Berita Perjalanan Saran Mudahnya Mendapatkan Visa Kanada

Semua artikel

Mudahnya Mendapatkan Visa Kanada

Dengan lanskap alamnya yang luar biasa indah, Kanada adalah destinasi yang akan memukau Anda. Dinobatkan sebagai negara terbaik dalam Best in Travel 2017 versi Lonely Planet dan peringkat kedelapan sebagai negara paling tenang di dunia versi Global Peace Index 2017, Kanada akan membuat Anda terkesima.

Berita baiknya ada tiga. Satu, mendapatkan visa turis Kanada sangatlah mudah. Anda bisa mengajukan visa secara online atau on paper. Dua, proses persetujuan visa pun hanya membutuhkan 10 hari kerja – bahkan bisa hanya 3 hari kerja jika tidak sedang ramai. Tiga, masa berlaku visa Kanada adalah hingga paspor Anda berakhir, jadi jika Anda baru memperpanjang paspor, maka Anda bisa bolak-balik Kanada hingga 5 tahun ke depan, tanpa perlu repot mengurus visa berkali-kali. Baca terus untuk tahu detailnya.

Mengajukan visa secara online

1. Cari tahu apakah Anda berhak untuk mengajukan visa secara online atau tidak

Sebelum mulai mengisi berbagai formulir yang dibutuhkan, Anda harus mencari tahu terlebih dahulu apakah Anda bisa mengajukan visa secara online atau tidak. Klik link ini dan jawab semua pertanyaan yang diberikan sebenar-benarnya. Anda akan ditanya mengenai kewarganegaraan, usia, keluarga, pekerjaan, dan beberapa hal lainnya.

Langkah pertama: cari tahu apakah Anda bisa mengajukan visa secara online atau tidak

Setelah menjawab semua pertanyaan dan Anda dinyatakan berhak untuk mengajukan visa Kanada secara online, maka Anda akan diberikan “personal reference code” yang akan diperlukan untuk mendaftarkan akun dan juga visa. Simpan kode ini baik-baik dan ikuti instruksi selanjutnya yang dijabarkan dengan sangat jelas.

Ikuti langkah-langkahnya, dan simpan personal reference code Anda baik-baik

2. Isi formulir secara online

Di halaman yang sama yang menjelaskan langkah-langkah pengajuan visa secara online, ada beberapa formulir yang harus diisi, seperti:

  • Formulir Visa Kunjungan Sementara IMM5257 yang bisa diunduh di sini.
  • Formulir data keluarga IMM5707 yang bisa diunduh di sini.
  • Document checklist yang bisa diunduh dan di-submit ketika mengajukan visa, bisa diunduh di sini.
  • “Surat Pernyataan VFS” yang mengizinkan VFS untuk mengurus visa Anda, dapat diunduh di sini.

Isi semua formulir yang dibutuhkan dengan lengkap

3. Lengkapi dokumen yang dibutuhkan

Selain mengisi formulir, Anda juga harus melengkapi beberapa fotokopi atau hasil scan dokumen, seperti:

  • Paspor (khususnya di halaman identitas)
  • Riwayat perjalanan (visa dan/atau cap keluar-masuk negara lain) yang digunakan selama 10 tahun terakhir
  • Fotokopi atau hasil scan surat izin tinggal, belajar, atau bekerja di luar negeri (jika ada)
  • Fotokopi atau hasil scan visa Amerika Serikat yang masih berlaku (jika ada)
  • Bukti keuangan yang membuktikan bahwa Anda bisa membiayai perjalanan Anda sendiri, seperti rekening bank 4 bulan terakhir, surat keterangan bekerja atau usaha, bukti kepemilikan harta, atau dokumen pendukung lainnya yang bisa dilihat di sini.
  • Pasfoto berwarna ukuran 35mm x 45mm atau 420×540 pixel dengan format JPEG dan size 240kb
  • Bukti perjalanan, seperti tiket pesawat, itinerary, atau bukti pemesanan hotel

4. Register/login untuk mengajukan aplikasi online

Anda perlu mendaftarkan diri untuk mendapatkan “key”, lalu membuat akun untuk mengajukan aplikasi, membayar biaya visa, dan juga mengecek status aplikasi visa. Anda bisa membuat akun dengan “Sign-In Partner” atau “GCKey”. Untuk WNI, pilihlah opsi “GCKey”.

Daftarkan diri Anda dan buat akun untuk mendapatkan “key”

Setelah mendapatkan username dan password, masuklah ke akun Anda dan pilih “Visitor visa, study and/or work permit”, lalu lanjutkan ke langkah berikutnya. Masukkan “personal reference code” yang Anda dapatkan sebelumnya, dan upload formulir serta dokumen pendukung yang telah Anda isi dan siapkan sebelumnya.

5. Lakukan pembayaran

Setelah semua dokumen Anda sudah diverifikasi oleh sistem dan diterima, maka Anda akan dibawa ke halaman pembayaran visa, yaitu sebesar CAD 100. Jika pembayaran berhasil, maka Anda akan menerima konfirmasi pembayaran.

6. Mengujungi VFS Global

Setelahnya, bawa konfirmasi pembayaran, paspor, dan pasfoto berukuran 3.5×4.5cm ke kantor VFS Global Jakarta atau Surabaya yang beralamat di:

  • Jakarta: Kuningan City Mall lantai 2 No. L2-19, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 18, Setiabudi, Kuningan, Jakarta 12940
  • Surabaya: Graha Bukopin lantai 10, Jl. Panglima Sudirman No. 10-18, Surabaya, 60271

Setelah selesai, dalam 2 hari kerja Anda akan mendapatkan email dengan kode tertentu untuk melacak status aplikasi Anda secara online.

Mengajukan visa on paper

Jika Anda mengajukan visa secara on paper, maka caranya sebetulnya kurang lebih sama. Anda harus tetap mengisi formulir-formulir secara online, menyiapkan dokumen pendukung seperti yang tertera di atas, melakukan pembayaran secara online, dan mengunjungi pusat aplikasi visa VFS Global. Pembedanya adalah:

  1. Jika mengajukan visa secara online, Anda tidak perlu mencetak formulir tersebut satu per satu. Sementara jika Anda mengajukan secara on paper, maka Anda harus mencetak semua formulir itu dengan printer laser di atas kertas putih, non-glossy.
  2. Jika Anda tidak mengurus sendiri aplikasi visa Anda, maka Anda pun wajib mengisi formulir IMM5467E yang memberikan otorisasi bagi orang lain untuk mengurus visa Anda.

Sebagai informasi tambahan, mulai 20 Juli 2017, pembayaran biaya visa Kanada dalam bentuk Bank Draft tidak diterima lagi. Pembayaran yang dapat diterima hanyalah pembayaran secara online. Informasi selengkapnya dapat dilihat di sini.

Itulah cara mendapatkan visa Kanada. Mudah, bukan? Jika sudah siap berangkat ke Kanada, segera cari tiket pesawat dan hotelnya, hanya lewat Sksycanner.

Peta