Berita Perjalanan Tips Liburan Hemat ke Taman Nasional Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah

Semua artikel

Tips Liburan Hemat ke Taman Nasional Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah

Taman Nasional Laut Kepulauan Togean (Togean) terletak di Teluk Tomini dan termasuk di dalam wilayah Kabupaten Tojo Una-una, Provinsi Sulawesi Tengah. Keindahan pantai berpasir putih nan lembut dan alam bawah lautnya telah mampu menyihir ribuan turis mancanegara untuk mengunjunginya.

1. Transportasi

Anda bisa mencapai Togean dengan dua alternatif rute, yaitu via Gorontalo atau via Palu. Dari Bandara Jalaluddin Gorontalo, Anda bisa menyewa kendaraan untuk menuju Pelabuhan Gorontalo lalu melanjutkan perjalanan dengan kapal feri Tuna Tomini ke Wakai, Togean. Namun demikian, kapal ini hanya berangkat pada hari Selasa dan Jumat sekitar pukul 18.00 WITA dengan waktu tempuh lebih kurang 12 jam.

Selain itu dari Gorontalo, Anda juga bisa mencapai Togean (Dolong Waleakodi) via Bumbulan Paguat di Kabupaten Pohuwato selama sekitar 3 jam perjalanan dari Kota Gorontalo. Lalu Anda naik kapal Cengkeh Afo yang berangkat setiap hari Senin dan Kamis pukul 08.00 WITA. Waktu tempuhnya lebih singkat, yaitu sekitar 6 jam perjalanan.

Cari tiket murah ke Gorontalo

Tips Liburan Hemat ke Taman Nasional Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah - Sunset di Togean

Untuk rute ke Togean via Palu, dari Bandara Mutiara SIS Aljufri Palu, Anda harus naik bus atau travel ke Ampana via Poso (375 Km) dengan waktu tempuh sekitar 10 jam perjalanan. Dari Ampana, Anda tinggal naik kapal Puspita Sari atau Lumbalumba menuju Wakai, dengan waktu tempuh sekitar 4-5 jam perjalanan. Kedua kapal itu beroperasi setiap hari Senin, Rabu, dan Sabtu sekitar pukul 10.00 WITA. Selain itu, Anda juga bisa naik kapal feri Tuna Tomini yang berangkat dari Ampana setiap hari Senin, Kamis, dan Minggu pada jam yang sama dengan kedua kapal sebelumnya.

Rute yang termudah dan termurah sehingga banyak orang yang memilihnya adalah via Gorontalo dengan kapal feri Tuna Tomini. Anda tak perlu melakukan perjalanan darat yang sangat jauh. Akan tetapi Anda harus mengalokasikan waktu yang cukup banyak. Jika waktu libur atau cuti Anda terbatas, Anda bisa lewat Palu yang memiliki jadwal keberangkatan kapal yang lebih banyak.

Catatan: Anda harus memastikan dengan pemilik akomodasi di Togean tentang pulau yang menjadi tujuan Anda, Wakai atau Dolong. Umumnya, wisatawan naik kapal ke Wakai.

Cari tiket murah ke Palu

Tips Liburan Hemat ke Taman Nasional Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah - Dermaga

2. Akomodasi

Di Togean terdapat berbagai macam penginapan, mulai dari resort mewah hingga homestay sederhana. Apabila Anda ingin menghemat biaya liburan Anda, maka homestay bisa menjadi pilihan yang menarik. Pada umumnya tarif homestay termurah sekitar Rp 200 ribu per malam dengan fasilitas kamar mandi dalam dan makan 3 kali sehari. Salah satu keunikan fasilitas akomodasi di Togean adalah sudah termasuk makan sebanyak 3 kali sehari serta kopi dan teh. Namun demikian, harga sewa homestay umumnya dihitung per orang, bukan per kamar.

Karena terdapat banyak pulau kecil, maka letak penginapan pun tidak hanya berada di satu pulau saja. Setiap pulau memiliki daya tarik tersendiri. Pulau Kadidiri adalah yang paling terkenal di antara pulau-pulau di sini karena keindahan pantainya. Pulau Wakai, tempat Anda turun kapal, adalah pulau terbesar dan memiliki jumlah homestay terbanyak. Anda juga bisa menginap di Pulau Una-una, Bomba, atau Waleabahi. Jika Anda memilih menginap selain di Pulau Wakai, Anda harus bertanya atau mengatur transportasi lokal dengan mereka.

Cari tiket murah ke Gorontalo

Tips Liburan Hemat ke Taman Nasional Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah - Canoing

3. Aktivitas

Sebagai sebuah daerah dengan puluhan pulau berpantai cantik, sekitar 262 spesies karang, 596 spesies ikan, dan puluhan jenis binatang laut lainnya, Togean adalah tempat yang paling tepat bagi Anda pencinta pantai dan alam bawah laut. Anda bisa berkeliling ke pulau-pulau kecilnya dengan kapal sewaan, canoing, snorkeling, atau bahkan diving.

Biaya sewa perahu cukup bervariasi. Untuk perahu berkapasitas 8 orang, Anda bisa menyewanya dengan harga sekitar Rp 550 ribu per hari dengan rute Pulau Kadidiri, Katupat, Malenge, dan Waleakodi. Jika Anda ingin melihat gunung api di Togean, Anda bisa memperpanjang rute ke Pulau Una-una dengan tambahan biaya sekitar Rp 200 ribu.

Di Togean, Anda akan memiliki banyak waktu private dengan keindahan alamnya. Anda pun dapat mengenal lebih jauh penduduknya yang ramah serta kebudayaannya. Lemahnya sinyal internet di wilayah ini justru akan membuat Anda lebih maksimal menikmati liburan di Togean. Anda tidak perlu khawatir akan terganggu oleh e-mail terkait pekerjaan atau pun aktivitas di jejaring sosial.

Cari tiket murah ke Palu

Tips Liburan Hemat ke Taman Nasional Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah - Kadidiri

Kini Anda sudah tahu cara menyusun liburan hemat ke Taman Nasional Kepulauan Togean. Segera mulai perencanaan liburan Anda ke sana dengan mencari tiket penerbangan termurah ke Gorontalo atau Palu via Skyscanner.

Peta