Peta

Penerbangan ke Timor Leste

Pernah menjadi bagian dari Indonesia, Timor Leste yang kini berdiri sebagai negara sendiri menawarkan pesona dan keindahan yang mungkin hanya bisa dinikmati oleh Anda yang berani dan berjiwa petualang saja. Alam yang indah menanti Anda, tapi perjalanan menuju tempat-tempat terindah di Timor Leste bukanlah perjalanan mudah, sama seperti kehidupan masyarakat lokal di sana. Tapi jika Anda kuat, maka perjalanan penuh lika liku ke sana akan terbayar begitu Anda tiba di pantai-pantai indahnya, menikmati alam bawah lautnya, dan merasakan  keramahan penduduknya.

Mata uang dan visa

Pengunjung dari negara manapun bisa mendapatkan visa-on-arrival turis yang berlaku selama 30 hari di bandara maupun pelabuhan Dili. Untungnya, pengunjung dari Indonesia (dan Portugis) tidak membutuhkan visa untuk masuk ke Timor Leste.

Mata uang di Timor Leste adalah US Dollar dan seluruh transaksi yang terjadi juga menggunakan Dollar Amerika.

Iklim

Hampir sama seperti di Indonesia, Timor Leste memiliki iklim tropis yang panas dan lembab. Musim hujan terjadi di bulan November hingga Mei, sementara musim kering berlangsung antara bulan Juni hingga Oktober. Karena infrastruktur yang masih belum dikembangkan, liburan ke Timor Leste di musim hujan ke daerah pedalaman cukup berbahaya karena banyak jalanan rusak.

Wisata ke Timor Leste

Sebagai ibukota, Dili merupakan kota yang wajib dikunjungi di Timor Leste. Habiskan beberapa hari di Dili, nikmati pemandangan indah perbukitan yang mengelilingi kotanya, beberapa pantai indahnya, seperti Arreia Branca. Jangan lewatkan juga Christo Rei, patung Yesus terbesar ketiga di dunia. 

Selepas Dili, pergilah ke timur Dili dan temukan pantai-pantai terindah di negara ini. Selain itu, mampir jugalah ke Taman Nasional Nino Konis untuk melihat burung, diving, trekking, ataupun berkunjung ke situs-situs arkeologi prasejarah. Naik juga ke Gunung Ramelau, gunung tertinggi di negara ini, atau Ainaro, Gunung Matebian (Baucau), dan Gunung Kablaki.

Untuk Anda yang tertarik pada budaya, kunjungi pasar-pasar tradisional yang menawarkan tenun Tais yang dijual dengan harga murah. Sementara bagi Anda penyuka sejarah, Anda bisa menemukan banyak peninggalan bekas penjajahan Portugis terpencar-pencar di seluruh negara, selain Museum Resistance, ada juga beberapa tempat wisata populer di Timor Leste seperti tempat perlindungan Xanana Gusmao, Balibo, Makam Santa Cruz yang terkenal akan pembunuhan massal tahun 1991, dan gua-gua jepang di Baucau.

Terletak di ujung kepulauan Indonesia dan di utara Darwin, Australia, Timor Leste menawarkan salah satu situs diving terbaik di dunia, dengan koral-koral yang indah serta berbagai jenis ikan. Jelas aktivitas yang

tidak boleh Anda lewatkan adalah diving ataupun snorkeling. Pantai-pantainya sepi dan banyak yang belum terjamah, menjadikan pengalaman menyelam di Timor Leste sebagai salah satu yang pasti meninggalkan kesan tersendiri untuk Anda. Kunjungi Pulau Atauro atau Pulau Jaco yang cukup populer di antara para penyelam karena airnya yang jernih, penglihatan yang jelas, dan banyaknya ikan serta koral yang cantik di bawah lautnya. Lihat juga gurita, barracuda, dan beberapa jenis ikan lainnya di Dili Rock, yang hanya berjarak 10 menit ke arah barat dari Dili. Lebih jauh ke barat ke arah Liquica, Anda bisa menemukan Pantai Bubble yang terkenal akan gelembungnya yang menakjubkan. Sementara di sebelah Timur Dili ada Secret Garden, K41, Bob’s Rock, dan Lone Tree yang bisa dicapai dalam waktu kurang dari satu jam.

Cek juga jadwal Carnival de Timor, sebuah festival seni multikultural yang diadakan tahunan, dan coba hadirilah festivalnya.

Berkeliling

Bis umum, minibus seperti mikrolet, ataupun bemo beroperasi cukup banyak dan bisa mengantarkan Anda ke sebagian besar tujuan di seluruh negara. Anda juga bisa menyewa mobil untuk berkeliling, tapi berhati-hatilah agar Anda tidak tersasar karena sedikitnya papan petunjuk jalan yang ada, dan juga patuhilah batas kecepatan maksimum yang berlaku, yaitu sekitar 40-60km/jam. Pilihan lainnya adalah dengan menyewa motor yang bisa membawa Anda ke mana saja, tapi dengan harga yang jauh lebih murah dibanding penyewaan mobil.

Apakah Anda tahu…?

Isu-isu seperti sejarah Orde Baru, zaman penjajahan Portugis, politik ataupun agama merupakan topik sensitif di antara masyarakat, jadi usahakan tidak mengangkat topik ini ketika berbicara dengan masyarakat lokal, kecuali Anda yakin mereka ingin berbicara mengenai hal ini.

Cari penerbangan murah ke Timor Leste

Masih sangat terbatasnya infrastruktur di Timor Leste sehingga menyebabkan hanya ada dua maskapai yang terbang ke Timor Leste, yaitu Sriwijaya Air dan SilkAir. Gunakan Skyscanner untuk membantu Anda membandingkan harga tiket ke Timor Leste, dan dapatkan harga tiket pesawat murah ke Timor Leste.

Harga yang ditunjukkan di laman ini hanya merupakan estimasi harga terendah. Yang ditemukan dalam 45 hari terakhir.