COVID-19 (Koronavirus) dapat memengaruhi rencana perjalanan Anda. Ke mana pun Anda pergi, Anda akan menemukan saran terbaru di sini.

Berita Perjalanan Saran Cara Memaksimalkan Cuti Tahunan Menjadi Libur Panjang

Semua artikel

Cara Memaksimalkan Cuti Tahunan Menjadi Libur Panjang

Jika dibandingkan dengan pekerja di wilayah Kerajaan Inggris yang mendapatkan jatah cuti tahunan setidaknya 28 hari, pekerja di Indonesia seolah tidak ada apa-apanya. Namun, Anda tak perlu kecewa karena Anda tetap bisa mengakali jatah cuti tahunan yang sedikit ini menjadi libur panjang di tahun 2018!

Unduh aplikasi Skyscanner di sini

Cuti Tahunan dan Cuti Bersama

Mayoritas pekerja di Indonesia mendapatkan jatah cuti tahunan sebanyak 12 hari, di luar cuti haid, sakit, menikah, dan lain-lain. Namun demikian, ada perusahaan yang memperhitungkan (memotong) cuti lain-lain itu dengan cuti tahunan, jadi silakan cek dengan bagian personalia/HRD Anda masing-masing.

Selain cuti tahunan, Indonesia juga mengenal Cuti Bersama yang ditetapkan oleh Pemerintah dengan tanggal dan jumlah harinya biasanya jatuh di dekat hari libur nasional tertentu (umumnya yang berkaitan dengan hari besar keagamaan). Untuk tahun 2018 ini, Cuti Bersama ditetapkan pada tanggal 13, 14, 18, 19 Juni untuk Hari Raya Idul Fitri dan 24 Desember untuk Hari Raya Natal. Jika Anda adalah Pegawai Negeri Sipil, Amda termasuk beruntung karena Cuti Bersama ini tidak memotong jatah cuti tahunan yang Anda memiliki. Namun, untuk pegawai swasta, dipotong atau tidaknya tergantung pada kebijakan perusahaan masing-masing.

Libur Nasional dan “Libur Kejepit”

Bukan rahasia umum bahwa untuk memaksimalkan jatah cuti tahunan Anda, memanfaatkan libur nasional dan “hari kejepit” adalah cara yang paling mudah, meski tak semua orang mahir dalam menerapkannya. Untuk membantu Anda, berikut adalah kalender libur nasional 2018.

Kalender libur nasional dan cuti bersama tahun 2018

Dari jadwal libur nasional dan cuti bersama yang dirilis oleh Pemerintah tersebut terlihat bahwa ada beberapa “libur kejepit” yang bisa Anda ubah menjadi libur panjang dan sangat panjang jika ditambah dengan cuti tahunan. Agar cuti Anda lebih maksimal, Anda harus melihat kalender tersebut secara seksama, jangan hanya terpaku pada libur nasional yang jatuh di hari Senin, Selasa, Kamis, dan Jumat pada minggu tersebut saja. Perhatikan juga libur nasional yang jatuh di hari Rabu serta lihat juga tanggal di minggu sebelumnya/sesudahnya, karena ada beberapa libur nasional yang jatuh di tengah minggu namun sangat strategis jika Anda butuh liburan lama untuk ke Jepang, Korea Selatan, Eropa, atau pun Amerika.

Cuti dan Liburan 3-4 hari

Cuti dan liburan selama 3-4 hari adalah yang paling umum dilakukan oleh orang-orang. Anda cukup ambil cuti sehari pada libur nasional yang jatuh di hari Selasa atau Kamis maka Anda akan mendapatkan waktu liburan selama 4 hari. Atau, Anda bisa menambah cuti sehari untuk libur nasional yang jatuh di hari Jumat atau Senin. Jika cara ini yang Anda pilih, maka berikut adalah tanggal yang bisa Anda manfaatkan.

  • cuti tanggal 29 Maret atau 2 April (Jumat, 30 Maret adalah libur Wafat Isa Al Masih);
  • cuti tanggal 30 April (Selasa, 1 Mei adalah libur hari Buruh);
  • cuti tanggal 11 Mei (Kamis, 10 Mei adalah libur Kenaikan Isa Al Masih);
  • cuti tanggal 28 Mei (Selasa, 29 Mei adalah libur Hari Raya Waisak);
  • cuti tanggal 31 Mei atau 4 Juni (Jumat, 1 Juni adalah libur Hari Lahir Pancasila);
  • cuti tanggal 16 atau 20 Agustus (Jumat, 17 Agustus adalah libur Hari Kemerdekaan);
  • cuti tanggal 10 September (Selasa, 11 September adalah libur Tahun Baru Islam);
  • cuti tanggal 19 November (Selasa, 20 November adalah libur Maulid Nabi); dan
  • cuti bersama di tanggal 24 Desember (Selasa, 25 Desember adalah libur Hari Raya Natal).

Tips: Harga tiket pesawat umumnya lebih rendah di hari Senin (selain hari libur nasional). Jadi, jika Anda ingin cuti untuk libur nasional yang jatuh di hari Jumat, akan lebih baik apabila Anda mengambilnya di hari Senin daripada Kamis.

Cari tiket murah via Skyscanner

Cuti dan Liburan Lebih Lama

Jika Anda membutuhkan waktu liburan yang lebih lama, meski tidak sering, maka cara ini bisa Anda pilih dengan menambahkan cuti tahunan 3-5 hari saja di setiap periode.

  • cuti 8 hari pada tanggal 30 April dan 2, 3, 4, 7, 8, 9, 11 Mei (Selasa, 1 Mei adalah libur hari Buruh dan Kamis, 10 Mei adalah libur Kenaikan Isa Al Masih). Anda bisa mendapatkan total waktu libur selama 16 hari (28 April – 13 Mei), cukup untuk liburan menjelajah Eropa;
  • cuti 3 hari pada tanggal 28, 30, dan 31 Mei (Selasa, 29 Mei adalah libur Hari Raya Waisak dan Jumat, 1 Juni adalah libur Hari Lahir Pancasila). Total hari libur Anda selama 9 hari (26 Mei – 3 Juni), cukup untuk liburan menjelajah Korea Selatan atau overland trip Singapura-Malaysia-Thailand;
  • cuti 4 hari pada tanggal 20, 21, 23, dan 24 Agustus (Jumat, 17 Agustus adalah libur Hari Kemerdekaan dan Rabu, 22 Agustus adalah libur Hari Raya Idul Adha). Anda dapat berlibur selama 10 hari (17 – 26 Agustus), cukup untuk liburan menjelajah Jepang atau overland trip di Flores; dan
  • cuti 4 atau 5 hari (tergantung kebijakan perusahaan tempat Anda bekerja terkait Cuti Bersama) pada tanggal 24, 26, 27, 28, dan 31 Desember (Selasa, 25 Desember adalah libur Hari Raya Natal dan Selasa 1 Januari 2019 adalah libur Tahun Baru). Dengan demikian Anda mendapatkan waktu libur selama 11 hari (22 Desember – 1 Januari), cukup untuk liburan menjelajah Amerika atau Australia.

Tips: Jika Anda tidak merayakan Hari Raya Idul Fitri dan/atau di kantor Anda cuti bersama tidak memotong cuti tahunan, maka Anda bisa memanfaatkan libur nasional dan cuti bersamanya untuk berlibur ke tempat lain. Pada periode ini, mayoritas perusahaan akan libur selama 7 hari (13-19 Juni). Anda juga bisa menambah cuti 2 hari pada tanggal 11 – 12 Juni untuk mendapatkan waktu libur selama 11 hari (9 – 19 Juni) atau sekalian menambah cuti 5 hari pada tanggal 11, 12, 20, 21, dan 22 Juni untuk mendapatkan libur selama 16 hari!

Cari tiket murah via Skyscanner

Itulah panduan Skyscanner tentang cara memanfaatkan cuti tahunan untuk bisa liburan dengan lebih lama. Segera rencanakan liburan Anda dengan mencari tiket pesawat, hotel, dan sewa mobilnya via Skyscanner!

Mau cari promo tiket pesawat pada libur long weekend tersebut di atas? Klik tombol di bawah ini untuk melihat daftarnya!

Promo Tiket Pesawat Long Weekend 2018

Mau dapat info serupa seperti ini dan tips-tips lain terkait visa dan traveling langsung ke e-mail Anda? Ayo berlangganan newsletter Skyscanner!