai 7 km. Di pantai ini, pengunjung dapat melihat deretan pohon cemara dan pinus serta merasakan bulir pasir putih yang halus. Tidak heran apabila baik penduduk setempat dan wisatawan gemar berjalan dan joging di pantai ini. Di samping itu, pengunjung juga dapat melakukan kegiatan seperti berselancar, berenang, dan memancing. Pantai Tapak Paderi adalah sebuah pantai yang berada dekat dengan Pantai Panjang dan Pantai Jakat. Selain karena lokasinya yang dekat dengan pusat Kota Bengkulu, pantai ini ramai oleh pengunjung juga karena keindahan pemandangannya. Di pantai ini, pengunjung dapat menikmati keindahan Laut Bengkulu yang berkombinasi dengan pemandangan Benteng Marlborough dan Kampung Cina. Salah satu kegiatan favorit pengunjung Pantai Tapak Paderi adalah menyaksikan terbenamnya matahari sambil menyicipi berbagai hidangan seafood, martabak, jagung, dan pisang khas Bengkulu. Pantai lainnya yang dapat wisatawan kunjungi saat berada di Kota Bengkulu adalah Pantai Jakat. Di pantai ini, pengunjung dapat melakukan kegiatan seperti berenang, bermain banana boat, dan jet ski. Selain pantai-pantai ini, wisatawan juga dapat berkunjung ke Pulau Tikus. Pulau ini terletak di dekat Pantai Panjang dan Pantai Tapak Paderi. Pengunjung dapat mencapai ini dengan menyewa sebuah kapal nelayan dari pantai atau speed boat dari Pelabuhan Pulau Baai. Pulau ini merupakan lokasi penyu sisik dan penyu hijau bertelur. Di samping itu, kawasan ini juga menjadi habitat dari berbagai jenis burung seperti burung kwak maling dan berbagai jenis ikan. Pengunjung dapat melakukan sejumlah aktivitas di pulau ini, mulai dari menikmati pemandangan, berenang, hingga menyelam. Selain tempat-tempat wisata berupa pantai, Kota Bengkulu juga memiliki sebuah danau yang ramai oleh pengunjung. Danau ini memiliki nama yang unik, yaitu Danau Dendam Tak Sudah. Danau ini terletak 6 km dari Kota Bengkulu, yaitu di Kota Curup. Terdapat sejumlah bukit hijau yang mengelilingi danau yang menjadi habitat dari sejumlah ikan langka dan tumbuhan endemik langka seperti anggrek pensil. Pengunjung dapat melakukan kegiatan seperti berperahu, memancing, dan menyantap makanan khas Bengkulu sambil menikmati pemandangan danau.

 

Menikmati Sejarah dan Budaya di Kota Bengkulu

Salah satu objek wisata sejarah dan budaya yang dapat wisatawan kunjungi di Kota Bengkulu adalah Benteng Marlborough. Benteng ini terletak di Jl. Ahmad Yani dan merupakan salah satu peninggalan dari masa kekuasaan Inggris. Inggris menjadikan benteng ini sebagai benteng pertahanan lalu beralih fungsi menjadi tempat perdagangan dan pusat pengawasan jalur Selat Malaka. Benteng Marlborough memiliki arsitektur menyerupai kura-kura dan di dalamnya terdapat ruang tahanan, terowongan, beberapa meriam, dan lain-lain. Di belakang benteng ini juga terdapat tiga makam dan salah satunya merupakan makam dari Thomas Parr. Tempat wisata sejarah dan budaya lainnya adalah Museum Negeri Bengkulu yang berlokasi di Jl. Pembangunan No. 8 Padang Harapan. Museum ini menyimpan berbagai benda peninggalan sejarah dari masa penjajahan Inggris. Selain itu terdapat juga beragam benda perlengkapan hidup masyarakat Bengkulu, seperti kain tenun tradisional, benda upacara, senjata, dan lain-lain. Destinasi wisata lainnya yang terletak di pusat Kota Bengkulu tepatnya di Jl. Soekarno-Hatta adalah Rumah Pengasingan Bung Karno. Di tempat inilah, Bung Karno tetap menyusun berbagai strategi perjuangan selama masa pengasingannya. Di rumah ini, pengunjung akan dapat melihat benda-benda peninggalan Bung Karno, seperti sepeda ontel, sejumlah foto, dan koleksi buku.

 

Wisata Kuliner di Kota Bengkulu

Indonesia memiliki banyak makanan khas dari berbagai daerah, termasuk Bengkulu. Makanan khas Bengkulu di antaranya adalah pendap, gulai kemba’ang, dan kue tat. Pendap terbuat dari bumbu yang beragam seperti bawang putih, kencur, dan cabai giling. Bumbu ini lalu dicampur dengan parutan kelapa muda, dimasukkan ikan, dibungkus dengan daun talas, dan direbus selama 8 jam. Salah satu tempat makan yang menyediakan pendap adalah di Rumah Makan Riko yang terletak di Jl. Fatmawati No. 42. Sedangkan gulai kemba’ang adalah makanan yang terbuat dari iga sapi dengan beragam bumbu. Makanan khas lainnya adalah kue tat. Kue ini terbuat dari tepung gandum, gula pasir, telur ayam, dan mentega. Kue ini juga biasanya berhiaskan parutan nanas atau kelapa yang dicampur dengan gula merah. Selain itu, salah satu menu masakan favorit adalah ikan laut bakar bumbu kuning dan gulai kepala ikan kakap. Wisatawan dapat menikmatinya di berbagai tempat makan di Pantai Panjang, seperti di Pasir Putih yang terletak di Jl. Pariwisata. Skyscanner dapat mendekatkan Anda dengan makanan-makanan khas Bengkulu, ayo cari tiket penerbangan dengan harga terendah ke Bengkulu.

 

Oleh-Oleh Menarik dari Bengkulu

Wisatawan yang berlibur ke Bengkulu dapat membawa berbagai oleh-oleh menarik dari kota ini. Di antaranya adalah lempuk durian atau dikenal juga dengan nama dodol durian. Lempuk durian terbuat dari buah durian yang dicampur dengan tepung gandum dan dimasak dalam kurun waktu yang lama. Oleh-oleh lainnya adalah manisan terong yang memiliki rasa yang sangat khas dan mirip dengan buah kurma. Wisatawan juga dapat membawa jagung marning sebagai oleh-oleh. Makanan yang renyah ini terbuat dari jagung yang digoreng. Selain makanan-makanan itu, batik besurek juga dapat menjadi oleh-oleh yang menarik. Corak khas dari batik besurek adalah bunga rafflesia. Para wisatawan dapat berburu oleh-oleh ini di berbagai toko di sepanjang Jl. Soekarno-Hatta, seperti Toko Kueku. Di tempat ini, wisatwan juga dapat menemukan kopi khas Bengkulu. Segera pesan tiket pesawat termurah ke Bengkulu dengan Skyscanner.

Penerbangan termurah ke Bengkulu dari...

Foto oleh Flickr/Sbamueller

Harga yang ditunjukkan di laman ini hanya merupakan estimasi harga terendah. Yang ditemukan dalam 45 hari terakhir.