Peta

Penerbangan ke Israel

Wisata di Israel tidak lepas dari nuansa wisata rohani. Negara yang beribukotakan Tel Aviv ini memiliki sejarah yang panjang dengan umat beragama Yahudi, Kristiani, dan Islam. Oleh karenananya banyak sekali tempat-tempat wisata yang erat hubungannya dengan ketiga kepercayaan tersebut dan bahkan beberapa di antaranya dianggap sebagai situs-situs sakral. Tidaklah mengherankan bahwa Israel sering disebut sebagai bagian Holy Land, bersamaan dengan beberapa bagian negara Yordania, Mesir, dan Palestina.

Buatlah pengalaman tidak terlupakan dengan berwisata ke Israel dan segera pesan tiket pesawat termurah dengan Skyscanner.

Tempat Wisata di Israel

Kota yang paling banyak dikunjungi di Israel, bahkan menerima 3.5 juta wisatawan setiap tahunnya, yaitu Yerusalem. Kota ini memiliki nilai sejarah yang tidak terpisahkan bagi penganut agama Yahudi, Kristiani, dan Islam.

Ketika berkunjung ke Yerusalem, pastikan Anda mengunjungi Kota Tua Yerusalem, tempat berbagai gedung dan monument bersejarah yang bahkan masuk dalam UNESCO World Heritage. Daerah bersejarah ini dikelilingi oleh dinding bergaya arsitektur Ottoman, dan terbagi dalam empat wilayah yaitu Kampung Islam, Kampung Yahudi (warna biru), Kampung Kristiani dan Kampung Armenia (yang juga Kristiani). Di sini Anda dapat menjumpai tempat-tempat wisata rohani ternama seperti Gereja Makam Kudus (dipercaya umat Kristiani sebagai bagian dari Bukit Golgota, tempat dimana Yesus Kristus wafat di kayu salib), Tembok Ratapan (dipercaya umat Yahudi sebagai sisa dinding Bait Suci di Yerusalem yang bangunan utamanya dihancurkan pada 70 Masehi), Masjid Al-Aqsa (dipercaya sebagai tempat di mana Muhammad diangkat ke Sidratul Muntaha setelah sebelumnya dibawa dari Masjid Al-Haram di Mekkah ke Al-Awsa dalam peristiwa Isra’ Mi’raj) dan Kubah Shakrah (ikon Yerusalem yang didirikan pada tahun 691 dan dianggap sebagai bangunan Islam tertua di dunia yang masih utuh).

Tempat wisata rohani lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan selama di Yerusalem yaitu Bukit Zaitun, sebuah pegunungan di sebelah Timur Yerusalem yang dinamai demikian karena pernah terdapat perkebunan zaitun di lerengnya. Bukit ini juga memiliki hubungan sejarah dengan agama Yahudi, Kristiani, dan juga Islam. Di Bukit Zaitun ini Anda dapat menjumpai berbagai monument keagamaan seperti Yad Avshalom (Makam Absalom), Church of All Nations (atau Basilica of the Agony, gereja yang terletak di samping Taman Getsemani tempat Yesus Kristus berdoa sebelum penangkapannya), Maria Magdalene Church, Dominus Flevit Church, The Ascension Chapel, Makam Maria, Makam Zakharia, Pater Noster Church, Muscoviya, Makam Lazarus, dan juga kuburan masyarakat Yahudi yang sudah ada sejak 3000 tahun lalu. Selain itu, terdapat Gunung Sion yang juga banyak dikunjungi wisatawan. Di sini Anda dapat menemukan beberapa monumen keagamaan ternama seperti Hagia Maria Sion Abbey, Makam Schindler, Chamber of the Holocaust (Martef HaShoah), Makam Daud, dan Ruangan Perjanjian Terakhir.

Di sekitar Yerusalem, masih terdapat berbagai lokasi yang juga banyak dikunjungi untuk wisata rohani. Beberapa di antaranya yaitu: Betlehem (kota tempat Yesus Kristus lahir), Monastery of Martyrius (salah satu pusat agama Yahudi pada periode Byzantine), Abu Ghosh (tempat terdapat banyak peninggalan arkeologis termasuk Kiryat Yearim, yang merupakan tempat dahulu disimpannya Tabut Perjanjian), Shephelah (daerah tempat terdapat banyak peninggalan arkeologis kepercayaan Kristiani), Monastery of St. John in the Wilderness (biara Fransiskan yang mengamalkan ajaran Santo Yohanes Pembaptis), Makam Rahel, dan Makam Samuel. Lokasi-lokasi lain yang banyak dikunjungi karena memuat banyak sejarah peninggalan Perang Salib yaitu Benteng Belmont, Ein Hemed National Park, dan Qastel.

Nuansa sejarah juga dapat Anda temukan di luar kota-kota lain di luar Yerusalem. Sebagai contoh, kunjungilah kota Akko, kota pelabuhan tua yang masuk dalam UNESCO World Heritage. Tempat-tempat wisata bersejarah yang tidak boleh Anda lewatkan di area Kota Tua Akko di antaranya: Benteng Akko, Hall of the Crusader Knights, Tunnel of the Templars, Sinagoga Ramchal, Sinagoga Or Torah, Hammam al-Basha, Khan el Umdan, Masjid Jezzar Pasha, Kuil Baha'u'llah, Makam al-Khader, Makam Sheikh Amin Tarif, dan beberapa gereja seperti Maronite Church, Terra Sancta Church, San Andreas Church, Saint George’s Church, serta Saint John's Church.

Selain itu Israel juga memiliki 67 Taman Nasional dan 190 cagar alam yang tidak hanya kaya akan keindahan alam, namun juga penuh dengan warisan budaya dan sejarah. Beberapa taman nasional yang terkenal di Israel yaitu Beit Guvrin-Maresha, Tzippori, Ein Gedi, Caesarea, Tel Beersheva, dan Tel Megiddo.

Tips Tambahan

Beberapa hal yang perlu Anda ingat saat merencanakan liburan ke Israel yaitu:

- Hormatilah kepercayaan Yahudi, Kristiani, dan Islam Israel. Ada beberapa tempat wisata yang memiliki nilai sakral bagi kepercayaan tersebut. Pastikanlah agar Anda memakai pakaian yang sopan dan tertutup untuk menghormati hal tersebut. Beberapa tempat wisata rohani tersebut bahkan hanya dapat dimasuki oleh penganut kepercayaan terkait.

- Pertimbangkanlah perayaan Sabat, terutama bagi Anda yang menggunakan kendaraan umum. Mulai setiap Jumat sejak matahari terbenam hingga Sabtu malam, layanan kereta dan bus tidak beroperasi di seluruh Israel.

- Rencanakanlah waktu kedatangan Anda dengan matang, terutama karena perbedaan cuaca dan kondisi iklim dapat mempengaruhi kenyamanan perjalanan Anda. Waktu terbaik mengunjungi Israel yaitu di musim semi, ketika suhu udara cukup sejuk, banyak tanaman dan bunga bermekaran, serta kondisi cuaca lebih nyaman untuk hiking.

- Bagi penggemar hiking, pastikanlah untuk tidak melakukan hiking di sebelah Selatan Israel dan di daerah Golan, yang berbatasan dengan pangkalan militer.

Transportasi di Israel

Sarana transportasi di Israel cukup mudah dipahami. Metode transportasi yang paling umum digunakan oleh penduduk maupun wisatawan yaitu bus. Bus di Israel cukup murah dan cepat, serta memiliki rute jalur transportasi yang cukup luas. Metode transportasi lain yang juga banyak digunakan untuk lintas kota di Israel yaitu kereta (Israel Railways). Kereta di Israel masih terus mengalami modernisasi dan ekspansi jalur, sehingga dari Tel Aviv Anda dapat menjangkau Yerusalem, Holon, Bat Yam, Rishon LeZion, Binyamina, Ashkelon, Kfar Sava, Modiin, dan Bet Shemesh. Dibandingkan bus, kereta memang lebih mahal namun menawarkan kenyamanan, kecepatan, dan keamanan yang lebih baik.

Metode transportasi lain yang dapat menjadi alternatif terutama untuk transportasi dalam kota yaitu taksi, monit sherut (minibus), dan penyewaan mobil.

Cari Penerbangan Murah ke Israel

Pintu gerbang utama bagi wisatawan mancanegara yang ingin mengunjungi Israel yaitu Bandara Internasional Ben-Gurion, yang terletak kurang lebih 40 kilometer dari Yerusalem dan 12 kilometer dari tengah kota Tel Aviv. Bandara Internasional yang dinamai setelah Perdana Menteri Israel pertama ini berfungsi sebagai hub bagi tiga maskapai penerbangan internasional Israel yaitu El Al, Arkia Israel Airline, dan Israir. Banyak maskapai penerbangan Amerika dan Eropa memfasilitasi penerbangan ke bandara ini, di antaranya easyjet, British Airways, Lufthansa, Air Berlin, Air France, KLM, Alitalia, Aeroflot, United Airlines, dan US Airways. Apabila Anda berkunjung dari negara-negara Asia, terdapat beberapa maskapai penerbangan Asia yang melayani rute penerbangan ke bandara ini seperti Air China, Thai Airways, dan Korean Air.

Carilah tiket pesawat murah ke Israel sekarang juga dengan Skyscanner. Selamat berlibur!

Foto oleh Flickr\Emmanuel Dyan

Harga yang ditunjukkan di laman ini hanya merupakan estimasi harga terendah. Yang ditemukan dalam 45 hari terakhir.