Peta

Tiket Pesawat ke Sapporo

Sebagai ibukota Hokkaido, Sapporo merupakan gerbang utama untuk eksplorasi kota-kota di pulau ini. Pada tahun 1857, kota Sapporo hanya memiliki populasi tujuh penduduk. Perubahan mulai terjadi sejak masa pemerintahan Meiji, yang melakukan pembangunan besar-besaran di Sapporo, menjadikannya pusat budaya, ekonomi, dan politik pulau Hokkaido serta mengadopsi gaya arsitektur Amerika Utara untuk tata kotanya. Sapporo juga semakin dikenal di skala internasional sejak menjadi tuan rumah Olympic Winter Games tahun 1972. Saat ini kota kelima terbesar di Jepang ini memiliki populasi hampir 2 juta penduduk, dan semakin ramai dikunjungi wisatawan baik domestik maupun internasional.

Buatlah pengalaman tidak terlupakan dengan berwisata ke Sapporo dan segera pesan tiket pesawat termurah dengan Skyscanner.

Wisata Salju di Sapporo

Sapporo memang destinasi paling tepat untuk melihat salju, mengingat cuaca kota ini lebih dingin akibat lokasinya yang secara geografis terletak di daerah Utara. Tekstur salju di Sapporo pun sangat unik dan halus, sehingga dikenal sebagai powder snow. Anda dapat menyaksikan keindahan powder snow saat melakukan olahraga salju seperti ski dan snowboarding di Gunung Teine, yang turut dipopulerkan dalam Olympic Winter Games tahun 1972.

Jangan lewatkan pula kesempatan menonton Festival Salju Sapporo (Sapporo Yuki Matsuri). Dimulai sejak tahun 1950-an, festival ini biasa diadakan setiap bulan Februari selama satu minggu dan berpusat di Taman Odori, jantung kota Sapporo. Di festival ini, Anda dapat melihat berbagai seniman kelas dunia berkompetisi dengan karya-karya seni es yang artistik dan juga menghibur seluruh anggota keluarga. Festival ini biasa menarik minat lebih dari dua juta wisatawan setiap tahunnya dan wajib masuk dalam itinerary Anda saat mengunjungi Sapporo.

Pengalaman wisata salju Anda juga tidak akan lengkap tanpa berendam di pemandian air panas khas Jepang, atau onsen. Lepaskanlah penat Anda di Jozankei Onsen, area pemandian air panas yang terletak di Shikotsu-Toya National Park, sekitar satu jam perjalanan dari pusat kota Sapporo. Di sini Anda dapat menemukan berbagai tempat penginapan trandisional Jepang atau ryokan, yang juga menawarkan berbagai layanan pijat dan makanan tradisional bagi wisatawan.

Wisata Alam di Sapporo

Tahukah Anda bahwa keindahan alam Sapporo tidak hanya terbatas di musim salju? Kunjungilah berbagai taman di kota ini di musim semi, dan Anda akan terpesona oleh keindahan bunga sakura yang bermekaran. Beberapa tempat terbaik untuk menonton bunga sakura mekar atau hanami di Sapporo yaitu Taman Odori, Taman Moeronuma, Taman Maruyama, dan Hokkaido Shrine. Anda juga dapat menyimak keindahan alam dan kota Sapporo dari ketinggian dengan menaiki cable car untuk mencapai puncak Gunung Moiwa.

Wisata Sejarah di Sapporo

Sapporo juga menyimpan berbagai kisah bersejarah yang dapat Anda simak di tempat-tempat wisata menarik seperti:

- Historic Village of Hokkaido. Tempat wisata paling popular di Sapporo ini merupakan museum outdoor yang dibangun untuk merayakan 100 tahun berdirinya prefektur Hokkaido. Temukanlah replika bangunan-bangunan bersejarah di Hokkaido di periode pemerintahan Meiji dan Taisho (tahun 1868-1926). Di sekitar area ini Anda juga dapat menjumpai museum peninggalan sejarah Hokkaido dan memorial park.

- Hokkaido Shrine. Kuil populer ini dibangun pada tahun 1869 untuk menghormati roh-roh leluhur pelindung yang dipercaya telah turut mengawasi pembangunan Hokkaido sejak zaman pemerintahan Meiji. Saksikanlah berbagai upacara budaya menarik di kuil yang sangat dekat dengan hati penduduk Hokkaido ini, beserta keindahan alam yang mengelilinginya.

- Clock Tower. Bangunan bersejarah ini dibangun tahun 1878 dan mengadopsi gaya arsitektur zaman kolonial Amerika. Saat ini, bangunan ini menyatu dengan sebuah museum yang memamerkan sejarah kota Sapporo.

- Sapporo Beer Museum. Hokkaido merupakan tempat lahirnya bir di Jepang dan bir Sapporo merupakan brand bir tertua dan terpopuler di negara sakura ini sejak dibuat di tahun 1877. Telusurilah sejarah pembuatan bir yang bersejarah ini sejak zaman Meiji hingga sekarang. Anda juga dapat mencicipi sampel bir Sapporo di sini.

Tips Tambahan

Beberapa hal yang perlu Anda ingat saat merencanakan liburan ke Sapporo yaitu:

- Carilah waktu terbaik untuk berkunjung. Bila Anda ingin menikmati suasana bersalju atau menonton Festival Salju Sapporo, maka disarankan untuk datang di bulan Januari hingga Maret. Bagi Anda yang ingin suasana cuaca lebih hangat, kunjungilah Sapporo di bulan April hingga September. Terkhusus bagi Anda yang ingin menikmati keindahan bunga sakura mekar, maka datanglah di bulan Mei.

- Sempatkanlah mencoba berbagai kuliner khas Hokkaido di Sapporo, seperti kepiting Hokkaido (hairy crab). Sapporo juga terkenal sebagai kota ramen dan terdapat satu jalan khusus yang diisi penjaja ramen, yakni Ramen Yokocho. Di sini Anda dapat mencicipi berbagai jenis ramen, mulai dari miso ramen yang terkenal, atau pilihan-pilihan menarik seperti bata-kon ramen, butter corn ramen, crab ramen, dan scallop ramen.

- Untuk cenderamata, Anda dapat membeli shiroi koibito, biskuit coklat premium yang merupakan cenderamata khas Hokkaido. Anda bahkan dapat mengunjungi pabrik pembuatannya di kota Sapporo.

Transportasi di Sapporo

Kota Sapporo sangat terstruktur jalur transportasinya, dengan pemetaan jalan menyerupai papan catur. Anda dapat menjelajahi kota Sapporo dengan menggunakan kereta bawah tanah, tram, taksi, atau bus-bus yang dikelola pihak swasta. Bila Anda menggunakan Hokkaido Rail Pass, Anda dapat mengakses kereta JR dan bus Hokkaido secara tidak terbatas selama 3 hari atau 5 hari (tergantung dari paket Hokkaido Rail Pass yang Anda pilih).

Cari Penerbangan Murah ke Sapporo

Anda dapat mengakses kota Sapporo melalui Bandara Internasional Chitose, yang terletak di sebelah Tenggara kota ini. Berbagai penerbangan domestik maupun internasional dilayani oleh bandara kebanggaan Hokkaido ini. Anda dapat menggunakan penerbangan yang transit terlebih dahulu ke Tokyo atau terbang langsung ke Sapporo dari kota-kota seperti Hongkong, Beijing, Taipei, Seoul, Bangkok, Honolulu, Macau, dan beberapa kota di Australia (tergantung musim). Maskapai penerbangan yang dapat Anda pilih di antaranya Air China, ANA, Asiana Airlines, Cathay Pacific, EVA Air, Japan Airlines, Korean Air, Malaysia Airlines, Thai Airways, dan Vietnam Airlines. Sesampainya di Bandara Internasional Chitose, Anda dapat menggunakan Skybus atau taksi untuk menuju kota Sapporo.

Tunggu apa lagi? Carilah tiket pesawat murah ke Sapporo sekarang juga dengan Skyscanner.

Penerbangan termurah ke Sapporo dari...

Foto oleh Flickr\David McKelvey

Harga yang ditunjukkan di laman ini hanya merupakan estimasi harga terendah. Yang ditemukan dalam 45 hari terakhir.