Peta

Harga Tiket Pesawat Jakarta (CGKI) - New York, NY (NYCA)

Informasi penerbangan dari Daerah Khusus Ibukota Jakarta ke New York City

Tarif pulang-pergi termurah di bulan lalu

Rp 8.023.516

Maskapai penerbangan langsung

0

Rata-rata waktu penerbangan, total jarak 16171 kilometer

20 jam 30 menit

Maskapai penerbangan terpopuler di bulan lalu

Cathay Pacific

New York John F Kennedy, New York Newark, New York LaGuardia, dan Stewart International

4 bandara

Cari Tiket Pesawat Murah dari Jakarta ke New York

Penerbangan langsung dari Jakarta ke New York

Tidak terdapat maskapai penerbangan yang melayani rute penerbangan Jakarta menuju New York secara langsung. Maskapai seperti Emirates, Etihad Airways, China Southern, Japan Airlines, dan Saudia menawarkan tiket pesawat Jakarta-New York dengan transit di satu atau dua bandara seperti Bandara Abu Dhabi, Bandara Dubai, Bandara Guangzhou, Bandara Narita, Bandara Riyadh atau Jeddah. Sebagai kota tujuan, New York memiliki tiga pilihan bandara yaitu Bandara Internasional John F. Kennedy New York (JFK), Bandara Internasional Newark Liberty New York (EWR), dan Bandara LaGuardia New York (LGA). 

Maskapai Budget yang terbang dari Jakarta ke New York

Saat ini maskapai budget tidak terbang dari Jakarta ke New York. Adapun demikian, Anda dapat terbang ke New York dengan mengkombinasikan tiket pesawat dari beberapa maskapai penerbangan, seperti maskapai budget misalnya Air Asia, Lion Air, dan Jetstar ke bandara seperti Kuala Lumpur dan Singapura terlebih dahulu dan maskapai full service. 

Bagaimana caranya untuk mendapatkan tarif tiket pesawat termurah dan promo bagus dari Jakarta ke New York?

Gunakan Skyscanner untuk mengetahui alternatif terbaik terbang dari Jakarta ke New York dengan tiket pesawat murah. Selain itu daftarkan diri Anda pada layanan Informasi Harga (Info Harga) untuk mendapat informasi terbaru mengenai harga tiket pesawat Jakarta – New York yang sedang Anda cari.

Informasi Penting Seputar Bandara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta (CGK)

  • Datang dengan tepat waktu

Pada umumnya perjalanan internasional mengharuskan Anda tiba di bandara setidaknya 2 jam sebelum waktu penerbangan untuk melakukan check-in. Bandara Soekarno-Hatta berada sekitar 30 km dari pusat kota Jakarta dan menghabiskan waktu sekitar satu setengah hingga tiga jam perjalanan, terutama pada akhir pekan, musim liburan, dan cuaca buruk. Pilihan transportasi untuk ke bandara ini adalah kendaraan pribadi, taksi, sewa mobil, dan bus seperti Damri.   

  • Informasi terminal

Saat ini terdapat tiga buah terminal, yaitu Terminal 1 untuk penerbangan domestik, Terminal 2 untuk penerbangan internasional dan domestik dari Garuda Indonesia, dan Terminal 3 untuk penerbangan dari beberapa maskapai bertarif rendah seperti Air Asia. Setiap terminal memiliki fasilitas yang cukup memadai seperti toilet, ATM, tempat penukaran uang, ruang menyusui, wifi, dan beberapa toko. Shuttle bus antar terminal juga tersedia dan sangat bermanfaat karena lokasi antar terminal yang cukup jauh. Dalam waktu dekat Terminal 3 Ultimate akan buka dan berfungsi untuk penerbangan dari maskapai Garuda Indonesia dan penerbangan internasional. Akan tetapi hingga saat ini belum terdapat konfirmasi mengenai tanggal dan rincian perubahan yang akan terjadi.  

  • Dokumen yang harus dibawa untuk pergi dari Jakarta ke New York

Untuk melakukan perjalanan ke New York, Anda membutuhkan visa kunjungan ke Amerika Serikat. Anda bisa melihat panduan pembuatannya di sini. Nantinya Anda harus menunjukkan paspor yang masih berlaku beserta dengan visa kepada petugas di bandara.

Informasi Penting Seputar Bandara di New York

  • Informasi terminal, fasilitas, dan transportasi 

Bandara Internasional New York John F. Kennedy (JFK) merupakan pintu gerbang utama bagi penerbangan internasional ke New York. Sebagian besar penerbangan internasional mendarat di Terminal 4, salah satu dari 6 terminal yang terdapat di Bandara JFK ini (Terminal 1, 2, 4, 5, 7, dan 8). Terletak di daerah Queens, waktu tempuh dari bandara menuju Manhattan dengan mengunakan mobil atau taksi sekitar 45-60 menit. Di samping itu, pilihan alat transportasinya adalah subway, bus, dan sewa mobil.  

Bandara Internasional New York Newark (EWR) atau sering disebut juga dengan Bandara Newark Liberty merupakan pilihan lain bagi mereka yang menggunakan penerbangan internasional. Bandara ini memiliki tiga buah terminal, yaitu A, B, dan C. Kedatangan internasional menggunakan Terminal B. Pilihan alat transportasi di antaranya adalah kereta, bus, taksi, dan sewa mobil. Apabila menggunakan mobil, maka waktu tempuh ke Manhattan sekitar 35-50 menit.  

Bagi mereka yang menggunakan maskapai dengan perhentian terlebih dahulu ke bandara di Amerika Serikat bisa memiliki pilihan mendarat di Bandara New York LaGuardia (LGA). Bandara domestik ini terletak lebih dekat dengan pusat kota New York atau sekitar 20-35 menit apabila menggunakan mobil.  

Bandara di New York memiliki fasilitas yang lengkap, seperti ATM, tempat penukaran uang, tempat makan, dan toko duty free.

Perbandingan antara Jakarta dan New York

  • Perbedaan waktu dari Jakarta ke New York

Waktu di Jakarta 11 jam lebih awal dari New York. 

  • Informasi mengenai cuaca di New York dan waktu terbaik untuk mengunjungi New York

New York memiliki 4 musim, yaitu gugur (September-November), dingin (Desember-Februari), semi (Maret-Mei), dan panas (Juni-Agustus). Sepanjang tahun turis berdatangan ke New York dan memang New York memiliki beragam festival menarik dari Januari hingga Desember. Meskipun demikian bulan Desember-Januari dan Juni-Agustus merupakan bulan dengan jumlah wisatawan terbanyak dan harga hotel cenderung lebih mahal.

Apabila datang pada bulan September – November, Anda akan menikmati pemandangan indah dari musim gugur di New York dan udara berkisar  15-21 derajat Celsius. Bersiaplah dengan udara yang semakin dingin pada bulan November. Festival menarik di antaranya adalah New York Film Festival (September) dan  Macy’s Thanksgiving Day Parade.

Berkunjung pada bulan Desember hingga Februari artinya pengeluaran liburan di New York yang lebih mahal. Namun Anda tidak akan kecewa setelah melihat keindahan New York pada musim dingin dan beragam atraksi yang ditawarkan, termasuk festival Times Squre New Years Eve. Apabila ingin menghemat biaya, termasuk mendapat tiket pesawat murah Jakarta – New York, Anda bisa terbang pada akhir bulan Januari dan awal Februari.

Bulan Maret hingga Mei merupakan waktu yang juga baik untuk berlibur ke New York. Selain udaranya sudah menghangat, taman terlihat indah, dan harga hotel lebih terjangkau. Festival seperti Ninth Avenue International Food Festival berlangsung pada bulan Mei begitu pula dengan Washington Square Art Exhibit.  Adapun demikian bersiaplah membawa payung karena hujan banyak turun pada masa ini.

Juni hingga Agustus, New York ramai oleh keluarga. Suhu udara berkisar 26 derajat Celsius dan kelembapan tergolong tinggi. Banyak festival berlangsung pada masa ini seperti Shakespeare in the Park (Juni) dan New York International Fringe Festival (Agustus). 

  • Biaya yang akan saya kira-kira keluarkan di New York

Harga-harga di New York jauh lebih tinggi dari Jakarta. Misalnya untuk makan standar, Anda harus menyiapkan sekitar 8-18 Dolar (107.000 – 241.000 Rupiah) dan untuk secangkir kopi Anda harus mengeluarkan sekitar  4 hingga 5 Dolar (53.500 – 67.000 Rupiah).

  • Biaya transportasi dari bandara ke pusat kota di New York (dan sebaliknya)

Sebagai gambaran untuk mempersiapkan perjalanan Anda ke New York, biaya taksi dari Bandara Internasional John F. Kennedy New York ke Manhattan adalah 52 Dolar (700.000 Rupiah) dan belum termasuk uang tol. Tidak terdapat tambahan biaya untuk penumpang lain maupun bagasi. Peraturan ini berbeda dengan taksi dari Bandara Newark. Untuk informasi lebih lengkap silahkan melihat situs resmi mereka. Sedangkan perjalanan dengan private bus atau coach service hotel, sebuah pilihan yang lebih nyaman dari bus umum, berkisar 8 hingga 13.50 Dolar (107.000 hingga 181.000 Rupiah).

Anda juga bisa menggunakan kereta dengan terlebih dahulu menggunakan AirTrain baik dari terminal di Bandara John F. Kennedy maupun Bandara Newark Liberty. AirTrain dari Bandara JFK terhubung dengan subway dan Long Island Rail Road JFK dan AirTrain dari Bandara Newark terhubung dengan Amtrak dan NJ Transit Rail Newark Airport. Pilihan ini lebih ekonomis.  

  • Metode pembayaran yang diterima di New York

Mata uang yang berlaku di New York adalah Dolar Amerika (USD). Tempat penukaran uang dapat dijumpai di bandara dan terutama di tempat-tempat turis. Selain itu Anda bisa menggunakan kartu kredit, namun pastikan kartu Anda sudah memiliki pin.

Tips wisata jika sedang berwisata di New York

Sebagai sebuah destinasi wisata yang terkenal mahal, sebaiknya Anda mempersiapkan dengan baik rencana kegiatan selama di sana. Anda bisa mengelompokkan lokasi atraksi wisata sehingga menghemat biaya transportasi. Anda juga bisa mengecek sejumlah situs yang menawarkan potongan harga untuk atraksi wisata, seperti museum, dan restoran. Selain itu New York Pass atau CityPass membantu Anda menghemat biaya saat berkunjung ke tempat wisata populer di kota ini.

Selama di New York, gunakanlah sepatu yang nyaman, bawalah kaca mata, sarung tangan, dan payung untuk berjaga-jaga. Jangan lewatkan melihat matahari terbenam dari Top of the Rock. 

 

 

Informasi ini benar per Mei 2016

Harga yang ditunjukkan di laman ini hanya merupakan estimasi harga terendah. Yang ditemukan dalam 45 hari terakhir.