Berita Perjalanan Tips Backpacking ke Maldives

Semua artikel

Tips Backpacking ke Maldives

Sudah sejak lama Maldives dikenal sebagai salah satu surga dunia. Keindahan pantainya yang berpasir putih serta suasana romantis yang begitu terasa membuat Maldives menjadi tujuan wisata banyak orang, khususnya pengantin baru yang ingin berbulan madu. Jika Anda bermimpi pergi ke Maldives dan berpikir bahwa biaya liburan ke Maldives tidak sedikit sehingga Anda perlu menabung bertahun-tahun, kini Anda bisa bernapas lega. Tim Skyscanner telah menyusun backpacking tips ke Maldives khusus untuk Anda.

Waktu terbaik ke Maldives

Waktu terbaik untuk mengunjungi Maldives adalah di musim panas, yaitu di antara bulan Desember hingga April. Tapi karena itu juga lah, musim panas menjadi musim yang padat pengunjung, sehingga harga tiket pesawat maupun akomodasi pastilah lebih mahal. Jadi jika Anda ingin menghemat sedikit biaya, Anda bisa berkunjung di musim hujan, antara Mei hingga November.

Sementara itu, harga tiket ke Maldives dimulai dari Rp 1.000.000 sekali jalan, dan bulan September hingga November adalah bulan termurahnya. Gunakan juga fitur “sepanjang bulan” Skyscanner untuk mencari tanggal termurah untuk menuju destinasi impian Anda lainnya.

Transportasi

Satu-satunya cara menuju Maldives adalah dengan menggunakan pesawat terbang menuju Bandar Udara Internasional Abdul Nasir di Pulau Hulhulé. Berhubung di Pulau Hulhulé tidak terdapat apapun selain bandara, wisatawan dengan budget ekstra akan melanjutkan perjalanan ke pulau berisi resort mahal menggunakan speed boat atau pesawat domestik.

Sementara itu, wisatawan dengan budget terbatas memiliki dua opsi transportasi untuk mencapai pulau-pulau lokal di mana Anda dapat berlibur dengan biaya terjangkau. Pilihan pertama adalah menumpang kapal feri menuju Pulau Malé dengan harga tiket sebesar 9 Rufiyaa atau Rp 8.270 (1 Rufiyaa sekitar Rp 880). Kapal feri dari Pulau Hulhulé menuju Pulau Malé berangkat tiap sepuluh menit. Pilihan kedua adalah menggunakan bus menuju Pulau Hulhumale (pulau terdekat dari bandara) yang berangkat setiap jam. Harga tiket bus sebesar 15 Rufiyaa atau sekitar Rp 13.200.

Dari Pulau Malé, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Pulau Villingili dengan menumpang kapal feri seharga 3 Rufiyaa (sekitar Rp 2.700). Perjalanan menuju pulau-pulau lokal di Maldives dapat dimulai dari Villingili Ferry Terminal di Pulau Villingili ini.

Sebagai informasi tambahan, ATM hanya tersedia di Pulau Hulhulé, sehingga ada baiknya Anda mengambil dan menukar uang selagi berada di sana.

Cari tiket murah ke Maldives

Backpacking Tips to Maldives (2)

_Foto : Timo Newton-Syms._

Akomodasi

Selain resort mewah dengan bungalow super cantik yang seolah telah menjadi identitas Maldives, ternyata Maldives juga menawarkan budget hotel dan guest house di pulau lokal. Biaya menginap per malamnya tidak perlu mencekik kantong Anda. Dengan harga sekitar Rp 300.000, Anda sudah dapat bermalam di Maldives.

Cari tiket murah ke Maldives

Backpacking Tips to Maldives (1)

Foto : Omar Bariffi.

Kuliner

Para wisatawan dengan budget ekstra biasanya menyantap makanan di restoran eksklusif yang berlokasi di resort mewah di pulau pribadi. Wisatawan dengan budget terbatas dapat memanjakan lidah dan perut dengan bersantap di warung makan yang tersebar di banyak titik di pulau lokal. Warung ini pun menyediakan menu seafood yang tentu akan melengkapi pengalaman liburan Anda di Maldives. Para pencinta ikan akan puas dengan banyaknya pilihan masakan yang begitu menggiurkan. Jangan lupa untuk menyantap “chapatty" dan “mas huni” yang lezat. Biaya makan di sini berkisar dari harga Rp. 50.000 ke atas.

Kebanyakan hotel atau guesthouse di Maldives menyediakan sarapan dalam porsi yang sangat besar. Jika Anda ingin lebih menghemat budget, maka Anda bisa menyantap sarapan ini dan melewatkan waktu makan siang.

Aktivitas

Maldives tidak hanya menjadi surga bagi para pasangan muda tetapi juga pencinta aktivitas air. Di pulau-pulau lokal, selain Anda bisa menghabiskan waktu dengan bersantai di pinggir pantai, Anda dapat snorkeling gratis di pantai. Beberapa hotel bahkan menyediakan alat snorkeling secara cuma-cuma Anda juga dapat menumpang speed boat dengan biaya sekitar Rp 150.000 dan snorkeling di home reef, serta menyewa kayak berharga lebih kurang Rp 130.000 per jam.

Berada di penginapan yang berlokasi di pulau lokal, tidak lantas menutup kesempatan Anda untuk melakukan day trip ke pulau pribadi berisi resort eksklusif dengan harga berkisar Rp1.000.000,00 sampai dengan Rp3.000.000,00 per malam. Jika Anda ingin mencicipi fasilitas berkelas seperti berenang di kolam renang mewah, massage, atau menghabiskan waktu di bungalow yang cantik, resort mewah menawarkan paket berharga sekitar Rp1.500.000,00.

Cari tiket murah ke Maldives

Backpacking Tips to Maldives (5)

Foto : Mac Qin.

Aturan di Maldives

Maldives merupakan negara penganut Islam yang kuat. Jika Anda menginap di pulau-pulau lokal, sebaiknya Anda berpakaian sopan untuk menghormati penduduk di sana. Di area khusus yang telah ditentukan, Anda dapat mengenakan bikini, tapi di luar area itu sebaiknya Anda memilih outfit lain. Sebagai informasi tambahan, ada baiknya Anda mengambil dan menukar uang selagi berada di Pulau Hulhulé karena di pulau lain tidak tersedia ATM.

Cari tiket murah ke Maldives

Backpacking Tips to Maldives (4)

Foto : Charly W. Karl.

Jadi, kata siapa Anda perlu mengeluarkan biaya sangat besar untuk berlibur di Maldives? Segera cari tiket murah Anda ke Maldives lewat Skyscanner!

Peta