Peta

Tiket Pesawat ke Kendari

Bandara Haluoleo merupakan bandara domestik yang terletak di kota Kendari, ibukota provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia. Bandara kebanggaan masyarakat Sulawesi Tenggara ini sebelumnya difungsikan sebagai pangkalan militer angkatan undara Indonesia pada tahun 1950-an. Sebelumnya bernama Bandara Wolter Monginsidi, sesuai pahlawan nasional Indonesia yang dieksekusi oleh Belanda pada Revolusi Nasional Indonesia, bandara ini bersalin nama menjadi bandara Haluoleo sejak 13 Februari 2010. Nama bandara ini diubah untuk menghormati Sultan Haluoleo, sultan keenam Kesultanan Buton yang wafat pada tahun 1587 dan dikenal sebagai tokoh pemersatu masyarakat Jasira dan Sulawesti Tenggara.

Semenjak berdirinya, bandara Haluoleo telah mengalami beberapa peningkatan pelayanan, khususnya dengan adanya fasilitas Aerobridge atau Garbarata yang memudahkan penumpang memasuki kawasan terminal keberangkatan dan kedatangan bandara dan menuju dari dan ke pesawat udara. Seiring dengan meningkatnya frekuensi penerbangan dan adanya penggunaan pesawat generasi terbaru, pada tahun 2015 pemerintah Indonesia menganggarkan dana sebesar Rp 48 Miliar untuk memperpanjang jalur runway, menambah jumlah Garbarata, serta perbaikan gedung VIP bandara Haluoleo. Bandara ini dicita-citakan dapat menjadi alternatif bandara transit masyarakat Indonesia Timur, menggantikan Bandara Hasanuddin di Makassar yang kapasitasnya sudah cukup padat.

Maskapai penerbangan yang memfasilitasi layanan transportasi penerbangan dari Kendari cukup bervariasi. Maskapai penerbangan yang melayani penerbangan ke Jakarta, Makassar, Balikpapan dan Surabaya terdiri dari Lion Air, Wings Air, Garuda Indonesia, Merpati Nusantara Airlines, Cardig Air, dan Sriwijaya Air. Penerbangan ke lokasi-lokasi berlibur yang lebih eksotis seperti Bau-Bau dan Wakatobi difasilitasi di bandara ini oleh maskapai penerbangan Susi Air, Express Air, dan SMAC Air.

CARA BERKELILING

Alternatif transportasi dari dan ke bandara Haluoleo cukup bervariasi. Anda dapat menggunakan taksi lokal seperti Ade Taxi dan Agung Taxi yang dapat dipesan langsung di jalan atau melalui telepon. Alternatif lain yaitu menyewa mobil agar lebih leluasa berkendara menjelajahi kota Kendari. Sarana transportasi umum lainnya yang dapat Anda temui di Kendari yaitu ojeg, becak, dan pete-pete (sejenis angkutan kota).

TEMPAT DAN KEGIATAN WISATA

Kota Kendari merupakan kota pelabuhan dan pusat perdagangan Indonesia Timur yang telah berkembang sejak zaman kolonial Belanda. Pada masa itu, Kendari berfungsi sebagai Ibukota Kewedanan dan Ibukota Onder Afdeling Laiwoi. Berbagai obyek wisata di kota ini dan sekitarnya telah dikenal luas oleh dunia, di antaranya:

• Teluk Kendari. Obyek wisata ini terletak di tengah kota Kendari. Pada masa penjajahan Belanda, dibuka pelabuhan perdagangan di Teluk Kendari yang kemudian menjadikan Kendari berkembang pesat sebagai kota perdagangan.

• Air Terjun Moramo. Air terjun ini terletak di kawasan hutan Suaka Alam Tanjung Peropa, sekitar 60 kilometer dari pusat Kota Kendari. Suasana teduh dan alami di air terjun ini cocok bagi Anda yang mendambakan ketenangan pada saat liburan.

• Benteng Istana Buton, Landmark kebanggaan masyarakat Kendari ini dinobatkan sebagai banteng terluas dunia oleh Guinness Book of Records pada tahun 2006. Benteng Kesultanan Buton ini telah menjadi saksi sejarah dan saat ini berdiri di Kabupaten Bau Bau.

Kota Kendari juga amat terkenal akan keindahan pantai dan alam bawah lautnya. Beberapa pantai yang terkenal dan sering dikunjungi wisatawan di Kendari yaitu pantai Nambo, pantai karang Purirano, pantai Toronipa, pantai Soropia, pantai Taipa, pantai Batu Gong, dan pantai Pasir Putih.

Selain itu, gunakanlah kesempatan untuk terbang ke pulau Wangiwangi di kepulauan Wakatobi (akronim dari nama-nama pulaunya yaitu Wangiwangi, Kaledupa, Tomia, and Binongko) melalui Bandara Haluoleo dan saksikanlah keindahan Taman Laut Wakatobi yang tersohor. Setiap pulau memiliki karakteristik biota laut dan kontur dasar yang berbeda, tetapi sama-sama menyuguhkan keindahan alam bawah laut yang mempesona bagi para penyelam. Nikmati pula sensasi berenang bersama ratusan hingga ribuan ikan karang dan drift diving alias menyelam sembari mengikuti arus di perairan yang yang memantulkan warna hijau terang ibarat zamrud. Tidaklah berlebihan bila Wakatobi dianggap sebagai salah satu mutiara kebanggaan pariwisata kelautan Indonesia.

Cari informasi rute penerbangan dan harga tiket pesawat ke Bandara Haluoleo Kendari dengan Skyscanner!

Fleksibel ke mana Anda terbang? Cari bandara terdekat untuk menghemat lebih banyak.

Bandara di dekat Kendari

Harga yang ditunjukkan di laman ini hanya merupakan estimasi harga terendah. Yang ditemukan dalam 45 hari terakhir.