Berita Perjalanan Saran Tips Packing Ringan Dengan Ransel

Semua artikel

Tips Packing Ringan Dengan Ransel

Ada yang traveling satu hari saja sudah bawa koper, ada pula yang traveling satu minggu hanya dengan membawa backpack dan ditaruh di kabin.

Unduh aplikasi Skyscanner di sini

Gaya bepergian setiap orang memang berbeda, tergantung kebutuhannya. Tidak masalah. Tapi jika Anda termasuk orang yang sebetulnya ingin traveling light dengan ransel, namun sudah terbiasa membawa koper ketika bepergian, Skyscanner telah menyiapkan tips untuk Anda, supaya Anda bisa traveling ringan, hanya dengan membawa ransel. Bagaimana caranya? Baca di bawah.

1. Hanya bawa yang Anda butuhkan

Biasanya, seseorang cenderung membawa pakaian dalam jumlah yang sedikit lebih banyak untuk berjaga-jaga. Namun, ada pula yang memang sengaja membawa pakaian dalam jumlah yang lebih banyak karena masih bingung menentukan pakaian mana yang akan digunakan nantinya – biasanya ini dilakukan oleh perempuan.

Jika ingin traveling light – terutama dengan ransel saja, maka Anda harus melakukan perencanaan dulu (seperti: apa saja pakaian yang pasti akan Anda pakai tiap harinya) dan usahakan Anda hanya butuh satu baju per harinya. Anda juga sebaiknya tidak membawa jeans terlalu banyak karena ukurannya cenderung lebih besar dan berat, sehingga akan memakan tempat lebih banyak.

Cari tiket murah via Skyacanner

Hanya bawa yang Anda butuhkan

Adapun demikian, traveling light ketika Anda berencana berpergian ke daerah yang dingin bisa menjadi hal yang agak sulit. Jika ini yang terjadi, maka kami menyarankan Anda membawa jaket tebal satu saja, serta jeans maksimal satu buah, sisanya pakaian ringan saja untuk penggunaan sehari-hari. Kuncinya adalah tetap bawa yang Anda butuhkan, tapi jangan bawa berlebihan.

Begitu juga dengan sepatu. Kecenderungannya, seseorang akan membawa setidaknya satu set sepatu tambahan di luar sepatu yang dipakainya saat berangkat. Tapi jika Anda bisa merencanakan itinerary Anda dengan jelas, Anda bisa membawa sepatu yang lebih multifungsi: terasa nyaman dibawa berjalan di jalanan biasa, aman untuk dibawa ke tempat yang sedikit lebih adventurous, dan terlihat layak untuk dipakai ke acara yang lebih formal.

2. Tidak perlu bawa alat pengering rambut atau sejenisnya

Memang kaum wanita biasanya akan merasa lebih kesulitan untuk bepergian ringan dengan backpack saja, apalagi jika mereka terbiasa mengeringkan atau mencatok rambut sebelum memulai hari. Kencenderungannya, wanita akan membawa semua peralatan kecantikan mereka, termasuk alat pengering rambut atau sejenisnya. Padahal biasanya, penginapan Anda – hostel, apalagi hotel – menyediakan alat pengering rambut yang bisa Anda pergunakan, sehingga Anda tidak perlu membawanya.

Cari tiket murah via Skyacanner

3. Bawa barang multifungsi

Sekarang, gadget merupakan peralatan yang esensial ketika traveling, mulai dari kamera, tablet, hingga laptop. Selain gadget itu sendiri memakan tempat, alat charging-nya pun demikian. Belum lagi jika Anda traveling ke beberapa negara yang memiliki soket listrik yang berbeda, maka Anda perlu membawa adapter-nya lagi.

Untuk mengakalinya, bawalah satu gadget yang paling Anda butuhkan, tapi lengkapi gadget ini dengan berbagai aplikasi atau software yang Anda butuhkan untuk melakukan berbagai aktivitas. Misalnya, lengkapi smartphone Anda dengan aplikasi penulis dokumen, aplikasi pengedit kamera, dan game favorit Anda. Atau, cukup bawa laptop Anda dan tinggalkan tablet Anda.

Hal yang sama berlaku untuk alat charging. Daripada membawa sekian banyak adapter, belilah satu universal adapter yang bisa digunakan di berbagai soket listrik dan bisa menerima berbagai jenis kabel.

Cari tiket murah via Skyacanner

Bawa barang multifungsi

4. Pakai pakaian terberat saat pergi – dan saat pulang

Jika Anda berencana mengenakan jeans atau jaket tebal selama di tujuan, usahakan agar jeans itu Anda kenakan saat kepergian dan kepulangan Anda, serta jaket itu Anda pakai atau jinjing. Jadi, isi ransel Anda nanti hanyalah pakaian yang lebih tipis dan ringan.

5. Jika bepergian lebih dari seminggu, bawa baju hanya untuk seminggu saja

Sisanya, cuci di tempat tujuan Anda dengan menggunakan fasilitas laundry hotel/hostel ataupun mesin cuci jika Anda menyewa apartemen/rumah.

Kami tahu, membawa pakaian berbeda untuk setiap hari adalah hal yang sangat menggoda – dan sudah merupakan suatu kebiasaan. Akan tetapi, hal ini justru membuat bawaan Anda membengkak. Daripada membawa pakaian terlalu banyak, lebih baik sisakan space yang Anda miliki untuk membawa oleh-oleh, suvenir, ataupun barang belanjaan baru yang Anda beli di tempat tujuan. Untuk pakaian, cuci saja menggunakan fasilitas yang ada.

Cari tiket murah via Skyacanner

6. Vakum plastik pakaian Anda

Teknologi semakin maju dan kini banyak perusahaan yang menyediakan plastik dan alat penyedot untuk mengempiskan bawaan Anda. Belilah alat tersebut dan gunakan itu ketika Anda akan bepergian. Anda akan terkesima melihat besarnya space yang bisa Anda hemat dibanding jika Anda tidak menggunakan vakum.

Itulah enam cara yang bisa Anda gunakan untuk bisa traveling dengan ransel saja. Selain lebih ringan, Anda pun bisa menghemat waktu karena tidak perlu mengantre pengambilan bagasi di bandara. Anda cukup turunkan ransel Anda dari kabin, lewati imigrasi jika Anda melakukan perjalanan internasional, dan langsung menikmati liburan Anda.

Siap traveling lagi? Segera cari dan pesan tiket pesawatnya lewat Skyscanner!

Peta