Berita Perjalanan Saran 10 Tips Untuk Mendapatkan Upgrade Gratis ke Pesawat Kelas Bisnis

Semua artikel

10 Tips Untuk Mendapatkan Upgrade Gratis ke Pesawat Kelas Bisnis

Banyak jalan menuju Roma. Begitu pula dengan ada banyak cara untuk mencicipi nikmatnya kelas bisnis tanpa harus membayar biaya sebesar yang seharusnya.

Banyak orang ingin terbang dengan business class, tapi tidak semua orang sanggup mengeluarkan uang untuk membayar tiketnya. Namun, ada cara yang dapat Anda lakukan supaya bisa merasakan kenikmatan kelas bisnis, tanpa harus membayar harga yang fantastis. Simak ulasan Skyscanner berikut ini untuk tahu tips-nya.

1. Bergabung dalam program loyalitas pelanggan maskapai

Bergabung dalam program loyalitas maskapai tidak akan sia-sia, apalagi jika Anda selalu rutin menggunakan maskapai itu dan mengumpulkan poinnya. Maskapai akan memprioritaskan pelanggan setianya ketika ada kesempatan untuk memberikan upgrade pada penumpangnya.

2. Gunakan miles dari kartu kredit Anda

Kini semakin banyak bank yang menawarkan kartu kredit edisi travel. Anda bisa mengumpulkan poin yang bisa dikonversikan menjadi airmiles. Airmiles ini dapat ditukar untuk “membeli” tiket pesawat gratis ataupun mendapatkan upgrade kelas penerbangan. Pilihlah kartu kredit yang tepat dan manfaatkanlah fasilitasnya.

3. Cek penawaran upgrade yang lebih murah lewat email

Kebanyakan maskapai yang melayani penerbangan jarak jauh, seperti Garuda Indonesia, Qatar Airways, atau AirAsiaX secara rutin menawarkan upgrade ke kelas yang lebih tinggi dengan harga yang lebih murah pada penumpangnya. Pemberitahuan soal upgrade ini dilakukan melalui email ketika Anda sudah membeli tiket. Jadi, rajin-rajinlah mengecek email Anda, siapa tahu Anda memperoleh penawaran itu. Dengan menggunakan penawaran khusus ini, Anda bisa menghemat hingga 75% dari harga aslinya.

Cari tiket murah via Skyscanner

Gunakan poin kartu kredit Anda untuk dikonversikan menjadi miles dalam penerbangan.

4. Datang lebih cepat… Atau lebih lambat

Ini adalah salah satu cara yang cukup tricky. Terkadang, jika maskapai perlu melakukan perpindahan penumpang karena alasan operasional, mereka akan mengutamakan penumpang yang datang lebih pagi. Sebaliknya, datang ketika counter check-in sudah mau tutup bisa membuahkan upgrade kelas secara gratis. Biasanya, saat terjadi overbooking, Anda yang check-in menjelang detik-detik terakhir bisa dipindahkan ke kelas yang lebih tinggi dari kelas tiket yang sudah Anda miliki, agar semua penumpang tetap terakomodasi.

5. Terbanglah sendiri

Memindahkan grup atau rombongan jauh lebih sulit ketimbang memindahkan traveler yang terbang sendirian. Untuk itu, jika Anda ingin memperbesar peluang Anda untuk mendapatkan upgrade gratis, terbanglah sendiri.

Cari tiket murah via Skyscanner

Kursi kelas bisnis yang lebih luas dan nyaman.

6. Kenakan pakaian yang “meyakinkan”

Memang, kita tidak diajarkan untuk menilai orang dari penampilannya. Tapi, penampilan yang “meyakinkan” akan membuat Anda berpeluang lebih besar untuk dipindahkan ke kelas bisnis, ketimbang ketika Anda mengenakan pakaian seadanya. Bukan berarti Anda harus dandan berlebihan, tapi setidaknya gunakanlah pakaian yang sekiranya cocok untuk duduk di kelas bisnis.

7. Terbanglah di luar “jadwal terbang” para businessman

Seperti namanya, yang terbang di business class adalah para pebisnis dan mereka biasa melakukan perjalanan di hari kerja. Untuk itu, jika Anda ingin mendapatkan upgrade ke kelas bisnis, hindarilah hari dan jam saat mereka sering bepergian. Apabila kursi telah terisi penuh, maka Anda tidak mungkin bisa dipindahkan secara cuma-cuma ke sana.

Cari tiket murah via Skyscanner

Terbang sendiri dan berpakaian yang “meyakinkan” untuk memperbesar peluang Anda merasakan nikmatnya kelas bisnis secara gratis.

8. Beritahu pramugari/a jika hari itu adalah hari spesial Anda

Tidak ada salahnya untuk berbagi kabar baik, karena terkadang, maskapai pun ingin menambah kebahagiaan Anda dengan memberikan hadiah spesial di hari istimewa Anda. Jika Anda sedang berulangtahun di hari itu atau Anda akan pergi untuk honeymoon, beritahukan hal ini kepada pramugari/a di pesawat, karena ada kemungkinan Anda akan mendapatkan upgrade sebagai hadiah.

9. Jadilah sukarelawan. Tawarkan diri untuk pindah atau pindahlah jika diminta

Terkadang, pramugari/a meminta sukarelawan untuk pindah tempat duduk, entah karena ada penumpang lain yang membutuhkan kursi Anda, atau pesawat dalam kondisi overbooked dan ada penumpang yang harus merelakan dirinya untuk pindah ke penerbangan lainnya. Jadilah sukarelawan itu. Kebaikan hati akan menemukan buah manisnya. Memang ada kemungkinan kalau Anda akan dipindahkan ke tempat duduk yang lebih tidak enak. Namun, tidak menutup kemungkinan Anda justru dipindahkan ke kelas bisnis di penerbangan berikutnya, atau bahkan lebih baik lagi.

10. Tersenyum dan sopan pada petugas check-in dan pramugari/a

Tips terakhir : berbagi senyum dan bersikap sopan tidak akan pernah merugikan Anda. Tersenyum dan bersikap sopan pada petugas check-in atau pramugari/a yang Anda temui. Karena bisa jadi, jika mereka memutuskan untuk memindahkan penumpang, Anda yang akan mendapatkan keistimewaan itu karena mereka teringat akan keramahan Anda.

Cari tiket murah via Skyscanner

Tersenyum dan bersikap ramah lah pada petugas check-in, karena mereka yang menentukan kursi Anda.

Memang tips-tips tersebut tidak 100% pasti berhasil, karena semua tips di atas memiliki banyak faktor yang menentukan keberhasilannya. Namun, jika Anda mencoba melakukannya dan sukses, maka anggaplah hari itu sebagai hari keberuntungan Anda. Tapi sebelumnya, pastikan Anda telah membeli tiket pesawat Anda terlebih dahulu lewat Skyscanner, supaya Anda memiliki kualifikasi untuk di-upgrade secara gratis ke kelas yang lebih tinggi. Mari mulai perjalanan Anda sekarang!

Peta