Peta

Tiket Pesawat ke Ternate

FLIGHTS TO AIRPORT – Ternate (TTE)

 

Selamat datang di Ternate! Penggemar sejarah pasti mengenal ibukota propinsi Maluku Utara ini karena sempat menjadi salah satu pusat perdagangan rempah-rempah pada abad ke-15. Persiapkan diri Anda untuk pengalaman unik yang tidak terlupakan di kota yang terletak di bawah kaki gunung api Gamalama ini. Aturlah perjalanan Anda dengan menggunakan layanan dengan memanfaatkan fasilitas pencarian penerbangan termurah dari Skyscanner

 

Informasi Bandara

Perjalanan Anda akan dimulai di Bandara Sultan Babullah. Bandara ini terletak 5 kilometer dari pusat kota Ternate, dan dapat diakses dengan kendaraan roda empat dalam waktu 16-20 menit melalui Jalan SKSD Palapa atau Jalan Pemuda. Bandara ini diberi nama setelah Sultan Babullah, penguasa Kesultanan Ternate yang memimpin perjuangan penduduk setempat melawan bangsa Portugis pada tahun 1570-an. Bandara Sultan Babullah kini berfungsi sebagai hub bagi maskapai penerbangan Sriwijaya Air dan Garuda Indonesia ke kota-kota di sebelah Timur Laut Indonesia. Maskapai penerbangan lainnya yang melayani penerbangan dari dan ke Bandara Sultan Babullah yaitu Batik Air, XpressAir, Lion Air, dan Wings Air. 

 

Tempat-tempat Wisata Menarik

Kunjungilah berbagai tempat wisata menarik yang kaya akan sejarah dan tradisi di Ternate. Selain wisata sejarah, pengalaman berlibur di Ternate juga tidak boleh dilewatkan bagi Anda yang ingin dikelilingi oleh suasana alam pegungungan dan juga pantai yang memikat. Bersiaplah pula untuk terbuai oleh aneka kuliner khas Maluku di Ternate.

 

Berikut beberapa destinasi yang wajib Anda kunjungi di Ternate dan sekitarnya: 

  • Keraton Kesultanan Ternate. Istana kediaman Sultan Ternate ini merupakan tempat wisata paling terkenal di Ternate. Gaya arsitektur kolonial Portugis ini masih dihuni oleh keturunan keluarga Kesultanan, dan Anda dapat mengunjungi area-area khusus wisatawan. Di area tersebut Anda dapat menjumpai berbagai artefak bersejarah seperti mahkota Sultan, pakaian tradisional dan senjata kuno. Tidak jauh dari area Keraton Anda juga dapat menjumpai Masjid Kesultanan yang juga bersejarah. 
  • Pantai Sulamadaha dan Hol Sulamadaha. Pantai unik berpasir hitam ini terletak di Desa Sulamadaha, Kecamatan Pulau Ternate atau sekitar 15 km dari Kota Ternate. Pantai yang berhadapan langsung dengan pulau Hiri ini cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan. Tidak jauh dari pantai Sulamahada, Anda juga dapat menjumpai Batu Angus (batu yang terbentuk dari sisa lahar letusan Gunung Gamalama pada tahun 1907) dan juga teluk sempit yang dikelilingi peopohonan rindang. Di teluk berair jernih ini, Anda dapat menikmati snorkeling dan juga berperahu. 
  • Danau Tolire. Danau vulkanik yang terletak di kaki gunung Gamalama ini terbagi menjadi dua bagian, besar dan kecil. Danau Tolire Kecil memiiki air berwarna gelap dan berada tepat di pinggir pantai sementara air Danau Tolire Besar berwarna kehijauan. Kedua danau ini terletak di Ternate Utara, sekitar 10 kilometer dari pusat kota. Danau in dikelilingi oleh hutan dan merupakan tempat menarik untuk birdwatching.
  • Benteng Kalamata. Benteng bersejarah peninggalan bangsa Portugis ini terletak di Kelurahan Kayu Merah dan oleh karenanya sering pula dikenal dengan nama Benteng Kayumerah. Benteng yang megah ini terletak di selatan kota Ternate dan Anda dapat menyaksikan pemandangan spektakuler tepi pantai menghadap pulau Tidore. 
  • Benteng Tologo. Bangunan bersejarah yang dibangun bangsa Portugis pada tahun 1512 dan direstorasi oleh pemerintah kolonial Belanda pada tahun 1610 ini terletak di Ternate Utara. Benteng ini juga dikenal dengan nama Benteng Belanda atau Benteng Santo Lukas. 
  • Benteng Kastela. Berbeda dengan benteng-benteng bersejarah lainnya di kota Ternate, benteng ini terletak jauh dari keramaian pusat kota. Benteng ini pertama dibangun oleh Antonio de Brito pada tahun 1521 dan diberi nama Nostra Senora del Rosario, dan sempat dipegang beberapa orang arsitek sebelum dirampungkan oleh Jorge de Gastro pada tahun 1540. Di dalam benteng ini Anda dapat melihat relief yang mengkisahkan pembunuhan Sultan Khaerun, kejaian yang memicu perlawanan rakyat Ternate terhadap Portugis. 

 

Tunggu apa lagi? Carilah tiket pesawat murah ke Ternate sekarang juga dengan Skyscanner dan selamat berlibur!

Fleksibel ke mana Anda terbang? Cari bandara terdekat untuk menghemat lebih banyak.

Bandara di dekat Ternate

Harga yang ditunjukkan di laman ini hanya merupakan estimasi harga terendah. Yang ditemukan dalam 45 hari terakhir.