Berita Perjalanan Saran Jumlah Tabungan Minimal Untuk Pengajuan Visa ke Beberapa Negara Populer

Semua artikel

Jumlah Tabungan Minimal Untuk Pengajuan Visa ke Beberapa Negara Populer

Rekening koran adalah salah satu dokumen yang wajib disertakan saat Anda ingin mengajukan visa ke destinasi manapun juga. Tujuan kedutaan meminta dokumen ini tentunya adalah untuk memastikan Anda (pengunjung) memiliki dana yang cukup untuk bepergian ke negara terkait serta pulang kembali ke Indonesia sesuai dengan waktu yang ditentukan, dan bukan malah kemudian mencari pekerjaan di sana, atau bahkan lebih buruk menjadi wisatawan illegal atau imigran gelap.

Peta

Biasanya, kedutaan akan meminta rekening koran atau bukti tabungan selama tiga bulan terakhir. Yang sering menjadi pertanyaan wisatawan adalah: berapa jumlah tabungan minimal yang harus Anda di tabungan Anda untuk mengajukan visa? Skyscanner coba merampungkannya untuk Anda.

Tapi sebelumnya, ada satu hal penting yang perlu diingat: pastikan bahwa tidak ada setoran mendadak dalam jumlah besar, karena jika demikian, maka kedutaan akan menganggapnya sebagai “uang pinjaman”, dan hampir dapat dipastikan pengajuan visa Anda tidak akan diloloskan.

Baca juga: 10 Alasan Umum Permohonan Visa ke Suatu Negara Bisa Ditolak – dan rekening koran adalah salah satunya.

1. Eropa / Schengen

Dari antara banyak negara di Eropa yang masuk wilayah Shcengen, hanya Belanda yang dengan jelas menyatakan jumlah tabungan minimal yang harus dimiliki seseorang untuk mengajukan visa Schengen, yaitu 30 Euro dikali jumlah hari Anda di sana. Jadi jika Anda berniat liburan selama 15 hari di Eropa, maka minimal Anda memiliki 450 Euro atau sekitar Rp7.500.000 di tabungan Anda.

Walaupun peraturan ini hanya dinyatakan oleh Belanda, tapi Anda bisa menggunakan perhitungan ini sebagai panduan jika ingin mengajukan visa Schengen lewat negara lainnya.

Baca juga: Cara Mengajukan Visa Schengen.

2. Australia

Banyak kabar yang beredar bahwa untuk mengajukan visa Australia dibutuhkan jumlah tabungan minimal dengan angka yang bombastis, seperti Rp50 juta, Rp80 juta, hingga bahkan Rp100 juta. Tapi pada kenyataannya, seorang teman pernah berhasil mendapatkan visa Australia hanya bermodalkan Rp10 juta di tabungannya untuk perjalanan selama satu minggu di Negeri Kangguru ini.

Jika Anda masih tidak yakin, saran kami adalah Anda mengalikan biaya hidup rata-rata di Australia sebesar AUD 100 hingga AUD 200 dengan jumlah hari Anda di sana. Jadi jika Anda berniat melakukan perjalanan selama 10 hari di Australia, siapkanlah dana minimal sekitar Rp10 juta hingga Rp20 juta di tabungan Anda.

Baca juga: Panduan Mudah Membuat Visa Australia.

3. Jepang

Jepang sudah memberlakukan kebijakan visa waiver bagi para pemilik e-passport, tapi mereka yang belum memiliki e-passport harus tetap mengajukan visa seperti biasa. Layaknya kebanyakan negara lainnya yang tidak mencantumkan dengan resmi jumlah saldo minimal yang harus ada di tabungan, Anda bisa menggunakan perhitungan berikut: kalikan biaya hidup harian di sana dengan jumlah hari Anda di sana. Untuk di Jepang, asumsikan Anda membutuhkan dana sebesar Rp1 juta per hari, kalikan dengan jumlah hari Anda di sana, dan itulah jumlah saldo minimal yang harus ada di rekening Anda saat mengajukan visa.

Baca juga: Cara Mendapatkan Visa atau Bebas Visa Wisata ke Jepang.

4. Korea Selatan

Kedutaan Korea Selatan juga tidak menyebutkan secara pasti berapa jumlah tabungan minimal yang harus ada di rekening agar pengajuan visa Anda bisa lolos. Untuk itu, gunakan perhitungan yang sama, dengan asumsi biaya hidup harian Rp1 juta dikali dengan jumlah hari liburan Anda.

Baca juga: Cara Membuat Visa Korea Selatan dan Cara ke Korea Selatan Tanpa Visa.

5. Amerika Serikat

Amerika Serikat merupakan salah satu negara tersulit untuk pengajuan visa, tapi jika diterima, maka bukan saja Anda bisa mendapatkan visa hingga 5 tahun lamanya, tapi Anda juga bisa masuk ke beberapa negara tanpa perlu mengajukan visa lagi, dan kemungkinan besar pengajuan visa ke negara lainnya pun akan diterima jika Anda sudah punya visa Amerika Serikat.

Kedutaan Besar Amerika Serikat pun tidak menyebutkan berapa jumlah minimum tabungan yang harus ada. Untuk itu, gunakan pula perhitungan yang sama seperti negara-negara di atas, tapi masukkan juga perkiraan harga tiket pesawat dalam tabungan Anda.

Baca juga: Panduan Membuat Visa Amerika Serikat.

Namun, jumlah uang di dalam rekening bukanlah satu-satunya hal yang akan menentukan diterima atau tidaknya pengajuan visa Amerika Serikat Anda. Yang lebih penting lagi adalah Anda memiliki pekerjaan yang akan menjamin kembalinya Anda ke Indonesia. @KartuPos pun menyarankan agar setidaknya Anda sudah bekerja satu tahun dulu di perusahaan yang sama, sebelum mengajukan visa Amerika Serikat. Selain itu, keberadaan visa dari negara lain, seperti Eropa/Schengen, Inggris, Australia, Jepang, ataupun Korea Selatan juga akan memperbesar kemungkinan diterimanya pengajuan visa Amerika Serikat Anda.

Baca juga: 6 Tips Agar Pengajuan Visa ke Destinasi Impian Diterima.

6. Inggris

Masih sama seperti negara-negara lainnya di atas – kecuali Belanda, tidak ada persyaratan pasti mengenai jumlah saldo minimal tabungan untuk mengajukan visa Inggris. Untuk itu, gunakan juga perhitungan yang sama seperti sebelum-sebelumnya: kalikan jumlah hari Anda di Inggris dengan biaya hidup harian di sana yang mencakup makan, tempat tinggal, dan transportasi. Pastikan juga semua dokumen Anda di-translate ke dalam Bahasa Inggris dengan menggunakan penerjemah yang sah.

Baca juga: Cara Membuat Visa Inggris.

Dari informasi di atas, bisa kita simpulkan bahwa hampir semua negara tidak menyatakan secara spesifik jumlah saldo minimal yang harus ada di dalam tabungan untuk bisa mengajukan visa ke negara tersebut. Akan tetapi, kita bisa melakukan kalkulasi sendiri dengan rumus: jumlah rata-rata pengeluaran harian di sana (mencakup makan, transportasi, dan tempat tinggal) dikali dengan jumlah hari Anda di negara tersebut. Jika Anda merasa angka yang dihasilkan dari perhitungan tersebut terlalu kecil, maka kalikan dua agar Anda merasa lebih aman. Jangan lupa, selain nilai tabungan, yang lebih penting lagi adalah mempersiapkan semua dokumen yang dibutuhkan dengan lengkap, dan niscaya pengajuan visa Anda pun dapat diterima.

Sudah siap mengajukan visa ke negara impian Anda? Segera cari dan pesan tiket pesawat serta hotelnya hanya lewat Skyscanner. Unduh juga aplikasi gratis Skyscanner di smartphone Anda, agar pencarian tiket pesawat dan hotel semakin mudah.

Peta

Baca juga: Tips Finansial Agar Bisa Liburan Ke Destinasi Impian – termasuk cara mengatur uang agar Anda memiliki jumlah tabungan yang dibutuhkan sebelum waktu pengajuan visa tiba.

Informasi benar per Januari 2018 – kami menganjurkan untuk cek balik ke situs resmi kedutaan yang bersangkutan untuk informasi terbaru dan terlengkap mengenai syarat mengajukan visa.