Peta

Penerbangan murah ke Alaska

Suasana alam pegunungan bersalju, bertualang dengan kereta seluncur yang ditarik oleh anjing-anjing pemberani seperti Balto, serta menyaksikan indahnya gletser dan warna-warni memukau Aurora Borealis yang membubung tinggi di cakrawala. Itulah skenario yang terbayang saat mendengar kata Alaska.

Alaska merupakan negara bagian terbesar Amerika Serikat yang terletak di lingkaran Arktik. Dikuasai Russia hingga tahun 1867, nama Alaska sendiri berangkat dari kata Alyeska yang dalam bahasa Aleut (bahasa penduduk asli Alaska) berarti tanah yang besar. Negara bagian yang berjulukan The Last Frontier ini kaya akan sejarah peninggalan masa kependudukan Russia, aneka satwanya yang unik, dan topografi alam bebasnya yang spektakuler. Jangan menunda pengalaman perjalanan unik di Alaska, baik bagi Anda yang bertualang sendiri ataupun dengan keluarga! Segera pesan tiket pesawat termurah ke Alaska dengan Skyscanner.

Tempat Wisata Terkenal di Alaska

Sejak dahulu, alam bebas Alaska menjadi faktor penarik utama para wisatawan. Bagi Anda yang berjiwa petualang, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi tempat-tempat ini:

1. Taman Nasional Kenai Fjords. Terletak di Semenanjung Kenai, Anda dapat menikmati pemandangan-pemandangan terindah Alaska di taman nasional ini melalui udara dengan menaiki pesawat penumpang.

2. Taman Nasional Denali. Terdapat beberapa pilihan jalur mendaki di taman nasional ini yang akan memicu adrenalin Anda dan juga mengajak Anda menonton pemandangan alam berbatu Gunung Mckinley, gunung tertinggi di Amerika Utara. Banyak satwa unik Alaska tinggal di daerah ini. Anda juga berkesempatan untuk menjumpai peternakan anjing penacik kereta seluncur di sini.

3. Flat Top. Terdapat banyak area pendakian menantang di Alaska. Namun pastikan Anda mengunjungi puncak paling terkenal Alaska ini. Pendakian ke puncak ini akan membawa Anda ke pemandangan spektakuler atas Anchorage, Cook Inlet, dan pegunungan Chugach.

4. Malaspina dan Glacier Bay National Park and Preserve. Alaska terkenal akan populasi gletsernya. Gletser Malaspina merupakan gletser terbesar di Alaska. Atau Anda juga dapat melihat lebih dari 50 gletser di Glacier Bay National Park.

5. Taman Danau Talkeetna. Atraksi utama area rekreasi yang terletak kurang dari dua mil di luar danau Talkeetna ini yaitu jalur pendakian sepanjang 3.5 mil mengeliling Danau X. Jalur ini melewati hutan dan memungkinkan Anda bertemu dengan satwa unik seperti berang-berang, musang, raptor dan loon. Anda juga dapat memancing, mengayuh kano, atau menonton burung-burung. Saat musim gugur, Anda juga dapat memetik blueberry di sini.

6. Creamer’s Field. Dahulu lahan pertanian, kini lahan yang terletak di sebelah utara kota Fairbanks ini merupakan lokasi migrasi berbagai burung, seperti burung hantu, burung pipit, burung bangau, burung seriawan, dan burung kingfish. DI sini Anda juga dapat melihat satwa lain seperti kelinci salju, musang, tupai, dan rusa moose.

7. Dalton Highway. Jalan raya sepanjang 414 mil ini wajib dilewati saat mengunjungi Alaska. Jalan ini akan membawa Anda ke tempat-tempat seperti Jembatan E.L. Patton yang melewati sungai Yukon, rest area dan dermaga untuk mengobservasi Lingkaran Arktik, dan Atigun Pass.

Pengalaman bertualang di alam bebas Alaska tidaklah lengkap jika Anda belum menjumpai Aurora Borealis – pencaran cahaya warna warni yang menari-nari menghiasi langit malam belahan bumi daerah Utara. Fenomena alam yang menakjubkan ini hanya dapat dijumpai di bulan Desember hingga April. Lokasi terbaik untuk melihat Aurora Borealis di Alaska yaitu di kota Fairbanks.

Bila Anda tertarik dengan sejarah Alaska (dahulu wilayah kekuasaan Russia), Anda dapat mengeksplorasi beberapa peninggalan Russia di kota Sitka. Anda dapat mengunjungi Katedral St. Michael, gereja Rusia pertama di Amerika. Gereja yang dibangun di abad ke-18 dan diakui sebagai Bangunan Bersejarah Nasional (National Historic Landmark) pada tahun 1962 ini telah direkonsutruksi ulang sejak terbakar pada tahun 1966. Di sini Anda dapat menjumpai ikon-ikon religi terkenal hadiah dari bangsawan Russia. Selain di Sitka, Anda juga dapat berkunjung ke Eklutna Heritage Site di bagian Utara kota Anchorage. Area ini dahulu dihuni penduduk asli Alaska hingga didatangi oleh misionaris Russia Orthodox di awal 1800an. Di sini Anda dapat melihat Gereja St. Nicholas (gedung tertua di Anchorage) dan Spirit House (bangunan aneka warna yang didirikan di atas lahan kubur penduduk).

Bagi Anda yang bepergian dengan keluarga, cobalah pengalaman unik menyewa dan menginap kabin kayu di kota-kota seperti Nome dan Homer. Anda juga dapat mengajak buah hati Anda untuk melihat aneka satwa Alaska di berbagai taman binatang seperti: Alaska Wildlife Conservation Center (satu jam dari Anchorage), Alaska Raptor Center (Sitka), Alaska Sealife Center (Seward), dan Kebun Binatang Alaska (Anchorage)

Dewasa ini, Alaska juga populer di kalangan anak-anak karena sering dianggap sebagai tempat tinggal Santa Claus. Hal ini dikarenakan terdapat sebuah kota kecil di Alaska bernama North Pole (Kutub Utara), yang secara geografis terletak 1700 mil dari Kutub Utara sesungguhnya. Setiap Desember, ratusan ribu surat anak-anak seluruh dunia yang ditujukan kepada Santa Claus menghujani kantor pos di kota ini. Bila memungkinkan, ajaklah buah hati Anda mengunjungi kota yang dekat dengan Fairbanks ini dan mengunjungi Santa Claus House.

Cara Berkeliling di Alaska

• Kereta dan Bus

Sistem transportasi kereta di Alaska dikelola oleh Alaska Railroad, yang melayani tranportasi dari kota Seward hingga Anchorage, Denali, Fairbanks, dan North Pole.

Selain kereta, kota-kota besar di Alaska seperti Anchorage, Fairbanks, Juneau, Sitka, Kenai, Ketchikan dan Bethel juga dapat dijangkau dengan bus, dengan hub utama di kota Anchorage dan Fairbanks.

• Ferry dan Kapal Pesiar

Alaska memiliki sistem ferry yang terkenal yaitu Alaska Marine Highway, yang melayani transportasi ferry antar kota dari Alaska Tenggara hingga semenanjung Alaska. Ferry ini juga bisa menjangkau beberapa daerah di Kanada.

Bagi Anda yang memiliki dana lebih dan ingin menikmati liburan dengan lebih santai, Anda dapat menjadikan kapal pesiar sebagai media transportasi pilihan untuk mengeksplorasi Alaska.

• Pesawat

Jalur tercepat untuk mengakses kota-kota besar ataupun kecil di Alaska yaitu melewati jalur udara. Secara total Alaska memiliki lebih dari 80 bandara. Maskapai penerbangan yang tersedia untuk transportasi di dalam negara bagian Alaska yaitu: Alaska Airlines, Era Aviation, Frontier Flying Service, Pacific Alaska Airways, PenAir.

Selain maskapai penerbangan berjadwal, Anda juga dapat menyewa pesawat kecil untuk mengeksplorasi Alaska. Tentunya alternatif ini mengeluarkan biaya lebih besar, namun sebagai gantinya dapat membawa Anda ke tempat tujuan dengan lebih cepat dan efisien.

Do's and Don'ts

• Carilah waktu terbaik untuk berkunjung. Kebanyakan wisatawan memilih berkunjung di saat suhu udara relatif lebih hangat, yaitu di pertengahan Mei hingga pertengahan September. Jika Anda berencana mendaki, cobalah untuk pergi di bulan Agustus, saat lahan lebih kering dan tidak banyak serangga. Bagi Anda yang ingin menikmati bepergian dengan kapal pesiar, datanglah di akhir bulan April hingga bulan September. Namun bila Anda ingin melihat Aurora Borealis atau menonton lomba kereta seluncur anjing Yukon, Anda disarankan untuk datang di musim dingin.

• Pastikan membawa jas hujan, sepatu hujan, dan penangkal serangga

• Saat bertualang di alam bebas, pastikan untuk membuat banyak suara untuk mengusir beruang. Jangan memberi makan satwa liar ataupun memetik tanaman selama perjalanan.

• Janganlah membuang sampah sembarangan. Hal ini ditanggapi dengan serius di Alaska yang menonjolkan keindahan alamnya.

Cari Penerbangan Murah ke Alaska

Salah satu cara mencapai Alaska yaitu melalui jalur udara. Di Alaska sendiri terdapat empat bandara utama untuk penerbangan internasional, yaitu Bandara Internasional Ted Stevens Anchorage (bandara utama Alaska dan terletak di kota terbesar Alaska yaitu Anchorage), Bandara Internasional Fairbanks (Fairbanks), Bandara Internasional Juneau (Juneau), dan Bandara Internasional Ketchikan (Ketchikan).

Penerbangan ke Alaska didominasi oleh maskapai yang berbasis di Amerika Serikat, seperti Alaska Airlines, Wings of Alaska, Delta Air Lines, Copa Airlines, US Airways, Peninsula Airways, American Airlines, United Airlines, dan Continental Airlines. Maskapai negara lain yang dapat menjadi alternatif untuk menjangkau Alaska yaitu British Airways, Air Canada, Air France, KLM, dan Korean Air. Carilah tiket pesawat murah ke Alaska sekarang juga dengan Skyscanner. Selamat berlibur!

Harga yang ditunjukkan di laman ini hanya merupakan estimasi harga terendah. Yang ditemukan dalam 45 hari terakhir.