Peta

Tiket Pesawat Murah ke Afrika Selatan

Perpaduan eksotisnya belantara Kruger Park, modernnya kota Cape Town, indahnya pantai-pantai di Durban, dan kayanya warisan sejarah di Johannesburg merupakan pesona unik dari Afrika Selatan yang telah memikat banyak wisatawan, baik dari Eropa, Amerika, dan juga Asia.

Tidaklah mengherankan bila negara ini meraih banyak penghargaan pariwisata skala internasional dan ditunjuk sebagai negara tuan rumah Piala Dunia FIFA 2010 lalu. Kini giliran Anda dan keluarga untuk membuat kenangan indah di negara yang sering disebut rainbow nation ini. Kunjungilah Afrika Selatan dan segera pesan tiket pesawat termurah dengan Skyscanner.

Tempat Wisata Terkenal di Afrika Selatan

Bagi pecinta petualangan dan kegiatan yang memicu adrenalin, terdapat banyak aktivitas menarik yang menunggu Anda di Afrika Selatan.

1. Menjelajahi rimba belantara. Jangan lewatkan kesempatan menjelajahi eksotisnya alam dan hutan di Afrika Selatan. Berbagai aktivitas seperti safari, quad biking, menaiki jip kap terbuka untuk melihat satwa (game drive), menaiki balon udara, dan masih banyak lagi menunggu Anda di Kruger Park (lokasi favorit wisatawan, yang juga banyak menyediakan jalur hiking dan trekking menarik), Pilanesberg Game Reserve (terletak 200 km dari Johannesburg), Kwa Madwala Private Game Reserve (Mpumalanga), Kapama Game Reserve (Limpopo), Kgalagadi Transfrontier Park (di jantung gurun Kalahari), dan sebagainya.

2. Abseiling & Kloofing. Nikmati sensasi petualangan meniti tali menuruni tebing (abseiling) dan menelusuri arus sungai (kloofing) di berbagai tempat di Cape Town.

3. Bungee Jumping. Serunya bungee jumping bisa Anda rasakan di Gouritz River Bridge dan Bloukrans River Bridge, yang merupakan jembatan tertinggi di seluruh dunia.

4. Rafting. Tempat terbaik di Afrika Selatan untuk rafting yaitu di Orange River dan Breede River (dua jam dari Cape Town)

5. Scuba Diving & Snorkeling. Nikmatilah variasi kegiatan menyelam dan restoran makanan laut yang menggugah selera di Garden Route, Tsitsikamma Coast dan Wild Coast.

6. Shark Diving. Tantang diri Anda dengan menyelam bersama hiu di dekat pantai Gansbaai.

7. Surfing. Penggemar surfing akan tertantang dengan deburan ombak di Nahoon Reef (East London), Jeffreys Bay, dan Cape Peninsula (Cape Town).

8. Memancing. Tempat terbaik untuk memancing di Afrika Selatan yaitu perairan South Western Cape, KwaZulu Natal Coast dan Zululand.

Tentunya Afrika Selatan tidak hanya menawarkan kegiatan bagi pecinta adrenalin saja. Bagi Anda yang tertarik wisata budaya dan sejarah, negara Afrika Selatan merupakan pilihan yang tepat karena memilki delapan lokasi yang diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO:

1. Cradle of Humankind. Terletak di Gauteng dekat kota Johannesburg, area ini menyimpan koleksi terbesar fosil manusia yang mendokumentasikan proses evolusi manusia selama jutaan tahun.

2. Pulau Robben. Tidak jauh dari lepas pantai Cape Town, pulau ini merupakan tempat di mana Nelson Mandela dipenjara selama beberapa tahun, yang hingga kini terus menjadi obyek wisata yang digemari wisatawan.

3. Cape Floral Region (Western Cape). Daerah ini dikenal sebagai daerah dengan variasi tanaman terkaya di dunia, dan menjadi simbol keanekaragaman hayati

4. iSimangaliso Wetland Park (propinsi KwaZulu-Natal). Sebelumnya dikenal sebagai Greater St Lucia Wetland Park, taman ini memiliki sistem muara sungai terbesar ddan terumbu karang paling Selatan di benua Afrika. Daerah ini menjadi habitat 521 spesies burung.

5. Kerajaan Mapungubwe (propinsi Limpopo). Mapungubwe merupakan kerajaan pertama di Afrika Selatan yang terus berkembang selama 400 tahun sebelum dilupakan pada abad ke-14.

6. Ukhahlamba Drakensberg Park (dua jam dari kota Durban). Taman ini memiliki pemandangan alam yang spektakuler dan koleksi terbesar lukisan batu bersejarah di Afrika.

7. Vredefort Dome (Vredefort). Di sini Anda dapat menjumpai kawah yang terbentuk akibat jatuhnya meteorit terbesar dan tertua di dunia.

8. Richtersveld Cultural and Botanical Landscape (Northern Cape). Area ini melingkupi ratusan ribu hektar padang gurun yang penuh gunung di daerah barat daya Afrika Selatan. Daerah ini juga memiliki nilai sejarah karena merupakan tempat tinggal leluhur penduduk asal Afrika Selatan (suku Nama).

Selain lokasi-lokasi di atas, Afrika Selatan juga memiliki banyak lokasi bersejarah menarik lainnya seperti Ghandi Route (tempat Ghandi tinggal di Afrika Selatan), Sterkfontein Cave (di Johannesburg, tempat fosil manusia purba terutuh di Afrika ditemukan), Sploenkop (lokasi perang Anglo-Boer), dan masih banyak lagi. Banyak bangunan seperti museum dan monumen di Afrika Selatan juga menyimpan banyak kisah sejarah seperti Apartheid Museum (Johannesburg), 1820 Settlers Monument (Grahamstown), dan Castle of Good Hope (Capetown).

Selagi Anda mengunjungi Afrika Selatan, disarankan pula bagi Anda menikmati pantai-pantainya yang menakjubkan seperti pantai pasir putih Camps Bay dan Clifton beaches (terletak di dasar Table Mountain, Cape Town). Di Cape Town, sempatkan pula mencoba aneka anggur wine khas Afrika Selatan yang terkenal di seluruh dunia. Selain Cape Town, banyak kota-kota lepas pantai yang tidak kalah indahnya seperti Durban, Knysna, dan Plettenberg Bay.

Bagi Anda yang bepergian bersama keluarga, ikutilah safari keluarga di tempat-tempat seperti Tsitsikamma National Park (Eastern Cape), Pilanesberg Game Reserve (North West), Karoo National Park, Table Mountain National Park & Bontebok National Park (ketiganya di Western Cape), Ukhahlamba Drakensberg Park & Hluhluwe-Imfolozi Game Reserve (keduanya di KwaZulu-Natal) dan Golden Gate Highlands National Park (Free State). Alternatif lain yaitu berkunjung ke taman hiburan Gold Reef City (Johannesburg), Pretoria Zoo (Pretoria), uShaka Marine World (Durban), bermain olahraga air dan naik balon udara di Hartebeespoort Dam (Johannesburg), atau berinteraksi dengan 3000 jenis burung dan monyet di World of Birds Wildlife Sanctuary And Monkey Park (Hout Bay).

Cara Berkeliling di Afrika Selatan

1. Dengan Mobil

Alternatif mengendarai mobil di Afrika Selatan bagi wisatawan yaitu: menyewa, membeli, atau membeli mobil kemudian menjualnya kembali pada pihak penyewa mobil (buy back).

2. Dengan Bus

Alternatif termurah untuk menjelajahi Afrika Selatan yaitu menggunakan bus. Terdapat berbagai layanan bus terjadwal yang melayani transportasi dari dan ke Cape Town, Johannesburg, Durban, dan kota-kota besar lainnya.

3. Dengan Kereta

Sistem kereta di Afrika Selatan dikelola oleh Passenger Rail Agency of South Africa (PRASA) yang memiliki berbagai kelas penumpang, mulai dari kelas turis, ekonomi, hingga premier. Layanan keretanya dipergunakan untuk transportasi antarkota besar seperti Johannesburg, Cape Town, dan Durban. Layanan kereta dalam kota juga tersedia dan dikelola oleh MetroRail di kota-kota besar seperti Johannesburg, Pretoria, Cape Town, Durban, Port Elizabeth, dan East London)

4. Dengan Pesawat

Terdapat banyak penerbangan domestik harian dari dan ke bandara-bandara besar di Afrika Selatan. Maskapai penerbangan bertarif murah yang sering dijadikan pilihan oleh para wisatawan yaitu Kulula dan Mango Airlines.

Do's and Don'ts

• Buatlah itinerary dan cari tahu jadwal terbaik untuk pergi:

o Mei-September: saat terbaik untuk melihat aneka satwa liar dan ikut perburuan. Cuaca di periode ini biasanya cerah namun lebih dingin, terutama di pagi dan malam hari.

o Oktober-Maret: saat terbaik untuk bersantai di pantai atau menonton burung di taman satwa (periode migrasi burung). Cuaca di periode ini lebih hangat, terutama di bulan Desember – Februari.

• Jangan memfoto bangunan-bangunan militer, pemerintahan, atau kantor polisi.

• Pastikan memberikan tip 10-20 persen di restoran.

• Saat safari, pastikan untuk tidak merokok (beresiko mengakibatkan kebakaran hutan), tidak memberikan makanan ataupun melempari barang ke binatang, dan tidak meniru suara binatang.

Cari Penerbangan Murah ke Afrika Selatan

Terdapat sepuluh bandara internasional di Afrika Selatan, di mana Bandara Internasional Cape Town, Bandara Internasional Tambo (Johannesburg), dan Bandara Internasional Durban merupakan tiga bandara utama. Negara ini umumnya bisa dijangkau dengan transit di Kuala Lumpur, Singapura, Hong Kong, Dubai, dan di kota-kota besar di Eropa (Amsterdam, Athens, Madrid, London, Paris, Frankfurt, Munich, Zurich, dan Lisbon). Alternatif maskapai yang melayani penerbangan ke negara ini cukup bervariasi, seperti British Airways, South African Airways, Virgin Atlantic, Emirates, KLM, Singapore Airlines, Lufthansa, Cathay Pacific, Air China, Turkish Airlines, Delta, Air France, Qatar Airways, United, Etihad Airways, Qantas dan masih banyak lagi. Carilah tiket pesawat murah ke Afrika Selatan sekarang juga dengan Skyscanner. Selamat berlibur!

Foto oleh Flickr\rooymans2000

Harga yang ditunjukkan di laman ini hanya merupakan estimasi harga terendah. Yang ditemukan dalam 45 hari terakhir.