Peta

Penerbangan ke Portugal

Portugal

 

Dengan pantai-pantai yang indah, bangunan-bangunan tua klasik, perkebunan anggur di sepanjang bukit, atmosfer kota tua yang hangat, dan penduduk yang ramah, Portugal bisa menjadi salah satu destinasi favorit Anda. Di Portugal, Anda bisa berkeliling dalam sehari dari pegunungan hijau di bagian utara, lereng spektakuler di bagian tengah, lanskap yang menyerupai padang gurun di Alentejo, dan berakhir di pantai yang cantik di Algarve.

 

Mata uang dan visa

Sebagai bagian dari Uni Eropa, Portugal menggunakan mata uang Euro, dan untuk liburan ke Portugal dibutuhkan visa Schengen yang juga berlaku untuk sebagian besar negara Eropa lainnya.

 

Iklim

Portugal adalah salah satu negara yang paling hangat dibanding negara Eropa lainnya. Rata-rata temperatur tahunannya berkisar di angka 15°C hingga 18°C. Musim semi dan musim panas biasanya cerah dengan temperatur yang cukup tinggi antara bulan Juli hingga Agustus. Sementara musim gugur dan musim dingin cenderung hujan dan berangin, dengan salju yang turun di daerah pegunungan.

 

Ke mana harus pergi

Dari tebing-tebing yang menyangga Samudera Atlantik di selatan, hingga ke bukit-bukit anggur yang halus di Duoro Valley di utara, Portugal memiliki kekayaan alam yang sangat luas walaupun wilayahnya tidak terlalu besar. Ada beberapa kota yang wajib dikunjungi di Portugal, tergantung apa kesukaan Anda. 

 

Ada banyak tempat wisata populer di Portugal yang wajib Anda kunjungi. Lihat ukiran batu berusia lebih dari 20.000 tahun di Vila Nova de Foz Côa, tunggu matahari terbenam di batu besar di luar Évora, yang juga terkenal sebagai “kota museum”, atau tenggelamkan diri Anda sambil menikmati keindahan warisan dunia UNSECO di Tomar, Belém, Alcobaça atau Batalha.

 

Jika Anda suka melihat monumen-monumen cantik, Anda wajib mengunjungi Lisbon, ibukota negaranya yang juga terkenal dengan sebutan “kota tujuh bukit”, Sintra yang kotanya bak di negeri dongeng, dan Porto, kota anggur yang lebih dikenal sebagai “kota pelabuhan”. Kunjungi juga tempat bersejarah Sagres dan Coimbra, atau Aveiro yang dikenal sebagai “Venice”-nya Portugal.

 

Kunjungi pantai-pantai di Algarve, lihat lumba-lumba di Sado Estuary, dan naik kapal ataupun kayak di Rio Guadiana. Sementara Viana do Castelo, Chaves, Miranda do Douro, Douro Valley dengan perkebunan anggurnya, Lamego, Tomar, Leiria, Castelo Branco, Guarda, Portalegre, Elvas, dan Viseu, akan memberikan Anda pengalaman pinggiran kota yang menyenangkan.

 

Bermainlah ke Albufeira dan Algarve untuk menikmati kehidupan malam di Portugal selain di Lisbon dan Porto. Namun jika Anda ingin berkelana dan menemukan petualangan yang seru, berjalanlah menuju daerah terpencil Estremadura, Alentejo, Madeira, atau Azores.

 

Berkeliling

Sistem metro di Lisbon dan Porto sudah cukup baik. Berkeliling menggunakan kereta tergolong cukup efisien mengingat waktu tempuhnya yang lebih cepat ketimbang bis. Tapi, frekuensi keberangkatannya masih tergolong jarang, cakupan wilayahnya terbatas, dan harganya pun lebih mahal. Sehingga bis menjadi salah satu pilihan terbaik untuk berkeliling kota.

 

Dengan kondisi jalanan yang cukup baik, opsi lainnya adalah dengan menyewa mobil untuk berkendara dengan lebih bebas ke manapun yang Anda inginkan. Tapi jika Anda belum terlalu berpengalaman, sebaiknya hindari menyetir di kota besar seperti Lisbon dan Porto karena pengendara cukup agresif dan kurang mematuhi peraturan lalu lintas. Pilihan lain yang lebih populer belakangan adalah dengan bersepeda, dan biasanya para pesepeda lebih dihargai di jalan ketimbang pengendara mobil.

 

Yang boleh dan tidak boleh dilakukan

Karena sejarah persaingan masa lalu dengan Spanyol, cukup banyak warga Portugal yang mengerti bahasa Spanyol. Namun demikian, usahakan untuk menggunakan bahasa Spanyol hanya di saat-saat genting, karena orang Portugal merasa hal itu tidak sopan, terutama jika bahasa Spanyol juga bukan bahasa ibu Anda.

 

Gunakan bahasa Inggris dan pelajari kata-kata dasar dalam bahasa Portugis, karena masyarakat akan sangat menghargai upaya Anda dan akan membantu jika Anda meminta tolong.

 

Apakah anda tahu…?

Warga Portugal tergolong ramah dan senang membantu para pendatang yang tidak bisa berbahasa Portugis. Jika Anda mencoba berbicara sedikit Bahasa Portugal dan salah, mereka akan mengkoreksi Anda sambil meminta maaf tentang betapa sulit mempelajari bahasa mereka. 

 

Memberikan tip di restoran tidak diwajibkan, dan biasanya orang-orang di Portugal hanya membulatkan ke atas dari total bill yang harus mereka bayar.

 

Cari penerbangan murah ke Portugal

Dengan makanan laut yang segar dan murah, kehidupan yang tradisional, pemandangan yang indah, dan kota-kota yang cantik, wisata ke Portugal akan meninggalkan kesan manis untuk Anda. Dengan harga tiket ke Portugal yang cukup bervariasi, Skyscanner bisa membantu Anda mencari tiket pesawat murah ke Portugal. Tidak ada maskapai yang terbang langsung dari Indonesia ke Portugal. Namun Anda bsa menggunakan maskapai berikut untuk mengantarkan Anda ke Portugal: KLM, Lufthansa, Emirates, Air France, dan Turkish Airlines.

Foto oleh Flickr/Man Alive!

Harga yang ditunjukkan di laman ini hanya merupakan estimasi harga terendah. Yang ditemukan dalam 45 hari terakhir.