Peta

Tiket Pesawat Murah ke Guangzhou

Bandara Internasional Guangzhou Baiyun merupakan bandara internasional utama yang melayani penerbangan ke kota Guangzhou, ibukota propinsi Guangdong di China. Bandara yang sangat luas ini beroperasi pada tahun 2004 dan menggantikan bandara lain bernama serupa. Nama ‘Baiyun’ dari bandara ini (yang berarti ‘awan putih’ dalam bahasa China) merujuk pada Gunung Baiyun yang letaknya cukup berdekatan. Bandara ini merupakan salah satu dari tiga hub udara terbesar di China, setelah Bandara Internasional Hong Kong dan Bandara Internasional Bao'an Shenzhen.

Seiring dengan berkembangnya pariwisata di China, lalu lintas penumpang di Bandara Internasional Guangzhou Baiyun pun semakin padat dan pada tahun 2014 bandara ini menjadi bandara tersibuk kedua di China dan tersibuk peringkat ke-19 di dunia. Peringkat ini tidak mengherankan mengingat Bandara Internasional Guangzhou Baiyun melayani lebih dari 110 maskapai penerbangan dari Guangzhou ke lebih dari 100 destinasi domestik dan mancanegara. Berfungsi sebagai pusat operasi maskapai penerbangan China Southern Airlines dan kota fokus maskapai penerbangan Shenzhen Airlines, bandara ini memfasilitasi penerbangan ke berbagai destinasi domestik di China seperti Beijing, Shanghai, Xian, Kunming, Chongqing, Haikou, Chengdu, Hangzhou, Guiyang, Ningbo, dan Lianyungang, Maskapai penerbangan internasional yang juga beroperasi ke Bandara Internasional Guangzhou Baiyun ini di antaranya Garuda Indonesia, Air Asia, Air France, ANA, Japan Airlines, Korean Air, Asiana Airlines, Emirates, Singapore Airlines, dan Thai Airways. Maskapai-maskapai ini melayani penerbangan ke berbagai destinasi internasional selain Jakarta yang menarik seperti Singapore, Kuala Lumpur, Bangkok, Osaka, Seoul, Ho Chi Minh, Hanoi, Tokyo, Taipei, Hong Kong, Sydney, Amsterdam, Frankfort, Paris, dan New York.

CARA BERKELILING

Bandara Internasional Guangzhou Baiyun memiliki sistem transportasi yang modern dan mudah dimengerti, yang terdiri atas kereta bawah tanah (subway), bus shuttle, bus antar kota, dan taksi. Cara termudah untuk meninggalkan bandara menuju kota Guangzhou yaitu menggunakan kereta bawah tanah Metro. Lantai bawah dari terminal bandara akan menuntun Anda langsung ke stasiun Airport South Metro. Kereta akan muncul setiap tujuh menit sekali, mulai dari pukul 6 pagi hingga terakhir pukul 11 malam.

Bus Airport Express beroperasi di luar terminal kedatangan, dan dapat menjadi alternatif tambahan bagi Anda terutama bagi Anda yang akomodasinya terletak tidak jauh dari rute bus. Bus lini 1 hingga 6 akan membawa Anda ke area metropolitan di Guangzhou sementara bus lini 7 hingga 11 akan pergi menuju distrik-distrik di luar Guangzhou. Selain itu terdapat beberapa Bus Airport Express yang akan langsung membawa Anda ke daerah-daerah di kawasan Pearl River Delta seperti Zhuhai dan Foshan.

Alternatif lain yaitu taksi, yang relatif lebih mahal dibandingkan alternatif lainnya namun menawarkan layanan antar langsung ke tempat tujuan secara lebih nyaman. Anda dapat menjumpai pool taksi di luar terminal kedatangan. Apabila Anda tiba di bandara melewati tengah malam setelah kereta Metro berhenti beroperasi, Anda tetap dapat menggunakan layanan taksi yang tersedia meskipun Anda harus siap-siap mengantri.

TEMPAT DAN KEGIATAN WISATA

Didirikan pada tahun 214 SM, kota Guangzhou atau seringkali disebut Canton, merupakan perpaduan cantik antara China klasik dan modern. Di satu sisi Anda dapat melihat kuil-kuil dan taman-taman bersejarah, kuburan kerajaan China selatan, dan gedung-gedung serta gereja-gereja kolonial di Shamian, Di sisi lain, Anda dapat menjumpai berbagai gedung bergaya futuristic dan metropolitan di Zhujiang New Town.

Guangzhou merupakan surga pecinta kuliner dan penikmat belanja. Di sini Anda dapat menemukan berbagai jenis produk buatan China, mulai dari teh, rempah-rempah, pakaian, aksesoris, gadget, hingga mainan. Anda akan terkejut melihat jauhnya perbedaan harga antara barang-barang yang dijual di sini dengan barang-barang yang dijual di toko lain di negara Anda. Bagi pecinta kuliner, bersiaplah menemukan cita rasa asli masakan China di tempat aslinya.

Beberapa tempat yang wajib Anda kunjungi selama di Guangzhou di antaranya:

- Pulau Shamian. Bagi Anda yang ingin berlibur jauh dari hektiknya suasana kota Guangzhou yang metropolis, kunjungilah pulau yang dipenuhi gedung-gedung dan jalanan cantik penuh sejarah ini. Anda juga dapat menemukan Our Lady of Lourdes Chapel, yang merefleksikan gaya arsitektur era kolonial abad ke-19.

- Kediaman Xiguan dan Cantonese Arc. Temukanlah rumah-rumah bergaya arsitektur tradisional Canton mulai dari akhir Dinasti Qing hingga permulaan pembentukan Republik Rakyat China di Haizhu South Road, Duobao Road, Baohua Road, Longjin West Road, dan Shangxiajiu Road. Salah satu rumah yang paling terkenal dan pernah dihuni oleh bangsawan tempo dulu dapat Anda jumpai di 18 Baoyuan North Street.

- Sun Yat-Sen Memorial Hall. Monumen ini didedikasikan kepada pendiri Republik Rakyat China Dr. Sun Yat-Sen. Dikonstruksi pada tahun 1931, monumen bersejarah ini didirikan di kantor kepresidenan Sun Yat-Sen di Bukit Yuexiu.

- Chen Clan Academy. Bangunan bersejarah ini pada abad ke-19 didirikan oleh keluarga bangsawan bermarga Chen. Kini Anda dapat menjumpai berbagai patung dan karya pahatan artistik di gedung ini.

- Bright Filial Piety Temple (Guangxiao Temple). Kuil ini merupakan tempat wisata rohani yang sangat terkenal bagi penganut kepercayaan Zen Buddha. Kuil ini dipercaya sebagai tempat berlatihnya Hui Neng, pemimpin Zen Buddhism, pada abad ke-7.

Penerbangan termurah ke Guangzhou dari...

Foto oleh Shutterstock

Harga yang ditunjukkan di laman ini hanya merupakan estimasi harga terendah. Yang ditemukan dalam 45 hari terakhir.