Peta

Penerbangan ke Iran

Beragam Tempat Wisata Menarik di Iran

Iran atau orang sering menyebutnya sebagai Persia adalah sebuah negara Timur Tengah. Secara geografis, negara Iran terletak di Asia Barat Daya berbatasan salah satunya dengan Laut Kaspia, Teluk Persia, dan Teluk Oman. Negara ini begitu kaya oleh sejarah dan budaya sehingga merupakan salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi. Wisatawan dapat berkunjung ke berbagai masjid bersejarah, museum, bangunan bersejarah lainnya, serta situs arkeologis. Banyak di antaranya telah UNESCO nyatakan sebagai warisan budaya dunia. Selain itu, hal menarik yang wisatawan dapat lakukan di Iran ternyata adalah berenang dan bermain ski. Negara Iran menyimpan banyak pesona dan kota-kotanya seperti Teheran, Mashhad, Isfahan, dan Shiraz telah menjadi destinasi wisata yang populer di negara ini.

Wisata Menarik di Iran

Banyak wisatawan dari berbagai penjuru dunia datang berkunjung ke negara Iran untuk berziarah. Kota Mashhad, yang terletak di sebelah timur Iran dan berbatasan dengan Afghanistan, merupakan kota paling suci bagi umat Muslim Shia. Tidak mengherankan apabila menjadi salah satu destinasi populer untuk berwisata religi. Banyak di antara para wisatawan yang khusus ke kota ini untuk berkunjung sekaligus beribadah di Masjid Imam Reza yang merupakan imam ke-8 di Islam Shia. Masjid terbesar di dunia ini memiliki perpustakaan dan museum juga di dalam kompleksnya. Tempat yang juga populer di kalangan wisatawan adalah makam dari Ferdowsi, seorang penulis puisi terkenal yang telah menghasilkan sebuah karya epik berjudul “the Shahnameh”. Selain Mashhad, kota lainnya yang merupakan tujuan wisata religi di Iran adalah Qom. Umat Muslim Shia juga menganggap kota ini sebagai kota suci. Di sinilah terdapat Fatema Ma’esume Shrine kakak dari Imam ‘Ali ibn Musa Rida. Wisatawan jangan sampai melewatkan kunjungan ke Shah-e Cheragh Holy Shrine di Shiraz, yaitu sebuah tempat ziarah terkenal dan dengan arsitektur kaca yang menakjubkan.

Ibu kota Teheran merupakan kota yang wajib wisatawan kunjungi di Iran. Kota metropolitan dengan lalu lintas yang sibuk ini memiliki beragam tempat wisata menarik di Iran. Salah satu tempat wisata yang populer adalah Milad Tower. Selain itu, wisatawan dapat berkunjung ke sejumlah istana dari Dinasti Pahlavi, seperti Istana Golestan yang merupakan bangunan tertua di Teheran dan Istana Sa’dabad atau Saadabad yang indah dan kini menjadi kediaman dari Presiden Iran. Kota ini juga memiliki belasan museum dan Teheran’s Museum of Contemporary Art merupakan salah satu yang favorit di kalangan wisatawan. Di museum ini tersimpan koleksi karya seni modern terbaik, selain yang wisatawan biasa dapat lihat di museum di Eropa dan Amerika. Para pengunjung dapat menikmati karya Jackson Pollock, Francis Bacon, Andy Warhol, dan masih banyak lagi. Pencinta belanja harus mampir ke Grand Bazaar. Teheran juga terletak berdekatan dengan Shemshak dan Dizin di Pegunungan Alborz yang merupakan tempat ski terkenal di Iran.

Dahulu pernah menjadi ibu kota Iran, Isfahan dapat disebut sebagai kota turis paling terkenal di Iran. Bangunan dengan arsitektur menawan memenuhi kota ini. Kota ini pun terlihat semakin cantik dengan deretan pohon yang menghiasi jalan rayanya. Salah satu tempat wisata menarik di kota Isfahan adalah Masjid Sheikh Lotfollah. Saat berada di tengah kota, wisatawan pun pasti akan terpana oleh Naqsh-e Jahan Square. Salah satu tempat bersejarah penting di Iran dan warisan budaya UNESCO ini merupakan sebuah tempat dengan arsitektur yang menakjubkan. Wisatawan dapat berkeliling serta menikmati pemandangan bangunan dan air mancur yang menghiasi area ini. Di area ini terdapat Masjed-e Shah yang terkenal dengan kubah terbesar di kota ini dan Masjid Lotfollah yang menawan. Great Bazaar di kota Isfahan juga menjadi tempat yang tidak boleh terlewatkan oleh para pencinta belanja.

Shiraz memiliki sebutan “city of love and Persian poetry” di Iran. Di kota inilah, wisatawan bisa berkunjung ke salah satu taman terindah di dunia, yaitu the Eram Garden atau Garden of Paradise). Tempat wisata menarik lainnya di Shiraz adalah rumah bersejarah Qavam. Kota ini juga merupakan tempat peristirahatan terakhir bagi Hafez seorang penulis puisi terkenal dari abad ke-14 dan Saadi seorang penulis puisi juga dari abad ke-13. Makam keduanya banyak wisatawan kunjungi.

Para pencinta laut, pantai, dan aktivitas air bisa berkunjung ke Kish. Kish adalah sebuah pulau di teluk Persia, di selatan Iran. Kegiatan belanja juga menjadi salah satu aktivitas yang seru dilakukan karena banyaknya mall di pulau ini.

Selama berwisata di Iran, wisatawan juga bisa berkunjung ke kota Yadz yang merupakan pusat dari budaya Zoroastian. Wisatawan juga dapat berkeliling di Amir Chakhmaq Square dan juga melihat ventilator (windcatcher) yang khas dari daerah ini. Hamadan yang merupakan salah satu kota paling tua di Iran juga menarik untuk wisatawan kunjungi. Dan, tentunya terdapat reruntuhan menakjubkan dari Persepolis yang sangat terkenal di Iran. Tempat ini merupakan salah satu UNESCO World Heritage Site. Persepolis dahulu merupakan ibu kota dari Kerajaan Achaemenid.

Hal yang perlu Diperhatikan

Selama berwisata di Iran terdapat sejumlah hal yang perlu wisatawan perhatikan. Kartu kredit internasional tidak diterima, seperti Visa dan MasterCard, sehingga wisatawan harus membawa uang tunai. Wisatawan tidak perlu khawatir karena tempat penukaran uang menerima segala macam mata uang. Selain itu etika berpakaian menjadi hal yang penting di Iran. Wanita harus menutup rambut atau kepalanya dan mengenakan baju panjang serta longgar. Apabila ke masjid para wanita harus memakai cadar. Sedangkan para pria tidak boleh menggunakan celana pendek di depan umum, kecuali bila sedang berada di pantai. Iran juga memberlakukan aturan tidak boleh meminum alkohol.

Cara Berkeliling di Iran

Cara ternyaman dan tercepat untuk berkeliling antar kota di Iran adalah dengan menggunakan pesawat. Harga tiket penerbangan rute domestik cukup terjangkau dan pilihan maskapai penerbangan juga beragam. Di samping itu, wisatawan juga dapat menjelajah Iran dengan menggunakan kereta. Apabila dibandingkan dengan bus, kereta lebih nyaman dan cepat. Tersedia tiga jalur utama, pertama jalur Timur ke Barat melewati kota seperti Teheran dan Mashhad, kedua dan ketiga dari selatan Teheran lalu berpisah di Qom, di mana jalur yang satu ke Teluk Persia dan yang satunya ke kota seperti Kashan dan Yazd. Pilihan transportasi bus termasuk populer di kalangan wisatawan dan penduduk lokal. Terdapat berbagai pilihan destinasi di seluruh Iran. Selain itu bus ini tergolong tepat waktu dan frekuensinya banyak. Saat di dalam kota, wisatawan dapat menggunakan taksi. Taksi terbagi ke dalam dua kelompok, yaitu private taxis dan shared taxis. Jenis shared taxis lebih murah dan dapat mengangkut hingga 4 penumpang yang pergi ke tujuan yang sama.

Penerbangan Murah ke Iran

Cukup mudah bagi wisatawan untuk berkunjung ke Iran. Saat ini tersedia beragam pilihan maskapai penerbangan ke berbagai kota di Iran, seperti Emirates, Qatar Airways, Turkish Airlines, Etihad Airways, Lufthansa, Oman Air, dan Kuwait Airways. Maskapai ini mengoperasikan penerbangan ke bandara internasional seperti Imam Khomeini International Airport dan Mehrabad International Airport di Teheran, Mashhad International Airport di kota Mashhad, dan Isfahan International Airport di Isfahan.

Harga yang ditunjukkan di laman ini hanya merupakan estimasi harga terendah. Yang ditemukan dalam 45 hari terakhir.