Berita Perjalanan Saran 9 Tips Tidur Nyenyak di Pesawat

Semua artikel

9 Tips Tidur Nyenyak di Pesawat

Tidur dengan nyenyak di pesawat – terutama dalam penerbangan jarak jauh dan duduk di kelas ekonomi – adalah suatu hal yang tidak bisa didapat oleh semua orang. Untuk mendapatkan kenyamanan duduk dengan ruang gerak terbatas saja sulit, apalagi untuk tidur nyenyak.

Mereka yang “light sleeper” atau orang yang mudah tidur di mana saja bisa dengan mudah mendapatkan tidur nyenyak di dalam pesawat. Tetapi untuk sebagian orang lainnya, tidur di dalam pesawat adalah suatu hal yang sulit sekali didapat.

Namun sebetulnya, ada cara-cara yang bisa dilakukan agar Anda bisa tidur dengan lelap di dalam pesawat. Ini dia 9 cara jitunya.

1. Tentukan posisi duduk

Anda pasti pernah mendengar kalimat “posisi menentukan prestasi” ketika di sekolah dulu. Di dalam pesawat, posisi duduk Anda juga menentukan seberapa nyenyak tidur Anda nantinya.

Bagi Anda yang masuk dalam kategori cukup mudah tidur, maka kursi di dekat jendela adalah tempat yang paling cocok untuk Anda. Di sana, selain Anda bisa menyenderkan kepala, Anda juga “jauh” dari gangguan penumpang lain maupun pramugari/a. Sementara bagi Anda yang suka mundar-mandir ke toilet, maka sebaiknya Anda memilih kursi di pinggir jalan agar mempermudah proses keluar-masuk, sekaligus tidak menganggu penumpang di samping Anda. Terakhir, bagi Anda yang sulit tidur, disarankan agar Anda tidak memilih kursi di bagian depan, karena kursi bagian depan biasanya ditempati oleh keluarga yang membawa anak kecil. Hal ini akan menyebabkan Anda semakin sulit tidur karena terganggu oleh keberisikan yang mungkin timbul karenanya.

Cari tiket murah via Skyscanner](https://www.skyscanner.co.id

Tentukan posisi Anda

2. Bawa “rumah” ke dalam pesawat

Setelah Anda menentukan posisi duduk terbaik selama di pesawat nantinya, tingkatkan kenyamanan Anda dengan membawa “rumah” ke dalam penerbangan Anda. Apa maksudnya?

Anda memiliki boneka kesayangan, bantal kesayangan, atau aksesori/properti lainnya yang membuat tidur Anda di rumah lebih nyenyak? Maka bawalah barang ini dalam perjalanan Anda. Jika terlalu besar ukurannya (misalnya guling), maka usahakan Anda membawa “baunya” saja. Misalnya, Anda memiliki kebiasaan untuk menyemprotkan parfum tertentu ke bantal Anda, semprotkanlah juga parfum itu ke bantal kursi Anda, bantal leher Anda, atau apapun yang Anda jadikan alas kepala selama penerbangan.

3. Siapkan “perlengkapan perang”

Posisi sudah ditentukan, “rumah” sudah dibawa, maka mantapkan usaha Anda agar dapat tidur nyenyak dengan mempersiapkan “perlengkapan perang” seperti headset yang memblokir suara, penutup mata untuk menghindari cahaya, serta selimut atau sweater untuk membuat tubuh Anda tetap hangat selama penerbangan.

Cari tiket murah via Skyscanner](https://www.skyscanner.co.id

Bawa “rumah” ke dalam penerbangan Anda

4. Jangan silang kaki

Ketika Anda tidur di dalam pesawat, usahakan agar kaki Anda tetap lurus. Menyilangkan kaki menambah beban di kaki yang ditimpahi, sehingga bisa menahan laju aliran darah. Jika ini berlangsung dalam periode yang lama, maka besar kemungkinan kaki Anda akan kram atau kesemutan ketika berdiri nanti.

5. Lepas sepatu

Mungkin Anda merasa kurang nyaman untuk mencopot sepatu selama penerbangan, karena takut menimbulkan bau yang kurang sedap pada penumpang di sebelah Anda. Tapi sebetulnya, melepas sepatu akan memberikan kenyamanan ekstra untuk Anda, karena pada dasarnya ketika Anda tidur di rumah, Anda pun tidak menggunakan sepatu.

Cara mengakalinya adalah dengan menggunakan kaos kaki. Selain menghindari bau yang tidak diinginkan menyebar, menggunakan kaos kaki juga akan memberikan kehangatan yang akan menjadikan tidur Anda lebih lelap.

Cari tiket murah via Skyscanner](https://www.skyscanner.co.id

Mundurkan kursi Anda, tapi jangan sampai membuat penumpang di belakang tidak nyaman

6. Mundurkan kursi

Dalam kondisi normal, posisi tubuh Anda ketika tidur adalah lurus. Tapi di dalam pesawat, Anda tidak mungkin mendapatkannya, kecuali Anda terbang di First Class. Yang Anda bisa lakukan adalah memundurkan kursi Anda, sehingga tekanan di punggung tidak terlalu besar dan Anda pun bisa tidur dengan lebih nyenyak. Pastikan saja Anda tidak memundurkan kursi Anda terlalu jauh ke belakang, hingga menganggu penumpang di belakang Anda.

7. Jangan paparkan mata dengan cahaya

Anda mungkin tergoda untuk main handphone, membuka laptop untuk bekerja, ataupun menonton film di layar kursi Anda. Tapi sebetulnya, cahaya dari perangkat elektronik itu membuat otak Anda lebih sulit beristirahat dan akibatnya Anda pun bisa terus terjaga selama penerbangan. Matikan perangkat elektronik Anda dan bergegaslah tidur jika Anda ingin merasa segar setibanya Anda di tempat tujuan.

Cari tiket murah via Skyscanner](https://www.skyscanner.co.id

Hindari main handphone dalam penerbangan agar mendapatkan istirahat maksimal

8. Sesuaikan zona waktu jam Anda

Jika Anda terbang ke tempat yang memiliki zona waktu yang berbeda dengan Anda – apalagi yang perbedaannya jauh – segera ubah jam Anda mengikuti zona waktu di tempat tujuan Anda, persis ketika pesawat mulai terbang. Hal ini secara tidak langsung mensugesti Anda untuk mengikuti pola hidup menurut waktu di tempat tujuan Anda. Hasilnya, tubuh Anda pun akan ikut menyesuaikan diri, dan ketika tiba nanti Anda akan merasa lebih baik.

9. Minta pramugari/a untuk tidak menganggu Anda

Salah satu hal yang paling sering membuat Anda tidak bisa tidur nyenyak di dalam pesawat adalah aktivitas yang terjadi selama penerbangan, seperti pemberian makan/minum, pemberian kartu imigrasi, atau penjualan merchandise. Jika Anda tidak berniat untuk diganggu selama penerbangan, mintalah pramugari/a untuk tidak membangunkan Anda, ketika pesawat sudah take off.

Itulah 9 cara yang bisa Anda lakukan agar Anda mendapatkan tidur nyenyak di dalam pesawat. Jadi, siap melalui penerbangan jarak jauh lagi setelah ini? Cari tiket pesawat dan hotelnya hanya lewat Skyscanner.

Baca juga tips lain agar Anda tetap nyaman menghadapi penerbangan jarak jauh.

Peta