Peta

Penerbangan ke Islandia

Wisata Penuh Kesan di Islandia

Islandia merupakan salah satu negara Nordik. Secara geografis, Islandia persisnya terletak di Samudera Atlantik bagian utara. Ibu kotanya bernama Reykjavik di mana hampir dua pertiga dari populasi Islandia tinggal di kota ini.

Islandia memiliki lanskap yang sangat beragam. Di sini terdapat gunung vulanik yang masih aktif, gletser, sungai gletser, geyser, pantai, hingga air terjun. Meskipun alamnya begitu beragam, berkat Gulf Stream, Islandia memiliki iklim maritim yang sedang, musim panas yang tetap menyegarkan, dan musim dingin yang tidak terlalu dingin. Di samping alamnya yang menakjubkan dan sangat unik, budaya Islandia tidak kalah menarik. Lokasi yang terpencil serta keadaan alam yang ekstrim sedikit banyak mempengaruhi budaya negara ini. Masyarakat Islandia memiliki hubungan keluarga yang sangat kuat, sangat menjaga hubungan baik dengan alam, dan berusaha mempertahankan nilai-nilai budaya setempat. Keunikan Islandia sudah tidak diragukan lagi. Di Islandia wisatawan akan dapat berkunjung ke berbagai tempat wisata yang hanya terdapat di negara ini dan melakukan beragam kegiatan wisata yang tidak dapat dilakukan di negara lain di dunia.

Wisata Menarik di Islandia

Reykjavik adalah ibu kota dari Islandia dan menjadi pintu gerbang ke berbagai destinasi wisata di Islandia. Kota yang merupakan kota terbesar di negara ini terkenal oleh nightlife yang seru dan beragam pertunjukan seni dan budaya. Selain itu di sini banyak terdapat museum menarik, seperti Reykjavik Art Museum dan the National Gallery yang merupakan tempat wisata yang populer di Islandia. Kedua museum ini memiliki koleksi karya seniman top Islandia. Selama berada di ibu kota, wisatawan dapat mengikuti tur melihat ikan paus (whale waching tour) di lautan. Waktu terbaik untuk mengikuti tur yang berlangsung selama 2-3 jam ini adalah pada bulan Mei hingga September. Di Reykjavik juga, wisatawan harus menyempatkan diri berkunjung ke Hallgrimskirjka Chucrh yang sangat megah. Bangunan ini merupakan bangunan tertinggi dan terkenal di Islandia. Arsitektur bangunan ini sangat luar biasa dan berhasil menggambarkan alam Islandia yang sangat unik dan menakjubkan. Banyak orang yang menyebut bahwa arsitektur gereja ini banyak diinspirasi oleh Black Falls, salah satu pemandangan alam yang menakjubkan di Islandia. Selain arsitekturnya yang menarik, wisatawan juga dapat melihat patung Leif Eriksson, seorang penjelajah viking terkenal, dan mendengarkan suara organ pipa yang begitu indah. Gereja ini juga merupakan salah satu tempat terbaik untuk melihat pemandangan kota Reykjavik termasuk Gunung Esja.

Di samping Reykjavik, Peninsula Reykjanes merupakan tujuan wisata yang menarik di Islandia. Wisatawan dapat berkunjung ke Blue Lagoon yang merupakan sebuah kolam geothermal dengan air laut yang sangat terkenal. Wisatawan dapat menikmati berendam di dalam air yang hangat secara alamiah dengan suhu yang bisa mencapai hingga 39 derajat Celcius dan pijatan oleh air terjun dengan arus kencang. Wisatawan juga bisa membersihkan wajah dengan lumpur silika yang kaya mineral. Selain menyehatkan bagi kulit dan kesehatan secara umum, kunjungan ke Blue Lagoon menjanjikan pengalaman yang sangat unik. Airnya yang kental dan berwarna biru serta lokasinya yang dikelilingi oleh lava memberikan sensasi yang memesona sekaligus misterius. Selain berendam di kolam geothermal, wisatawan dapat melihat sejarah geologi di area itu di Hellisheioi Power Station. Tempat wisata lainnya adalah Krysuvik yang merupakan sebuah tempat wisata yang populer di Islandia untuk berekreasi dan hiking. Kunjungan ke kota nelayan Grindavik juga menjadi kegiatan wisata yang menarik selama berada di daerah ini.

Di samping kedua wilayah tersebut, Pesisir Selatan Islandia merupakan daerah di Islandia yang banyak wisatawan kunjungi. Di sini terdapat sejumlah atraksi wisata yang populer di Islandia. Hal ini tidak mengherankan karena daerah ini menawarkan beragam hal menarik untuk dilihat, mulai dari gletser, geyser, hingga air terjun. Salah satu kegiatan yang banyak wisatawan lakukan adalah mengikuti tur Golden Circle yang mencakup kunjungan ke Taman Nasional Thingvellir, Air Terjun Gullfoss, geyser, dan pemandian air panas di Geysir. Dalam tur ini wisatawan akan diajak untuk mencari “northern light” yang sangat terkenal. Selain itu, wisatawan akan takjub oleh keindahan Air Terjun Skogafoss. Air terjun ini merupakan salah satu atraksi terbaik di Islandia di samping Air Terjun Gullfoss. Selain itu terdapat Jokulsarlon Glacier Lagoon yang sangat cantik. Tempat wisata favorit di Islandia yang juga tidak boleh terlewatkan adalah Skaftafell Ice Cave yang berada di Taman Nasional Vatnajokull. Wisatawan akan melihat gletser yang menakjubkan dan melakukan penjelajahan salah satu gua terbaik di Islandia. Bagi yang ingin bertualang ke gua sebaiknya datang pada musim dingin di saat es tidak mencair sehingga aman. Tidak hanya wisata alam, wisata kuliner merupakan kegiatan yang dapat wisatawan lakukan di wilayah ini. Kota-kota di sepanjang pesisir menyajikan hidangan laut yang sangat lezat dan banyak hasil pertanian yang berasal dari daerah ini.

Cara Berkeliling di Islandia

Cara yang biasa wisatawan pilih untuk menjelajah Islandia adalah dengan menggunakan mobil. Terdapat banyak pilihan perusahaan sewa mobil yang tersebar di berbagai kota di Islandia. Namun demikian, perjalanan dapat menantang terutama pada musim dingin. Selain itu wisatawan dapat bepergian antar kota di Islandia dengan menggunakan pesawat terbang dan bus. Beberapa wisatawan memilih bersepeda untuk menikmati keindahan alam Islandia namun hal ini tidaklah mudah.

Penerbangan Murah ke Islandia

Islandia memiliki bandar udara internasional dan domestik. Wisatawan mancanegara dapat memilih penerbangan ke Bandar Udara Internasional Keflavik. Selain itu bandara lainnya di negara Islandia yang ramai oleh wisatawan adalah Bandar Udara Reykjavik. Maskapai penerbangan Lufthansa juga mengoperasikan penerbangan dari dan ke Islandia. Wisatawan bisa mencari penerbangan murah ke Islandia melalui Skyscanner. Skyscanner akan membandingkan semua harga yang tersedia untuk penerbangan kapan pun sehingga wisatawan bisa dengan mudah dan cepat menemukan penerbangan terbaik.

Foto oleh Flickr\moohaha

Harga yang ditunjukkan di laman ini hanya merupakan estimasi harga terendah. Yang ditemukan dalam 45 hari terakhir.