Peta

Penerbangan ke Denmark

Denmark

 

Dengan tingkat melek huruf 100%, tingkat pengangguran yang rendah, program-program kesejahteraan masyarakat yang memadai, dan pendidikan yang gratis, tak heran mengapa bukan saja Denmark mendapat predikat negara paling bahagia di dunia, tapi juga memiliki kualitas hidup yang sangat baik. 

 

Jalan-jalan di Copenhagen atau di kota manapun di Denmark dan bertemu dengan penduduk lokalnya akan membuat Anda merasakan ruang publik yang sangat harmonis yang jarang Anda temukan di negara lain di dunia. Cicipi makanan di restoran-restoran Michelin yang ada di Copenhagen, dan Anda akan menyadari bahwa kota ini memiliki lebih banyak restoran berbintang Michelin dibanding kota-kota Skandinavia lainnya. Dan sebagai tempat lahir Lego, tidak ada tempat terbaik di dunia untuk membeli mainan satu ini selain di taman bermain Legoland di Billund.

 

Mata uang dan visa

Denmark merupakan bagian dari Uni Eropa, sehingga untuk masuk ke Denmark Anda membutuhkan visa Schengen. 

 

Sama seperti negara Uni Eropa lainnya, mata uang yang berlaku di Denmark adalah Euro.

 

Iklim

Denmark memiliki iklim sedang, yang ditandai dengan musim dingin yang ringan dengan suhu rata-rata 0 °C di bulan Januari dan Februari, musim panas yang sejuk dengan suhu rata-rata 15.7 °C di bulan Agustus. Karena lokasinya, kadang Denmark bisa memiliki siang hari yang lebih panjang ataupun lebih pendek. Seperti misalnya matahari yang baru terbit di pukul 8.45 pagi dan terbenam di pukul 3.45 siang di musim dingin, sementara di musim panas matahari bisa muncul di pukul 4.30 pagi dan baru terbenam di pukul 10 malam.

 

Wisata ke Denmark

Di luar ibukotanya , ada juga kota yang wajib dikunjungi di Denmark lainnya, seperti  Ribe dan Odense yang mempesona. Sebuah kota pinggiran yang cantik dan memiliki bangunan-bangunan abad pertengahan, kastil-kastil peninggalan zaman Renaissance, dan juga tentunya pulau-pulau dan pantai-pantai berpasir putih yang indah peninggalan zaman Viking dulu.

 

Selain Bornholm yang memang sudah terkenal akan sejarah dan gereja-gerejanya, Denmark memiliki 72 pulau berpenghuni dan 371 pulau tak berpenghuni lainnya. Jika Anda memiliki waktu dan ingin berpetualang, kunjungilah Læsø dan Anholt dengan arsitekturnya yang aneh, ataupun Island Sea di selatan Funen, salah satu daerah terindah di Denmark yang dihiasi dengan desa yang indah, tanah hijau yang subur, dan bukit-bukit pertanian dan peternakan kuda. Kunjungi juga Jutland Selatan dengan pulau-pulaunya,  Fanø, Mandø, dan Rømø yang kaya keanekaragaman hayati, dengan berbagai jenis burung yang menakjubkan, pantai yang spektakuler, dan desa-desa yang lucu.

 

Penduduk Denmark sangat bangga dengan warisan budaya Viking-nya. Viking Ship Museum di Roskilde menjadi salah satu tempat wisata populer di Denmark, dan masih memiliki kapal-kapal yang diawetkan, dan Lejre Experimental Center, sebuah museum yang membuat ulang perkampungan Viking zaman dulu. Sedikit jauh ke arah barat, tepatnya ke Slagelse, ada peninggalan kastil Trelleborg dan beberapa rekonstruksi rumah panjang pada masa itu. Di Jutland juga ada reruntuhan kastil dekat Hobro, Fyrkat, dan rumah-rumah petani. Di Copenhagen sendiri ada Museum Nasional yang memiliki koleksi artefak-artefak Viking.

 

Denmark memiliki 3 situs warisan dunia, seperti Batu Rune Jelling yang disebut-sebut sebagai “Sertifikat Kelahiran Denmark”, Roskilde Cathedral, gereja gotik pertama di Eropa Utara yang dibangun dari batu bata dan merupakan tempat peristirahatan terakhir raja dan ratu Denmark setelahnya. Yang terakhir dan mungkin yang paling terkenal adalah Kastil Kronborg di Helsingør yang sangat rupawan, dan juga merupakan rumah dari Hamlet.

 

Berkeliling

Karena Denmark memiliki banyak pulau-pulau kecil, maka kapal ferry merupakan alat transportasi terbaik untuk berkunjung ke pulau-pulau tersebut. Ada 55 rute ferry yang melayani wilayah domestik di seluruh negara. Sementara untuk berkendara antar kota, Anda bisa naik kereta, bis, ataupun menyewa mobil. Kereta tergolong lebih mahal dibanding bis, tapi sebetulnya harganya pun tak berbeda jauh. Jika Anda memiliki Eurail pass, Anda bisa menggunakannya di kereta-kereta DSB di Denmark juga.

 

Denmark memiliki jalanan dengan pemandangan yang indah dan jalan yang terawat, sehingga sangat direkomendasikan bagi Anda untuk menyewa mobil untuk berkendara di sekitar Denmark. Ada rute terkenal yang disebut sebagai “The Marguerite Route” sepanjang 3500 km dan selama perjalanan tersebut, Anda bisa melihat 100 atraksi wisata penting di Denmark. Jalur ini ditandai dengan gambar bunga Marguerite Daisy berwarna cokelat, yang juga bisa Anda temukan di peta-peta.

 

Yang boleh dan tidak boleh dilakukan

Ada penanda “wilayah tenang” di kereta, yaitu di bagian belakang dan di bagian depan kereta. Jangan menggunakan telepon di sana, ataupun berbicara di wilayah ini.

 

Jika ada orang yang bersin, jangan katakan “Bless you”, tapi katakan “Prosit” atau “Gesundheit”.

 

Apakah anda tahu

Warga Denmark sangat mematuhi peraturan lalu lintas, sehingga pastikan Anda juga mematuhinya. Hati-hati jugalah jika menyebrang di jalan khusus pesepeda untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 

 

Pajak jasa di Denmark biasanya sudah dimasukkan dalam bill di restoran dan hotel. Begitupun dengan tip untuk supir taksi yang sudah termasuk di argo. Jadi, memberikan tip tidak diharapkan dan juga bukan keharusan.

 

Cari penerbangan murah ke Denmark

Tidak ada penerbangan langsung dari Indonesia ke Denmark, tapi Anda bisa menggunakan maskapai-maskapai berikut untuk liburan ke Denmark: Singapore Airlines, KLM, Lufthansa, Emirates, Air France, Qatar Airways, Turkish Airlines, Thai Airways, dan Air China. Banyaknya maskapai yang terbang ke Denmark mungkin akan membingungkan Anda. Untuk itu, gunakan Skyscanner untuk membantu Anda membandingkan harga tiket ke Denmark, dan dapatkan harga tiket pesawat murah ke Denmark.

Foto oleh Flickr/Trodel

Harga yang ditunjukkan di laman ini hanya merupakan estimasi harga terendah. Yang ditemukan dalam 45 hari terakhir.