Peta

Tiket Pesawat ke Banjarmasin

Wisata ke Banjarmasin

Kota Banjarmasin merupakan ibu kota dari Provinsi Kalimantan Selatan. Di Pulau Kalimantan, Kota Banjarmasin merupakan kota terpadat dan salah satu kota besar. Selain berperan penting dari segi ekonomi, khususnya untuk area Kalimantan, kota ini juga memiliki daya tarik wisata. Daya tariknya tidak terlepas dari julukan Kota Banjarmasin sebagai “kota seribu sungai”. Banjarmasin memiliki puluhan sungai yang membelah kota ini. Sungai-sungai ini pun menjadi sarana kegiatan dari beragam kegiatan masyarakat, termasuk untuk perdagangan. Kota Banjarmasin terkenal dengan pasar terapungnya, seperti Pasar Terapung Muara Kuin dan Pasar Terapung Lok Baintan. Di samping itu, kota ini juga memiliki beberapa objek wisata lainnya yang juga menarik untuk dikunjungi.

 

Penerbangan Murah ke Banjarmasin

Sebagai kota terbesar di Kalimantan, Banjarmasin telah memiliki sebuah bandar udara tingkat internasional. Bandar udara ini bernama Bandar Udara Internasional Syamsudin Noor. Bandara yang terletak 25 km dari pusat kota ini telah ada sejak tahun 1936. Sejak awal berdirinya, bandara ini telah menjadi saksi sejarah dan telah mengalami beragam peristiwa seperti mengalami kehancuran pada masa berakhirnya penjajahan Jepang oleh serangan dari Belanda. Saat ini, bandara ini telah melayani berbagai rute penerbangan antara Kota Banjarmasin dengan sejumlah kota besar di seluruh Indonesia. Beberapa rute penerbangan yang ramai oleh penumpang di antaranya adalah Jakarta-Banjarmasin, Surabaya-Banjarmasin, Balikpapan-Banjarmasin, Yogyakarta-Banjarmasin, dan Makassar-Banjarmasin. Sejumlah maskapai penerbangan pun telah meramaikan lalu lintas udara Banjarmasin, seperti Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Sriwijaya Air, dan masih banyak lagi. Beragamnya pilihan maskapai penerbangan dan banyaknya jadwal penerbangan dari dan ke Banjarmasin membuka peluang bagi para wisatawan untuk berlibur ke kota ini dengan menggunakan tiket murah. Pencarian tiket murah pun menjadi semakin mudah dengan tersedianya layanan dari Skyscanner. Kini dengan cara yang cepat dan praktis, wisatawan dapat mengetahui beragam harga tiket penerbangan ke Banjarmasin, termasuk tiket dengan harga yang murah.

 

Uniknya Pasar Terapung di Banjarmasin

Puluhan sungai membagi Kota Banjarmasin menjadi sejumlah bagian sehingga kota ini terbentuk menjadi sebuah kota delta atau kota kepulauan. Tidak heran apabila sungai pun menjadi lokasi dari sejumlah kegiatan dari masyarakat setempat, termasuk kegiatan perdagangan. Kota ini memiliki dua pasar terapung yang terkenal dan selama ini menjadi daya tarik wisata dari kota ini. Kedua pasar itu adalah Pasar Terapung Muara Kuin dan Pasar Terapung Lok Baintan. Pasar Terapung Muara Kuin terletak di muara Sungai Kuin yang merupakan salah satu anak sungai dari Sungai Barito. Wisatawan dapat mencapai pasar ini dengan menyewa sebuah perahu di pusat kota. Sedangkan Pasar Terapung Lok Baintan terletak di Desa Sungai Pinang atau sekitar 30 menit dengan menggunakan kelotok. Pasar ini buka dari pukul 05.00 – 09.00 waktu setempat. Di pasar ini, para wisatawan dapat melihat aktivitas jual beli, yang beberapa masih menggunakan sistem barter, dari beragam jenis barang kebutuhan pokok, sayur, buah, dan lain-lain. Kini dengan berkembangnya perdagangan di daratan Banjarmasin, keberadaan pasar terapung ini sudah tidak seramai dahulu namun masih tetap menjadi salah satu ciri khas dari Kota Banjarmasin. Sebelum melihat pasar terapung, ayo beli tiket pesawat termurah ke Banjarmasin dengan Skyscanner.

 

Wisata Alam Banjarmasin

Wisata alam merupakan salah satu kegiatan yang dapat dilakukan selama berlibur ke Banjarmasin. Beberapa dari tujuan wisata alam yang populer terletak di luar Kota Banjarmasin. Meskipun demikian keunikannya tetap mendorong wisatawan untuk berkunjung ke tempat-tempat ini. Di Kota Banjarmasin sendiri, wisatawan dapat berkunjung ke Taman Siring Sungai Martapura yang terletak di seberang Masjid Raya Sabilal Muhtadin. Tempat ini khususnya ramai pada sore hari dimana banyak penduduk setempat yang menghabiskan waktu menikmati pemandangan Sungai Martapura dan menyantap hidangan ringan di sepanjang taman ini. Tempat wisata lainnya yang berada di Kota Banjarmasin adalah Pulau Kembang. Pulau yang terletak berdekatan dengan Pasar Terapung Kuin dapat dicapai dengan menggunakan kelotok. Di pulau ini, wisatawan akan dapat melihat ribuan kera. Pulau lainnya dimana wisatawan dapat melihat hewan monyet adalah di Pulau Kaget. Pulau Kaget adalah delta di tengah Sungai Barito dan terletak 1,5 km dari Kota Banjarmasin. Di pulau ini, pengunjung akan dapat berjumpa dengan monyet berhidung panjang yang merupakan maskot dari Kalimantan Selatan serta melihat beragam flora dan fauna. Sedangkan beberapa tujuan wisata di luar Kota Banjarmasin di antaranya adalah  Bamboo Rafting Loksado dan Air Terjun Habulu dan Bajuan. Air terjun ini terletak di Desa Sei Bakar Kabupaten Tanah Laut, sekitar 75 km dari Kota Banjarmasin. Selain menikmati pemandangan air terjun, pengunjung juga dapat melakukan beragam kegiatan lain di kawasan ini seperti berkemah dan panjat tebing. Sedangkan lokasi dari Bamboo Rafting Loksado adalah di Kecamatan Loksado. Di sini pengunjung akan menyusuri Sungai Amandit yang memiliki aliran air yang deras dengan mengggunakan rakit bambu. Pecinta arum jeram dan petualangan akan menyukai aktivitas ini, dan Banjarmasin dapat dikunjungi untuk liburan berakhir pekan panjang.

 

Wisata Religi dan Budaya di Banjarmasin

Kota Banjarmasin memiliki beberapa objek wisata religi yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Masjid Raya Sabilal Muhtadin. Masjid ini merupakan salah satu masjid besar di Kota Banjarmasin yang dapat menampung sekitar 15.000 orang. Objek wisata lainnya adalah Masjid Sultan Suriansyah atau Masjid Kuin dan terletak di tepi Sungai Kuin. Masjid ini merupakan masjid bersejarah sekaligus tertua di Kalimantan Selatan. Sultan Suriansyah merupakan Raja Banjar pertama yang memeluk agama Islam dan membangun masjid ini pada masa pemerintahannya. Kompleks makam Sultan Suriansyah terletak tidak jauh dari masjid ini. Salah satu keistimewaan dari Masjid Sultan Suriansyah terletak pada arsitekturnya yang bergaya khas Banjar, yaitu dengan konstruksi panggung dan atap tumpang. Wisatawan yang ingin lebih mengenal budaya dan sejarah dari Kalimantan Selatan dapat berkunjung ke Museum Wasaka yang terletak di Gang H. Andir, Kampung Kenanga Ulu, Kelurahan Sungai Jingah. Nama “Wasaka” tampak tepat menggambarkan museum ini. Wasaka merupakan singkatan dari Waja Sampai Ka Puting dan merupakan slogan perjuangan rakyat Kalimantan Selatan. Di dalam museum ini, pengunjung dapat melihat beragam koleksi dari masa perjuangan rakyat di daerah ini.

 

Wisata Kuliner Khas Banjarmasin

Banjarmasin memiliki beragam makanan khas yang lezat serta tempat makan yang populer di antara penduduk setempat. Salah satu makanan khas dari Banjarmasin adalah soto banjar. Kelezatan dari soto banjar terletak pada kekayaan rasa rempah yang terdapat dalam masakan ini. Berbeda dengan soto lainnya yang menggunakan nasi sebagai pelengkap, soto banjar menggunakan ketupat dan biasanya disantap bersama-sama dengan sate. Terdapat dua macam kuah soto banjar yaitu kuah bening dan kua keruh yang menggunakan tambahan susu. Terdapat banyak tempat untuk menyicipi soto banjar di Kota Banjarmasin dan salah satu tempat yang favorit adalah di  Kedai Soto Banjar Bang Amat yang terletak di Jl. Banua Anyar Rt 2 No 56. Makanan khas lainnya adalah nasi itik gambut. Makanan ini terbuat dari daging itik yang dimasak habang atau bumbu bali. Salah satu tempat yang populer untuk menyantap makanan ini adalah di Warung Tenda Biru Gambut yang terletak dekat dengan Pasar Gambut. Sehabis membeli tiket pesawat harga ekonomis dengan Skyscanner, Anda bisa menikmati wisata kuliner Banjarmasin dengan lebih banyak ragam.

 

Ragam Oleh-Oleh dari Banjarmasin

Wisatawan dapat membawa pulang beragam oleh-oleh dari Banjarmasin. Di antaranya adalah amplang yang merupakan makanan ringan renyah yang terbuat dari ikan pipih, tenggiri, atau gabus dan dicampur dengan berbagai bumbu dan rempah. Oleh-oleh lainnya adalah miniatur rumah adat banjar dan kaos HY-MUNK khas Banjar. Desain yang terdapat pada kaos khas Banjar ini biasanya menggambarkan budaya, adat istiadat, dan berbagai hal terkait dengan suku Banjar dan daerah Kalimantan Selatan. Beberapa tempat yang menjual oleh-oleh khas Banjarmasin adalah Toko Alya Souvenir yang terletak di Jl. Benua Anyar dan Toko Souvenir Diva Jaya yang berlokasi di Jl. Pangeran Samudera.
 

Tunggu apa lagi, segera beli tiket penerbangan hemat ke Banjarmasin dengan Skyscanner.

Fleksibel ke mana Anda terbang? Cari bandara terdekat untuk menghemat lebih banyak.

Bandara di dekat Banjarmasin

Harga yang ditunjukkan di laman ini hanya merupakan estimasi harga terendah. Yang ditemukan dalam 45 hari terakhir.