COVID-19 (Koronavirus) dapat memengaruhi rencana perjalanan Anda. Ke mana pun Anda pergi, Anda akan menemukan saran terbaru di sini.

Berita Perjalanan Saran Ketentuan Pas Foto Untuk Pengurusan Visa ke Destinasi Populer

Semua artikel

Ketentuan Pas Foto Untuk Pengurusan Visa ke Destinasi Populer

Tiap negara punya ketentuan yang berbeda-beda terkait detail teknis pas foto yang dibutuhkan (ukuran, latar belakang, dll.) untuk pengajuan visa. Agar Anda tidak salah, baca panduan ketentuan pas foto untuk pengurusan visa ke beberapa negara terpopuler bagi turis Indonesia ini!

Unduh aplikasi Skyscanner di sini

India

Ada 2 opsi untuk mengurus visa India, yaitu dengan Tourist Visa biasa dan e-Tourist Visa (visa elektronik). Untuk Tourist Visa, Anda harus melampirkan pas foto sebanyak 2 (dua) lembar seukuran foto paspor, wajah terlihat jelas, serta berlatar belakang putih. Sementara untuk e-Tourist Visa, Anda harus mengunggah foto dalam format JPEG dengan ukuran file minimum 10 KB dan maksimum 1 MB, dimensi foto sebesar 350×350 piksel, dan foto menghadap muka dengan latar belakang putih.

Baca juga: Cara membuat visa India.

Cari tiket murah ke India

Korea Selatan

Untuk mengajukan visa Korea Selatan, Anda harus melampirkan (menempelkan) foto berwarna 1 lembar dengan ukuran 3,5cm x 4,5cm dengan latar belakang warna putih (disarankan) pada Formulir Aplikasi Visa. Foto harus tampak depan, jelas, dan merupakan foto terbaru.

Baca juga: Cara membuat visa Korea Selatan.

Cari tiket murah ke Korea Selatan

Jepang

Jika Anda belum memiliki e-Paspor, maka Anda harus mengajukan visa seperti biasa. Anda harus menyiapkan pasfoto terbaru dengan ukuran 4,5 X 4,5 cm yang diambil 6 bulan terakhir dan tanpa latar, bukan hasil editing, dan jelas/tidak buram. Tak ingin repot mengurus visa Jepang? Buatlah e-paspor dan nikmati fasilitas bebas visa hingga 15 hari!

Baca juga: Cara membuat e-Paspor.

Cari tiket murah ke Jepang

Amerika Serikat

Untuk visa negara ini, siapkan satu lembar foto terbaru, menghadap depan, dengan latar belakang foto berwarna putih, ukuran 5cm X 5cm, dan foto harus dibuat tidak lebih dari 6 bulan terakhir. Bawa foto dan dokumen pendukung lainnya saat menghadiri sesi wawancara.

Baca juga: Cara membuat visa Amerika Serikat.

Cari tiket murah ke Amerika Serikat

Australia

Untuk membuat visa negeri kanguru, siapkan 1 lembar pas foto terbaru ukuran foto paspor (4,5 cm x 3,5 cm) yang ditempelkan di halaman depan formulir permohonan. Foto harus menghadap depan, berwarna, dan tampak jelas. Tidak ada ketentuan mengenai warna latar belakang foto, namun lebih baik bila memakai warna putih.

Baca juga: Cara membuat visa Australia.

Cari tiket murah ke Australia

Tiongkok

Pengurusan visa Tiongkok tergolong mudah. Untuk ketentuan foto, Anda harus menyiapkan pas foto berwarna terbaru dengan ukuran 4×6 sebanyak 2 lembar dengan latar belakang warna putih. Ini berlaku untuk pengurusan visa ke Cina Daratan, sedangkan ke Makau, Taiwan dan Hong Kong berlaku ketentuan lain.

Baca juga: Cara membuat visa Tiongkok.

Cari tiket murah ke Tiongkok

Inggris

Saat ini, visa Inggris hanya bisa diajukan secara online melalui situs web Visa4UK meski nantinya Anda tetap harus datang untuk wawancara. Terkait foto, Anda harus menyiapkan 2 (dua) lembar pas foto berwarna terbaru ukuran 3,5cm x 4,5cm dengan latar belakang warna putih.

Baca juga: Panduan Pertama Kali Liburan ke Inggris.

Cari tiket murah ke Inggris

Schengen

Keunggulan visa Schengen adalah sekali urus visa tersebut maka akan berlaku untuk 26 negara di Eropa. Namun karena ada 26 negara, maka ketentuan mengenai pas foto pun tergantung negara masing-masing. Untuk Belanda, Anda harus menyiapkan foto berwarna ukuran 3,5 x 4,5 cm sebanyak 2 lembar, terbaru, dengan latar belakang warna putih, dan wajah harus tampak jelas sekitar 70% (kacamata harus dilepas). Untuk Prancis, Anda membutuhkan 2 lembar foto berwarna dengan ukuran 3,5 cm x 4,5 cm dengan latar belakang putih yang diambil dalam 6 bulan terakhir. Foto boleh menggunakan jilbab.

Baca juga: Tips membuat visa Schengen.

Cari tiket murah ke Prancis

Itulah ketentuan mengenai pas foto yang dibutuhkan untuk pengajuan visa ke beberapa destinasi liburan yang populer bagi orang Indonesia. Selain foto, Anda memerlukan bukti pemesanan tiket pesawat PP dan hotel selama di sana untuk pengajuan visa Anda. Carilah via Skyscanner!

Informasi benar per Maret 2018