Peta

Tiket Pesawat ke Minneapolis St Paul

Pangkalpinang

Kota Pangkalpinang merupakan ibu kota dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Pulau Sumatera. Kota yang terletak di Pulau Bangka ini berperan sebagai pusat pemerintahan, ekonomi, dan perdagangan. Tahun demi tahun, provinsi ini terus berkembang dalam berbagai segi termasuk dari segi pariwisata. Sama halnya dengan Belitung yang menawarkan pengalaman wisata yang menarik, Pangkalpinang juga demikian. Daya tarik Pangkalpinang tidak terbatas pada wisata alam, khususnya pantai dan laut, tetapi juga pada wisata sejarah dan religi. 

Penerbangan Murah ke Pangkalpinang

Wisatawan dapat berkunjung ke kota Pangkalpinang melalui jalur udara. Bandara yang melayani rute-rute penerbangan di Pangkalpinang bernama Bandara Depati Amir. Saat ini telah tersedia cukup banyak rute penerbangan dari dan ke kota Pangkalpinang. Beberapa di antaranya adalah Jakarta-Pangkalpinang, Belitung-Pangkalpinang, Batam-Pangkalpinang, Makassar-Pangkalpinang, Denpasar (Bali)-Pangkalpinang, Yogyakarta-Pangkalpinang, dan Pontianak-Pangkalpinang. Maskapai yang mengoperasikan penerbangan dari dan ke kota ini juga cukup beragam, seperti Lion Air, Garuda Indonesia, Wings Air, dan Citilink. Kesempatan terbang ke Pangkalpinang dengan menggunakan tiket penerbangan murah terbuka lebar oleh karena terdapatnya cukup banyak pilihan maskapai penerbangan, rute penerbangan, dan waktu keberangkatan. Wisatawan dapat mencari tiket penerbangan murah ke Pangkalpinang dengan menggunakan Skyscanner. Skyscanner menyediakan layanan pencarian tiket murah dengan cara yang mudah, cepat, dan praktis sehingga siapapun kini dapat terbang dengan penerbangan murah. 

Keindahan Pantai di Pangkalpinang

Sama halnya dengan tetangganya, yaitu kota Belitung, Pangkalpinang memiliki sejumlah pantai yang cantik dan ramai oleh pengunjung. Salah satu pantainya bernama Pantai Pasir Padi. Pantai ini merupakan salah satu tujuan pantai favorit di Bangka Belitung setelah Pantai Tanjung Tinggi. Pantai Pasir Padi terletak tidak jauh dari kota Pangkalpinang, yaitu sekitar 7 km dan tepatnya di Jl. Pantai Pasir Padi. Sesampainya di pantai ini, bersiaplah untuk menginjakkan kaki di pasir yang berbentuk seperti bulir padi. Wisatawan dapat melakukan beragam aktivitas di pantai ini, mulai dari berenang, voli pantai, snorkeling, dan bersantai menikmati angin sepoi dan ombak yang tergolong tenang. Wisatawan juga dapat berkunjung ke dua pulau yang terletak tidak jauh dari tempat ini, yakni Pulau Panjang dan Pulau Semujur. Terdapat sejumlah hotel, restoran, bahkan warung di sekitar pantai ini. Pantai lainnya yang terletak tidak jauh dari Pantai Pasir Padi adalah Pantai Tanjung Bunga. Wisatawan yang ingin menambah tujuan wisata pantai di sekitar kota Pangkalpinang dapat pergi ke Pantai Parai Tenggiri dan Pantai Tanjung Pesona di Sungailiat, Bangka. 

Wisata Religi di Pangkalpinang

Kota Pangkalpinang merupakan salah satu kota yang memiliki objek wisata religi yang beragam. Kota ini memiliki sejumlah kelenteng cantik yang menarik untuk dikunjungi. Kelenteng Dewi Kwan Im yang terletak tidak jauh dari Pantai Sampur merupakan salah satu yang cukup ramai oleh wisatawan. Di tempat ini berdiri patung Dewi Kwan Im setinggi hampir 8 meter. Kelenteng yang juga menarik hati wisatawan adalah Kelenteng Kwan Tie Miau yang berlokasi di Jl. Mayor Syafrie Rachman. Kelenteng ini adalah salah satu yang tertua di Pulau Bangka. Di atapnya terdapat hiasan buah labu dan di depan

kelenteng terdapat lambang patkwa yang di tengahnya merupakan lingkaran hitam dan putih. Tempat ini menjadi lokasi penyelenggaraan Hari Raya Imlek, Hari Raya Cap Go Meh, dan lain-lain.  Selain kelenteng, para wisatawan dapat berziarah ke Masjid Jami’ yang terletak di Jl. Masjid Jami’. Masjid yang sudah berusia tua ini memiliki arsitektur yang penuh makna. Tiang penyangga yang terletak di antara tangga depan dan atap berjumlah lima dan dapat diartikan sebagai Rukun Islam. Lalu keberadaan tiang penyangga yang berjumlah enam dan terletak antara tembok depan dan atap dapat diartikan sebagai Rukun Iman. Beberapa gereja yang menarik untuk didatangi di antaranya adalah Gereja Maranatha dan Gereja Katedral Pangkalpinang. Gereja Maranatha yang dibangun pada tahun 1927 memilki atap berbentuk limas dan dinding bata berlapis batu granit. Bangunan ini merupakan salah satu benda cagar budaya kota Pangkalpinang. Gereja lainnya yang juga menjadi benda cagar budaya kota Pangkalpinang adalah Gereja Katedral Santo Yoseph Pangkalpinang yang dibangun pada tahun 1934.

Wisata Sejarah dan Budaya

Salah satu tempat bersejarah di Pangkalpinang adalah Museum Timah Indonesia. Sejak dahulu Bangka Belitung terkenal oleh produksi timahnya sehingga sejarah Pangkalpinang tidak lepas dari sejarah timah. Museum ini terletak di Jl. Jenderal Ahmad Yani no 17. Wisatawan dapat melihat koleksi peninggalan sejarah penambangan timah sejak Kesultanan Palembang. Wisatawan juga dapat berkunjung ke Tugu Pergerakan Kemerdekaan yang merupakan salah satu benda cagar budaya di kota ini. 

Kota Pangkalpinang merupakan rumah bagi berbagai etnis dan agama. Sepanjang tahun terdapat sejumlah perayaan yang dilakukan dan cukup menarik perhatian para wisatawan. Beberapa di antaranya adalah Pawai Ta’aruf yang merupakan pawai tradisional menyambut hari-hari besar Islam. Warga berkeliling kota dan menyanyikan lagu-lagu Islam. Perayaan lain yang tidak kalah menarik adalah Barongsai. Barongsai biasanya dilakukan pada saat bulan purnama dan pada perayaan besar seperti Imlek dan Cap Go Meh. Wisatawan dapat menyaksikan pertunjukan ini di sejumlah kelenteng besar di Pangkalpinang, seperti Kelenteng Kwan Tie Miau. 

Wisata Kuliner : Kelezatan Asli dari Martabak Bangka

Saat berkunjung ke kota Pangkalpinang, wisatawan dapat menyicipi sejumlah makanan khas Bangka. Dua makanan yang harus dicoba adalah martabak dan mie koba. Di Bangka, martabak bangka juga dikenal sebagai terang bulan atau kue pangkalpinang.  Meskipun, martabak bangka merupakan makanan yang telah populer di berbagai daerah di Indonesia, namun wisata ke Pangkalpinang tentu tidak lengkap apabila belum mencoba makanan ini di tempat asalnya. Terdapat banyak tempat yang menjual martabak bangka, salah satunya adalah Acau Martabak di Jl. Walikota Syafie Rachman. Selain martabak, mie koba juga merupakan makanan favorit lainnya. Mie koba memiliki cita rasa ikan tenggiri dan dapat disajikan kuah atau goreng. Salah satu tempat makan yang terkenal oleh mie koba adalah Mie Koba Iskandar yang terletak di pusat kota Pangkalpinang. Area yang juga menjadi area favorit untuk berwisata kuliner di Pangkalpinang adalah Pantai Pasir Padi. Di sini terdapat sejumlah tempat makan. Beberapa di antaranya adalah Aroma Laut Restaurant dan Restoran Pondok Kelapa. 

Oleh-oleh Khas Pangkalpinang

Terdapat sejumlah kerajinan Bangka yang dapat menjadi pilihan oleh-oleh dari wisata di Pangkalpinang. Salah satunya adalah kain cual yaitu kain dengan motif hewan atau tanaman dan berwarna-warni. Serat utama kain cual adalah sutra yang dibuat dengan menggunakan benang emas sehingga harga kain cual pun cukup mahal. Toko Kain Cual Ishadi adalah salah satu toko yang menyediakan kain cual di Pangkalpinang. Toko ini terletak di Jl. Jenderal Ahmad Yani No 46. Pewter Bangka juga dapat menjadi oleh-oleh yang khas dari sebuah pulau yang terkenal dengan hasil timahnya. Oleh-oleh yang juga menarik dari Bangka adalah kerajinan dari akar bakar. Biasanya pengrajin meggabungkan akar bakar dengan emas dan menjadikannya kalung, gelang, dan lain-lain. 

Fleksibel ke mana Anda terbang? Cari bandara terdekat untuk menghemat lebih banyak.

Bandara di dekat Minneapolis St Paul

Harga yang ditunjukkan di laman ini hanya merupakan estimasi harga terendah. Yang ditemukan dalam 45 hari terakhir.