Peta

Penerbangan murah ke Jambi

Mengeksplorasi Kota Jambi

Kota Jambi merupakan ibu kota dari provinsi Jambi yang terletak di Pulau Sumatra, Indonesia. Terdapat sebuah sungai yang melintasi Kota Jambi, yaitu Sungai Batanghari. Sungai ini pun menjadi salah satu tujuan wisata yang populer di kota ini. Selain itu, Jambi juga memiliki beragam objek wisata lainnya dan tentu wisata kuliner yang patut untuk dicoba.

 

Penerbangan Murah ke Jambi

Wisatawan yang ingin berlibur ke Jambi dapat dengan mudah mencapai kota ini melalui jalur udara. Kota Jambi memiliki sebuah bandara yang bernama Bandar Udara Sultan Thaha Syaifuddin. Saat ini bandar udara ini setiap harinya melayani penerbangan dari dan ke sejumlah daerah di Indonesia. Rute-rute perjalanan yang telah tersedia di antaranya adalah Jakarta-Jambi, Pekanbaru-Jambi, dan Batam-Jambi. Tersedia beberapa maskapai penerbangan yang melayani rute-rute penerbangan ini, seperti Garuda Indonesia, Citilink, dan Lion Air. Terdapatnya beragam pilihan maskapai penerbangan memberi peluang bagi wisatawan untuk berlibur ke Jambi dengan menggunakan tiket murah. Wisatawan dapat dengan mudah dan cepat melakukan pencarian tiket penerbangan murah ke Jambi dengan menggunakan fasilitas yang disediakan oleh Skyscanner.

 

Wisata Alam di Jambi

Salah satu kegiatan wisata yang dapat pengunjung lakukan di Kota Jambi adalah wisata alam. Kota Jambi memiliki beberapa tempat wisata alam, seperti Sungai Batanghari, Tepian Tanggo Rajo, Danau Sipin, dan juga Hutan Kota Jambi. Sungai Batanghari merupakan salah satu sungai besar di Pulau Sumatra. Mata air dari sungai ini berasal dari Gunung Rasan di Tepian Tanggo Rajo yang merupakan daerah wisata yang terletak di pinggir Sungai Batanghari ini pun menjadi salah satu tempat favorit untuk menghabiskan waktu di Kota Jambi. Selain pengunjung dapat menikmati keindahan matahari terbenam dari tempat ini, pengunjung juga dapat menyantap berbagai makanan, seperti jagung bakar dan meminum es tebu. Satu lagi tempat wisata alam yang juga merupakan tempat wisata yang cocok untuk keluarga adalag Hutan Kota Jambi. Di tempat ini, baik orang dewasa maupun anak-anak dapat menikmati udara bebas sambil melakukan berbagai aktivitas bersama seperti piknik. Di lahan seluas 11 hektar ini, pengunjung juga dapat melihat beragam jenis tanaman dan hewan, seperti kera, biawak, ular, dan burung. Hutan Kota Jambi terletak di Kelurahan Kenali Asam. Selain itu terdapat sebuah tempat wisata yang berada di pinggir Kota Jambi yang bernama Danau Sipin. Danau Sipin ini berlokasi di Simpang Buluran Kenali, Kecamatan Telanaipura atau lebih mudahnya di samping Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Jambi. Danau ini berbentuk oval dengan sebuah pulau di tengahnya.

 

Wisata Sejarah, Budaya, dan Religi di Kota Jambi

Selain memiliki sejumlah tempat wisata alam yang beragam, Kota Jambi juga memiliki beberapa objek wisata sejarah dan budaya. Salah satu tempat untuk melihat keunikan dari Kota Jambi adalah di Taman Mini Jambi di Taman Rimba. Wisatawan dapat melihat berbagai jenis anjungan rumah adat yang berasal dari provinsi Jambi. Taman Rimba terletak tidak jauh dari Bandara Sultan Thaha Syaifuddin. Objek wisata lainnya yang menjadi salah satu ikon Kota Jambi adalah Jembatan Makalam. Jembatan Makalam terletak di pusat Kota Jambi dan menghubungan Jl. Makalam ke Simpang Kapuk. Jembatan ini berhiaskan ornamen berupa hiasan keris dan pohon pinang. Kota Jambi juga memiliki sebuah jembatan lain yang terkenal dan menjadi ikon baru yaitu Jembatan Batanghari II. Jembatan ini memiliki panjang lebih kurang 1,4 km. Banyak masyarakat setempat yang menghabiskan waktu sore harinya di atas jembatan ini sambil menikmati pemandangan matahari terbenam. Di Kota Jambi, wisatawan juga dapat melihat Tugu Monas tetapi tentunya tugu ini tidak persis sama dengan yang berada di Jakarta. Tugu Monas terletak di bundaran kota baru dan tepat di depan kantor walikota Jambi. Tugu ini memiliki bentuk dan puncak obor yang mirip dengan monas. Selama berada di Jambi, wisatawan juga dapat berkunjung ke sebuah objek wisata religi yang menarik, yaitu Masjid Agung Al-Falah atau disebut juga sebagai masjid 1000 tiang. Masjid yang berada di Jl. Sultan Thaha ini memiliki arsitektur yang unik, yaitu tidak adanya dinding dan pintu, satu kubah yang besar, dan ditopang oleh 256 tiang. Satu tempat lagi yang tidak boleh terlewatkan oleh wisatawan adalah Candi Muaro Jambi yang terletak di Kecamatan Muaro Sebo. Kompleks percandian ini merupakan yang terluas di Asia Tenggara dan terdiri atas 82 candi yang sebagian besar masih belum teridentifikasi dan menjadi misteri hingga saat ini. Terdapat beragam pendapat mengenai candi ini, seperti area ini dahulu merupakan tempat belajar agama Budha dan juga ada yang beranggapan bahwa kompleks percandian ini adalah universitas tertua di Nusantara.Pengunjung dapat berinteraksi dengan suku Anak Dalam Jambi, atau yang juga dikenal dengan nama Orang Rimba di Taman Nasional Buikit Duabelas Jambi.

 

Wisata Keluarga di Kota Jambi

Wisatawan yang berlibur bersama dengan anak-anak tidak perlu bingung untuk mencari tempat wisata di Kota Jambi. Taman Rimba yang telah dibahas sebelumnya, selain memperlihatkan berbagai rumah adat juga memiliki Kebun Binatang Taman Rimbo dimana pengunjung dapat melihat hewan seperti Harimau Sumatra dan berbagai jenis reptil dan burung. Anak-anak juga dapat menghabiskan waktu yang menyenangkan di Taman Wisata Keluarga dan Outbound Kampoeng Radja yang berlokasi di Jl. Lingkar Barat No. 108 Kenali Besar Jambi. Di taman ini, pengunjung dapat mencoba berbagai wahana permainan, seperti Jasmine Water Park, Water Slide, Kereta Api Mini, dan lain-lain. Apabila ingin wisata yang menghibur dan juga edukatif, orangtua dapat membawa anak-anak berkunjung ke Museum Perjuangan Rakyat Jambi yang terletak di Jl. Sultan Agung No. 12. Anak-anak akan dapat melihat berbagai benda sejarah perjuangan rakyat Jambi. Skyscanner bisa membantu anda mencari tiket penerbangan termurah ke Jambi ketika liburan sekolah bersama anak-anak, liburan akhir pekan, atau sekedar kunjungan wisata kuliner ke Kota Jambi.

 

Kuliner ala Jambi

Perjalanan wisata baru akan lengkap apabila sudah menyantap makanan khas dari kota tersebut. Begitu pula dengan perjalanan wisata ke Kota Jambi baru akan sempurna apabila wisatawan telah mencoba berbagai makanan yang merupakan kekhasan dari daerah ini. Jambi memiliki beragam makanan yang khas, seperti nasi gemuk, tempoyak, dan kue srikaya. Selain itu, baik penduduk setempat maupun wisatawan memiliki dua minuman favorit saat berada di Kota Jambi, yaitu es tebu dan jus pinang. Salah satu tempat favorit yang menyediakan menu nasi gemuk dan jus pinang adalah Nasi Gemuk dan Jus Pinang Yusmawardi. Tempat makan ini terletak di Jl. Jenderal Sudirman Kodya Jambi. Nasi gemuk atau yang dikenal juga dengan nama nasi lemak terbuat dari beras, santan, daun pandan, daun salam, dan daun jeruk. Sedangkan jus pinang berbahan dasar buah pinang yang ditambah dengan gula merah, jahe merah, dan berbagai bahan lainnya. Masyarakat memercayai minuman ini baik untuk tubuh, seperti meningkatkan ketahanan tubuh dan mencegah masuk angin. Makanan lain yang juga menjadi makanan khas Jambi adalah tempoyak. Tempoyak terbuat dari durian yang melalui proses yang mirip dengan penggosongan. Salah satu tempat untuk mencoba tempoyak adalah di Tempoyak Kedai Ombai yang terletak di Jl. Telanai Pura Kodya Jambi. Sedangkan tempat yang populer untuk menyicipi kue srikaya adalah di Kue Srikaya, Padamaran, dan Gandus “Malvinas” yang beralamat di Lorong Ikhlas Kodya Jambi. Kue srikaya merupakan kue basah yang berbahan dasar tape  yang dicampur dengan santan dan diberi warna hijau yang berasal dari daun pandan. Segera pesan tiket pesawat termurah ke Jambi dengan Skyscanner dan cicipi makanan-makanan khas Jambi.

 

Oleh-oleh Khas Jambi

Liburan di Kota Jambi dapat ditutup dengan sempurna dengan membeli sejumlah oleh-oleh bagi kerabat. Salah satu oleh-oleh khas Jambi adalah Nenas Selai Goreng. Bahan dasarnya dibuat di Tangkit Baru. Wisatawan dapat membeli makanan ini di berbagai supermarket di Kota Jambi atau langsung ke Tangkit Baru yang terletak lebih kurang 11 km dari Kota Jambi. Bagi wisatawan yang mencari satu tempat untuk membeli berbagai jenis oleh-oleh dapat berkunjung ke Dolen yang terletak di Jl. Kompol M. Taher No 1-2 Talang Banjar Jambi. Pengunjung dapat menemukan beragam oleh-oleh seperti tempoyak, kerupuk, kopi AAA, batik Jambi, dan lain-lain.

Penerbangan termurah ke Jambi dari...

Foto oleh Flickr/WahyuS

Harga yang ditunjukkan di laman ini hanya merupakan estimasi harga terendah. Yang ditemukan dalam 45 hari terakhir.