Berita Perjalanan Waktu Pemrosesan Visa untuk Destinasi Top Turis Indonesia

Semua artikel

Waktu Pemrosesan Visa untuk Destinasi Top Turis Indonesia

Tiap negara punya kebijakan yang berbeda mengenai izin masuk/visa, termasuk waktu pemrosesannya. Agar Anda tidak harap-harap cemas selamamenunggu kepastian, berikut adalah rata-rata waktu pemrosesan visa ke 12 destinasi top turis asal Indonesia.

Unduh aplikasi Skyscanner di sini

12. Jepang

Jika Anda bukan pemegang e-paspor yang berhak mendapatkan fasiltias bebas visa ke Jepang, maka umumnya pengajuan visa diproses dalam waktu 5 hari kerja setelah aplikasi diterima oleh Kedutaan Besar Jepang dan tidak ada berkas yang kurang.

11. Belanda

Visa Schengen dari Kedutaan Besar Belanda akan diproses dalam waktu 15 hari kalender sejak aplikasi diterima dan semua persyaratan lengkap. Namun demikian, Anda wajib mengajukan visa paling lambat 3 bulan sebelum keberangkatan. Jika Anda mengajukan visa pada bulan Maret-Juni, proses pengajuan visa Anda mungkin akan sedikit lebih lama karena merupakan periode peak season.

10. Korea Selatan

Proses visa “Negeri Ginseng” ini umumnya membutuhkan waktu 5-7 hari kerja, namun bisa lebih lama jika dokumen dianggap belum lengkap dan jika interview dibutuhkan. Anda bisa membaca cara membuat visa Korea Selatan di sini.

Cari tiket murah via Skyscanner

9. Inggris

Menurut data bulan September 2017, jika Anda mengajukan visa Inggris dari Jakarta, maka prosesnya akan selesai dalam 15 hari, tentunya jika dokumen sudah lengkap. Jika belum, waktu prosesnya bisa mencapai 30 hari. Namun jika Anda mengajukan dari Bali, maka berdasarkan data yang sama, hampir semua visa selesai dalam rentang waktu 5-15 hari. Baca panduan membuat visa Inggris di sini.

8. Prancis

Rata-rata visa selesai diproses dalam waktu 15 hari kerja setelah visa diterima oleh kedutaan, tidak termasuk waktu proses di TLSContact, agensi resmi yang ditunjuk untuk mengurus visa Perancis.

7. Australia

Pada bulan September 2017, mayoritas pengajuan visa Australia selesai diproses dalam waktu 27 hari kalender. Agar proses Anda lancar, baca panduan mudah membuat visa Australia ini.

Cari tiket murah via Skyscanner

6. Amerika Serikat

Anda wajib mengajukan visa paling lambat 3 bulan sebelum tanggal keberangkatan dan rata-rata visa diproses paling lambat dalam waktu 30 hari. Untuk waktu tunggu penjadwalan interview, rata-rata selama 2 hari kalender. Baca panduan lengkap membuat visa Amerika Serikat di sini.

5. Taiwan

Negara ini tidak mempunyai kantor kedutaan di Indonesia, namun pengurusan visa bisa Anda lakukan melalui kantor Taipei Economic and Trade Office di Jakarta. Waktu pemrosesan visa rata-rata selama 3 hari kerja. Baca 5 langkah mudah mengajukan visa Taiwan di sini.

4. Jerman

Secara legal, semua negara Schengen, termasuk Jerman, wajib memproses visa dalam waktu 15 hari kalender sejak aplikasi diterima oleh kedutaan, tidak termasuk waktu proses di agensi visa yang ditunjuk seperti VFS atau TLScontact. Baca tips mengajukan visa Schengen yang telah kami siapkan di sini.

Cari tiket murah via Skyscanner

3. Italia

Jika bukan di periode peak-season, maka visa akan diproses paling lambat dalam waktu 15 hari kalender setelah aplikasi diterima oleh kedutaan dan semua persyaratan dilengkapi. Namun jika Anda mengajukan visa pada periode sibuk, maka prosesnya akan memakan waktu yang sedikit lebih lama.

2. Rusia

Ada 2 jenis pelayanan visa ke Rusia dengan waktu proses dan biaya yang berbeda. Waktu proses pengerjaan visa untuk pelayanan standard (70 USD) sekitar 4-20 hari kalender, namun untuk pelayanan ekspres (USD 140) hanya 1-3 hari kerja. Namun jika Anda berlibur dalam grup, maka waktu prosesnya sekitar 14-20 hari kerja. Tidak mau ribet urus visa? Ada 6 cara berlibur ke Rusia tanpa visa, baca di sini.

1. Spanyol

Anda bisa mengajukan visa Spanyol paling cepat 90 hari dan paling lambat 15 hari sebelum tanggal keberangkatan. Waktu proses pengerjaan visa umumnya tidak lebih dari 15 hari kerja, namun bisa lebih lama jika ada dokumen yang kurang atau kasus khusus lain. Jika Anda diminta untuk melengkapi dokumen, maka Anda wajib menyerahkannya maksimal 10 hari setelah tanggal pemberitahuan.

Cari tiket murah via Skyscanner

Itulah waktu pemrosesan visa untuk 12 destinasi luar negeri favorit turis asal Indonesia. Anda sudah punya rencana untuk mengajukan visa ke salah satu negara di atas? Jangan lupa, untuk mengajukan visa, Anda wajib melampirkan bukti pemesanan tiket pesawat dan akomodasi selama di sana. Agar lebih mudah, cari dan bandingkan harga tiket pesawat, hotel, dan sewa mobil ke negara tujuan Anda via Skyscanner!

Peta