Berita Perjalanan Saran Yang Harus Dilakukan Bila Pemesanan Tiket/Hotel Bermasalah

Semua artikel

Yang Harus Dilakukan Bila Pemesanan Tiket/Hotel Bermasalah

Tidak ada yang menginginkan adanya masalah dengan pemesanan tiket pesawat serta hotel, tapi hal ini sering terjadi, mulai dari double booking, pemesanan tidak terdaftar, hingga seat/kamar-nya habis. Lalu apa yang harus Anda lakukan? Yang pasti, Anda harus terlebih dahulu tenang dan tidak panik, lalu terapkan tips berikut ini.

Unduh aplikasi Skyscanner di sini

Double Booking

Double booking kerap terjadi saat Anda hendak melakukan pemesanan tiket pesawat maupun hotel. Umumnya hal ini terjadi saat Anda melakukan pembayaran dan koneksi internet Anda kurang stabil atau ada kendala dari pihak pemroses pembayaran (maskapai, hotel, dan travel agent menggunakan pihak ketiga/payment gateway untuk memproses pembayaran). Lalu, apa yang harus Anda lakukan? Anda cukup menghubungi pihak travel agent/maskapai/hotel sesegera mungkin dengan menginformasikan kedua bukti pembayaran yang terjadi. Mereka akan mengecek sistem dan bila terbukti, maka refund pun akan dilakukan ke metode pembayaran awal.

Cari tiket murah via Skyscanner

Pemesanan Tidak Terdaftar

Ada 3 kemungkinan penyebab dari tidak terdaftarnya pemesanan Anda. Pertama adalah travel agent yang Anda gunakan ternyata tidak terpercaya dan tidak melakukan pemesanan yang diminta. Kedua adalah terdapat pemesanan tapi terjadi kesalahan pada sistem maskapai/hotel/travel agent. Ketiga adalah nama penumpang/tamu yang terdaftar di sistem hotel/maskapai berbeda dengan data diri yang Anda berikan. Untuk yang kedua dan ketiga, Anda bisa berikan bukti pembayaran yang telah Anda lakukan serta voucher/e-ticket yang Anda terima. Penting untuk Anda memastikan bahwa data penumpang/tamu yang diberikan sesuai dengan identitas resmi Anda (KTP/SIM/paspor) untuk menghindari hal ini.

Jika yang terjadi adalah yang pertama, maskapai/hotel tidak bisa melakukan apa pun. Karena itu, selalu pesan tiket pesawat dan hotel Anda dari pihak yang terpercaya. Lebih mudahnya, cari dan pesan via Skyscanner karena kami adalah mitra resmi dari puluhan ribu maskapai dan hotel yang ada di seluruh dunia.

Cari hotel murah via Skyscanner

Seat/Kamar Habis (Over-booked)

Ini kondisi yang tidak menyenangkan, namun bisa jadi menyenangkan jika Anda sedang tidak terburu-buru untuk terbang. Hal ini sering terjadi saat peak season saat demand akan tiket/kamar sangat tinggi dan terjadilah over-booked (ini murni kesalahan dari pihak maskapai/hotel). Untuk menghindarinya, selalu datang (check-in) jauh lebih awal di bandara/hotel saat periode peak-season. Kalau pun pada akhirnya Anda tetap tidak dapat seat/kamar, pihak maskapai/hotel biasanya akan menawarkan pemindahan ke penerbangan berikutnya atau ke maskapai/hotel lain dengan fasilitas tambahan (kadang berupa uang tunai, upgrade kelas layanan/tipe kamar, dll.).

Cari tiket murah via Skyscanner

Tips Lain

Jika Anda melakukan pemesanan tiket pesawat/hotel melalui travel agent, selalu pastikan travel agent itu terpercaya dan setelah selesai selalu cek pemesanan yang Anda lakukan ke pihak maskapai/hotel. Hal ini selalu saya lakukan untuk berjaga-jaga sekaligus mengubah/memberikan kontak saya ke pihak maskapai/hotel. Mengapa demikian? Karena beberapa travel agent tidak memberikan data diri kita kepada maskapai/hotel, mereka menggunakan alamat e-mail dan nomor telepon mereka sebagai data pemesan. Ingat, maskapai dan hotel membolehkan adanya perbedaan pada data pemesan dan data penumpang/tamu. Jika maskapai/hotel memiliki data kontak kita yang valid, tentu akan lebih mudah bagi mereka untuk menginformasikan kepada kita jika terjadi perubahan, force majeur, atau hal lain.

Cari hotel murah via Skyscanner

Itulah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan jika pemesanan tiket/hotel Anda bermasalah. Intinya, tetap tenang dan jangan panik. Ke mana pun tujuan liburan Anda, gunakan lah selalu Skyscanner untuk mencari tiket pesawat, hotel, dan sewa mobil!

Peta

Mau dapat info serupa seperti ini dan tips-tips lain terkait visa dan traveling langsung ke e-mail Anda? Ayo berlangganan newsletter Skyscanner!