Peta

Tiket Pesawat ke Kupang

Wisata Lokal ke Kupang

Kupang merupakan ibu kota dari Provinsi Nusa Tenggara Timur dan berada di sebelah barat daya Pulau Timor, Indonesia. Posisi dari Pulau Timor yang terletak di bagian Selatan Indonesia menjadikan Kota Kupang sebagai lokasi transit kapal laut internasional. Peran Kota Kupang sebagai salah satu pelabuhan yang penting telah tercatat di dalam sejarah. Hingga saat ini, masih dapat terlihat sejumlah peninggalan dari masa penjajahan dari Bangsa Belanda dan Portugis yang dahulu menjadikan Kupang sebagai salah satu pelabuhan dan pusat perekonomian yang penting. Meskipun kota ini tidak sepopuler dengan Labuan Bajo, namun peran Kota Kupang dalam dunia bahari memang tidak perlu diragukan lagi. Kota Kupang merupakan salah satu titik persinggahan dari Sail Indonesia. Dalam pelayaran ini, ratusan kapal layar melintasi rute Darwin (Australia), Kupang, dan sejumlah pelabuhan lainnya di sepanjang perairan Indonesia, sampai akhirnya mencapai titik akhir di Singapura. Kota Kupang pun menjadi semakin dikenal tidak hanya di Indonesia tetapi juga di mancanegara. Keindahan alam Kota Kupang menjadi daya tarik utama dari pariwisata Kupang.

 

Penerbangan Murah Ke Kupang

Selain melalui jalur laut, wisatawan juga dapat mencapai Kota Kupang melalui jalur udara. Bandar udara yang melayani penerbangan dari dan ke Kota Kupang bernama Bandar Udara El Tari. Saat ini sudah terdapat sejumlah rute penerbangan dari kota-kota besar di Indonesia ke Kupang, di antaranya adalah Jakarta-Kupang, Denpasar-Kupang, Surabaya-Kupang, Makassar-Kupang, dan Labuan Bajo-Kupang. Maskapai yang mengoperasikan rute penerbangan ini juga sudah beragam, seperti Garuda Indonesia, Lion Air, dan Citilink. Semakin berkembangnya penerbangan di Kota Kupang ini semakin membuka kesempatan para wisatawan untuk terbang ke Kota Kupang dengan menggunakan tiket pesawat yang murah. Wisatawan dapat melakukan pencarian tiket murah dengan menggunakan fasilitas yang disediakan oleh Skyscanner. Dengan Skyscanner, proses pencarian tiket murah menjadi sebuah proses yang mudah, cepat, dan praktis! Segera kunjungi website Skyscanner dan dapatkan tiket penerbangan paling ekonomis ke Kupang.

 

Menjelajah Keindahan Pantai-Pantai di Kupang

Kota Kupang memiliki berbagai pantai yang indah dan eksotis. Sebagian besar dari pantai-pantai ini masih terlihat sangat alami. Pantai Lasiana merupakan salah satu pantai di Kota Kupang yang ramai oleh pengunjung. Pantai ini terletak dekat dengan pusat kota. Pemandangan matahari terbenam merupakan salah satu daya tarik utama dari pantai ini. Menghabiskan waktu di Pantai Lasiana terasa semakin lengkap dengan menikmati air kelapanya yang segar dan pisang bakarnya yang lezat. Pengunjung juga dapat menyaksikan pembuatan gula merah dari nira; mulai dari proses pengambilan hingga proses percetakan. Pantai berikutnya yang juga menjadi salah satu destinasi wisata pantai yang indah di Kupang adalah Pantai Tablolong. Keunikan dari pantai ini terletak pada warna pasirnya yang berwarna merah jambu dan warna laut yang merupakan kombinasi antara biru dan hijau. Dibandingkan Pantau Lasiana, PantaI Tablolong terletak lebih jauh dari pusat kota sehingga tidak terlalu ramai bahkan oleh pedagang. Di tempat ini, wisatawan dapat merasakan ketenangan dan menikmati keindahan pantai yang bersih. Destinasi yang juga mulai banyak menarik wisatawan mancanegara adalah Rote Nembarala yang terletak di luar kota Kupang. Tempat ini merupakan salah satu tempat berselancar yang terkenal di Indonesia. Kini di sepanjang pantai telah dibangun berbagai hotel dan lebih banyak dipadati oleh wisatawan asing.

 

Kupang dan Wisata Alamnya yang Beragam

Kupang tidak hanya memiliki sejumlah pantai yang indah, tetapi juga memiliki beragam tempat wisata alam lainnya yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Pulau Kera yang dapat dilihat dari tepi Pantai Kupang. Berwisata ke Pulau Kera bagaikan sebuah petualangan yang seru. Untuk mencapai pulau ini, wisatawan perlu menyewa perahu nelayan dan menghabiskan waktu lebih kurang satu jam mengarungi lautan yang luas. Sesampainya di pulau ini, wisatawan akan terpukau dengan keindahan pemandangan yang masih sangat alami. Pulau Kera memiliki warna pasir yang putih. Pemandangan ini menyatu dengan sempurna dengan warna merah dari batu karang serta warna biru, hijau, dan keungu-unguan dari laut. Di tempat ini, wisatawan juga akan bertemu dengan penduduk setempat yang dikenal ramah dan hidup dengan cara yang sangat sederhana. Pulau lainnya yang dapat dikunjungi dan terletak berdekatan dengan Pulau Kera adalah Pulau Semau. Salah satu keunikan dari Pulau Semau adalah keberadaan mata air yang berbentuk kolam. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan adalah mandi di mata air ini. 

 

Objek wisata alam yang wisatawan dapat nikmati di Kota Kupang adalah Air Terjun Oenasu, Air Terjun Oehala, dan Gua Kristal. Air Terjun Oenasu terletak sekitar 17 km dari Kota Kupang. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 3-5 meter dan bertingkat. Beberapa orang melihat bebatuan dari air terjun ini mirip dengan singa dan mulut gorila! Pepohonan memenuhi daerah di sekitar Air Terjun Oenasu sehingga memberikan kesejukan bagi para pengunjung. Air terjun lainnya adalah Air Terjun Oehala yang terletak di Soe. Daerah Soe adalah daerah perbukitan dengan udara yang sejuk dan berangin yang terletak sekitar 2 jam dari pusat kota. Keunikan dari Air Terjun Oehala adalah bentuknya yang mirip dengan kasur tempat tidur dan dikelilingi oleh pepohonan. Pengunjung akan dapat menikmati air yang segar serta udara yang sejuk. Tempat wisata lainnya yang tidak kalah unik dan menantang adalah Gua Kristal. Untuk mencapai gua ini, wisatawan akan melalui jalanan karang dan pintu bebatuan yang sempit. Sesampainya di dalam gua, pengunjung dapat melihat batu-batu besar berwarna coklat dan air yang sangat jernih. Meskipun gua ini terletak dekat dengan laut, namun air ini tidak memiliki rasa yang asin. Waktu yang tepat untuk mengunjungi gua ini adalah menjelang siang hari karena pada siang air sinar matahari yang masuk akan membuat air di dalam gua berkilauan bagaikan kristal. Pemandangan ini merupakan pemandangan yang sangat indah!

 

Wisata Budaya dan Sejarah di Kota Kupang

Kegiatan wisata yang juga dapat dilakukan di Kota Kupang adalah wisata budaya dan sejarah. Salah satu tempat untuk melakukan wisata ini adalah di Museum Provinsi Nusa Tenggara. Pengunjung dapat melihat beragam koleksi mulai dari kain tenun, peralatan ritual, hingga lukisan pra-sejarah. Dengan berkunjung ke tempat ini, wisatawan akan dapat lebih mengenal sejarah dan kebudayaan masyarakat Nusa Tenggara, termasuk masyarakat Kupang. Daerah wisata yang juga tidak boleh terlewatkan adalah Soe. Selain merupakan tempat dimana Air Terjun Oehala berada, Soe juga menjadi destinasi wisata budaya dan sejarah yang menarik di Kupang. Terdapat sejumlah desa kecil di Soe, seperti Desa Pene Utara atau Nekke. Wisatawan dapat berjumpa dengan masyarakat setempat, menyaksikan kehidupan mereka sehari-hari secara langsung, dan berbincang-bincang mengenai warisan nenek moyang mereka. Selain itu, wisatawan juga dapat melihat rumah tradisional Lopo yang terbuat dari kayu dan daun lontar.

 

Kuliner Khas Kupang

Lokasi Kupang yang dekat dengan perairan menjadikan ikan sebagai makanan khas dan banyak dijumpai di kota ini. Terdapat beragam jenis ikan yang tersedia di daerah ini yang dapat dimasak dengan beragam cara, seperti bakar, goreng, dan sebagainya. Kesegaran dari ikan-ikan di perairan sekitar Kupang menjadi kunci kelezatan utama dari menu masakan laut yang disajikan di Kota Kupang. Salah satu tempat untuk menikmati hidangan laut adalah di Kampung Solor dan di sepanjang Jl. Garuda. Selain menu ikan, menu khas Kupang lainnya adalah Se’i. Se’i berbahan utama daging sapi atau babi yang dipotong memanjang lalu diasapkan dengan bara api. Salah satu tempat yang menyajikan masakan ini adalah di Restoran Makan Tepat di Teluk Kupang Subasuka dan di Rumah Makan Selera di Jl. R. Soeprapto.

 

Oleh-Oleh Menarik dari Kupang

Terdapat beberapa oleh-oleh yang menarik untuk wisatawan bawa dari liburannya di Kupang. Di antaranya adalah se’i sapi, jagung titi, dan madu hutan asli. Salah satu toko oleh-oleh yang favorit dan ramai oleh wisatawan adalah Toko Oleh-Oleh Ibu Soekiran yang terletak di Jl. Mohammad Hatta, Kupang. Selain itu wisatawan juga dapat berkunjung ke Pasar Inpres yang terletak di Jl. Soeharto. Di pasar ini, wisatawan dapat membeli beragam kain ikat dan ti’i langga yang merupakan sejenis topi berukuran besar. Jadi tunggu apa lagi, segera cari tiket pesawat termurah ke Kupang dengan Skyscanner. Kupang yang belum terlalu banyak dikunjungi wisatawan tepat untuk dijadikan tempat liburan keluarga untuk menghabiskan waktu bersama anak-anak ketika liburan sekolah ataupun liburan long weekend.   

Fleksibel ke mana Anda terbang? Cari bandara terdekat untuk menghemat lebih banyak.

Bandara di dekat Kupang

Harga yang ditunjukkan di laman ini hanya merupakan estimasi harga terendah. Yang ditemukan dalam 45 hari terakhir.