Berita Perjalanan Panduan Mudah Membuat Visa Australia

Semua artikel

Panduan Mudah Membuat Visa Australia

Dibandingkan dengan pembuatan visa lain, banyak orang menilai proses mendapatkan visa Australia jauh lebih mudah dan tidak merepotkan. Fakta menunjukkan hanya butuh 3 tahap untuk mendapat visa Australia! Simak ulasan berikut ini yang dibawakan oleh Skyscanner Indonesia.

Tiga tahapan yang wajib Anda lewati apabila ingin berkunjung ke Australia adalah sebagai berikut :

1. Mengetahui Tipe Visa Anda

Untuk tujuan berwisata ke Australia, Anda harus melakukan permohonan Visitor visa (subclass 600) dan melengkapi dokumen berikut:

  • Formulir 1419 yang harus diisi lengkap dan ditandatangani. Unduh di sini.
  • Formulir tambahan yang harus diisi lengkap dan ditandatangani.
  • Fotokopi paspor yang masih berlaku paling tidak 12 bulan.
  • Fotokopi paspor lama.
  • 1 lembar pas foto terbaru (ukuran foto paspor).
  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga.
  • Surar keterangan dari tempat Anda bekerja yang mencantumkan tugas Anda, lama bekerja, gaji, dan lama cuti yang disetujui.
  • Rekening koran 3 bulan terakhir.
  • Dokumen biaya permohonan visa (pembayaran dapat dilakukan melalui bank cheque/giro ke rekening Kedutaan Australia atau melakukan pembayaran langsung di kantor Australia Visa Application Centre atau AVAC).

Panduan Mudah Membuat Visa Australia - Formulir Visa 1419

2. Cara Permohonan

Setelah melengkapi semua dokumen yang dibutuhkan, Anda dapat menyerahkan dokumen permohonan visa melalui tiga cara. Pertama, melalui agen perjalanan. Kedua, mengirimkan permohonan lewat pos ke kantor AVAC Ketiga, langsung datang ke AVAC di Kuningan City Lantai 2 No. L2-19. Kedutaan Australia telah menunjuk Australia Visa Application Centre (AVAC) untuk melayani kebutuhan proses permohonan visa.

Jika Anda berencana menyerahkan semua dokumen secara langsung, Anda dapat langsung mendatangi AVAC pada hari dan jam kerja (Senin – Jumat pada pukul 08.30 – 16.00) tanpa perlu membuat janji temu terlebih dahulu.

Selama berada di AVAC, Anda hanya datang untuk menyerahkan dokumen, tanpa ada proses wawancara sama sekali. Petugas AVAC akan membantu Anda memeriksa kelengkapan dokumen yang dibutuhkan.

3. Setelah Permohonan

Setelah aplikasi visa diajukan di AVAC, dokumen Anda akan berada di Kedutaan Australia pada hari berikutnya. Proses pembuatan Visa Bekerja dan Berlibur membutuhkan waktu selama 15 hari kerja. Mereka akan mengirim hasil permohonan melalui surat elektronik.

Apabila Anda diminta untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dan rontgen dada, waktu pemrosesan visa menjadi lebih lama. Selagi visa diproses, Anda dapat melakukan pelacakan hasil permohonan visa melalui website AVAC.

Hasil visa Anda akan tercatat secara elektronik. Ketika tiba di Australia, Anda hanya perlu menyerahkan paspor karena status visa Anda dapat terbaca secara otomatis.

Panduan Mudah Membuat Visa Australia - Kangaroo

UPDATE: E-VISA AUSTRALIA

Per tanggal 20 November 2017, WNI kini bisa mengajukan e-Visa ke Australia. Anda cukup membuat akun di situs ImmiAccount https://online.immi.gov.au/lusc/register ini, isi data diri, dan buat pertanyaan keamanan untuk melindungi akses ke akun Anda. Setelahnya, Anda akan diminta untuk mengkonfirmasikan alamat e-mail yang tadi Anda daftarkan. Jika sudah, Anda bisa langsung login ke https://online.immi.gov.au/ola/app untuk memulai permohonan e-Visa Anda dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  • Pilih "New Application" pada halaman muka,
  • klik tab "Visitor" lalu "Visitor Visa (600),
  • baca dan setujui syarat dan ketentuan dengan meng-klik pilihan "I have read and agree to the terms and conditions", lalu klik tombol "Next" yang ada di pojok kanan bawah,
  • jawab semua pertanyaan yang diajukan (perhatikan baik-baik petunjuk pengisian nama karena jika salah, Anda akan ditolak naik ke atas pesawat, meski visa sudah diterima),
  • Anda mungkin akan diperlukan untuk hadir ke kantor Kedutaan Besar Australia untuk interview, pilih salah satu kantor terdekat.
  • setelah semuanya selesai, Anda akan diminta untuk melampirkan semua dokumen yang dibutuhkan, lalu melakukan pembayaran agar permohonan dapat segera diproses.

Dokumen yang harus dilampirkan dalam pembuatan e-Visa Australia

Tidak hanya pembuatan visa Australia yang mudah, perencanaan lainnya pun demikian dengan kehadiran Skyscanner! Skyscanner akan membuat perjalanan Anda ke Australia menjadi lebih mudah dan nyaman. Dapatkan tiket pesawat termurah ke Australia dengan Skyscanner dan temukan akomodasi selama di Australia melalui pencarian Hotel Skyscanner. Cari tiket pesawat murah ke Australia sekarang!

Peta