COVID-19 (Koronavirus) dapat memengaruhi rencana perjalanan Anda. Ke mana pun Anda pergi, Anda akan menemukan saran terbaru di sini.

Berita Perjalanan Saran Lebih Murah Beli One-Way, Return, atau Multiple City?

Semua artikel

Lebih Murah Beli One-Way, Return, atau Multiple City?

Jika Anda teliti, tak jarang Anda bisa mendapatkan harga tiket yang lebih murah ketika mencari tiket return (round-trip atau pulang pergi) dibanding one way atau lebih murah ketika mencari tiketnya dengan pilihan multiple city. Agar Anda tetap mendapatkan harga terbaik, berikut adalah tips dari Skyscanner.

Unduh aplikasi Skyscanner di sini

One-way atau Return?

Jika banyak maskapai melayani penerbangan ke destinasi yang Anda tuju, maka membeli tiket perjalanan pulang dan pergi secara terpisah (one-way atau sekali jalan) seringkali lebih murah dibanding sebaliknya. Sebagai contoh, lihat gambar berikut ini.

Perbandingan hasil pencarian tiket one-way dan return

Jika Anda melakukan pencarian tiket pulang-pergi (return) Jakarta – Ternate pada tanggal 7 – 14 Maret 2018, maka Anda akan mendapatkan harga Rp2.074.500. Namun, jika Anda melakukan pencarian secara terpisah (one-way) untuk Jakarta – Ternate pada tanggal 7 Maret 2018 maka akan muncul harga Rp970.700 dan Ternate – Jakarta pada tanggal 14 Maret 2018 maka akan muncul harga Rp935.700. Dengan demikian Anda cukup membayar Rp1.906.400 dan berhasil menghemat Rp168.100..

Namun demikian, terkadang ada beberapa maskapai yang memberikan diskon khusus jika Anda membeli tiket pulang-pergi. Silahkan Anda bandingkan langsung penawaran harga tiket via Skyscanner.

One-way atau Multiple City?

Saat terbang ke sebuah destinasi, banyak orang biasanya memilih mencari penerbangan one-way, yaitu langsung memasukkan kota keberangkatan dan kota tujuan. Padahal terdapat pilihan untuk mencari penerbangan multiple city (multikota), yaitu memasukkan kota keberangkatan, kota transit, dan kota tujuan. Biasanya Anda bisa mendapat keuntungan jika mencari penerbangan multiple city, terutama jika destinasi yang Anda tuju adalah destinasi populer, berada dekat hub bandara besar, atau memiliki banyak alternatif rute.

Sebagai contoh, lihatlah gambar dua hasil pencarian tiket pesawat Jakarta ke Amsterdam pada tanggal 7 Maret 2018 menggunakan metode one-way (sekali jalan) dan multiple city (multikota) di bawah ini.

Perbandingan hasil pencarian tiket one-way dan multiple city

Terlihat sekilas bahwa harga tiket dari hasil pencarian one-way lebih murah dibandingkan multiple city, tetapi jika Anda lihat durasi terbangnya, maka untuk mendapatkan harga lebih murah Anda harus terbang lebih lama. Dengan membayar sedikit lebih mahal (sekitar Rp261 ribu), Anda bisa menghemat waktu terbang sekitar 11 jam sehingga waktu liburan Anda juga jadi lebih lama. Waktu adalah uang kan?

Return atau Multiple City?

Setelah melakukan berbagai simulasi, kami mendapatkan kesimpulan bahwa membeli tiket return (pulang-pergi) lebih murah atau sama harganya dibandingkan membeli tiket multiple city (multikota). Perbedaannya hanya jika Anda mencari tiket return, Anda bisa mendapat opsi jam keberangkatan yang beragam. Sedangkan jika Anda mencari tiket dengan metode multiple city, maka Anda akan mendapatkan opsi jam kepulangan/transit yang lebih banyak.

Perbandingan hasil pencarian tiket return dan multiple city

Jadi, Mana yang Lebih Murah?

Masing-masing metode pencarian memiliki keunggulan dan kelemahannya. Pilihan metode pencarian terbaik akan juga tergantung pada tujuan dan kebutuhan/waktu yang Anda miliki. Selain itu, perlu diingat bahwa harga tiket pesawat sangat fluktuatif sehingga Anda dapat menemukan harga tiket yang naik-turun ketika pencarian dilakukan di waktu yang berbeda. Jika Anda lebih suka yang praktis dan sedang terburu-buru, maka memesan tiket return (pulang-pergi) adalah opsi yang sebaiknya Anda ambil. Namun jika Anda tidak buru-buru dan ingin lebih berhemat, maka mencari dengan metode multiple city (multikota) adalah pilihan yang biasanya lebih menguntungkan. Sila isi form di bawah ini untuk mencobanya langsung.

Mau dapat info serupa seperti ini dan tips-tips lain terkait visa dan traveling langsung ke e-mail Anda? Ayo berlangganan newsletter Skyscanner!