Peta

Penerbangan ke Yaman

Perhatian: Beberapa negara seperti Amerika Serikat, Australia, dan Britania Raya, memberlakukan travel warning ke daerah Yemen, akibat konflik berkepanjangan di negara tersebut.

Setiap sudut negara Yemen merupakan tempat yang menarik bagi wisatawan, terutama bagi Anda yang berjiwa petualang. Anda dapat menjumpai tempat-tempat wisata menarik, pemandangan alam yang mempesona, kebudayaan yang unik, dan kuliner yang menggugah selera. Negara ini juga memiliki kisah sejarah yang tiada duanya, sebagai negara tua yang bertahan dari usaha kependudukan Sumeria dan Mesir.

Pesanlah tiket pesawat termurah ke Yemen dengan Skyscanner.

Tempat Wisata di Yemen

Berikut tempat wisata menarik dikunjungi di Yemen:

- Eksplorasi tempat wisata di ibukota Sana'a dan sekitarnyanya. Kota tua ini merupakan salah satu dari UNESCO World Heritage. Jumpailah berbagai gedung dan monumen bergaya arsitektur menarik serta penuh sejarah seperti di Babel Yemen (kota tua Sana’a) dan Wadi Dhar (Dar al-Hadschar Palace). Tidak jauh dari Sana’a, kunjungilah kota-kota menarik lainnya seperti Kawkaban (kota benteng bersejarah berusia 2.000 tahun) dan Al Mahweet (kota indah di atas gunung)

- Temukanlah surga di Pulau Socotra. Pulau yang terletak di sebelah selatan Semenanjung Arab ini memiliki perairan berwarna biru turquoise dan pasir putih nan bersih, serta masih sangat sepi pengunjung. Ketenangan wisata yang tiada duanya di tempat ini sering diibaratkan berada di surga.

- Jumpai peninggalan kejayaan Yemen masa lampau di kota Ma’rib. Kota yang 3.000 tahun lalu merupakan ibukota Kerajaan Sabaean ini dipenuhi berbagai tempat wisata legendaris seperti Waduk Ma’rib dan kuli-kuil peninggalan Ratu Sheba.

- Saksikan keindahan alam Yemen di daerah sekitar Ibb. Anda dapat menjumpai pegunungan yang luar biasa tinggi, lembah, dan berbagai air terjun memukau. Tidak jauh dari kota Ibb, Anda juga dapat mengunjungi kota Jiblah yang bersejarah.

- Pacu adrenalin di gunung Jabal Sabir. Puncak gunung setinggi 3.000 meter ini menarik dieksplorasi, dan dari puncaknya Anda dapat melihat pemandangan alam sekitar dan juga kota Ta’izz yang dianggap sebagai pusat kebudayaan Yemen.

Tips Tambahan

Beberapa hal yang perlu Anda ingat saat merencanakan liburan ke Yemen yaitu:

- Akan sulit memasuki negara Yemen bila Anda pernah memiliki stamp atau visa dari Israel,

- Hormatilah budaya dan tradisi Islam yang ketat di Yemen dengan mengenakan busana lebih tertutup selama perjalanan Anda.

- Alkohol secara resmi dianggap ilegal kecuali di kota Aden dan Sana’a, di mana pembeli alkohol minimal harus berusia 21 tahun.

- Ketika memfoto penduduk atau lokasi yang dijaga polisi, pastikan untuk selalu meminta izin terlebih dahulu. Selain itu, dihimbau agar tidak memfoto penduduk wanita, karena hal ini dianggap menyinggung.

Transportasi di Yemen

Bepergian di Yemen cukup sulit karena beberapa daerah membutuhkan travel permit (tasriih) tersendiri bagi wisatawan asing. Terutama bila Anda bepergian di luar ibukota Sana’a, maka Anda wajib memiliki tasriih dari satuan polisi pengamanan wisatawan.

Apabila Anda cukup berjiwa petualang, pergunakanlah transportasi lokal seperti taksi, bus, dan pesawat yang relatif lebih murah. Namun bagi Anda yang tidak keberatan mengeluarkan biaya lebih dan mengutaman keamanan, disarankan agar mem-booking jasa operator tour setempat yang dapat Anda terdaftar di Kementerian Pariwisata Yemen. Jasa operator tour ini akan menyewa kendaraan seperti mobil beserta pengemudi, yang akan memandu selama perjalanan Anda di Yemen.

Cari Penerbangan Murah ke Yemen

Semua penerbangan internasiional menuju Yemen harus melalui Bandara Internasional Sana’a. Anda dapat memanfaatkan penerbangan harian dari Dubai ke Yemen dengan menggunakan maskapai penerbangan Emirates. Alternatif lebih ekonomis yaitu menggunakan maskapai penerbangan low-cost Air Arabia yang berangkat seminggu dua kali dari Sharjah (dekat kota Dubai). Anda juga dapat memanfaatkan maskapai penerbangan lokal, Yemenia, untuk mengakses Sana’a dari berbagai kota-kota besar Timur Tengah dan Eropa. Maskapai penerbangan lainnya yang juga dapat Anda gunakan yaitu Lufthansa, Turkish Airlines, Qatar Airways, Royal Jordanian, Syrian Air, EgyptAir, Felix Airways, dan Eihad Airways.

Carilah tiket pesawat murah ke Yemen dengan Skyscanner. Selamat berlibur!

Harga yang ditunjukkan di laman ini hanya merupakan estimasi harga terendah. Yang ditemukan dalam 45 hari terakhir.